cover
Contact Name
Dedih Wahyudin
Contact Email
dedih.wahyudin@uinsgd.ac.id
Phone
+6285272058791
Journal Mail Official
jta.pba@uinsgd.ac.id
Editorial Address
Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta) Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
ISSN : 2549208X     EISSN : 27215237     DOI : -
Core Subject : Education,
Ta’lim Al-Arabiyyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban is a peer-reviewed journal on Arabic education in the world. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of Education and Teacher Training, Sunan Gunung Djati State Islamic University, Bandung, Indonesia, in partnership with IMLA (Association of Arabic Lecturers). Editors welcome scholars, researchers and practitioners of Arabic Education around the world to submit scholarly articles to be published through this journal. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. Each author is solely responsible for the content of published articles. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Teaching Arabic as a Foreign Language Model of Arabic Teaching Strategy of Arabic Teaching Methods of Arabic Teaching Technology of Arabic Teaching Media of Arabic Teaching Arabic Linguistic Arabic Literature Arabic History History of Arabic Education Arabic Islamic Culture Modern Standard Arabic Arabic Second Language Acquisition Institutions of Arabic Teaching
Articles 86 Documents
ALFĀDZ AL THIBĀQ FĪ SŪRAH AL RA’D Titis Dian Handika
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 3, No 2 (2019): Ta'lim Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (979.427 KB) | DOI: 10.15575/jpba.v3i2.7713

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menyajikan keindahan Al-Muhassinaat Al-Badi’iyah yaitu Lafadz-Lafadz Thibaq dalam Surat Ar-Ra’d. Lafadz-lafadz tersebut memiliki perbedaan makna baik secara leksikal maupun kontekstual. Disisi lain lafadz-lafadz thibaq dalam surat ar-Ra’d memiliki nilai-nilai pendidikan. Oleh karena itu penulis ingin meneliti lafadz-lafadz tersebut untuk menyingkap mu’jizat dan keagungan al-Qur’an. Hasil penelitian ini adalah: Terdapat 28 thibaq dalam 43 ayat. Thibaq Ijabiy: 25 ayat dan Thibaq Salbiy: 3 ayat. Thibaq dalam bentuk Isim dengan Isim: 17 ayat dan Thibaq dalam bentuk Fi’il dengan Fi’il: 11 ayat, sedangkan Thibaq dalam bentuk Isim dengan Fi’il: 1 ayat. Beberapa lafadz Thibaq memiliki makna yang berbeda baik secara leksikal maupun kontekstual. Sedangkan nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada lafadz-lafadz thibaq dalam surat ar-Ra’d terdiri dari tiga pilar utama yaitu: Nilai I’tiqadiyah, Nilai Khuluqiyah, dan Nilai ‘Amaliyah.
PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN BERBURU TARKIB TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MATERI TARKIB Mutia Fauzia; Ade Nandang Slamet; Heri Gunawan
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 3, No 1 (2019): Ta'lim Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.913 KB) | DOI: 10.15575/jpba.v3i1.7444

Abstract

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di MIN 2 Kota Bandung, masalah penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa dalam pelajaran tarkīb. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya penguasaan tarkīb dalam pembelajaran bahasa Arab. Adapun dalam proses belajar, dilatarbelakangi oleh beberapa fakta,  diantaranya (a) pada proses pembelajaran hanya guru yang aktif, (b) minat siswa kurang dalam pembelajaran tarkīb, (c) mayoritas siswa memandang bahasa Arab tidak mudah terutama dalam pembelajaran tarkīb. Dalam menanggapi hal ini, maka perlu adanya dorongan dan teknik pembelajaran yang menarik siswa agar memiliki minat untuk mempelajarinya. Untuk itu penulis mencoba menggunakan teknik permainan berburu tarkīb dalam pembelajaran Tarkīb, melalui penelitian eksperimen terhadap 39 orang siswa sebagai siswa yang menggunakan teknik ini dengan menggunakan analisis data one group pre-test dan post-test design. Hasil eksperimen memiliki signifikasi dengan nilai t hitung 0,003 < dari t tabel -2,21.
ANALISIS BUTIR SOAL BAHASA ARAB UJIAN AKHIR MADRASAH BERSAMA DAERAH (UAMBD) MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN 2017-2018 Deni Maulana; Anwar Sanusi
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 4, No 1 (2020): Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.479 KB) | DOI: 10.15575/jpba.v4i1.8054

