cover
Contact Name
Dr. Intan Dwi Hastuti
Contact Email
jurnal.jpin@gmail.com
Phone
+6281216119880
Journal Mail Official
intancendekiamataram@gmail.com
Editorial Address
Perum Elit Kota Mataram Asri Blok Q 11 Ling. Geguntur Kelurahan Jempong Baru Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
ISSN : 27228134     EISSN : 26208466     DOI : https://doi.org/10.47165/jpin
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1: April 2023" : 18 Documents clear
Pengembangan Media Gambar Kartun dari Kulit Jagung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema 8 Subtema 3 Kelas II Sekolah Dasar Suci Purna Ningsih; Intan Dwi Hastuti; Sukron Fujiaturrahman
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 6, No 1: April 2023
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i2.444

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yaitu media gambar kartun dari kulit jagung untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 8 subtema 3 kelas II SDN 2 Badrain yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Untuk tahap uji coba terbatas dilaksanakan di kelas II SDN 2 Badrain dan tahap uji coba lapangan dilaksanakan di kelas II SDN 1 Badrain. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk pengembangan media gambar kartun dari kulit jagung ini mendapat nilai rata-rata hasil validasi ahli media 0,77% (valid), ahli materi 0,84% (sangat valid). Adapun hasil dari uji coba terbatas mendapat nilai rata-rata 82,4% dikategorikan (praktis), sedangkan hasil dari uji coba lapangan memperoleh skor N-Gain 80,87% dan dikategorikan (sangat efektif). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media gambar kartun dari kulit jagung untuk meningkatkan hasil belajar siswa ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan pada pembelajaran Sekolah Dasar.Kata Kunci: Media Gambar Kartun Dari Kulit Jagung, Hasil Belajar, Research and Development (RD).
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Komponen Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar Tazkiah Annafas; Intan Dwi Hastuti; Nursina Sari
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 6, No 1: April 2023
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i2.441

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Komponen Ekosistem kelas V SDN 1 Badrain. Metode pengumpumlan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, disimpulakn bahwa penelitian dan pengolahan data diketahui pembelajaran berbsisis ligkungan siswa kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas kontrol.Hasil ditunjukan dari nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 25,81% setelah diberikan perlakuan dengan pembelajaran berbasis lingkungan meningkat menjadi 57,86% .Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 23,39% setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran model NHT meningkat sebesar 49,45%.Hal menunjukan bahwa ada “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Komponen Ekosistem Kelas V SDN BADRAIN”.Kata kunci: kuantitatif kemampuan berpikir kritis.
Analisis Kesalahan Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Perkalian dan Pembagian Pecahan Kelas V Sekolah Dasar Nurfitasari Nurfitasari; Intan Dwi Hastuti; Yuni Mariyati
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 6, No 1: April 2023
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v6i1.460

Abstract

Siswa kelas V SDN 4 Mataram masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal ini terlihat dari kesalahan yang dilakukan ketika menyelesaikan masalah materi perkalian dan pembagian pecahan. Inilah yang melatarbelakangi penulis melakukan analisis terkait kesalahan konsep matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan konsep siswa dalam menyelesaikan masalah materi perkalian dan pembagian pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Instrumen penelitian berupa pedomana wawancara, lembar soal, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa kesalahan konsep matematika yang dilakukan siswa yaitu, kesalahan dalam menentukan rumus (K1), yang di mana siswa salah dalam menentukan cara untuk menyelesaikan masalah. Kesalahan dalam memasukan data rumus (K2), yang dimana siswa salah memasukan angka kedalam rumus. Kesalahan hanya menghafal rumus namun tidak memahami rumus yang dihafal (K3), yang dimana siswa tidak menuliskan proses penyelesaian untuk mendapatkan jawaban, atau menulisnya namun salah. Kesalahan dalam memahami makna soal (K4), yang dimana siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan yang ditanyakan dalam soal atau siswa menulisnya namun salah makna.
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan Campuran Kelas III Sekolah Dasar Nurlina Nurlina; Intan Dwi Hastuti; Yuni Mariyati
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 6, No 1: April 2023
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v6i1.453

