cover
Contact Name
Pardianto
Contact Email
pardianto@uinsby.ac.id
Phone
+6281232720222
Journal Mail Official
jurnalilkom@uinsby.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UIN) Surabaya. Jl. Jend. A. Yani 117 Tromol Pos 4/WO Surabaya 60237. Telp. +62-031 8437987, Fax. +62-31 8482245. e-mail: jurnalilkom@uinsby.ac.id
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 2088981X     EISSN : 27232557     DOI : https://doi.org/10.15642/jik
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmu Komunikasi (Print ISSN: 2088-981X; Online ISSN: 2723-2557) adalah jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM). Jurnal Ilmu Komunikasi diharapkan menjadi wadah pengembangan ilmu komunikasi, baik dari hasil penelitian maupun analisis-reflektif. Para akademisi dan praktisi diharapkan berkontribusi dalam mengembangkan teori dan konsep-konsep baru di bidang ilmu komunikasi dalam berbagai perspektif yang luas. Kajian utama jurnal ini mencakup studi media during/cetak, film, periklanan, dan rumpun ilmu komunikasi lainnya. Jurnal Ilmu Komunikasi terbit dua kali setahun pada bulan April dan bulan Oktober
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2018): October" : 5 Documents clear
Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Efektivitas Kepemimpinan terhadap Kinerja Agen di AJB Bumiputera 1912 Divisi Syariah Cabang Sidoarjo Uswatun Hasanah
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 8 No. 2 (2018): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (84.13 KB) | DOI: 10.15642/jik.2018.8.2.143-158

Abstract

Abstrak Penelitian membahas tentang Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Efektivitas Kepemimpinan Terhadap Kinerja Agen di AJB Bumiputera 1912 Divisi Syariah Cabang Sidoarjo”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda sebagai alat analisisnya. Untuk membuktikan hipotesis tersebut maka digunakan analisis linier berganda dengan uji signifikan t dan F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel komunikasi organisasi memperoleh thitung?ttabel (2,293?2,0395) dan nilai signifikansi 0,029?0,05 dan untuk variabel efektivitas kepemimpinan memperoleh thitung?ttabel (3,349?2,0395) dan nilai signifikansi 0,002?0,05. Sedangkan secara simultan kedua variabel mempunyai Fhitung?Ftabel (16,417?3,29) dan nilai signifikansi 0,000 ? 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa komunikasi organisasi dan efektivitas kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja agen baik secara parsial maupun simultan. Berdasarakan hasil penelitian tersebut, diharapkan AJB Bumiputera 1912 Divisi Syariah Cabang Sidoarjo lebih meningkatkan komunikasi organisasi supaya hubungan antara pemimpin dengan agen selalu terjaga sehingga informasi-informasi penting lebih mudah dan cepat diperoleh baik untuk pemimpin maupun untuk agen sendiri, selain komunikasi organisasi, AJB Bumiputer 1912 Divisi Syariah Cabang Sidoarjo juga membutuhkan efektivitas kepemimpinan.
Pengaruh Terpaan Media Televisi Tentang Pemberitaan Kasus Pembegalan Motor Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya Fairuzah Rahmi; Syaifudin Zuhri
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 8 No. 2 (2018): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.249 KB) | DOI: 10.15642/jik.2018.8.2.130-142

Abstract

Artikel ini membahas tentang: Apakah ada pengaruh menonton Pemberitaan Pembegalan Motor terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel? Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode kuesioner terhadap mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Dari hasil penelitian ini ditemukan (1) Ada pengaruh terpaan media televisi tentang pemberitaan pembegalan motor terhadap tingkat kecemasan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (2) Tingkat pengaruh sebesar 0,802 dengan menggunakan Uji Analisis produk momen (Rxy) dibuktikan dengan melihat nilai rhitung rtabel = 0,802>0,284 yang berarti ho ditolak dan ha diterima. Adanya pengaruh atau tidak juga dapat dilihat pada tabel correlation product moment, dimana nilai signifikansi bernilai 0,000 yang berarti ho ditolak dan ha diterima. Karena hasil koefisiensi korelasi tersebut bersifat positif. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya maka peneliti menggunakan uji korelasi sederhana (uji t), dimana nilai t hitung > t tabel, 9,306 > 2,021 dan p value 0,000 < 0,005, maka ho ditolak dan ha diterima, artinya dapat disimpulkan bahwa terpaan media televisi tentang pemberitaan pembegalan motor terhadap tingkat kecemasan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Ojek Syar'i Firly Aviliani
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 8 No. 2 (2018): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.693 KB) | DOI: 10.15642/jik.2018.8.2.114-129

