cover
Contact Name
Pardianto
Contact Email
pardianto@uinsby.ac.id
Phone
+6281232720222
Journal Mail Official
jurnalilkom@uinsby.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UIN) Surabaya. Jl. Jend. A. Yani 117 Tromol Pos 4/WO Surabaya 60237. Telp. +62-031 8437987, Fax. +62-31 8482245. e-mail: jurnalilkom@uinsby.ac.id
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 2088981X     EISSN : 27232557     DOI : https://doi.org/10.15642/jik
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmu Komunikasi (Print ISSN: 2088-981X; Online ISSN: 2723-2557) adalah jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM). Jurnal Ilmu Komunikasi diharapkan menjadi wadah pengembangan ilmu komunikasi, baik dari hasil penelitian maupun analisis-reflektif. Para akademisi dan praktisi diharapkan berkontribusi dalam mengembangkan teori dan konsep-konsep baru di bidang ilmu komunikasi dalam berbagai perspektif yang luas. Kajian utama jurnal ini mencakup studi media during/cetak, film, periklanan, dan rumpun ilmu komunikasi lainnya. Jurnal Ilmu Komunikasi terbit dua kali setahun pada bulan April dan bulan Oktober
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2016): Oktober" : 5 Documents clear
Strategi Kreatif Program Larasti dalam Mempertahankan Eksistensinya di JTV Surabaya Fared Ahli Syhabbudin
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 2 (2016): Oktober
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.64 KB) | DOI: 10.15642/jik.2016.6.2.%p

Abstract

Artikel ini membahas tentang startegi kreatif apa saja yang di lakukan produser dan tim kreatif dalam upaya mempertahankan eksistensi program Larasati dalam mempertahankan eksistensi di JTV Surabay. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi kreatif yang dilakukan dalam program larasati dalam mempertahankan eksistensi di JTV Surabaya. Untuk mengungkap permasalahan tersebut secara mendalam, peneliti menggunakan metode kualitatif.Hasil dari penelitian ini bahwa banyak hal yang dapat di jadikan ide atau sebuah kreatifitas, mulai dari pemilihan lagu, pemain band, tema, konten, nama program, sampai pada kostum maupun make up yang biasa di jadikan sebuah bahan kreatifitas agar menarik pemirsa yang nantinya dalam pendekatan ekonomi media, sebuah program yang kreatif dan menarik tersebut dapat berpengaruh terhadap pendanaan media tersebut.
Strategi Komunikasi Pemasaran Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Surabaya Nur Fauziah
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 2 (2016): Oktober
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.249 KB) | DOI: 10.15642/jik.2016.6.2.%p

Abstract

Program Rumah Tahfidz Daarul Qur’an merupakan program yang digagas oleh Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an, program ini mengembangkan sentra-sentra tahfidz di lingkungan masyarakat dan perusahaan. Ide dasarnya untuk membibit dan mencetak para penghafal Al-Qur’an dengan melibatkan potensi masyarakat yang ada. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif.Artikel ini membahas tentang bagaimana strategi komunikasi pemasaran rumah tahfidz binaan putra surabaya yang dilakukan oleh daarul qur’an Surabaya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memahami dan menjelaskan strategi komunikasi pemasaran rumah tahfidz binaan putra surabaya yang dilakukan oleh daarul qur’an Surabaya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran dilakukan secara terintegrasi dengan menggunakan beberapa elemen promosi yaitu: 1) spanduk, brosur, flyer, dan event, 2) promosi secara personal, 3) pemanfaatan database menggunakan bbm (blackberry messenger), sms (short message service), dan telepon, 4) pemanfaatan internet melalui website dan media sosial
Strategi Komunikasi Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia untuk Literasi Media pada Masyarakat Surabaya Nur Sholichah
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 2 (2016): Oktober
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.35 KB) | DOI: 10.15642/jik.2016.6.2.%p

