cover
Contact Name
Pardianto
Contact Email
pardianto@uinsby.ac.id
Phone
+6281232720222
Journal Mail Official
jurnalilkom@uinsby.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UIN) Surabaya. Jl. Jend. A. Yani 117 Tromol Pos 4/WO Surabaya 60237. Telp. +62-031 8437987, Fax. +62-31 8482245. e-mail: jurnalilkom@uinsby.ac.id
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 2088981X     EISSN : 27232557     DOI : https://doi.org/10.15642/jik
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmu Komunikasi (Print ISSN: 2088-981X; Online ISSN: 2723-2557) adalah jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM). Jurnal Ilmu Komunikasi diharapkan menjadi wadah pengembangan ilmu komunikasi, baik dari hasil penelitian maupun analisis-reflektif. Para akademisi dan praktisi diharapkan berkontribusi dalam mengembangkan teori dan konsep-konsep baru di bidang ilmu komunikasi dalam berbagai perspektif yang luas. Kajian utama jurnal ini mencakup studi media during/cetak, film, periklanan, dan rumpun ilmu komunikasi lainnya. Jurnal Ilmu Komunikasi terbit dua kali setahun pada bulan April dan bulan Oktober
Articles 151 Documents
Proximity dalam Komunikasi antara Dosen dan Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya Novita Ainun Zuhria
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 4 No. 2 (2014): Oktober
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.84 KB) | DOI: 10.15642/jik.2014.4.2.%p

Abstract

Artikel ini membahas tentang proses proximity yang terjadi antara Dosen dengan Mahasiswa di Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proximity dalam komunikasi antara dosen dan mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya ini kedekatan yang terbangun adalah suasana yang akrab dan terbuka serta jarak komunikasi yang memasuki jarak informal. Akan tetapi, kedekatan Dosen dan Mahasiswa tidak secara menyeluruh, melainkan ada Mahasiswa yang begitu dekat dan akrab dengan Dosen dan terdapat pula Mahasiswa yang tidak begitu akrab dengan Dosen. Kedekatan antara dosen dan mahasiswa tetap dijaga dan ditingkatkan agar dapat mengembangkan hubungan yang lebih akrab secara keseluruhan.
Hubungan antara Kecerdasan Interpersonal Remaja dengan Komunikasi Efektif antar Generasi dalam Keluarga (Studi Kuantitatif pada Remaja di SMA Dharma Wanita Surabaya) Anni Rufaidah Maelan
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 4 No. 2 (2014): Oktober
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.209 KB) | DOI: 10.15642/jik.2014.4.2.%p

Abstract

Artikel ini membahas tentang apakah ada hubungan kecerdasan interpersonal remaja dengan komunikasi efektif antar generasi yaitu remaja dengan orang tua dan remaja dengan kakek atau nenek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan kecerdasan interpersonal remaja dengan komunikasi efektif antar generasi yaitu remaja dengan orang tua dan remaja dengan kakek atau nenek. Hasil penelitian ini ditemukan hubungan antara kecerdasan interpersonal pada remaja dengan komunikasi efektif antar generasi siswa/siswi SMA Dharma Wanita Surabaya terdapat hubungan yang signifikan yaitu 0,633 dengan arah positif. koefisien korelasi atau nilai r = 0,633 dengan signifikansi sebesar 0,000. Angka tersebut menunjukkan korelasi yang cukup kuat karena terletak antara 0,61 – 0,80 pada interval nilai r. Dengan demikian dapat diinterpretasikan bahwa hubungan antara kecerdasan interpersonal remaja dengan komunikasi efektif antar generasi adalah kuat. diperoleh rxy sebesar 0,633 pada taraf signifikan 5% dengan sampel sebanyak 70 responden. Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan (rhitung = 0,633 > rtabel = 0,235) antara kecerdasan interpersonal
Marketing Komunikasi Politik (Studi Kasus Marketing Komunikasi Politik PT. Melia Sehat Sejahtera dalam Penempatan Leader sebagai Caleg Partai Politik Tertentu) Lya Ambarwati
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 4 No. 2 (2014): Oktober
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.883 KB) | DOI: 10.15642/jik.2014.4.2.%p

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses kegiatan marketing komunikasi politik dari PT melia sehat sejahtera yang merupakan perusahaan multi level marketing, dalam prosesnya, kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh para pemimpin tertinggi dalam memberikan motivasi kepada para jaringan member dibawahnya agar memperkuat loyalitas para member pada perusahaan dan pemimpinnya. Selain itu motivasi juga diberikan kepada bibit calon pemimpin tinggi yang berada di kaki jaringan yang dianggap mampu serta layak untuk naik jabatan leader yang lebih tinggi.
Komunikasi Harian Santri Putri dalam Membangun Keakraban di Lingkungan Pondok Pesantren Putri Sunan Drajat Paciran Lamongan Nadliyah Imroatul Awwaliyah
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 4 No. 2 (2014): Oktober
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.108 KB) | DOI: 10.15642/jik.2014.4.2.%p