Abstract

This study aims to analyze the Arabic question items for the end of the regional joint madrasah (UAMBD) exam for Madrasah Ibtidaiyah (MI) students for the 2017-2018 Academic Year. After conducting research using qualitative descriptive methods with purposive sampling techniques. The result showed that (1) the validity of the contents of the Arabic UAMBD MI Year 2018 shows a very high. This is showed by the level of 100% compatibility of all the items with the specified lattice; (2) UAMBD MI year 2018 Arabic questions have a high level of reliability or consistency, with a test score of 0.68 (at intervals of 0.60-0.80). It can be stated that the use of Arabic in UAMBD in 2018 can be trusted. If the results in terms of difficulties are 63.23% (0.63), it can be said to a standard test; (3) the difference in power shows it is acceptable at 31.4% and acceptable but needs to be improved at 25.7%; and (4) the distribution of 11 question items in Arabic UAMBD MI 2018 has a very good distribution of answer choices (distractors/deceivers); five good questions; six items lacking; nine bad questions; and four items are terrible.
مفهوم شرعة ومنهاج ووجهة في القرآن الكريم Dadan Nugraha
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 3, No 1 (2019): Ta'lim Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.883 KB) | DOI: 10.15575/jpba.v3i1.7453

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna leksikal, makna kontekstual dan kandungan nilai pendidikan dari kata “syir’ah, minhaj, wijhah” serta derivasinya di dalam Alquran. Penelitian ini didasarkan  pada kerangka berpikir  dengan menggunakan  ilmu semantik yaitu tarāduf (sinonim) sebagai alat untuk mengetahui makna-makna yang mempunyai implikasi terhadap ilmu pendidikan Islam. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah studi analisis semantik dengan mengarah pada analisis makna yang terkandung pada kata tersebut dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka. Setelah peneliti menganalisis kata “syir’ah, minhaj, wijhah” serta derivasinya di dalam Alquran, dapat disimpulkan bahwa kata “syir’ah” bermakna “jelas”, “nampak”; kata “minhaj” bermakna “jalan yang jelas” dan kata “wijhah” bermakna “menuju Allah SWT. dengan melaksanakan amal saleh serta niat yang ikhlas, dan memiliki kedudukan yang mulia”.Kata kunci: Ad-dilālah, Ath-Tharīq, At-Tarbiyah
ISTIKHDĀM DAWĀIR AL-BITHĀQĀH FĪ TA’LĪM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH LI MĀDAH AL-TARKĪB LI TARQIYATI TAHSHĪL AL-TALĀMIDZ AL-DIRĀSI FĪHI Isop Syafe&#039;i; Neng Nada Putri Fauziah
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 4, No 1 (2020): Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.622 KB) | DOI: 10.15575/jpba.v4i1.8427

Abstract

Berdasarkan Hasil Belajar Siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab Materi Tarkib di MA Al-Istiqomah Cijerah Bandung yaitu rendah. Dan faktor yang menyebabkan rendahnya itu adalah latar belakang siswa, minat dan bakat siswa, motivasi siswa. Oleh karena itu, guru membutuhkan media yang tepat untuk mencapai tujuan utama dalam pembelajaran Bahasa Arab Materi Tarkib dengan media Circular Card. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab materi Tarkib sebelum dan sesudah menggunakan media circular card, serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen model pretest dan post test design. Hasil dari penelitian adalah bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Arab Materi Tarkib sebelum menggunakan media circular card menunjukkan pada kategori nilai 64. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media circular card menunjukkan pada kategori nilai 81. Serta peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Arab Materi Tarkib menunjukkan pada kategori 0,66 atau 66%.
ISTIKHDĀM USLŪB AL GHINĀ FĪ TA’LĪM AL MUFRADĀT AL ‘ARABIYYAH LI TARQIYATI QUDRAH AL TALĀMĪDZ ‘ALĀ ALHIWĀR AL ‘ARABĪ Aep Saepurrohman; Siti Laela Nurhayati
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 3, No 2 (2019): Ta'lim Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (980.17 KB) | DOI: 10.15575/jpba.v3i2.7715

