cover
Contact Name
Pardianto
Contact Email
pardianto@uinsby.ac.id
Phone
+6281232720222
Journal Mail Official
jurnalilkom@uinsby.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UIN) Surabaya. Jl. Jend. A. Yani 117 Tromol Pos 4/WO Surabaya 60237. Telp. +62-031 8437987, Fax. +62-31 8482245. e-mail: jurnalilkom@uinsby.ac.id
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 2088981X     EISSN : 27232557     DOI : https://doi.org/10.15642/jik
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmu Komunikasi (Print ISSN: 2088-981X; Online ISSN: 2723-2557) adalah jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM). Jurnal Ilmu Komunikasi diharapkan menjadi wadah pengembangan ilmu komunikasi, baik dari hasil penelitian maupun analisis-reflektif. Para akademisi dan praktisi diharapkan berkontribusi dalam mengembangkan teori dan konsep-konsep baru di bidang ilmu komunikasi dalam berbagai perspektif yang luas. Kajian utama jurnal ini mencakup studi media during/cetak, film, periklanan, dan rumpun ilmu komunikasi lainnya. Jurnal Ilmu Komunikasi terbit dua kali setahun pada bulan April dan bulan Oktober
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 2 (2019): October" : 12 Documents clear
POLA KOMUNIKASI URBAN CARE COMMUNITY PADA MASYARAKAT MARGINAL DI STREN KALI JAGIR, WONOKROMO SURABAYA Maulana Chandra, Dian
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 9 No. 2 (2019): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.681 KB)

Abstract

Marginalisasi masih terjadi pada beberapa masyarakat di Kota Surabaya, salah satunya adalah masyarakat perkampungan Stren Kali Jagir Surabaya. Urban Care Community merupakan salah satu Lembaga swadaya masyarakat (LSM) untuk membina masyarakat marginal Stren Kali Jagir, Wonokromo Surabaya. Artikel ini merupakan hasil penelitian yang membahas tentang bagaimana proses dan pola komunikasi Urban Care Community pada masyarakat marginal Stren Kali Jagir, Wonokromo, Kota Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola dan proses komunikasi Urban Care Community dalam memberdayakan masyarakat marginal Stren Kali Jagir, Wonokromo Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini ditemukan bahwa proses komunikasi yang dilakukan Urban Care Community dengan masyarakat marginal Stren Kali Jagir, Wonokromo Surabaya menggunakan proses komunikasi antar pribadi, komunikasi kelompok, dan juga komunikasi lewat media sosial agar lebih efesien. Sedangkan pola komunikasi dengan masyarakat marginal Stren Kali Jagir Surabaya menggunakan pola komunikai sekunder.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA "SETIGI" DI GRESIK JAWA TIMUR Jannah, Uzlifatul
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 9 No. 2 (2019): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.934 KB)

Abstract

Makna merupakan pikiran atau referensi yang tidak dapat ditentukan secara mutlak, melainkan selalu dalam relasi antara lambang dan acuan atau referen. Sedangkan citra merupakan gambaran tentang realitas atau persepsi yang tidak harus sesuai dengan apa yang tergambarkan dan pastinya berbeda setiap pendapat. Artikel ini hasil penelitian tentang bagaimana makna citra perempuan ditampilkan dalam iklan Shopee tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Charles Sander Pierce dengan pendekatan kritis yang mampu menjadi salah satu cara pandang terhadap realitas sosial yang dapat terjadi di dalam kehidupan nyata serta dapat mengetahui bagaimana cara memaknai perempuan sebagai objek dalam iklan Shopee tersebut. Dari hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa citra perempuan digambarkan sebagai penarik minat khalayak untuk membeli atau menggunakan produk yangatau jasa tersebut.
PEREMPUAN DALAM IKLAN SHOPEE 12.12 BIRTHDAY SALE EDISI BLACKPINK Rita Dara, Adinda
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 9 No. 2 (2019): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.936 KB)