Abstract

Atikel ini membahas tentang bagaimana bahasa harian santri putri dalam membangun keakraban di lingkungan pondok pesantren putri sunan drajat dan bagaimana penggunaan bahasa harian santri putri dalam membangun keakraban di lingkungan pondok pesantren putri sunan drajat Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini di temukan bahwa (1) bentuk komunikasi verbal digunakan santri yaitu bahasa yang diadopsi dari bahasa slang dan bahasa daerah. (2) Penggunaan bahasa akrab dengan menggunakan istilah-istilah panggilan. Bentuk komunikasi non verbal yang digunakan selama kegiatan komunikasi berlangsung di lingkungan pondok pesantren putri sunan drajat dalam membangun keakraban adalah ekspresi wajah, Bahasa tubuh atau gerak tubuh dan penampilan tubuh.
Komunikasi Interpersonal Janda yang Bekerja di Surabaya M. Andi Prasetiyo
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 4 No. 1 (2014): April
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.611 KB) | DOI: 10.15642/jik.2014.4.1.%p

Abstract

Ada dua persoalan tersebut hendak dikaji dalam artikel ini, yaitu bagaimana proses komunikasi interpersonal janda yang bekerja di Surabaya, dan bagaimana hambatan-hambatan dalam proses komunikasi interpersonal janda yang bekerja di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan fenomenologi.Hasil penelitian ini ditemukan bahwa proses komunikasi interpersonal janda yang bekerja dengan masyarakat lingkungan tempat tinggal berlangsung secara tatap muka. Janda kurang bisa membagi waktu antara pekerjaan dan lingkungan sekitar sehingga komunikasi dengan masyarakat sekitar tidak berjalan dengan lancar. Janda mengalami beberapa hambatan dalam proses komunikasinya dengan masyarakat sekitar, yakni faktor waktu, perbedaan latar belakang, perbedaan budaya dan letak tempat tinggal janda.
Etika Komunikasi Customer Relations dalam Pelayanan Jama’ah Haji KBIH Nasrul Ummah Kabupaten Kediri Mochammad Hilmi Rahmatullah
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 4 No. 2 (2014): Oktober
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.387 KB) | DOI: 10.15642/jik.2014.4.2.%p

Abstract

Artikel ini membahas tentang bagaimana etika komunikasi customer relations yang dilakukan oleh KBIH Nasrul Ummah dalam melayani jama’ahnya. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara global dan mendalam, penelitian ini menggunakan metode deskriptif.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa etika komunikasi merupakan salah satu usaha yang dinilai cukup penting dalam proses customer relations. Selain itu, penerapan etika yang biasa disebut dengan etiket juga dapat menciptakan respon dan nilai positif. Kemudian pada akhirnya customer akan percaya dengan pelayanan dari sebuah lembaga. Sedangkan, dalam kaitannya teori etika deontologi yakni, penerapan etika komunikasi yang berlangsung saat pelayanan ibadah haji hakikatnya merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh KBIH Nasrul Ummah, hal ini sejalan dengan kebebasan antar manusia untuk tetap berinteraksi dengan melakukan hal yang baik seperti yang diungkapkan oleh Immanuel Kant.
Pengaruh Komunikasi Terapeutik Terapis terhadap Kepuasan Pasien di Griya Terapi Adem Panas Agus Suyant Winda Nurnenda Triandini
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 4 No. 1 (2014): April
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.564 KB) | DOI: 10.15642/jik.2014.4.1.%p

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam artikel ini, yaitu apakah ada pengaruh komunikasi terapeutik terapis terhadap kepuasan pasien di griya terapi Agus Suyanto, berapa besar pengaruh komunikasi terapeutik terapis terhadap kepuasan pasien di griya terapi Agus Suyanto.Untuk mengungkap persoalan tersebut secarah menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakannlah penelitian kuantitatif dengan metode korelasionalyang berguna untuk mendeteksi atau mencari hubungan sejauh mana variasi – variasi pada suatu faktor berkaitan dengan variasi – variasi pada satu atau lebih faktor lain.Dari penelitian ini ditemukan bahwa (1) adanya pengaruh antara komunikasi terapeutik terapis terhadap kepuasan pasien di griya adem panas Agus Suyanto yang sedang. Hal ini diketahui dengan adanya perhitungan korelasi produk momen yang menggunakan statistik SPSS 16.0 dengan hasil 0.405 dan disesuaikan dengan tabel interpretasi ”r” menunjukkan bahwa antara komunikasi terapeutik terapis (x) terhadap kepuasan pasien (y) terdapat pengaruh yang sedang atau positif.
Komuninkasi Interpersonal Mekanik dan Pembalap dalam Membangun Prestasi di Team Yamaha Trijaya Mbkw2 Mohammad Mahrus
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 4 No. 1 (2014): April
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.977 KB) | DOI: 10.15642/jik.2014.4.1.%p

