cover
Contact Name
Pardianto
Contact Email
pardianto@uinsby.ac.id
Phone
+6281232720222
Journal Mail Official
jurnalilkom@uinsby.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UIN) Surabaya. Jl. Jend. A. Yani 117 Tromol Pos 4/WO Surabaya 60237. Telp. +62-031 8437987, Fax. +62-31 8482245. e-mail: jurnalilkom@uinsby.ac.id
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 2088981X     EISSN : 27232557     DOI : https://doi.org/10.15642/jik
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmu Komunikasi (Print ISSN: 2088-981X; Online ISSN: 2723-2557) adalah jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM). Jurnal Ilmu Komunikasi diharapkan menjadi wadah pengembangan ilmu komunikasi, baik dari hasil penelitian maupun analisis-reflektif. Para akademisi dan praktisi diharapkan berkontribusi dalam mengembangkan teori dan konsep-konsep baru di bidang ilmu komunikasi dalam berbagai perspektif yang luas. Kajian utama jurnal ini mencakup studi media during/cetak, film, periklanan, dan rumpun ilmu komunikasi lainnya. Jurnal Ilmu Komunikasi terbit dua kali setahun pada bulan April dan bulan Oktober
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2018): April" : 5 Documents clear
Komunikasi Inklusi Framing Sebagai Upaya Penanganan Anak Korban Kekerasan Seksual (Study Kasus Korban Kekerasan Seksual UPTD Dinas Sosial Kampung Anak Negeri Surabaya) Amalia Alvi
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 8 No. 1 (2018): April
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.863 KB) | DOI: 10.15642/jik.2018.8.1.65-80

Abstract

Artikel ini membahas tentang: (1) Dampak kekerasan seksual yang dialami anak binaan UPTD Dinas Sosial Kampung Anak Negeri Surabaya. (2) Proses konseling dengan menggunakan teknik Reframing dalam komunikasi inklusi sebagai upaya penanganan anak korban kekerasan seksual di UPTD Dinas Sosial Kampung Anak Negeri Surabaya, (3) Bagaimana hasil akhir konseling dengan menggunakan teknik Reframing dalam komunikasi inklusi sebagai upaya penanganan anak korban kekerasan seksual di UPTD Dinas Sosial Kampung Anak Negeri Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif komparatif. Hasil penelitian menujukkan klien mengalami trauma dan ketakutan yang mendalam sehingga memengaruhinya dalam beradaptasi dan berkomunikasi dengan teman-teman dan lingkungannya. Dalam proses konseling dengan menggunakan teknik refreming konselor memberikan gambaran serta sudut pandang baru untuk memperluas cakrawala berpikir dan berpandangan bagi klien sehingga klien bisa mengatasi ketakutannya. Hasil akhir dari proses konseling dengan menggunakan teknik Reframing dalam penelitian ini dikatakan tidak berhasil dengan persentase 30%. yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan kecil pada beberapa sikap dan pengontrolan emosional negatif dan interaksi dengan lingkungan sekitar.
Budaya Komunikasi Blater di Desa Tambuko Kecamatan Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep Madura Saiful Rizal
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 8 No. 1 (2018): April
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.297 KB) | DOI: 10.15642/jik.2018.8.1.49-64

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana budaya komunikasi blater yang ada di desa tambuko kecamatan guluk-guluk kabupaten sumenep. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap bagaimana bentuk-bentuk komnikasi yang dilakukan oleh blater dalam lingkungan sosial masyarakat Desa Tambuko Kecamatan Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep Madura. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk komunikasi blater yang yang dilakukan secara simbolik lebih mudah lakukan serta diterima oleh masyarakat desa tambuko, seperti mengikuti adat-istiadat yang memang harus di lakukan, dan tidak melakukan tindakan kriminal di lingkungan desa. Blater itu sendiri dapat menunjukkan eksistensinya sebagai seorang blater melalui komunikasi yang bersifat simbolik, dan hal itu menjadi budaya komunikasi tersendiri bagi blater yang ada di Desa Tambuko. (2) Seorang blater memiliki nilai-nilai tersendiri di mata masyarakat karena tindakan yang mereka tunjukkan. Apabila seorang blater dapat memberikan keamanan bagi warga desanya maka dia akan mendapatkan nilai tersendiri dari tindakannya itu. Masyarakat akan menilai bahwa blater tersebut betul-betul kuat dan punya pengaruh yang besar dalam dunia kriminal, dan patut untuk dihormati. Blater dalam proses komunikasi secara langsung (verbal) tidak terlalu sering dilakukan. Komunikasi secara verbal dilakukan hanya sekedarnya saja, dan lebih suka komunikasi secara langsung apabila membutuhkan sesuatu atau menghadapi masalah serius yang memang harus diselesaikan dengan jalan pembicaran.
Gaya Komunikasi Konsumen Produk Wardah di Surabaya Gaya Komunikasi Konsumen Produk Wardah di Surabaya Angi Putri Angrainingsih; Lilik Hamidah
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 8 No. 1 (2018): April
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.549 KB) | DOI: 10.15642/jik.2018.8.1.35-48

