cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jl. Prof. Moh. Yamin (Kompleks SMAN III Tegal)
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Dinamika Pendidikan
ISSN : 08542172     EISSN : 27747786     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the publication.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 4 (2015): Edisi Oktober 2015" : 13 Documents clear
PENGANTAR EDITOR Penyunting, Dewan
Dinamika Pendidikan Vol 5, No 4 (2015): Edisi Oktober 2015
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rasa syukur kehadirat Allah swt dan rasa bahagia, kami hadirkan di tengah-tengah masyarakat pendidik dan masyarakat luas, JPTK “Dinamika”  volume 5 nomor 4, Oktober  2015. Edisi Oktober merupakan pemungkas dari rangkain selama satu tahun, suatu perjalanan dan dinamika yang cukup penting dan penuh histori yang berkesan. Suka dan duka upaya penerbitan menjadi penawar yang sangat berharga bagi tim editor dalam memberikan yang terbaik bagi berjayanya jurnal yang menjadi kebanggan para penulis, pembaca, dan masyarakat luas serta khususnya bagi kami selaku editor. Sebagaimana biasa, selalu kami sajikan dua belas artikel  pilihan dari hasil seleksi yang cukup ketat, berjenjang dari tim editor hingga mitra bestari.  Proses pemilihan artikel selalu kami lakukan tidak lain adalah dalam rangka mendeseminasi hasil-hasil inovasi pembelajaran melalui penelitian yang berkualitas dan feasebel dilakukan pengembangan dan atau adopsi oleh masyarakat pendidik di pelbagai jenjang dan jenis pendidikan. Ide dan  gagasan sebagaimana ditulis oleh  Ciswanti, Dewi Kartika, Hendy Riski,   membentangkan temuan amat penting bahwa model pembelajaran inovatif berpengaruh secara positif terhadap kualitas dan hasil belajar para siswa. Kompetensi siswa yang pada awalnya lemah menjadi lebih kuat memahami materi ajar, demikian pula siswa yang kuat menjadi semakin kokoh. Selaras dengan para penulis sebagaimana tersebut sebelumnya, para peneliti seperti Luwinsih, Riharno, Setyanto, Sri Narti, Zumrotus menggagas suatu strategi penerapan model yang efektif mengentaskan persoalan pembelajaran. Inti dari strategi yang ditawarkan adalah penguatan peran guru dengan penekanan pada kreativitas, improvisasi dan motivasi berprestasi para siswa. Empat artikel penutup sebagaimana ditulis oleh Siti Musta’anah, Siti Sofiah, Slamet, Sudarso menawarkan model kombinasi pendekatan yang cukup efektif mendongkrak kemampuan siswa dan menantang guru melaksanakan proses pembelajaran yang berujung pada tergambarnya suasana kelas yang efektif, kreatif dan menyenangkan. Mari kita ikuti temuan penelitian yang menggugah inspirasi dan memberi semangat para kolega sejawat berlomba mengaktualiasikan pengembangan professional berkelanjutan. Dengan demikian tampaknya suasa atmosphere akademik dapat dipelihara yang pada ahirnya diharapkan berdampak pada pencpaian kualitas pendidikan. Ahirnya kami ucapkan selamat mengikuti sajian JPTK Dinamika, dengan harapan semoga ada manfaatnya. Amin.   Semarang, Oktober 2015   Salam Editor  
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD Ciswanti, Ciswanti
Dinamika Pendidikan Vol 5, No 4 (2015): Edisi Oktober 2015
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran STAD dalam upaya peningkatan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel. Subjek penelitian terdiri dari 35 peserta didik kelas VII F SMP Negeri 3 Comal terdiri dari 19 putra dan 16 putri. Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisa data menggunakan deskriptif komparatif yang dilanjutkan dengan refleksi yaitu dengan cara membandingkan hasil tes pada saat kondisi awal (pra siklus), nilai tes setelah siklus I dan nilai tes setelah siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan pada setiap akhir siklus.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MENU DAN IKON PADA PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA MELALUI MODEL TAI Kartikasari, Dewi
Dinamika Pendidikan Vol 5, No 4 (2015): Edisi Oktober 2015
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata  melalui pembelajaran TAI. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII G dengan jumlah 36 peserta didik terdiri dari 14 putra dan 22 putri. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes formatif dan pengamatan. Penelitian dikatakan berhasil apabila dalam pembelajaran TIK materi mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata  melalui model pembelajaran TAI menunjukkan sekurang–kurangnya 75% peserta didik mampu mencapai KKM pada tes formatif.
