cover
Contact Name
Pardianto
Contact Email
pardianto@uinsby.ac.id
Phone
+6281232720222
Journal Mail Official
jurnalilkom@uinsby.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UIN) Surabaya. Jl. Jend. A. Yani 117 Tromol Pos 4/WO Surabaya 60237. Telp. +62-031 8437987, Fax. +62-31 8482245. e-mail: jurnalilkom@uinsby.ac.id
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 2088981X     EISSN : 27232557     DOI : https://doi.org/10.15642/jik
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmu Komunikasi (Print ISSN: 2088-981X; Online ISSN: 2723-2557) adalah jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM). Jurnal Ilmu Komunikasi diharapkan menjadi wadah pengembangan ilmu komunikasi, baik dari hasil penelitian maupun analisis-reflektif. Para akademisi dan praktisi diharapkan berkontribusi dalam mengembangkan teori dan konsep-konsep baru di bidang ilmu komunikasi dalam berbagai perspektif yang luas. Kajian utama jurnal ini mencakup studi media during/cetak, film, periklanan, dan rumpun ilmu komunikasi lainnya. Jurnal Ilmu Komunikasi terbit dua kali setahun pada bulan April dan bulan Oktober
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2015): Oktober" : 5 Documents clear
Strategi Komunikasi Organisasi PT Petrokimia Gresik dalam Menghadapi Persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 Ainur Rohmah
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 5 No. 2 (2015): Oktober
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.923 KB) | DOI: 10.15642/jik.2015.5.2.%p

Abstract

Artikel ini membahas tentang strategi komunikasi organisasi PT. Petrokimia Gresik dalam Menghadapi Persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut digunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan suatu strategi tersimpan di perusahaan PT Petrokimia Gresik terutama di bidang komunikasi organisasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa strategi yang digunakan adalah menggunakan 3 bentuk media dalam penyampaian informasinya, meliputi : Majalah Gema, Tabloid Sahabat Petani dan website resmi perusahaan. PT Petrokima Gresik telah menyiapkan para karyawan perusahaan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan diberbagai bidang baik internal maupun eksternal perusahaan. Sedangkan dalam menstabilkan iklim organisasi, perusahaan menggunakan 5 value perusahaan. Dalam berkomunikasi dengan publik internal maupun eksternal, PT Petrokimia Gresik menggunakan tenaga sales supervisor.
Komunikasi Kelompok Musik Patrol “Barbie” dengan Masyarakat Desa Gedongan Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo M. Jauhar Fuadi
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 5 No. 2 (2015): Oktober
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.431 KB) | DOI: 10.15642/jik.2015.5.2.%p

Abstract

Persoalan yang hendak dikaji dalam artikel ini adalah bagaimana komunikasi kelompok musik patrol “Barbie” untuk mendapatkan respon masyarakat Desa Gedongan Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, penelitian ini digunakanlah metode penelitian kualitatif.Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Komunikasi kelompok musik patrol “Barbie” mendapat Respon masyarakat cenderung positif dalam artian menerima kehadiran Grup Musik Patrol “Barbie” sebagai salah satu media hiburan. Respon tersebut ditunjukkan dengan banyaknya keikutsertaan grup musik ini dalam aktifitas maupun acara maupun event yang diadakan kepala desa. kaitannya dengan acara yang disarankan masyarakat adalah menunjukkan adanya kebutuhan hiburan dan sisi edukatif dalam memainkan music seperti lomba, ataupun ajang pencarian bakat.
Audit Komunikasi pada Panitia Event Young Moselem Enterpreneur Camp 2015 (Studi kasus pada event Young Moslem Enterpreneur Camp 2015 Fikriyah Fikriyah
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 5 No. 2 (2015): Oktober
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.871 KB) | DOI: 10.15642/jik.2015.5.2.%p

Abstract

Penelitian mwmbahas tentang bagaimana audit komunikasi pada panitia YouMEC 2015?”. Untuk mengungkap persoalan secara menyeluruh dan mendalam dari penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan secara menyeluruh audit komunikasi pada panitia YouMEC 2015. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa audit komunikasi dilakukan maka terjadi efektifitas komunikasi pada panitia YouMEC 2015 adalah pertama, kendali sederhana dari masing-masing individu panitia mempunyai job desc yang mengharuskan mereka untuk melakukan kewajiban dari apa yang sudah dititik beratkan kepada mereka sehingga masing-masing individu dapat memfokuskan diri dalam pekerjaan yang harus dilakukan panitia YouMEC 2015. Kedua, kendali birokrasi yaitu panitia wajib lapor satu minggu sekali tentang apa yang mereka kerjakan selama satu minggu kemudian di komunikasikan dan di auditkan masalah-masalah, kemacetankemacetan, serta hambatan apa yang sedang mereka hadapi pada persiapan event.
Komunikasi Bisnis dalam Persiapan Menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) 2015 (Studi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya) Zahirotul Maghfiroh
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 5 No. 2 (2015): Oktober
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.261 KB) | DOI: 10.15642/jik.2015.5.2.%p

Abstract

Hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) upaya yang dilakukan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya untuk persiapan menghadapi AEC 2015 adalah melalui program dan kegiatan pelatihan training for trainer untuk pendamping, sosialisasi, seminar, pameran, branding product serta motivasi kepada pelaku usaha untuk peningkatan SDM. Proses komunikasi bisnis untuk persiapan yang dilakukan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya dalam menghadapi AEC 2015 melalui komunikasi downward dari pemerintah tertinggi ke lembaga pelasana Disperdagin Surabaya. Ditemukan proses komunikasi bisnis yang menggunakan model komunikasi komunikasi linier dan model komunikasi sirkuler.
Brand Positioning Usaha Kecil dan Menengah (Studi Pada CV. MPU Batu Surabaya) Sarah Isneini
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 5 No. 2 (2015): Oktober
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.292 KB) | DOI: 10.15642/jik.2015.5.2.%p

Abstract

Penelitian ini membahas tentang (1) Bagaimana strategi internal CV Mpu Batu Surabaya terhadap brand positioning-nya (2) Bagaimana pemaknaan brand positioning CV Mpu Batu Surabaya oleh stakeholder. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai pemaknaan stakeholder terhadap brand positioning CV Mpu Batu Surabaya, kemudian data tersebut dianalisis dengan Teori Pertukaran Sosial dari John Thibaut dan Harold Kelley.Haasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) CV Mpu Batu Surabaya menentukan posisi mereknya dengan strategi positioning melalui atribut/keunggulan, positioning melalui kompetisi, dan price-value position posisi berdasarkan harga-nilai yang dikomunikasikan dengan komunikasi langsung dan melalui saluran/media komunikasi. (2) Pemilik, mitra/distributor, customer, dan memaknai brand positioning CV Mpu Batu Surabaya sesuai dengan strategi perusahaan, sedangkan pegawai CV Mpu Batu Surabaya tidak dapat memaknai/menafsirkan brand positioning CV Mpu Batu Surabaya melalui atribut dan berdasarkan harga.

Page 1 of 1 | Total Record : 5