cover
Contact Name
Andri Wahyu Wijayadi
Contact Email
edhumanistics@gmail.com
Phone
+6283117937533
Journal Mail Official
edhumanistics@gmail.com
Editorial Address
Jl. Irian Jaya No.55, Cukir, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61471
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan
ISSN : 25022709     EISSN : 2615384X     DOI : https://doi.org/10.33752/ed-humanistics
Core Subject : Education,
Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 2 Tahun 2020" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GROUP INVESTIGATION PADA MATERI SISTEM TATA SURYA Eka Puji Anggraini; Nur Kuswanti; Andri Wahyu Wijayadi
Ed-Humanistics Vol 5 No 2 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i2.1066

Abstract

Tujuan umum dari penelitian yang dilakukan adalah mengembangkan LKPD IPA Sistem Tata Surya berbasis model pembelajaran tipe GI yang layak berdasarkan validitas. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan LKPD IPA berbasis GI pada materi Sistem Tata Surya berdasarkan prosedur pengembangan ADDIE, dan mendeskripsikan kelayakan LKPD IPA Sistem Tata Surya yang dikembangkan berdasarkan Validitas LKPD IPA Sistem Tata Surya berbasis model pembelajaran kooperatif tipe GI. Penelitian pengembangan yang dilakukan menghasilkan produk LKPD IPA berbasis GI pada materi Sistem Tata Surya. Proses pengembangan menghasilkan 3 draft LKPD yang telah mendapat saran dan masukan dari dosen pembimbing dan validator dari ahli materi, ahli media dan guru IPA. Hasil penilaian dari validator terhadap LKPD IPA berbasis GI yang dikembangkan menunjukkan bahwa LKPD IPA berbasis GI yang dikembangkan mendapat skor rata-rata 3, 71 dengan kategori sangat valid. Kata Kunci: Sistem Tata Surya, Model GI, Peserta Didik
TEACHING PART OF SPEECH TO EFL STUDENTS THROUGH “THE TORTOISE AND THE HARE” STORY Fitri Apriyanti
Ed-Humanistics Vol 5 No 2 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i2.1068

Abstract

This research is intended to make learners using the correct part of speech in the correct position in the sentence. The research method used to teaching part of speech through a story is descriptive method by reading, finding, identifying, classifying and writing about the part of speech related to the story. The participants of this research are the students of one of university in Jakarta. The results of this research are: there are 17 nouns, 33 verbs, 18 adjectives, 11 adverbs, 9 pronouns, 11 prepositions, 5 conjunctions and 1 interjection. Keywords: Teaching, Speech, Tortoise, Hare
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA DITINJAU DARI KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN KEIRSEY (ARTISAN, GUARDIAN, IDEALIS DAN RASIONAL) Meitha Arinindya Putri; Haerudin; Nita Hidayati
Ed-Humanistics Vol 5 No 2 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i2.1069