Abstract

Penampilan masih menjadi suatu hal yang sensitif bagi perempuan muslimah, terutama mengenai kecantikan. Berbagai macam cara dilakukan untuk menambah nilai kecantikannya, salah satunya adalah dengan mengonsumsi produk kosmetik. Wardah sebagai produk kosmetik yang memiliki brand image halal menjadi kosmetik pilhan perempuan muslimah. Penelitian ini membahas tentang bagaimana Gaya Komunikasi Konsumen Produk Wardah di Surabaya. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tindakan komunikatif konsumen produk Wardah di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif kualitatif Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah (1) bahwa Produk Wardah dipilih perempuan muslim karena adanya klaim halal dan aman dengan bukti sertifikat halal dari MUI dan ijin edar resmi dari BPOM sehingga memungkinkan muslimah dapat mengkuti tren dengan gaya busana ala hijabers; (2) Konsumen Wardah dapat dikatakan memiliki kompetensi komunikasi saat melakukan aktivitas konsumsi produk Wardah karena memenuhi kriteria keempat validitas klaim; dan (3) konsumen Wardah mampu memberikan kesepemahaman dan kesepakatan rasional bahwa produk Wardah dapat menambah kecantikan dan kepercayaan diri.
Strategi Brand Activation Bandeng Mentari UMKM UD. Sarana Multi Niaga Kabupaten Gresik Ellyda Retpitasari; Muchlis Muchlis
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 8 No. 1 (2018): April
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.848 KB) | DOI: 10.15642/jik.2018.8.1.20-34

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti membahas tentang strategi brand activation bandeng mentari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) UD. Sarana Multi Niaga Kabupaten Gresik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang strategi brand activation yang digunakan UMKM UD. Sarana Multi Niaga Kabupaten Gresik dalam rangka untuk mewujudkan awareness konsumen, dan bentuk brand activation yang digunakan UMKM UD. Sarana Multi Niaga dalam rangka untuk mewujudkan awareness. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ditemukan bahwa, UMKM UD. Sarana Multi Niaga menjalankan strategi melalui segmentation, targeting dan positioning. Kemudian bentuk brand activation menggunakan sponshorship, product trial, dan direct selling. Strategi dan bentuk brand activation itu digunakan untuk mewujudkan kesadaran merek (brand awareness) dari konsumen, hal tersebut diwujudkan dengan brand Bandeng Mentari dikenal sebagai kearifan lokal dari kabupaten Gresik.
Analisis Naratif Gus Dur dalam Bingkai Novel Peci Miring Faiz Miftahul Huda; Pardianto Pardianto
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 8 No. 1 (2018): April
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.124 KB) | DOI: 10.15642/jik.2018.8.1.1-19

Abstract

Gus Dur adalah tokoh Nusantara yang dapat dikategorikan berpengaruh dalam peradaban manusia, perjalanan hidupnya menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Penulisan Biografi Gus Dur menggunakan media komunikasi novel dirasa efektif di era globalisasi seperti saat ini. Bagaimana sosok Gus Dur dikonstruksikan Aguk Irawan Dalam Novel Peci Miring. Penelitian ini menggunakan metode analisis naratif deskripstif dengan pendekatan konstruksivisme. Tujuannya adalah memahami konstruksi Aguk dalam menarasikan realitas Gus Dur. Hasil penelitian adalah Pertama, Proses konstruksi narasi cerita dalam membangun realitas Gus Dur Aguk bertumpu pada kultural (nilai), intepretasi serta tanggung jawab diri penulis yang dikenal oleh kebanyakan orang sebagai sastrawan. Dengan nalar kesadaran menggunakan media komunikasi novel, membalut cerita dari sudut pandang yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Kedua, popularitas Gus Dur sebagai guru bangsa penunjang akan dibangunnya realitas Gus Dur. Yang dapat mempertemukan realitas Gus Dur yang dibangun oleh penulis dengan khalayak pembaca. Hasilnya adalah proses budaya, obyektivikasi, realitas dan cerminan baru terhadap sosok Gus Dur. Ketiga, proses konstruksi narasi terhadap Gus Dur dirasa dapat menginspirasi pembaca

Page 1 of 1 | Total Record : 5