cover
Contact Name
Ani Safitri, M.Pd
Contact Email
jurnaloborpenmas@uika-bogor.ac.id
Phone
+6281382526961
Journal Mail Official
jurnaloborpenmas@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ibn Khaldun Bogor Jl. KH. Sholeh Iskandar Km. 2, Kedung Badak, Tanah Sareal, Bogor 16162 Telp: 0251 8336325
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah
ISSN : 26548291     EISSN : 26548615     DOI : https://doi.org/10.32832/obor
Core Subject : Education,
Jurnal OBOR PENMAS dibangun untuk mengkombinasikan hasil penelitian dan kajian ilmiah yang dapat memberikan kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan serta implementasi terhadap pendidikan masyarakat yang mencakup peadagogy, andragogy, penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 46 Documents
PENANAMAN NILAI AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DENGAN AKHLAK REMAJA Ruhenda .; Dessi Anggraeni
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.623 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v1i1.1480

Abstract

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN MAHASISWA AMIK DCC BANDAR LAMPUNG Tsamaniariaty Hidayah; Yuli Syafitri
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.899 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v2i2.2625

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis kondisi dan potensi, 2)menganalisis proses, 3) menganalisis karakteristik model pembelajaran discoverylearning, 4) meningkatkan efektifitas, 5) meningkatkan efisiensi, dan 6)meningkatkan daya tarik dengan menggunakan model pembelajaran discoverylearning untuk meningkatkan kepribadian. Penelitian ini merupakan Research andDevelopment (R&D). Data dikumpulkan dengan angket, tes dan observasi sertadianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) pembelajaranyang digunakan kurang bervariasi, 2) proses pembelajaran discoveri learningdilakukan dengan cara dosen menyajikan informasi awal kepada mahasiswasebelum kegiatan pembelajaran dimulai, 3) langkah model pembelajaran discoverylearning adalah analisis kebutuhan, desain pembelajaran, desain danpengembangan media, validasi ahli dan revisi, uji coba dan revisi, uji cobalapangan, 4) meningkatnya efektifitas pembelajarannya menggunakan modelpembelajaran discoveri learning lebih besar, 5) meningkatnya efisiensi melihat dariwaktu pembelajaran yang dilakukan, dan 6) meningkatnya daya tarik yang tinggisehingga memiliki dampak positif terhadap perubahan kepribadian mahasiswa
KONTRIBUSI BIMBINGAN DAN KONSELING KARIR DALAM PENDIDIKAN MASYARAKAT MENUJU ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Putri Ria Angelina
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.373 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v2i2.2620

Abstract

Bimbingan dan Konseling merupakan bagian tak terpisahkan dari proses pendidikanbaik formal pun dalam pendidikan masyarakat. Salah satu bidang bimbingan dalambimbingan dan konseling adalah karir yang melakukan konseling sertapengoptimalkan berbagai potensi peserta didik maupun masyarakat termasukdalam karir sesuai dengan tugas perkembangannya. Adanya era revolusi industri 4.0 merupakan tantangan pengoptimalan Bimbingan dan Konseling untuk menyiapkan peserta didik termasuk masyarakat umum untuk menghadapinya. Optimalisasi Bimbingan dan Konseling karir diharapkan mampu mengidentifikasi potensi dan karir sejak dini agar mampu menjalani proses pembelajaran juga karirnya dengan lebih maksimal dan optimal sehingga dapat diharapkan muncul orang-orang yang tepat diposisi yang tepat dalam menghadapi era revolusi industri 4.0
TEKNIK TECHNOLOGY OF PARTICIPATION (TOP) DALAM PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA Jaka Ramdani
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.451 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v3i1.2984

