Articles
365 Documents
PENERAPAN METODE KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN MATERI PASTRY
Yusnita, Erixa
Dinamika Pendidikan Vol 5, No 2 (2015): Edisi April 2015
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi pastry dengan menggunakan metode Numbered Heads Together. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik dokumentasi, observasi, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dan kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa secara signifikan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan motode cukup efektif diterapkan pada pembelajaran materi pastry.
KEMAMPUAN MENGGAMBARKAN KONSEP PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Hartiti, Tri
Dinamika Pendidikan Vol 5, No 2 (2015): Edisi April 2015
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian antara lain mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik, partisipasi aktif peserta didik dalam diskusi kelompok, dan hasil belajar materi perubahan sosial budaya. Subjek penelitian berjumlah 37 peserta didik dengan metode pengumpulan datanya menggunakan angket, pengamatan, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui model STAD dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, partisipasi aktif peserta didik dalam diskusi kelompok, peningkatan hasil belajar materi perubahan sosial budaya.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GERAK DASAR MELALUI PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK
-, Ropun
Dinamika Pendidikan Vol 6, No 4 (2016): Edisi Khusus Juli 2016
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Pelaksanaan pembelajaran lompat jauh pada siswa kurang memuaskan bagi guru penjasorkes, hasil yang didapatkan siswa pada tes evaluasi akhir pembelajaran masih banyak siswa yang nilainya belum memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Sedangkan tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengefektifitaskan pembelajaran dengan cara pendekatan bermain atau memvariasikan berbagai macam permainan ke dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan di atas maka peneliti menyimpulkan rumusan permasalahan yang dihadapi oleh peneliti permainan lompat kanguru sebagai pembelajaran dapat meningkatkan minat dan kemampuan lompat jauh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data pengamatan di lapangan. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain pada materi lompat jauh dengan menggunakan media botol aqua dan pralon sebagai sarana dan prasarana pembelajaran mengalami peningkatan dalam hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari tabel-tabel yang telah disajikan, yaitu pada pratindakan, siswa yang telah mencapai nilai KKM 5 anak (33,3%) dan sisanya 10 anak belum mencapai nilai KKM. Pada siklus I siswa yang telah mencapai nilai KKM 10 anak (66,7%) dan sisanya 5 anak belum mencapai nilai KKM. Pada siklus II seluruh siswa yang berjumlah 15 anak (100%) telah mencapai nilai KKM. Dari pratindakan ke siklus I jika dibandingkan terlihat hasil belajar siswa mengalami kenaikan 5 anak (33,3 %), yaitu dari 5 siswa menjadi 10 siswa dan dari siklus I ke siklus II juga mengalami kenaikan 5 anak (33,3 %), yaitu dari 10 siswa menjadi 15 siswa.
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STRUKTURAL
Sadiyah, Halimatus
Dinamika Pendidikan Vol 6, No 3 (2016): Edisi Juli 2016
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn menggunakan metode pembelajaran kooperatif model Struktural. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancanan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V Semester 2 SD Negeri Linggapura 02 Tahun Pelajaran 2014/2015. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (67,44%), siklus II (81,39%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa Kelas V Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015, serta model pembelajarasn ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PKn.