Abstract

Penelitian ini bertolak belakang dari permasalahan pembelajaran bahasa Arab siswa kelas 8 MTs Al-Jawami Cileunyi Bandung yang beranggapan bahwa bahasa Arab itu sulit. Realita ini menjadikan minat dan semangat belajar mereka menurun. Oleh karena itu, seorang guru perlu memilih teknik yang sesuai agar para siswa merasa semangat dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam hiwar sebelum menggunakan teknik bernyanyi dalam pembelajaran mufradat dan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam hiwar setelah menggunakan teknik bernyanyi dalam pembelajaran mufradat dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam hiwar setelah menggunakan teknik bernyanyi dalam pembelajaran mufradat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode quasi eksperimen dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, test, dan dokumentasi. Data-data dalam penelitian ini mencakup data kualitatif yang dianalisis secara logis dan data kuantitatif yang dianalisis secara statistik dari 23 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik bernyanyi dalam pembelajaran mufradat meningkatkan kemampuan siswa dalam hiwar siswa kelas 8 MTs Al-Jawami Cileunyi Bandung dengan nilai t hitung (276) lebih besar dari t tabel (73).
فعالية استخدام الوسائل التعليمية على شكل برنامج بويربوينت لرفع مستوي لغة الطلبة فى تعليم القواعد Siti Solihat; Agus Riyadi; Miftah Sobaruddin
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 3, No 1 (2019): Ta'lim Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (969.045 KB) | DOI: 10.15575/jpba.v3i1.7448

Abstract

Pembelajaran adalah aktivitas yang mencakup banyak hal. Hal paling penting adalah perencanaan  atau persiapan pembelajaran, aktivitas pembelajaran dan evaluasi. Dan untuk kesuksesan guru dalam aktivitas pembelajaran harus memikirkan banyak hal sebelum melaksanakan pembelajaran tersebut seperti mempersiapkan materi pembelajaran, metode belajar yang sesuai dengan materi, media pembelajaran dan lain-lain. Dan di antara hal paling penting yang dibutuhkan dalam aktivitas belajar dan untuk kesuksesan belajar adalah media pembelajaran atau kadang disebut juga dengan alat bantu. Penggunaan media pembelajaran dalam belajar kaidah (qawaid) menggunakan power point dengan memilih materi, latihan dan metode pembelajaran yang sesuai. Sebagaimana biasanya aplikasi ini membantu mahasiswa untuk menguasai kaidah bahasa. Dan penggunaan aplikasi power point ini membuat pembelajaran menjadi efektif, memudahkan para dosen dalam aktivitas pengajaran, dan membantu mereka mencapai tujuan yang diharapkan. Diharuskan kepada pengajar nahwu untuk memperhatikan urgensi pembelajaran  dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat sehingga belajar kaidah memiliki pengaruh yang signifikan bagi mahasiswa dalam menguasai kadiah nahwu tersebut dan harus banyak latihan-latihan yang aplikatif dalam pembelajaran khususnya i’rab. Oleh karena itu pembelajaran yang baik harus berkembang dengan cara menggunakan media pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan bahasa mahasiswa dalam pembelajaran kaidah. Dan media yang dimaksud adalah aplikasi power point.
TA’LĪM MAHĀRAH AL-KALĀM KHĀRIJ AL-FASL ‘ALA DLAUI AL-MADKHAL AL-ITTHISHĀLĪ Nurul Hana Mustofa; Arwan Rifa&#039;i; Imam Muttaqin
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 4, No 1 (2020): Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.287 KB) | DOI: 10.15575/jpba.v4i1.8228