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan-kesalahan yang di lakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan campuran. Penelitian ini mengunakan metode peneltian kualitatif deskriptif, penelitian ini di lakukan pada siswa kelas III SDN 14 Mataram, jenis dan sumber data pada penelitian ini yaitu mengunkan hasil belajar siswa dan hasil uji test. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan metode wawancara, test dan dokumentasi, Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan reduksi data, penyajian data dan reduksi data. Hasil dari penelitian ini adalah Kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan penyelesaian maslah matematika materi pecahan adalah kesalahan membaca sebanyak 4 kesalahan, kesalahan memahami masalah adalah sebanyak 29 kesalahan, kesalahan transformasi adalah sejumlah 21 kesalahan, kesalahan proses perhitungan adalah sejumlah 39 kesalahanm, dan kesalahan penulisan jawaban akhir adalah sebanyak 4 kesalahan dan Terdapat 3 faktor penyebab siswa melakukan kesalahan, yakni karena kesulitan memahami masalah, tidak memahami konsep dan operasi pecahan, dan penyebab kesalahan karena lupa serta tidak teliti.
Urgensi Pendidikan Anti Korupsi Bagi Perangkat Desa Sebagai Strategi Pencegahan Korupsi Taufik Taufik; Nurwahidah Nurwahidah
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 6, No 1: April 2023
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v6i1.479

Abstract

Korupsi masuk dalam kategori perilaku extra ordinary crime. Korupsi terjadi di segala lini pemerintahan di Indonesia baik tingkat pusat sampai kepada tingkat desa terlebih setelah adanya program dana desa. Penelitian kepustakaan ini bertujuan untuk menjelaskan urgensi pendidikan antikorupsi bagi perangkat desa sebagai strategi pencegahan korupsi di tingkat desa. Penelitian ini menjelaskan bahwa Permasalahan korupsi di Indonesia sudah sampai pada taraf menimbulkan skeptisme semua kalangan. perlu adanya langkah dan upaya khusus. Pendidikan anti korupsi bisa dipandang sebagai inovasi pendidikan, yang merespon kebutuhan masyarakat untuk menjadikan negara ini lebih transparan, maju, dan bebas korupsi. Perangkat Desa sebagai sebuah komunitas sosial yang bersentuhan langsung dengan masyarakat penting untuk memiliki karakteristik kecerdasan sebagaimana disebutkan dalam pembahasan. Pendidikan anti korupsi bagi perangkat desa sebagai langkah preventif sehingga terhindar dari praktik korupsi dapat terealisasi dengan memberikan pendidikan moral dan pendalaman pemahaman sejak dini pada masyarakat dan generasi bangsa. Hal itu dapat dilakasanakan dengan menerapkan kurikulum di lembaga pendidikan, serta upaya sosialisasi dan pembinaan pada aparatur oleh pemerintah sebagai langkah  antisipatif. Penegakan hukum yang tidak pandang bulu serta menerapkan aturan yang lebih ketat sehingga menghilangkan upaya-upaya praktik tindakan pidana korupsi pada setiap aparatur negara.
Tindak Tutur Direktif Dalam Dialog Film Ajari Aku Islam Karya Deni Pusung Nelvia Susmita; Imardi Adha
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 6, No 1: April 2023
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v6i1.477

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif dan fungsi tindak tutur direktif. Batasan masalah dalam penelitian tersebut yakni bentuk tindak tutur direktif dalam dialog film “Ajari Aku Islam” Karya Deni Pusung dan fungsi tindak tutur direktif dalam dialog film “Ajari Aku Islam” Karya Deni Pusung. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik dasar simak, rekap ulang, transkripsi data, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat enam bnetuk tindak tutur direktif pada dialog film Ajari Aku Islam karya Deni Pusung, yaitu perintah berjumlah 79 data tuturan, permintaan berjumlah 20 data tutran, ajakan berjumlah 19 data tuturan, nasihat berjumlah 4 data tuturan, kritikan berjumlah 12 data tutran, dan larangan berjumlah 9 data tuturan. Fungsi tindak tutur direktif dalam dialog film Ajari Aku Islam karya Deni Pusung adalah perintah memiliki fungsi memeritah berjumlah 42 data, menyuruh berjumlah 26, menyilakan berjumlah 2, mengharuskan berjumlah 4, meminjam berjumlah 1, mengintruksikan berjumlah 1, dan memaksa berjumlah 3 data. Kemudian permintaan 12 data, ajakan 13, nasihat berjumlah 1, kritikan 1, dan larangan berjumlah 8 dan mencegah 1 data.
Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pecahan Biasa Kelas IV Sekolah Dasar Novi Liatun Rahmi; Intan Dwi Hastuti; Yuni Mariyati
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 6, No 1: April 2023
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v6i1.446