Abstract

Makna merupakan pikiran atau referensi yang tidak dapat ditentukan secara mutlak, melainkan selalu dalam relasi antara lambang dan acuan atau referen. Sedangkan citra merupakan gambaran tentang realitas atau persepsi yang tidak harus sesuai dengan apa yang tergambarkan dan pastinya berbeda setiap pendapat. Artikel ini hasil penelitian tentang bagaimana makna citra perempuan ditampilkan dalam iklan Shopee tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Charles Sander Pierce dengan pendekatan kritis yang mampu menjadi salah satu cara pandang terhadap realitas sosial yang dapat terjadi di dalam kehidupan nyata serta dapat mengetahui bagaimana cara memaknai perempuan sebagai objek dalam iklan Shopee tersebut. Dari hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa citra perempuan digambarkan sebagai penarik minat khalayak untuk membeli atau menggunakan produk yangatau jasa tersebut.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DI SYIRKAH AQIQAH SURABAYA Ulandhari
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 9 No. 2 (2019): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.618 KB)

Abstract

penelitian ini adalah mengidentifikasi strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh syirkah aqiqah dalam memasarkan produknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang berguna untuk memahami fenomena-fenomena yang terjadi secara menyeluruh dan mendalam.Dalam penelitian ini ditemukan bahwa, strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh syirkah aqiqah untuk memasarkan dan mengenalkan produknya adalah 1). Syirkah Aqiqah menggunakan Word Of Mouth, 2). Syirkah Aqiqah membuat packeging yang menarik, 3). Syirkah Aqiqah memberikan diskon dan gratis satu botol Syuniz untuk membuat promosi penjualan, 4). Syirkah Aqiqah menggunakan pemasaran interaktif atau pemasaran online, melalui media Instagram dan Facebook.
KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM REHABILITASI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM REHABILITASI PECANDU NARKOBA DI INSTITUSI PENERIMA WAJIB LAPOR BAHRUL MAGHFIROH (IPWL BMCI) MALANG Fatihatur Rahmah, Ayu
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 9 No. 2 (2019): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.402 KB)

Abstract

Artikel ini membahas tentang bagaimana komunikasi interpersonal yang terbangun antara konselor dengan pasien pecandu narkoba di institusi penerima wajib lapor bahrul maghfiroh cinta Indonesia (IPWL BMCI) Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal yang dilakukan antara konselor dengan pasien pecandu narkoba di IPWL BMCI Malang.Hasil penelitian menujukkan bahwa komunikasi interpersonal yang terbangun antara konselor dengan pasien pecandu narkoba: (1) melakukan pendekatan terhadap pasien pecandu narkoba (2) komunikasi verbal dan non verbal antara konselor dengan pasien pecandu narkoba (3) membuat pasien familiar dengan konselor (4) menumbuhkan kepercayaan terhadap pasien pecandu narkoba (5) merekatkan sistem kekeluargaan.
KOMUNIKASI BUDAYA KESENIAN TARI KELING GUNO JOYO DI DUKUH MOJO DESA SINGGAHAN KECAMATAN PULUNG KABUPATEN PONOROGO Maratun Nafiah, Tsalits
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 9 No. 2 (2019): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.46 KB)

Abstract

Kesenian tari keling guno joyo merupakan salah satu tari daerah yang hingga saat ini masih eksis dikembangkan oleh warga setempat. Artikel ini membahas tentang bagaimana komunikasi budaya yang ditampilkan dalam Kesenian tari keling guno joyo di dukuh Mojo desa Singgahan kecamatan Pulung kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dan dikritisi melalui teori persepsi.Hasil penelitian ini ditemukan bahwa komunikasi budaya dalam pementasan kesenian Tari Keling Guno Joyo dilakukan dengan cara komunikasi verbal dan nonverbal yakni melalui candra, tembang dan nyanyian-nyanyian keling dan alat musik pengiring tari (gamelan). Dalam pementasan terdapat pesan yang disampaikan sehingga kesenian tari keling dapat digunakan sebagai media komunikasi tradisional.
Analisis Semiotika dalam Iklan Shopee 12.12 Birthday Sale Edisi Blackpink Adinda Rita Dara; Muchlis Muchlis
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 9 No. 2 (2019): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/jik.2019.9.2.100-113

