cover
Contact Name
Zainun Misbah
Contact Email
jurnaldikmensus@gmail.com
Phone
+6281385279099
Journal Mail Official
jurnaldikmensus@gmail.com
Editorial Address
Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gedung D Lantai 12
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Guru Dikmen & Diksus
ISSN : 2655481X     EISSN : 27236404     DOI : https://doi.org/10.47239/jgdd.v1i1.12
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Guru Dikmen dan Diksus merupakan wahana saling bertukar pandangan dan pengalaman bagi guru dan pemerhati pendidikan untuk meningkatkan mutu guru dan mutu pendidikan pada jenjang pendidikan menengah dan pendidikan khusus. Tema-tema pengembangan pendidikan yang dapat diterbitkan diantaranya adalah 1). Pendidikan Inklusif; 2). Penguatan Pendidikan Karakter; 3). Gerakan Literasi di Sekolah; 4). Inovasi Pembelajaran; 5). Manajerial dan Kepemimpinan Pembelajaran. 6). Pengawasan.
Articles 166 Documents
PENERAPAN MEDIA WIRECAST PADA KONSEP LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 PROBOLINGGO Ningsih , Nurhayati
Jurnal Guru Dikmen dan Diksus Vol. 1 No. 2 (2018): Juli-Desember 2018
Publisher : Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.286 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa pada konsep listrik dinamis dan mendeskripsikan respons siswa terhadap pembelajaran melalui media Wirecast di SMA Negeri 2 Probolinggo. Desain penelitian ini mengadaptasi dari Kemmis dan Taggart. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Wirecast dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dan respon siswa terhadap penerapan media Wirecast sangat setuju. Persentase prestasi belajar Siswa pada siklus I adalah 62,96 %, siklus II adalah 81,48 % dan siklus III adalah 96,29 %. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan media wirecast dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan respons siswa sangat positif.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR CLASS PADA SISWA TUNANETRA KELAS XI SLB N 1 BANTUL YOGYAKARTA Sri Lestari, Endang
Jurnal Guru Dikmen dan Diksus Vol. 2 No. 2 (2019): Juli-Desember 2019
Publisher : Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.382 KB) | DOI: 10.47239/jgdd.v1i2.51

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa tunanetra melalui penerapan Model Pembelajaran Outdoor Class di SLB N 1 Bantul Yogyakarta. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian menggunakan Model Kurt Lewin dengan dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Masing-masing siklus diselesaikan dalam dua pertemuan. Penelitian melibatkan siswa tunanetra kelas XI di SLB N 1 Bantul Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa tunanetra kelas XI di SLB N 1 Bantul dapat ditingkatkan melalui penerapan Model Pembelajaran Outdoor Class. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa
IMPLEMENTING DATA-DRIVEN LEARNING INTO ENGLISH GRAMMAR PEDAGOGY: A BASIC INTERPRETATIVE STUDY IN A VOCATIONAL CLASSROOM IN KARAWANG Muis Muhyidin, Abdul
Jurnal Guru Dikmen dan Diksus Vol. 2 No. 1 (2019): Januari-Juni 2019
Publisher : Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.132 KB) | DOI: 10.47239/jgdd.v2i1.42

Abstract

This study described an implementation of data driven learning in teaching English grammar. To answer of research questions, this study used a qualitative approach with basic interpretative study. The study was conducted in one of vocational high schools in Karawang, involving one English teacher and six students as research subject. To investigate to what extent English teacher applied data-driven learning in teaching English grammar, this study collected data from classroom observation, interviews and studying documents. The results showed that the data driven learning was implemented in teaching grammar through four stages of teaching procedures, including pattern formation through exploring BNC data, explicit explanation from teacher to conform or to correct students’ findings, follow-up exercises through homework, then classroom production and teacher’s feedback on it.
MODEL PEMBELAJARAN SEKOLAH PEDULI ANAK HEBAT (SPAH) BAGI SISWA PENYANDANG DISABILITAS Sage, Normalia
Jurnal Guru Dikmen dan Diksus Vol. 1 No. 1 (2018): Januari-Juni 2018
Publisher : Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (892.567 KB) | DOI: 10.47239/jgdd.v1i1.12