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMA yang ditinjau dari karakteristik kepribadian Keirsey, yakni artisan, guardian, idealis dan rasional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan sampel 8 orang siswa pada salah satu SMA di kabupaten Karawang yang dipilih berdasarkan perolehan dua nilai teratas dari masing-masing tipe kepribadian pada tes angket untuk menggolongkan tipe kepribadian. Adapun instrumen yang digunakan adalah angket kategori empat kepribadian Keirsey, tes tulis kemampuan komunikasi matematis, serta wawancara. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan cara masing-masing tipe kepribadian dalam menyelesaikan masalah kemampuan komunikasi matematis. Hal ini terlihat dari subjek dengan kepribadian artisan tidak mampu dalam sebagian besar indikator, menjawab soal dengan optimis, percaya diri, cenderung tergesa-gesa, kurang mengerti dalam penggunaan simbol serta menggunakan cara yang paling efektif. Subjek dengan kepribadian guardian tidak mampu dalam sebagian besar indikator, mengerjakan dengan tekun, menggunakan prosedur rutin yang umum, kurang memahami tujuan soal, lamban, serta berfokus kepada rasa aman. Subjek dengan kepribadian idealis sangat mampu dalam indikator kemampuan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan sesuai permasalahan dalam soal, menyelesaikan dengan cara yang tertata, rapih, namun kurang teliti pada penggunaan simbol. Subjek dengan kepribadian rasional sangat mampu dalam indikator kemampuan menuliskan alasan dalam menjawab soal, cukup mampu indikator kemampuan menuliskan istilah-istilah dan simbol-simbol matematika, cukup mampu dalam indikator kemampuan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan sesuai permasalahan dalam soal, serta kurang mampu pada indikator lainnya, menyelesaikan dengan cara teoritis, logis, cerdas, fleksibel, berpikir abstrak, serta mampu menjelaskan langkah-langkah penyelesaian secara benar dan tepat. Kata Kunci: artisan, guardian, idealis, komunikasi, rasional
ANALISIS VALIDASI PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KUBUS DAN BALOK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING Nurida Ulinuha; Siti Khabibah; Siti Faizah
Ed-Humanistics Vol 5 No 2 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i2.1070

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk membuat dan mengukur validitas modul pembelajaran matematika materi kubus dan balok berbasis contextual teaching and learning untuk kelas VIII SMP/MTs sederajat. Metode penelitian mengadaptasi penelitian pengembangan model ADDIE yang menggunakan empat tahapan saja yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Hasil validasi modul dari validator ahli media dan validator ahli materi masing-masing mendapatkan rata-rata 89,583 dan 91,667 dengan kriteria sangat valid. Kata Kunci: modul pembelajaran matematika, contextual teaching and learning, ADDIE.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM, FASILITAS PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 Rani Dewi Yulyani
Ed-Humanistics Vol 5 No 2 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i2.1071

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran, fasilitas pembelajaran dan minat belajar mahasiswa terhadap motivasi belajar daring selama pandemi Covid-19 Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Ushuluddin dan Adab Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hassanudin Banten. Dalam penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukan media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa, kemudian fasilitas pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa selanjutnya minat belajar dinyatakan tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar. Kontribusi pengaruh variabel media pembelajaran, fasilitas pembelajaran dan minat belajar adalah 49,7% terhadap motivasi belajar dan sisanya 50,3% dipengaruhi variabel lain di luar variabel penelitian. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Daring, Fasilitas Pembelajaran, Minat Belajar, Motivasi Belajar
USING PICTURES AND GUIDED QUESTIONS TO IMPROVE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT Utami Ratna Swari
Ed-Humanistics Vol 5 No 2 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i2.1073

Abstract

This research is classroom action research. It is carried out at 3rd semester students PGSD study program in Panca Marga University Probolinggo, consisting of 32 students. The objective of the research is to find out how can pictures and guided questions be implemented to improve students’ ability in writing descriptive text. This research is conducted in 2 (two) cycles. The procedure of the research consist of: preliminary study, planning, action, observation, and reflection. Qualitative data are obtained from observation checklist, field notes and interview. While quantitative data are gained from the product of students’ descriptive text writing. The result of the research shows that using picture and guided questions can improve students’ ability in writing descriptive text. As the indicator of success, the researcher adapted scoring rubric consisting 4 level: Level 1 = Very Poor, Level 2 = Fair to Poor, Level 3 = Good to Average, and Level 4 = Excellent to Very Good. It is considered success if 63 % or more than 63% students have reached level 3. In preliminary study only 28% students belongs to level 3. In cycle 1 there a slight significant showing percentage improvement in level 3 (47% students reached level 3). In second cycle, the result of students’ writing finally shows a high improvement, 69% students have reached level 3. It indicates that using picture and guided questions can improve students’ ability in writing descriptive text. Keywords: picture, guided questions, writing, descriptive text
URGENSI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI ERA DISRUPSI Unik Hanifah Salsabila; Risqie Pramudya Endi; Roisul Ma’ruf; Sulaiman Saputra; Inan Taat Diyanah
Ed-Humanistics Vol 5 No 2 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i2.1074

