cover
Contact Name
Dr. Intan Dwi Hastuti
Contact Email
jurnal.jpin@gmail.com
Phone
+6281216119880
Journal Mail Official
intancendekiamataram@gmail.com
Editorial Address
Perum Elit Kota Mataram Asri Blok Q 11 Ling. Geguntur Kelurahan Jempong Baru Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
ISSN : 27228134     EISSN : 26208466     DOI : https://doi.org/10.47165/jpin
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2023): JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia" : 2 Documents clear
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS III DI MI Al-AQSO PANDAI TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Rahman Hidayat; M. Risdamuddin; A. Malik; Devi Rahayu Agustin
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 6, No 1 (2023): JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v6i1.487

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa kelas III di MI Al-Aqso Pandai dan kendala guru dalam meningkatkan minat baca siswa kelas III di MI Al-Aqso Pandai tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Karena data yang didapatkan oleh peneliti berupa keterangan kejadian yang ada di sekolah sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa di MI Al-Aqso Pandai. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara tak terstruktur dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.  Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa kelas III di MI Al-Aqso Pandai adalah dengan cara menggunakan media kartu huruf, strategi gambar yang menarik minat baca siswa dan memberikan buku sebagai hadiah. Sedangkan kendala guru dalam meningkatkan minat baca siswa kelas III di MI Al-Aqso Pandai tahun pelajaran 2022/2023 adalah minat membacanya yang masih kurang dan masih rendah karena ada sebagian siswa yang belum bisa membaca dan kurangnya penggunaan alat peraga yang kurang memadai.
Analisis Teori Belajar Pembelajaran Seni Tari Di Sanggar Seni Kinanti Sekar Anggraeni Wahyu Arini; Febriana Putri Lestari; Argandaru Dimas Priambodo; Lovandri Dwanda Putra
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 6, No 1 (2023): JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v6i1.495

Abstract

Penelitaian ini mengkaji tentang proses pembelajaran seni tari di Sanggar Seni Kinanti Sekar. Penelitian ini berlandaskan teori belajar behavioristik, Kontruktivisme dan Sosiokultural. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif yang mendeskripsikan proses pembelajaran tari. Teknik mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi kemudian dilakukan analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Proses pembelajaran seni tari di Sanggar diikutu oleh anak anak dan orang dewasa dimana dalam setiap pertemuan 1 jam hingga 1.5 jam. Instrument penilaian tes praktik yaitu hafalan gerak,hafalan pola lantai dan menyesuaikan iringan musik. Proses pembelajaran ini peserta didik menirukan terlebih dahulu ragam gerak yang diajarkan oleh pelatih, kemudian peserta didik diberi kesempatan berlatih mengulang ragam gerak yang sudah dipelajari dan diharapkan mampu menghafal ragam gerak yang telah diajarkan hingga tergolong dalam kategori baik. Selain itu peserta didik juga dapat belajar dari teman sebayanya, mereka tidak dipaksa untuk melakukan pergerakan melainkan eksplorasi gerak datang dari dirinya sendiri. 

Page 1 of 1 | Total Record : 2