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui media video animasi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan biasa kelas IV SDN 1 Midang yang valid, praktis, dan efektif.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yaitu (1) Analysis (analisis), (2) Design (desain), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), (5) Evalution (evaluasi). Untuk tahap uji coba terbatas dilaksanakan di kelas IV A SDN 1 Midang dan tahap uji coba lapangan dilaksanakan di kelas IV B SDN 1 Midang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan media video animasi ini mendapatkan nilai rata-rata hasil validasi materi 84% (sangat valid), ahli media 86% (sangat valid). Untuk angket kepraktisan mendapat nilai rata-rata hasil respon siswa uji terbatas mendapat nilai rata-rata 90,60% (sangat praktis) dan angket respon siswa uji lapangan mendapat nilai rata-rata 90,76% (sangat praktis). Pada tahap uji coba lapangan hasil belajar mendapat nilai rata-rata 0,76% (sangat efektif). Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video animasi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan biasa kelas IV SDN 1 Midang layak digunakan dalam pembelajaran Sekolah Dasar pada materi pecahan biasa.Kata Kunci Media Video Animasi, Hasil Belajar
Good Corporate Governance, Kredit Bermasalah, dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Dengan Cost Efficiency Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Perkreditan Rakyat Dwi Upatiartha; I Nyoman Nugraha; Embun Suryani
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 6, No 1: April 2023
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v6i1.480

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Good Corporate Governance, Kredit Bermasalah dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas melalui Cost Efficiency Pada Bank Perkreditan Rakyat Di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 29 Bank Perkreditan Rakyat di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 18 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampel survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Good Corporate Governance, Kredit Bermasalah dan Likuiditas tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas sedangkan, untuk Cost Efficiency berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas. Good Corporate Governance tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Cost Efficiency sedangkan Kredit Bermasalah dan Likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Cost Efficiency. Serta hasil penelitian pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa Good Corporate Governance tidak berpengaruh terhadap profitabilitas melalui Cost Efficiency, sedangkan untuk Kredit Bermasalah dan Likuiditas berpengaruh terhadap Profitabilitas melalui Cost Efficiency.         
Analisis Teori Belajar Pembelajaran Seni Tari Di Sanggar Seni Kinanti Sekar Anggraeni Wahyu Arini; Febriana Putri Lestari; Argandaru Dimas Priambodo
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 6, No 1: April 2023
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v6i1.483

Abstract

Penelitaian ini mengkaji tentang proses pembelajaran seni tari di Sanggar Seni Kinanti Sekar. Penelitian ini berlandaskan teori belajar behavioristik, Kontruktivisme dan Sosiokultural. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif yang mendeskripsikan proses pembelajaran tari. Teknik mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi kemudian dilakukan analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Proses pembelajaran seni tari di Sanggar diikutu oleh anak anak dan orang dewasa dimana dalam setiap pertemuan 1 jam hingga 1.5 jam. Instrument penilaian tes praktik yaitu hafalan gerak,hafalan pola lantai dan menyesuaikan iringan musik. Proses pembelajaran ini peserta didik menirukan terlebih dahulu ragam gerak yang diajarkan oleh pelatih, kemudian peserta didik diberi kesempatan berlatih mengulang ragam gerak yang sudah dipelajari dan diharapkan mampu menghafal ragam gerak yang telah diajarkan hingga tergolong dalam kategori baik. Selain itu peserta didik juga dapat belajar dari teman sebayanya, mereka tidak dipaksa untuk melakukan pergerakan melainkan eksplorasi gerak datang dari dirinya sendiri.
Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Rian Fadmala; Budi Santoso; Siti Aisyah Hidayati,
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 6, No 1: April 2023
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v6i1.484

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 67 perusahaan. Sampel dalam penelitian berjumlah 37 perusahaan dengan teknik purposive sampling. Data kuantitatif yang didapat dari laman resmi BEI pada sektor manufaktur sektor industri dasar dan kimia periode 2016-2021. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi data panel dengan bantuan program EViews 10. Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap profibilitas. Struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaa. Profibilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaa. Hal ini menunjukkan bahwa profitabilitas berbanding lurus dengan nilai perusahaan, sehingga profitabilitas mengalami peningkatan maka nilai perusahaan juga akan mengalami peningkatan, begitu pula sebaliknya. Profibilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan jenis mediasi partial mediation. Sehingga bagi perusahaan yang ingin menaikkan nilai perusahaannya, agar memperhatikan struktur modal dan profitabilitas karena hal tersebut merupakan sinyal yang baik terhadap investor.

Page 1 of 2 | Total Record : 18