Abstract

Pendidikan di era disrupsi pada abad 21 memanglah sangat pesat berhubungan dengan banykanya teknologi yang ada mempengaruhi dinamika manusia, mulai dari aspek pemikiran, perkataan, kebiasaan, hingga karakter umum lainnya. Dengan adanya urgensi tekonologi pendidikan ini agar memberikan aspek yang sangat luar biasa terutama dalam hal kaitannya pendidikan pada saat ini, lihat saja di masa sekarang kita melihat dunia pendidikan dipenuhi banyaknya teknologi, seperti halnya pandemi yang melanda bumi berupa virus yang banyak menyebabkan dampak terhadap manusia lainnya. COVID-19 tidak bisa kita pastikan hingga kapan berakhir. Bahkan dengan dampak yang sangat luar biasa hingga pengaruh terhadap pendidikan yang ada pada khususnya. Kata kunci : Teknologi, Pendidikan, Disrupsi
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPA MATERI TERAPUNG MELAYANG DAN TENGGELAM DI KELAS IV SDI MAUMERE Wisrance
Ed-Humanistics Vol 5 No 2 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i2.1075

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi terapung melayang dan tenggelam di kelas IV SDI Maumere. Penelitian tindakan kelas (classroom action research) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Kegiatan penelitian ini dirancang dalam siklus, yang terdiri dari 2 siklus yang terencana. Setiap siklusnya terdiri atas 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Ketuntasan belajar siswa terhadap pembelajaran IPA dengan metode demonstrasi dalam pembelajaran terapung, melayang dan tenggelam sangat signifikan, yakni siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas dari siklus I yaitu skor yang dicapai : 67,14 meningkat di siklus II dengan skor : 76,57 berartiterjadi peningkatan rata-rata skor dari siklus I ke siklus II sebesar 9,43. Kata kunci: demonstrasi, pembelajaran IPA, terapung melayang dan tenggelam
PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IXA PADA KONSEP BIOTEKNOLOGI PANGAN DI SMP NEGERI KEWAPANTE Alexius Dewa
Ed-Humanistics Vol 5 No 2 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i2.1076

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IXA pada konsep bioteknologi pangan di SMP Negeri Kewapante. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (classroom action research) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Kegiatan penelitian ini dirancang dalam siklus, yang terdiri dari 2 siklus yang terencana. Setiap siklusnya terdiri atas 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IXA pada pokok bahasan bioteknologi pangan di SMP Negeri Kewapante tahun ajaran 2019/2020 yang dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa pada siklus II dengan rata-rata nilai yang dicapai 80,7 dan persentase kelulusan yang dicapai sebesar 85,7%. Kata kunci: hasil belajar, bioteknologi pangan, inkuiri
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDI MAUMERE KABUPATEN SIKKA PADA MATERI PROSES FOTOSINTESIS Elisabet Srinamiyati
Ed-Humanistics Vol 5 No 2 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i2.1077

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDI Maumere pada materi fotosintesis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (classroom action research) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Kegiatan penelitian ini dirancang dalam siklus, yang terdiri dari 2 siklus yang terencana. Setiap siklusnya terdiri atas 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Ketuntasan belajar siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi dan alat peraga proses fotosintesis sangat signifikan, yakni 93% tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas dari siklus I yaitu skor yang dicapai : 67,9 meningkat di siklus II dengan skor: 79,82 berarti terjadi peningkatan rata-rata skor dari siklus I ke siklus II sebesar 11,92. Kata Kunci: Penerapan, Metode Demonstrasi, Meningkatkan, Fotosintesis

Page 1 of 1 | Total Record : 10