Abstract

Kemampuan literasi media sangat dibutuhkan oleh masyarakat di tengah banyaknya persoalan yang terjadi pada media massa saat ini. Beragam upaya dilakukan oleh lembaga-lembaga masyarakat guna meningkatkan daya melek masyarakat terhadap media massa. Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) termasuk lembaga yang melakukan upaya pendidikan literasi media kepada masyarakat melalui terjun ke masyarakat langsung dan juga seminar. Artikel ini membahas tentang strategi komunikasi IMIKI untuk literasi media pada masyarakat Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi IMIKI untuk literasi media pada masyarakat Surabaya adalah dengan 4 tahap kunci, yaitu planning, organizing, actuating, and controlling. Perencanaan meliputi sasaran literasi media, pesan yang akan disampaikan, pengkajian tujuan, media yang digunakan dan optimalisasi sumber daya manusia dalam IMIKI. Pengorganisasian meliputi tim dalam kegiatan literasi media. Pengawasan yang dilakukan dengan cara pemberian nomor pengaduan dari pihak KPID Jatim kepada masyarakat.
Strategi Komunikasi Bisnis Para Stakeholders CV. Pangan Bagus Sejahtera Dalam Menghadapi MEA 2015 Ian Maulana Lufthansa
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 2 (2016): Oktober
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.478 KB) | DOI: 10.15642/jik.2016.6.2.%p

Abstract

Artikel ini membahas tentang (1) Bagaimana pola komunikasi bisnis para stakeholders CV. Pangan Bagus Sejahtera, (2) Bagaimana strategi komunikasi bisnis para stakeholders dalam menghadapi MEA 2015. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pola komunikasi bisnis para stakeholders dalam menghadapi MEA 2015, CV. Pangan Bagus Sejahtera menggunakan pola komunikasi bisnis up-to-down dan down-to-up kepada lingkup stakeholders internalnya. Sedangkan kepada lingkup stakeholders eksternalnya, CV. Pangan Bagus Sejahtera menggunakan pola komunikasi bisnis horizontal dan sharing information untuk mengembangkan sayap bisnisnya dari nasional hingga internasional. Sedangkan strategi komunikasi bisnis dari CV. Pangan Bagus Sejahtera menggunakan media online atau bisa dikatakan media komunikasi di era global digital ini dengan memiliki beberapa situs dan akun yang dapat menunjang keberhasilan bisnis dari CV. Pangan Bagus Sejahtera dalam percepatan informasi bisnisnya yang masih terpantau dengan beberapa analisis-analisis yang mengacu pada analisis SWOT dalam berbisnis.
Manajemen Komunikasi pada Devisi CSR PT. Semen Indonesia Tbk dalam Program Ekspansi Perusahaan (Studi dalam Ekspansi ke Tuban dan Rembang) Muhammad Ragil Setiawan
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 2 (2016): Oktober
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.526 KB) | DOI: 10.15642/jik.2016.6.2.%p

Abstract

Indonesia Tbk dalam Program Ekspansi Perusahaan. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh, metode yang digunakan adalah Deskritif kualitatif. Hasil penelitian, ditemukan bahwa ada 2 dalam hal fact finding yakni Warga yang menolak pembangunan di Rembang dikatrenakan hasutan dari pihak luar dan juga Warga sekitar menolak karena mereka takut Tanaman disekitar tempat tinggal mereka akan mati. Dalam hal planning ditemukan ada 2 hal yakni Semen Indonesia mempunyai perencanaan menjadi perusahaan terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara dan juga perusahaan harus merencanakan kebutuhan sunber daya manusianya. Dalam hal communicating ada 2 hal yakni Sosialisasi kepada masyarakat sekitar yang dilakukan dengan cara mengadakan dengan event-event, lomba-lomba dan program pemberdayaan. Dan dalam Evaluating ada 2 hal yakni Yang pertama adalah penyelesaian pabrik Rembang dan pengembangan berkelanjutan terkait pembangunan Pabrik Tuban.

Page 1 of 1 | Total Record : 5