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam artikel ini, yaitu, bagaimana proses komunikasi interpersonal mekanik dan pembalap di team yamaha trijaya Mbkw2, dan hambatan-hambatan proses komunkasi interpersonal mekanik dan pembalap di team yamaha trijaya Mbkw2. Untuk mengungkapkan permasalahan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologiHasil penelitian ini ditemukan bahwa, proses komunikasi interpersonal di team yamaha trijaya Mbkw2 melalui tahap perkenalan kemudian dilanjutkan tahap keterlibatan dengan cara sering bertemu maupun dengan menggunakan media sosial secara intens dan terus menerus. Pertemuan tersebut menggunakan bahasa atau simbol-simbol yang digunakan dalam team tersebut kepada anggota team lainnya dalam mempererat komunikasi antar anggota team.
Etika Komunikasi Anak Penggemar Point Blank di Kelurahan Banyu Urip Kecamatan Sawahan Kota Surabaya Husein Husein
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 4 No. 1 (2014): April
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.585 KB) | DOI: 10.15642/jik.2014.4.1.%p

Abstract

Etika komunikasi merupakan sebuah aturan mengenai bagaimana setiap individu melakukan komunikasi yang baik dan efektif yang sesuai dengan norma-norma dan adat kebiasaan yang ada. Dalam artikel ini yang akan dibahas adalah bagaimana tata krama dalam berkomunikasi anak penggemar point blank ketika berkomunikasi dengan orang yang sebaya dan bagaimana tata krama dalam berkomunikasi anak penggemar point blank ketika berkomunikasi dengan orang yang lebih tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana tata krama dalam berkomunikasi anak penggemar point blank ketika berkomunikasi dengan orang yang sebaya, dan bagaimana tata krama dalam berkomunikasi anak penggemar point blank ketika berkomunikasi dengan orang yang lebih tua. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif.Dari hasil penelitian ini dihasilkan bahwa anak-anak yang menjadi obyek penelitian bahwa anak-anak tersebut memiliki etika komunikasi yang cukup, terbukti dari apabila mereka berkomunikasi dengan orang yang lebih tua mereka selalu bertutur kata dengan baik, menggunakan bahasa jawa halus dan bahasa Indonesia dan menggunakan panggilan baik serta pesan komunikasi yang baik pula walaupun sebagian dari anak tersebut masih kurang dalam etika berkomunikasi dengan orang yang lebih tua. Akan tetapi etika dalam berkomunikasi dengan teman sebaya mereka sangatlah kurang, namun anak-anak tersebut masih punya kesadaran diri dan mengetahui bagaimana seharusnya etika komunikasi yang baik.
POLA KOMUNIKASI URBAN CARE COMMUNITY PADA MASYARAKAT MARGINAL DI STREN KALI JAGIR, WONOKROMO SURABAYA Maulana Chandra, Dian
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 9 No. 2 (2019): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.681 KB)

Abstract

Marginalisasi masih terjadi pada beberapa masyarakat di Kota Surabaya, salah satunya adalah masyarakat perkampungan Stren Kali Jagir Surabaya. Urban Care Community merupakan salah satu Lembaga swadaya masyarakat (LSM) untuk membina masyarakat marginal Stren Kali Jagir, Wonokromo Surabaya. Artikel ini merupakan hasil penelitian yang membahas tentang bagaimana proses dan pola komunikasi Urban Care Community pada masyarakat marginal Stren Kali Jagir, Wonokromo, Kota Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola dan proses komunikasi Urban Care Community dalam memberdayakan masyarakat marginal Stren Kali Jagir, Wonokromo Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini ditemukan bahwa proses komunikasi yang dilakukan Urban Care Community dengan masyarakat marginal Stren Kali Jagir, Wonokromo Surabaya menggunakan proses komunikasi antar pribadi, komunikasi kelompok, dan juga komunikasi lewat media sosial agar lebih efesien. Sedangkan pola komunikasi dengan masyarakat marginal Stren Kali Jagir Surabaya menggunakan pola komunikai sekunder.

Page 1 of 16 | Total Record : 151