PROSES PEMBELAJARAN SHOLAT MELALUI METODE NHT
Musta’anah, Siti
Dinamika Pendidikan Vol 5, No 4 (2015): Edisi Oktober 2015
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 02 Sawangan Kabupaten Pekalongan pada pembelajaran melaksanakan shalat dengan tertib. Hasil belajar PAI siswa kelas III Semester I pada materi melaksanakan shalat dengan tertib dapat dilihat dari hasil ulangan harian kompetensi dasar ini pada tahun 2009/2010, siswa yang memperoleh nilai kurang dari 60 hanya mencapai 54%. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah pada akhir siklus sebanyak 75% siswa mencapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 63,30% siswa yang tuntas sebanyak 11 anak (64,70%), sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 6 anak (35,30%). Simpulan dari penelitian ini yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PENGGUNAAN MODUL BERBASIS MOODLE PADA PEMBELAJARAN DI SMK
Yuniarti, Dina Sapti;
Hudallah, Noor;
-, Hudallah
Dinamika Pendidikan Vol 4, No 4 (2014): Edisi Oktober 2014
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Perkembangan teknologi yang semakin pesat terutama berbasis internet dapat dimanfaatkan pula sebagai media pembelajaran yang salah satunya dapat diimplementasikan dalam electronic learning (e-learning). Pengembangan modul berbasis moodle menggunakan pendekatan Research and Development. Selanjutnya pengembangan media yang sudah dinyatakan layak akan digunakan pada proses eksperimen dengan quasi eksperimental nonequivalent control group design. Prasyarat eksperimen menyatakan dua kelas yang akan dijadikan sampel tidak ada beda sehingga proses eksperimen dapat dilakukan. Hasil pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen menyatakan kedua kelas tersebut tidak ada beda pada kemampuan awal siswa. Hasil nilai rata-rata posttest kelas kontrol dan eksperimen mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pretest namun kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Penggunaan modul berbasis moodle pada proses belajar mengajar lebih efektif bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI PEMBELAJARAN TAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Nastakim, Anan
Dinamika Pendidikan Vol 5, No 3 (2015): Edisi Juli 2015
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Target penelitian adalah untuk mengetahui minat belajar, partisipasi aktif peserta didik dalam diskusi/kerja kelompok, kinerja guru dalam pembelajaran, dan hasil belajar materi menulis teks berita. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII C semester 1 SMP Negeri 3 Comal dengan metode pengumpulan data menggunakan angket, pengamatan, dan tes. Hasil penelitian pembelajaran TAI dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan minat belajar, partisipasi aktif siswa dalam kerja kelompok, kinerja guru dan rata-rata hasil tes formatif dalam menulis teks berita.
MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA MELALUI METODE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISIONS
-, Waningsih
Dinamika Pendidikan Vol 4, No 3 (2014): Edisi Juli 2014
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan umum yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika materi bangun ruang melalui model pembelajaran STAD berbasis multimedia pada siswa kelas IV SDN Kalikangkung 01. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus adalah putaran secara berulang dari kegiatan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Melalui STAD Berbantuan Komputer dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dan dijabarkan dalam penjelasan di bawah ini.Keterampilan guru mengalami peningkatan yaitu terlihat siklus I rata-rata 41 dengan kategori baik, dan pada siklus II rata- rata 51 dengan kategori baik. Aktivitas siswa pada proses pembelajaran mengalami peningkatan yaitu terlihat dari meningkatnya semua indikator dari siklus I ke siklus II dari siklus I rata-rata 24,62 dengan kategori baik, dan pada siklus II rata- rata 31 dengan kategori sangat
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI AJAR SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT
D., Restu Sumbarwati
Dinamika Pendidikan Vol 7, No 1 (2017): Edisi Januari 2017
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sengon 02 pada materi ajar sistem pemerintahan pusat. Masalah tersebut disebabkan karena guru belum menerapkan model pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi ajar sistem pemerintahan pusat melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus pertama hasil yang dicapai masih kurang maksimal. Ketuntasan belajar hanya mencapai 78,57% dari 42 siswa. Ketuntasan belajar pada siklus II meningkat menjadi 88,19%. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan. Aktivitas siswa pada siklus II siswa terlihat lebih aktif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi ajar sistem pemerintahan pusat.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN & MENGURANGI MELALUI METODE SOSIODRAMA
Sholikhah, Zumrotus
Dinamika Pendidikan Vol 5, No 4 (2015): Edisi Oktober 2015
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji apakah metode sosiodrama berkompetensi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas I pada konsep penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini ditempuh dalam dua siklus yang setiap tahapannya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisa, refleksi dan tes. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 01 Pekuncen Wiradesa Kabupaten Pekalongan yang terdiri dari 39 siswa tahun pelajaran 2009/2010. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada siklus I didapatkan penghitungan daya serap klasikal sebesar 30,77% dan pada siklus II sebesar 87,02% sehingga didapatkan peningkatan ketrampilan menghitung penjumlahan dan pengurangan sebesar 56,25%. Simpulan dari penelitian adalah penggunaan metode sosiodrama berkompetensi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada konsep penjumlahan dan pengurangan.