Abstract

Artikel ini membahas tentanng bagaimana strategi komunikasi pemasaran PT. Ojek Syari. Tujuannya adalah untuk mengungkap fakta dan data mengenai strategi komunikasi pemasaran PT. Ojek Syari. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Pertama, strategi segmentasi, langkah awal PT. Ojek Syar’i dalam penentuan segmentasi mengambil sasaran wanita dan anak-anak yang dibungkus dengan basis syar’i. Kedua strategi komunikasi pemasaran PT. Ojek Syari adalah melalui media sosial marketing yaitu melalui media TV, radio, cetak, media instagram, youtube, facebook konten isi dari sosial media ini berdasarkan syari’i yaitu lebih mengutamakan aspek Islami sistem syar’i. Ketiga dalam PT. Ojek Syari diterapkan sistem syar’i pada pembagian hasil, proses perekrutan, proses promosi, konten sosial media, sampai tata cara berkendara yang syar’i, dan cara berpakaian.
Gaya Komunikasi Model Profesional SZ Management Surabaya Ulfi Nurfaiza
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 8 No. 2 (2018): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.873 KB) | DOI: 10.15642/jik.2018.8.2.96-113

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Gaya Komunikasi Model Professional SZ Management Surabaya melaui komunikasi secara verbal dan nonverbal. Metode penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk memahami dan mendeskripsikan gaya komunikasi Model Professional SZ Management Surabaya secara verbal dan nonverbal. Hasil peneliti ini bahwa, gaya komunikasi model professional secara verbal dapat diketahui melalui penggunaan bahasa sehari hari. Sedangkan melalui nonverbal dapat diketahui melalui ketinggian badan yang berkisaran antara 165 – 170 cm, busana yang sesuai dengan waktu dan situasi setiap model, ekspresi wajah yang memiliki kemampuan fotogenic atau dapat disebut wajah menarik saat di kamera serta kemampuan di bidang (catwalk) kemampuan berjalan berlenggak-lenggok dengan memperagakan busana yang berada di atas panggung dan disaksikan oleh banyak pihak dengan menggunakan sepatu high heels yang berketinggian kisara 12 – 15 cm.
Komunikasi Transendental Penderita Kanker di Yayasan Kanker Indonesia Cabang Jawa Timur Mashfiyatul Asmaai
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 8 No. 2 (2018): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.551 KB) | DOI: 10.15642/jik.2018.8.2.81-95

Abstract

Penelitian ini membahas tentang tentang komunikasi transendental penderita kanker di Yayasan Kanker Indonesia Cabang jawa Timur. Segala hal yang dilakukan oleh penderita kanker dalam berkomunikasi dengan Tuhannya dikaji dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunnjukkan bahwa penderita kanker menyampaikan pesan tentang kematian beserta kehidupan setelahnya. Pesan-pesan tersebut disampaikan penderita kanker menggunakan media yang memanfaatkan ibadah dan juga aktivitas sosial yang dilakukan sehari-hari. Model komunikasi komunikasi transendental penderita kanker terjadi secara vertikal yaitu langsung kepada Allah dan juga secara horizontal yaitu menyamping kepada sesama makhluk Allah dengan memperhatikan esensi pesan yang tujuannya tetap kepada Allah. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, peneliti menyarankan agar seluruh masyarakat mendukung pengobatan penderita kanker baik berupa materi maupun berupa dukungan spiritual. Karena segala bentuk perhatian dan dukungan sekecil apapun dapat berpengaruh bagi kekuatan mental dan kondisi psikologis penderita kanker yang nantinya akan berpengaruh terhadap perkembangan kesehatannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5