Abstract

Pemerintah mencanangkan pendidikan inklusif sesuai Permendiknas Nomor 70 tahun 2009. Siswa penyandang disabilitas dapat belajar di sekolah umum. Pendidikan inklusif menghadapi tantangan diantaranya kompetensi guru, sumber kurikulum yang kurang dan orang tua yang kurang puas, sehingga pendidikan inklusif berkembang sesuai dengan gaya dan kemampuan masing-masing lembaga. Ada yang lebih berfokus pada peningkatan skill kerja siswa penyandang disabilitas, ada juga yang meningkatkan kemampuan akademik sesuai kebutuhan mereka. Tulisan ini memaparkan pengembangan suatu inovasi pembelajaran inklusif alternatif yang berbasis passion siswa penyandang disabilitas di SMA. Sistem pendidikan yang dikembangkan ini fleksibel mengikuti bakat dan minat siswa dengan nama model pembelajaran Sekolah Peduli Anak Hebat (SPAH). SPAH memiliki lima model pembelajaran yakni Religious-Emotional-Social-Health- Supporting (RESHES); Sport-Art-Entrepreneur (SAE); Career Class (CC); Fun Academic (FA); dan Parent Society (PS) yang 50% berfokus pada peningkatan potensi hati dan 30% potensi fisik dan 20% potensi akal pada pengembangan bakat-minat, karakter dan akademik anak hebat.
PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI PEMBELAJARAN DAUR AIR MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERMEDIA VIDEO NARASI BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU Umi Nurhidajati, Titik
Jurnal Guru Dikmen dan Diksus Vol. 2 No. 1 (2019): Januari-Juni 2019
Publisher : Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.134 KB) | DOI: 10.47239/jgdd.v2i1.40

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana pendekatan saintifik bermedia video narasi diimplementasikan di SLB-YPLB Purwodadi dan menguji adanya peningkatan penguasaan materi pembelajaran daur air pada tema peristiwa dalam kehidupan bagi peserta didik tunarungu menggunakan pendekatan tersebut. Rancangan penelitian berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik bermedia video narasi berhasil meningkatkan penguasaan materi pembelajaran daur air tema peristiwa dalam kehidupan pada peserta didik tunarungu. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 25% untuk penilaian pengetahuan dan 50% untuk penilaian keterampilan
PEMANFAATAN MICMAC CARD DAN WORD SQUARE DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI SMA: EFEKTIVITAS DAN RESPONS PESERTA DIDIK Ariyanti
Jurnal Guru Dikmen dan Diksus Vol. 1 No. 1 (2018): Januari-Juni 2018
Publisher : Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.207 KB) | DOI: 10.47239/jgdd.v1i1.14

Abstract

Banyaknya materi, konsep, grafik, kurva dan perhitungan matematis menjadi keluhan utama peserta didik pada pembelajaran ekonomi. Suasana pembelajaran yang monoton dan cenderung pasif semakin menyulitkan peserta didik dalam membedakan konsep dan memahami materi. Strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah penggunaan media kartu (card) MicMac dan Word Square yang dipadukan dengan permainan (games). Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji efektivitas MicMac Card dan Word Square di kelas X. Penelitian menggunakan model riset dan pengembangan (R & D) Borg and Gall yang dikombinasikan dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menyatakan bahwa MicMac Card dan Word Square dapat meningkatkan hasil belajar, serta respons dan minat peserta didik.
MEDIA DAGANG GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAGANG MATA PELAJARAN AKUNTANSI Kesuma, Ameliasari Tauresia
Jurnal Guru Dikmen dan Diksus Vol. 1 No. 1 (2018): Januari-Juni 2018
Publisher : Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1776.7 KB) | DOI: 10.47239/jgdd.v1i1.19

