cover
Contact Name
Aen Fariah
Contact Email
aenfariah1995@gmail.com
Phone
+6282214018102
Journal Mail Official
official.syntaxtransformation@gmail.com
Editorial Address
Greenland Sendang Residence No.H-1, Sendang, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Syntax Transformation
ISSN : 27213854     EISSN : 27212769     DOI : https://doi.org/10.36418
Syntax Transformation. Jurnal syntax Transformation adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Syntax Transformation akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu sosial sains. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Syntax Transformation" : 6 Documents clear
Implementasi Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Sikap Kepedulian Sosial Siswa Di SMPN 2 Gunung Jati Kabupaten Cirebon Verren Fitri Qomariah; Oriza Aditya
Jurnal Syntax Transformation Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Syntax Transformation
Publisher : CV. Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/jst.v1i1.8

Abstract

Allah swt. telah banyak memberikan begitu banyak rizki kepada umat manusia, berupa, harta, kesehatan, panjang umur. Harta yang Allah swt. berikan bukan hanya dengan kekayaan maupun harta berlimpah, dalam hal ini anak juga termasuk harta yang sangat berharga bagi orang tua yang diberikan kepercayaan oleh Allah swt. dengan diberikannya seorang anak. Tujuan penelitian: 1. Untuk memperoleh data mengenai karakter sikap peduli sosial siswa di SMP Negeri 2 Gunung Jati Kabupaten Cirebon, 2. Untuk menganalisa data mengenai implementasi nilai pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter sikap peduli sosial siswa di SMP Negeri 2 Gunung Jati Kabupaten Cirebon, 3. Untuk mendeskripsikan data mengenai faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi nilai pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter sikap peduli sosial siswa di SMP Negeri 2 Gunung Jati Kabupaten Cirebon. penulis menggunakan metode penelitian kualitatif karena letak permasalahannya belum jelas, sehinga perlu adanya penelitian yang secara mendalam juga dapat menjadi peranan penting, karena metode menjadi arahan yang tepat untuk peneliti. Penelitian kualitatif tertuju pada field research (penelitian lapangan) serta buku referensi yang relevan. Karakter sikap peduli sosial siswa di SMP Negeri 2 Gunung Jati itu tinggi, jika ada sedikit paksaan dan arahan dari para guru dan orang tua, dan dilakukan melalui pembiasaan yang rutin dilakukan oleh siswa, dimana program yang telah ditetapkan itu berjalan sesuai dengan tujuan untuk menanamkan sikap peduli dari siswa.
Implementasi Karakter Disiplin Shalat Dhuha Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Kelas X Di SMA Negeri 3 Kota Cirebon Pauji Rahmat
Jurnal Syntax Transformation Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Syntax Transformation
Publisher : CV. Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/jst.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar PAI dari implementasi karakter disiplin shalat dhuha kelas X di SMA Negeri 3 Kota Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket, observasi dan dokumen. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan koesioner atau angket untuk mendapatkan data tentang karakter disiplin shalat dhuha (X) dan prestasi belajar PAI (Y). Penelitian ini Mengambil sampel sebanyak 15% dari jumlah populasi sebanyak 387 dengan subyek penelitian sebanyak 60 responden. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tekhik analisis Statistik deskriptif yaitu statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Selanjutnya, hasil dari perhitungan statistik dengan Uji Linearitas dan Uji Regresi, dimana terdapat hubungan yang linear antara variabel X (Karakter disiplin shalat dhuha) dengan variabel Y (Prestasi belajar PAI) ditunjukan oleh signifikansi 0,350 > 0,05. Sementara itu Dari koefisien determinasi diperoleh sebesar 26,9361%. Hal ini berarti bahwa variabel karakter disiplin shalat dhuha memberikan kontribusi dalam meningkatkan prestasi belajar PAI sebesar 26,9361% dan sisanya (73,0639%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Implementasi karakter disiplin shalat dhuha diharapkan dapat meningkatkatkan prestasi belajar PAI. Penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan pelaksanaan shalat dhuha di sekolah khususnya di SMA Negeri 3 Kota Cirebon.
Pengaruh Latihan Lompat Rintangan Dan Meraih Sasaran Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa SMP Negeri 16 Kota Cirebon Ahmad Ibnu Fajar
Jurnal Syntax Transformation Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Syntax Transformation
Publisher : CV. Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/jst.v1i1.6

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan lompat jauh gaya jongkok. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh latihan lompat rintangan dan meraih sasaran terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa SMP Negeri 16 Kota Cirebon. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu adanya pengaruh latihan lompat rintangan dan meraih sasaran terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa SMP Negeri 16 Kota Cirebon. Populasi sebanyak 255 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster Sampling. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest Posttest. Sampel sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes keterampilan rubrik penilaian lompat jauh gaya jongkok yang dilakukan pada tes awal dan akhir. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan SPSS 24. Secara pengulasan data hasil rata-rata pada tes awal yaitu 6.8 dan setelah peneliti memberikan treatment dengan lompat rintangan dan meraih sasaran terdapat peningkatan data hasil tes siswa yaitu dengan rata-rata 8.9. Dengan rata-rata selisih pada tes awal dan tes akhir yaitu 2.1. Berdasarkan nilai t hitung yang diperoleh pada hasil uji hipotesis adalah t-Hitung = 8.606 lebih besar daripada nilai t-Tabel = 1.697. Maka hipotesis H1 diterima. Dengan demikian hipotesis penelitian lompat jauh gaya jongkok menggunakan latihan lompat rintangan dan meraih sasaran dapat diterima. Artinya, latihan lompat rintangan dan meraih sasaran berpengaruh signifikan terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa SMP Negeri 16 Kota Cirebon. Dengan demikian, dapat peneliti simpulkan bahwa penggunaan latihan lompat rintangan dan meraih sasaram memberikan pengaruh terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa SMP Negeri 16 Kota Cirebon.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X TKR SMK Islamic Centre Cirebon Aah Khoriah
Jurnal Syntax Transformation Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Syntax Transformation
Publisher : CV. Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/jst.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh data tentang seberapa baik penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas X SMK Islamic Centre Cirebon. (2) memperoleh data tentang seberapa tinggi motivasi belajar PAI siswa kelas X SMK Islamic Centre Cirebon. (3) memperoleh data tentang seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaraan kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas X SMK Islamic Centre Cirebon. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif . Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X TKR SMK ISLAMIC CENTRE CIREBON yang berjumlah 170 siswa yang dibagi dalam 5 kelas. Sempel yang diambil adalah 34 siswa. Dalam penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas X TKR SMK Islamic Centre Cirebon yang ditunjukan dengan hasil analisis korelasi sebesar 0,31 dengan tingkat hubungan rendahdan uji hipotesis diperoleh harga thitung sebesar 1,842 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05% sebesar 1,697 ternyata thitung (1,842) ? ttabel (1,697) sehingga dengan demikian tolak Ho dan Ha diterima.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kota Cirebon Siti Naellis Sa'adah
Jurnal Syntax Transformation Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Syntax Transformation
Publisher : CV. Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/jst.v1i1.4

Abstract

Korelasi Lingkungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Dalam Mata Pelajaran PAI Di SMA Negeri 3 Kota Cirebon Sofwatun Nisa
Jurnal Syntax Transformation Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Syntax Transformation
Publisher : CV. Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/jst.v1i1.3

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 6