Abstract

Pembangunan masyarakat pada tingkat desa saat ini sedang digencarkan melalui berbagai program penanganan kemiskinan seperti dibidang infrastruktur, bidang perekonomian,  kesehatan, sosial, dan bidang pendidikan masyarakat. Desa Munjul Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur menjadi salah satu wilayah  yang sedang melakukan pembangunan tersebut, akan tetapi belum dirasakan dampaknya bagi masyarakat setempat. Melalui penelitian ini diharapkan mampu menerapkan Technology of participation (TOP) dalam suatu pembangunanmasyarakat di Desa. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (Action Research) dengan model Kemmis, S., & Taggart, M yaitu berbentuk spiral dari siklus satu ke siklus lainnya. Hasil penelitian menunjukan capaian langkah-langkah penerapan Technology of  participation (TOP) yaitu Perumusan Nama Kegiatan (diperoleh kesepakatan bersama untukdapat membantu Keluarga miskin dari segi pemberdayaan), Perumusan Tujuan Kegiatan (terbentuknya wadah usaha dan keluarga miskin dapat berdaya mengelola potensi lokal di ingkungannya sehingga dapat meningkatkan pendapatannya serta membangun rasa kebersamaan dan kerjasama antarwarga yang tergabung dalam kelompok), Sistem yang terlibat (Inisiator system, change agent system, client system, support system, controlling system, implementing system, target system, action system), Kesiapan sistem untuk bekerja (keinginanwarga yang kuat untuk meningkatkan kemampuan dan penghasilan Keluarga miskin dengan menciptakan keterampilan masyarakat dan juga penguatan yang dapat dimanfaatkan), dan Identifikasi kebijakan (mengumpulkan informasi kebijakan atau program yang ada di wilayah setempat)
MODEL EVALUASI SIARAN RADIO PENDIDIKAN FKIP UIKA Mohammad Givi Efgivia; Dedi Supriadi
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.057 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v2i2.2624

Abstract

Radio Pendidikan Streaming FKIP UIKA sebagai salah bentuk mediapembelajaran, dalam kajian ini untuk mengetahui :a) Evaluasi Siaran Radio b)Metode siaran untuk radio pendidikan c) strategi evaluasi untuk radiopendidikan. Dalam penelitian ini menggunakan metode Deskriftif. Kajian inidilakukan produksi program selesai dengan melakukan survey serta dialogterbatas dan terarah. Tentang hal strategi evaluasi siaran radio pendidikanstreaming FKIP UIKA ialah dengan mengumpulkan / melibatkan pendengardengan melibatkan pakar keradioan guna melihat perkembangan danmengidentifikasikan aspek sasaran pendengar, observasi pendengar, datapendengar, temu pendengar, suvey pendengar dan bukti survey. HasilEvaluasi menemukan adalah evaluasi dalam siaran radio berguna dilakukanpengkajian kembali berguna untuk usulan program yang sudah terprogramserta mengetahui kesuksekan siaran dan kekurangan dalam sebuah program
STRATEGI PEMBIMBINGAN PENILIK DALAM PEMBINAAN TERHADAP PENDIDIK PAUD MELALUI LAYANAN LIMBINGAN RESPONSIF Tb. Ibr. Ayo Mustaro
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.477 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v2i1.2252

Abstract

Penyelenggaraan Kependidikan PAUD yang berkualitas dan bermakna menjadi impian masyarakat. Keinginan untuk mewujudkan Lembaga Kependidikan PAUD yang berkualitas tentunya memerlukan waktu, proses, sumber dana, sumber daya manusia, sarana prasarana, kebijakan yang kondusif dan berpihak terhadap pemberdayaan PAUD. Dalam melaksanakan tugasnya permasalahan yang sering dialami oleh Pengelola dan Guru PAUD di lapangan dalamoprasional program PAUD, sehingga perlu mendapat bimbingan dari Penilik. Permasalahan yang dialami PTK PAUDNI di atas perlu mendapatkan layanan bimbingan dari Penilik, maka salah satu layanan nyang dapat digunakan adalah layanan responsif. Kegiatan layanan bimbingan responsif dilakukan meliput tahapan yaitu, tahap awal, tahap inti dan evaluasi.Dalam pelaksanaannya kegiatan bimbingan responsif dilaksanakan meliputi; Menentukan Sasaran, Melakukan analisis, sintesis, dan diagnosa, Melakukan koordinasi dan konsultasi, Penyusunan jadwal dan cara yang akan dilakukan, Penyiapan administrasi / instrumen/ formatformat, Menjelajahi dan mengeksplorasi masalah Guru PAUD lebih dalam, Menjaga agar hubungan bimbingan tetap terpelihara, Proses bimbingn, Penilik bersama Guru PAUD membuat kesimpulan mengenai hasil proses bimbingan, menyusun rencana tindakan yang akan dilakukan berdasarkan kesepakatan yang telah terbangun dari proses bimbingan sebelumnya serta mengevaluasi jalannya proses dan hasil bimbingan.
POLA ASUH ORANG TUA UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN ANAK Rahmi Alendra Yusiyaka; Riana Nuryadi
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.624 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v1i1.1479

