cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jl. Prof. Moh. Yamin (Kompleks SMAN III Tegal)
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Dinamika Pendidikan
ISSN : 08542172     EISSN : 27747786     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the publication.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021" : 15 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA MELALUI PENDEKATAN CTL -, Karniti
Dinamika Pendidikan Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tentang sistem pemerintahan  Indonesia dan meningkatkan aktivitas pembelajaran melalui pendekatan CTL pada siswa kelas VI semester I SD Negeri Delegtukang Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil ulangan 66,06 pada siklus I, ketuntasan hasil belajar pada siklus satu yang memenuhi KKM 63,16 karena semua siswa belum tuntas secara keseluruhan dilanjutkan siklus dua dengan hasil ulangan rata-rata 81,26 jadi ada peningkatan 15,20 point, berhasil tuntas memenuhi KKM 94,73% dari 19 siswa.  
PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DAN TEKNIK DRILL PADA MATERI MENGGUNAKAN FAKTOR PRIMA UNTUK MENENTUKAN KPK DAN FPB -, Sarjiyanto
Dinamika Pendidikan Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berkaitan dengan proses pembelajaran, guru mempunyai tugas untuk memilih metode pembelajaran yang tepat yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan demi tercapainya tujuan pendidikan. Sampai saat ini, masih banyak kesulitan – kesulitan terutama pemahaman konsep yang dialami peserta didik, khususnya pada mata pelajaran matematika. Padahal matematika sendiri merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak, pemahaman konsep matematika yang baik sangatlah penting karena untuk memahami konsep yang baru diperlukan pemahaman konsep sebelumnya. Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan prestasi belajar Matematika siswa melalui penerapan metode kerja kelompok dan teknik dril. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari 37,83 % pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 69 % dan siklus 3 mencapai 75,53 %, dan  secara klasikal telah mencapai ketuntasan. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan metode kerja kelompok dan teknik drill dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V dengan ketuntasan mencapai 93,33 %, dengan demikian penerapan pembelajaran dengan metode kerja kelompok dan teknik drill efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pelajaran matematika  di SDN Wilalung 2.
PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETRAMPILAN PASSING ATAS BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DINDING -, Wahyudi
Dinamika Pendidikan Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui banyaknya Peningkatan aktivitas dan ketrampilan pembelajaran metode Drill dengan media dinding untuk kompetensi passing atas bola voli. Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri Jatinegara 01 Tahun pelajaran 2019/ 2020 dengan Subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 28 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penilitian tindakan kelas. Berdasarkan analisa data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : 1) persentase aktivitas ketrampilan passing atas dari siklus I 69% mengalami peningkatan menjadi 90%. 2) persentase jumlah siswa yang mencapai nilai kompetensi  passing atas 82,15% meningkat dari kondisi awal 10,71% menjadi 92,86% pada kondisi akhir. Hal ini berarti hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa model pembelajaran drill dengan media dinding dapat meningkatkan kompetensi passing atas diterima.
PENERAPAN STRATEGI PAMERIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS Mahanani, Fauzan A
Dinamika Pendidikan Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan stategi pembelajaran Pamerin dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis  kelas X.RPL 1 SMKN 1 Bawang Banjarnegara. Pamerin adalah akronim dari Pembelajaran Aktif Mandiri Eksprimen Daring  yaitu strategi pembelajaran dengan cara penugasan eksperimen yang dikemas dalam e-jobsheet dan dikerjakan oleh siswa secara mandiri, baik berkelompok maupun individu untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa secara daring pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X.RPL 1 Semester Gasal tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan untuk anlisis data digunakan metode analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan  pembelajaran  dengan menggunakan stategi pembelajaran Pamerin pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis  dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dari siklus I sebesar 61,58 % mengalami peningkatan menjadi 85,53 % pada siklus II. Hasil belajar pengetahuan siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 72,39 dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas menjadi 75,50. Hasil belajar keterampilan siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 74,05 dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas menjadi 82,30.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SISTEM TATA SURYA MELALUI ALAT PERAGA PLANETARIUM Marinah, Menik
Dinamika Pendidikan Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran adalah proses interaksi siswa dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Proses pembelajaran Sains menurut Samatowa (2006) adalah materi yang berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis. Pemanfaatan media pembelajaran dengan menggunakan alat peraga pada materi Sistem Tata Surya dalam proses pembelajaran akan menggeser pembelajaran yang membosankan menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Media Sistem Tata Surya membawa dampak yang baik bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan alat peraga planetarium pembelajaran Sistem Tata Surya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI di SD Negeri Sumbarang 01. Sehingga, pendekatan penelitian ini menggunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dan tindakan dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga planetarium dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari kondisi awal sampai siklus II. Dari kondisi awal ketuntasan belajar hanya 38,46%, meningkat menjadi  61,54% pada siklus I dan menjadi 92,31% pada siklus II. Hasil belajar siswa berupa nilai tertinggi dan terendah juga mengalami peningkatan.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KOMPETENSI IPS MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT BERMEDIA PETA BUTA -, Purwanta
Dinamika Pendidikan Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran IPS yang ada pada SD Negeri Sitail masih tergolong rendah atau tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Hal tersebut berdasarkan hasil ulangan harian materi Wilayah Indonesia menunjukkan rata-rata nilai 55,34 dengan 5 siswa (17,14%) yang tuntas dan 25  siswa (82,85%) tidak tuntas. Untuk itu, perlu dilakukan upaya untuk memperbaiki hasil belajar tersebut. Salah satunya dengan menerapkan strategi pembelajaran dan penggunaan media yang tepat.  tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada materi Wilayah Indonesia melalui pembelajaran kooperatif teams games tournament bermedia peta buta pada kelas VI SD.  Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Pada masing- masing siklus terdiri     atas empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi. Deskriptif komparatif dilakukan dengan membandingkan data kondisi awal siklus I dan siklus II, baik untuk aktivitas belajar dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasi belajar, hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan yang terjadi pada siklus I dari 17% menjadi 37,14%. Kemudian di siklus II meningkat menjadi 97,14%. Artinya, pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 86,14%.
PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVER LEARNING PADA MATERI AJAR SMART RELAY MAPEL INSTALASI MOTOR LISTRIK -, Sobirin
Dinamika Pendidikan Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kompetensi peserta didik kelas dalam pelajaran Instalasi Motor Listrik (IML) pada materi Smart Relay masih rendah. Hal ini terjadi dikarenakan model pembelajarannya kurang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik pada materi Smart Relay melalui model pembelajaran Guided Discovery. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif peserta didik, observasi untuk aspek afektif, dan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) untuk aspek psikomotorik. Teknik analisis data dilakukan dengan kuantitatif dan kualitatif.. Hasilnya, pada aspek kognitif peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata pra siklus sebesar 64 meningkat menjadi 74 pada siklus I dan 81 pada siklus II. Nilai rata-rata psikomotorik juga mengalami peningkatan
PENINGKATAN KOMPETENSI PENGUASAAN MATERI AJAR TERMOKIMIA BERBANTUAN TUTOR SEBAYA Orbaningsih, Tatik
Dinamika Pendidikan Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasar data observasi awal menunjukkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Kimia materi Termokimia tentang penentuan ∆H reaksi berdasar hukum Hess, data perubahan entalpi standar dan data energi ikatan masih rendah dengan rata-rata nilai 65,4; dengan nilai yang tidak tuntas 64,7 % dan keaktifan bertanya hanya 6,25 %. Hal ini dikarenakan pada materi tersebut berupa soal-soal hitungan yang didominasi dengan metode ceramah, pemberian contoh soal dan diakhiri tugas mengerjakan latihan soal secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan pemahaman peserta didik dan mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik pada materi Termokimia konsep penentuan ∆H berdasar Hukum Hess, Perubahan Entalpi Standar dan Ikatan Kimia. Metode penelitian yang digunakan ialah menerapkan metode tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, subjek penelitian ialah peserta didik kelas XI MIPA 1 dengan fokus penelitian untuk meningkatkan peserta didik pada materi Thermokimia melalui tutor sebaya. Hasil penelitian pada aktivitas, keterampilan dan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II rata-rata mengalami peningkatan, baik dari segi aktivitas, keterampilan, serta hasil belajarnya   
PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PELATIHAN BERKELANJUTAN SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KUALITAS Toyibatin, Siti
Dinamika Pendidikan Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kelayakan mengajar guru tidak cukup hanya diukur berdasarkan pendidikan formal tetapi juga harus diukur berdasarkan bagaimana kemampuan guru dalam mengajar dan sesi penguasaan materi, menguasai, memilih dan menggunakan metode, media serta evaluasi pembelajaran. Bila selama ini banyak pendapat menyatakan profesionalisme guru di Indonesia relatif rendah atau kurang memadai, hal itu merupakan akibat dari kurang kepengawasannya kepengawasan kepala sekolah.Tujuan dari penelitian tindakan sekolah (PTS) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembinaan kepala sekolah melalui pelatihan berkelanjutan  dalam  meningkatkan kinerja guru. Dalam penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru  dengan mencapai standar ideal. Dari 64,50 % pada Pra siklus I, dapat meningkat menjadi 71,75 % pada siklus I, dan siklus ke II  80,63  %. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan melalui pelatihan berkelanjutan dapat meningkatkan kinerja guru dalam dengan ketuntasan mencapai 100 %. 
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING -, Budijah
Dinamika Pendidikan Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran teks prosedur kompleks. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan peserta didik tentang materi yang diajarkan. Selain itu, sikap aktif dan kreatif peserta didik juga belum terlihat dalam proses pembelajarn. Oleh karena itu, perlu adanya upaya peningkatan kreativitas siswa dan kualitas pembelajaran materi Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran yang tepat. Penerapan model Project Based Learning materi kesetimbangan Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar pada aspek pengetahuan (Knowledge), hal ini terbukti ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 75% meningkat pada siklus 2 sebesar 87,5% yang berarti telah terjadi peningkatan sebesar 12,5%. Kualitas pembelajaran terhadap penilaian sikap (attitude) atau kualitas perubahan perilaku ilmiah dalam hal minat belajar peserta didik sebesar 75% dan sikap belajar peserta didik sebesar 72% pada tahap siklus 1 dengan rata-rata sebesar 73,5% termasuk dalam kategori baik artinya pada pelaksanaan proses pembelajaran siklus 1 kondisi minat dan sikap belajar peserta didik menunjukkan semangat belajar yang baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa, penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar materi teks prosedur.

Page 1 of 2 | Total Record : 15