Abstract

Media Dagang Game adalah sebuah media simulasi yang dibuat berdasarkan permainan Monopoly, tetapi disesuaikan dengan aturan transaksi usaha dagang sesuai kompetensi dasar yang harus dipahami siswa kelas XII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan metode dan strategi pembelajaran media dagang game untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi pada materi usaha dagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Dagang Game dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari nilai ketuntasan belajar dan rerata hasil belajar siswa saat pra penelitian, siklus 1 dan siklus 2.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN IKLIM KOMPETISI DENGAN STRATEGI KAMUS BABUD Sari, Nani Puspita
Jurnal Guru Dikmen dan Diksus Vol. 1 No. 1 (2018): Januari-Juni 2018
Publisher : Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.661 KB) | DOI: 10.47239/jgdd.v1i1.20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan iklim kompetisi murid menggunakan strategi Kamus Babud. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Metode ini dipilih untuk mendapatkan solusi terhadap masalah pengajaran yang ditemukan di kelas dalam mengajar di SMA kelas XI Bahasa. Data penelitian berupa data kuantitatif yang didapat dari tes, dan data kualitatif yang didapat dari kuesioner, pengamatan dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Kamus Babud dapat meningkatkan kemampuan membaca dan iklim kompetisi di kelas XI Bahasa.
PERAN STRATEGIS KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER Sri Wahyuni, Leny
Jurnal Guru Dikmen dan Diksus Vol. 1 No. 1 (2018): Januari-Juni 2018
Publisher : Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.854 KB) | DOI: 10.47239/jgdd.v1i1.21

Abstract

Menyoroti berbagai permasalahan moral yang terus mencuat, seperti semakin maraknya dari kasus kekerasan sampai dengan kasus korupsi massal menjadi burning issue saat ini. Kondisi mentalitas bangsa cukup memprihatinkan. Menyikapi hal tersebut, pemerintah pun secara responsif terus berupaya untuk memperbaiki keadaan, salah satunya dengan memasukkan pendidikan karakter dalam kurikulum. Upaya tersebut direalisasikan melalui program PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) yang tidak hanya diejawantahkan dalam kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler, akan tetapi juga dalam kegiatan ekstrakurikuler. Maka, dalam penelitian ini akan mengkaji terkait peran strategis kegiatan ekstrakurikuler dalam penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan ekstrakurikuler, peserta didik dapat dibentuk menjadi pribadi Pancasilais yang dapat menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila, seperti religius, humanis, nasionalis, demokratis, dan sosialis. Core values tersebut menjadi karakter yang senantiasa dapat dibangun oleh setiap ekstrakurikuler dalam berbagai kegiatannya.
PENGEMBANGAN BUKU DONGENG POP UP BAHASA JERMAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KARYA SASTRA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 MAOSPATI Mintarsih, Nunung
Jurnal Guru Dikmen dan Diksus Vol. 1 No. 1 (2018): Januari-Juni 2018
Publisher : Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1255.46 KB) | DOI: 10.47239/jgdd.v1i1.23

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Proses pengembangan prototipe media Buku Dongeng Pop up Bahasa Jerman; (2) Kelayakan Buku Dongeng Pop up Bahasa Jerman; (3) Kepraktisan Buku Dongeng Pop up Bahasa Jerman; dan (4) Keefektivan Buku Dongeng Pop up Bahasa Jerman. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Four-D Model dari Thiagarajan, Dorothy, dan Melvyn yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Maospati dengan sampel kelas XI MIPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Proses pengembangan media Buku Dongeng Pop up Bahasa Jerman didasarkan atas hasil analisis kebutuhan belajar dan divalidasi oleh pakar pembelajaran Bahasa Jerman dan pakar media pembelajaran. Untuk uji kepraktisan dan keefektifan media melibatkan guru dan siswa; (b) media Pembelajaran Buku Dongeng Pop up Bahasa Jerman termasuk dalam kategori sangat layak; (c) media Pembelajaran Buku Dongeng Pop up Bahasa Jerman yang dikembangkan sangat praktis; dan (d) media Pembelajaran Buku Dongeng Pop up Bahasa Jerman termasuk dalam kategori efektif karena nilai sig. (2 tailed) hasil uji t Paired Sample t-test adalah 0.000 atau < 0.005.

Page 1 of 17 | Total Record : 166