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dengan disiplin anak di TK AN-NURIYAH Desa Sasakpanjang Kecamatan Tajurhalang Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah wali murid TK AN-NURIYAH berjumlah 55 orang, dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh sampael sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data adalah angket, dokumentasi dan observasi, data dianalisis dengan menggunakan metode koefisien korelasi product moment. Hasilnya korelasi menunjukan adanya hubungan antara pola asuh oarang tua dengan kedisiplinan anak TK AN-NURIYAH.
BIMBINGAN SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA BAGI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PASCA BENCANA DI KOTA PALU, SIGI DAN DONGGALA Rusdi Kasman
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.783 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v2i1.2251

Abstract

PENGELOLAAN DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH (STUDI KEPALA SEKOLAH SDN DI KABUPATEN SUKABUMI) Ani Safitri; Rahmi Alendra Yusiyaka
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.231 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v3i1.2983

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengamati, mengkaji, menganalisis sertamendeskripsikan pengelolaan diklat penguatan kepala sekolah untuk mengingkatkankompetensi kepala sekolah. Peneliti menggunakan teori-teori: pendidikan luar sekolah, pelatihan, pengelolaan pelatihan, model pelatihan, dan kompetensi kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri peserta, penyelenggara pelatihan yang terdiri dari pengelola dan pengajar pelatihan, serta panitia penyelenggara. Hasil penelitian antara lain: (1) perencanaan pelatihan dilakukan LPD UIKA koordinasi dengan PPPP TK dan PLB, dalam identifikasi kebutuhan pelatihan tidak melibatkan peserta pelatihan secara langsung, penyusunan program pelatihan dilakukan oleh LPPKS. (2) pelaksanaan pelatihanberlangsung selama tujuh hari enam malam di Hotel Grand Prioritas menggunakanpendekatan andragogy, sistem penugasan terstruktur dan presentasi. (3) evaluasidilakukan setelah penugasan dengan cara pengajar memberikan evaluasi sekaliguspenilaian dengan memberikan penilaian yang terdiri dari karakter, kognitif, afektif danpsikomotorik kepada peserta, setelah pelatihan berlangsung evaluasi untukpenyelenggara, pengajar serta sarana prasarana pembelajaran dengan menjawabkuesioner yang telah disediakan penyelenggara. (4) hasil pelatihan terhadappeningkatan kompetensi peserta dari aktivitas pembelajaran, penugasan dan presentasi.Kesimpulan yang dapat disampaikan adalah pengelolaan diklat penguatan kepalasekolah untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dari aspek perencanaan,pelaksanaan, evaluasi dan hasil mengutamakan indicator-idikator ketercapaian yangtelah ditentukan oleh LPPKS dengan menghadirkan peserta yang memiliki latar belakangyang sama
PELATIHAN WIRAUSAHA BOGA DALAM PROGRAM PASTRY DAN BAKERY Wahyu Edy Setiawan; Linda Purnami
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.61 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v1i1.1478

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelatihan wirausaha boga program pastry dan bakery pada warga belajar yang diselenggarakan oleh LKP Multi Karya dan untuk mengetahui keluaran atau lulusannya. Dan untuk mengetahui keluaran atau lulusan LKP Multi Karya setelah mengikuti pelatihan wirausaha boga program pastry dan bakery. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana pelatihan wirausaha boga dalam program pastry dan bakery?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Tempat penelitian di LKP Multi Karya. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Proses Pelatihan Wirausaha Boga Program Pastry dan Bakery pada Warga Belajar yang diselenggarakan oleh LKP Multi Karya dalam proses pembelajaran yaitu dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yang relevan, yaitu: ceramah, brainstroming, demonstrasi dan tanya jawab. Selanjutnya dalam pelaksanaan pelatihan yaitu praktek langsung dimana komposisi praktek 80%, teori 20% dengan metode partisipatif dengan tehnik pembelajaran 3 tahap yaitu tahap pra pembelajaran, tahap pembelajaran dan tahap penilaian; 2) Pemanfaatan hasil belajar kursus wirausaha boga di LKP Multi Karya adalah dengan disalurkannya para lulusan ke hotel-hotel yang telah bekerjasama dengan LKP Multi Karya dan mendorong alumni lulusan LKP Multi Karya untuk dapat mandiri dengan membuka lapangan kerja sendiri dan disertai optimisme yang tinggi.