Abstract

Pembelajaran kemampuan berbicara bahasa Arab dapat dilakukan di luar kelas dengan pendekatan komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pembelajaran kemampuan berbicara bahasa Arab di luar kelas berdasarkan perspektif pendekatan komunikatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data lalu dianalisa menggunakan metode analisa Miles dan Hubberman. Dari penelitian ini ditemukan hasil bahwa; pembelajaran kemampuan bahasa Arab di luar kelas berdasarkan perspektif pendekatan komunikatif dilakukan dengan memperhatikan tujuan, materi, strategi, dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab komunikatif. Tujuan pembelajaran komunikatif adalah latihan penggunaan bahasa Arab dalam komunikasi. Sedangkan materinya adalah materi yang dikembangkan dari buku ajar pemerintah, dan penggunaan hal-hal yang nyata. Stragei yang digunakan adalah kegiatan komunikatif antar siswa. Adapun evaluasi yang digunakan terdiri dari tes lisan dan tes tulis.
QUDRATU AL THALABAH ‘ALĀ FAHMI KITĀB MUKHTASHOR AL QOW Ā’ID AL NAHWIYYAH WA AL SHORFIYYAH “MATA” WA ‘ALĀ QATUHA BIQUDRATIHIM ‘ALĀ QIR Ā AH AL NUSHŪSH AL ‘ARABIYYAH Erda Munawaroh
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 3, No 2 (2019): Ta'lim Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (939.064 KB) | DOI: 10.15575/jpba.v3i2.7641

Abstract

Penelitian ini bertolak dari permasalahan pembelajaran bahasa Arab di Pesantren al Mustaqiem Ciater Subang dimana kemampuan santri dalam memahami bahan ajar Ringkasan Kaidah Nahw Sharf  “Mata” masih lemah yang ditujukan dengan lemahnya kemampuan mereka dalam membaca teks Arab. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pada tulisan ini penulis ingin mengetahui adakah hubungan antara penguasaan santri terhadap bahan ajar ringkasan kaidah nahw sharf dan kemampuan mereka dalam membaca teks Arab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penguasaan santri terhadap bahan ajar ringkasan kaidah nahw sharf “Mata”  dan kemampuan mereka dalam membaca teks dan mengetahui hubungan antara keduanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.  Dan cara penelitian ini berupa observasi, wawancara, teks da dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara keduanya menunjukkan baik dengan nilai 82,77 dan berada pada rentang 80-90.Kata kunci: Nahwu, Sharf, Memahami Kitab, MATA, Membaca Teks.
ISTIKHDĀM NAMŪDZAJ AL-TA’LĪM ‘ALĀ ASĀS HILLI AL-MUSYKILĀT FĪ TA’LĪM AL-NAHW AL-‘ARABĪ LI TARQIYAH NATĪJAH TA’LĪM AL-THALABAH FĪHI Siti Sanah; Dede Ahmad Ghazali; Ahmad Hafair
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban Vol 4, No 1 (2020): Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.814 KB) | DOI: 10.15575/jpba.v4i1.8423

Abstract

Penelitian ini bertolak dari permasalahan pembelajaran nahwu  yaitu rendahnya hasil belajar santri kelas ibtidai Pondok Pesantren Majma’ul Anhar. Maka dari itu, seorang guru hendaknya memilih model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar santri sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning (PBL), serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar santri. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi-Eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik seperti wawancara, observasi, tes, dan studi kepustakaan. Penggunaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran nahw terbukti meningkatkan hasil belajar santri, sebagaimana ditunjukan oleh nilai n-gain dengan hasil 0,34 yang berada pada taraf sedang.