Abstract

Meaning is a thought or reference that cannot be determined absolutely but is always in the relationship between symbol and reference. Meanwhile, image is a description of reality or perception that does not have to match what is described and must be different in every opinion. The focus of this research is how the meaning of the image of women is displayed in Shopee advertisements. This study uses Charles Sander Pierce's semiotic analysis technique with a critical approach. This technique is a way of looking at social reality that can occur in real life and can find out how to interpret women as objects in Shopee advertisements. From the results of this study, the researchers found that the image of women is described as attracting public interest to buy or use a product or service
Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Baru Setigi di Gresik Jawa Timur Uzlifatul Jannah; Agoes Moh. Moefad
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 9 No. 2 (2019): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/jik.2019.9.2.114-129

Abstract

This article discusses how the tourism marketing communication strategy "Setigi" in Sekapuk Village, Ujungpangkah District, Gresik Regency. The purpose of this study was to determine the marketing communication strategy of Village-Owned Enterprises (Bumdes) and tourism awareness groups (Pokdarwis) "Pelangi" in tourism marketing. limestone hill "Setigi" to attract visitors. This study uses a qualitative-descriptive approach based on integrated marketing communication theory. The result of this research is the implementation of a marketing communication strategy carried out by Bumdes and Pokdarwis "Pelangi" in Sekapuk Village, Ujungpangkah District, Gresik Regency utilizing social media and collaborating with the youth community in the Gresik area, as well as collaborating with the Gresik Regency Tourism Office
Pola Komunikasi Urban Care Community pada Masyarakat Marginal Surabaya Dian Maulana Chandra; Pardianto Pardianto
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 9 No. 2 (2019): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/jik.2019.9.2.130-147

Abstract

Marginalization still occurs in some communities in the city of Surabaya. One of them is the people in the Kali Jagir village of Surabaya. Urban Care Community is a non-governmental organization (NGO) that fosters marginalized communities in Stren Kali Jagir, Wonokromo, Surabaya City. This article discusses how the Urban Care Community process and communication patterns among marginalized communities in the Kali Jagir Stren. The purpose of this study was to determine the patterns and processes of Urban Care Community communication in empowering marginalized communities in Stren Kali Jagir. This study uses a qualitative descriptive research method. The result of this research is the communication process carried out by the Urban Care Community with marginalized communities in the Kali Jagir Stren using interpersonal communication processes, group communication, and social media communication to make it more efficient. Meanwhile, the communication pattern with marginalized communities in Stren Kali Jagir uses a secondary communication pattern
Komunikasi Budaya Kesenian Tari Keling Guno Joyo di Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo Tsalits Maratun Nafiah
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 9 No. 2 (2019): October
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/jik.2019.9.2.148-161

Abstract

The art of Keling Guno Joyo Dance is one of the regional dances that still exists and is developed by local residents. This article discusses how cultural communication is displayed in the Keling Guno Joyo Dance art at Dukuh Mojo, Singgahan Village, Pulung District, Ponorogo Regency. This research uses a qualitative-descriptive approach. The research data were analyzed by using Miles and Huberman’s descriptive analysis model based on the theory of perception. The result of this research is that cultural communication in the performance of the Keling Guno Joyo Dance is carried out by means of verbal and non-verbal communication, namely through candra, tembang, and rivet songs, and gamelan musical instruments that accompany the dance. In the dance performance, there is a message that is conveyed so that the art of Keling Dance can be used as a traditional communication medium.

Page 1 of 2 | Total Record : 12