PENGGUNAAN HEXCE MODUL DENGAN MODEL JIGSAW II PADA MATERI MENGOPERASIKAN MICROSOFT EXCEL Pradhana, Hendhy Risky; Supraptono, Eko; Alfawan, Han
Dinamika Pendidikan Vol 5, No 4 (2015): Edisi Oktober 2015
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kompetensi siswa dalam menguasai materi Microsoft Excel dengan diterapkannya Hexce Modul dengan modul pembelajaran Jigsaw II. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X RPL 1 dengan jumlah siswa 30 siswa. Prosedur penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus sebagai pelaksanaannya. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, lembar pengamatan, dan tes evaluasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa pada siklus 2 mengalami peningkatan ke arah lebih baik dibandingkan siklus 1. (2) Kompetensi siswa dalam menguasi materi Microsoft Excel, pada siklus 1 ketuntasan klasikal sebesar 70% dan pada siklus 2 meningkat sebesar 86,67%. Simpulan penelitian ini adalah melalui penggunaan Hexce Modul dengan Model Pembelajaran Jigsaw II dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kompetensi siswa dalam menguasai materi Microsoft Excel.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PRANATA SOSIAL DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CIRC Luwinsih, Luwinsih
Dinamika Pendidikan Vol 5, No 4 (2015): Edisi Oktober 2015
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan bermasyarakat melalui penerapan model pembelajaran CIRC. Model CIRC dapat meningkatkan pikiran kritisnya, kreatif, dan menumbuhkan rasa sosial yang tinggi peran aktif peserta didik dalam pembelajaran. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 5 Comal tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 33 orang terdiri dari 19 putra dan 14 putri. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Pengamatan, yaitu tindakan mencatat segala sesuatu baik yang dilakukan guru maupun peserta didik terutama yang berkaitan dengan model pembelajaran yang diterapkan selama proses pembelajaran berlangsung. Kegiatan pengamatan dilakukan oleh guru dan guru mitra. (2) Tes formatif, untuk mengukur tingkat penguasaan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Tes formatif dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Penelitian dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 75% hasil tes formatif peserta didik mencapai KKM dalam pembelajaran IPS materi mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat melalui model pembelajaran CIRC.
MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI AJAR CARA MENJAGA KEUTUHAN NKRI MELALUI METODE DEMONSTRASI Riharno, Riharno
Dinamika Pendidikan Vol 5, No 4 (2015): Edisi Oktober 2015
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil ulangan harian PKn pada siswa kelas V SD Negeri 01 Tengengkulon rendah, dengan nilai rata-rata masih dibawah KKM yang ditetapkan guru (70). Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan karena minat belajar siswa terhadap materi peembelajaran rendah, guru dalam melakukan pembelajaran masih konvesional serta belum memanfaatkan media pembelajaran secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Desain penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan tes, mengadakan pengamatan dan wawancara. Sedangkan analisis data meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui metode demonstrasi mengalami peningkatan ketuntasan belajar siswa. Sedangkan hasil kualitatif diperoleh dari hasil pengamatan observer selama pembelajaran kerjaaman dan keaktifan siswa meningkat tiap siklusnya. Kesimpulan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar PKn bagi siswa kelas V SD Negeri 01 Tengengkulon
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBAGI WILAYAH WAKTU INDONESIA MELALUI METODE DEMONSTRASI PETA Setiyanto, Setiyanto
Dinamika Pendidikan Vol 5, No 4 (2015): Edisi Oktober 2015
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil ulangan harian siswa kelas V SDN 02 Depok dalam materi pokok pembagian wilayah waktu di Indonesia, ternyata masih banyak siswa yang mengalami kesulitan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Desain penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan tes, mengadakan pengamatan dan wawancara. Sedangkan analisis data meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa pada pembagian wilayah waktu di Indonesia melalui metode demonstrasi menggunakan peta mengalami peningkatan ketuntasan belajar siswa, rata-rata tes tiap siklus mengalami peningkatan. Sedangkan hasil kualitatif diperoleh dari hasil pengamatan observer selama pembelajaran pada siklus I. Kerjasama belum tampak jelas, ketua kelompok masih mendominasi kerja kelompok. Pada siklus II kerjasama antar siswa meningkat, tumbuh sikap kompetisi, dan muncul rasa tanggungjawab.
PROSES PEMBELAJARAN SHOLAT MELALUI METODE NHT Musta’anah, Siti
Dinamika Pendidikan Vol 5, No 4 (2015): Edisi Oktober 2015
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 02 Sawangan Kabupaten Pekalongan pada pembelajaran melaksanakan shalat dengan tertib. Hasil belajar PAI siswa kelas III Semester I pada materi melaksanakan shalat dengan tertib dapat dilihat dari hasil ulangan harian kompetensi dasar ini pada tahun 2009/2010, siswa yang memperoleh nilai kurang dari 60 hanya mencapai 54%. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah pada akhir siklus sebanyak 75% siswa mencapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 63,30% siswa yang tuntas sebanyak 11 anak (64,70%), sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 6 anak (35,30%). Simpulan dari penelitian ini yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
OPTIMALISASI MINAT DAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIJAIYAH BERSAMBUNG MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA Sofiyah, Siti
Dinamika Pendidikan Vol 5, No 4 (2015): Edisi Oktober 2015
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya aktivitas dan kemampuan dalam membaca dan menulis huruf Al-Qur’an menjadi perhatian utama dari PTK. Berdasarkan pengamatan dalam pembelajaran kelas III semester I di SD Negeri 02 Doro Kecamatan Doro masih rendah, terbukti dari 26 siswa yang mencapai KKM hanya 10 anak, sedangkan sisanya 16 anak 62% belum mencapai ketuntasan. Tujuan yang hendak dicapai peneliti dengan memanfaatkan alat peraga : 1) Untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis huruf hijaiyah bersambung, 2) Meningkatkan hasil belajar siswa, 3) Meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus,  setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang dikumpulkan adalah kemampuan bertanya, menjawab kinerja kelompok, peragaan, dan evaluasi dari siswa. Pengamatan dilakukan oleh seorang guru teman sejawat. Adapun materi pokok yang diajarkan adalah menulis huruf hijaiyah bersambung.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENJELASKAN KEANEKARAGAMAN SUKU DAN BUDAYA INDONESIA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL Slamet, Slamet
Dinamika Pendidikan Vol 5, No 4 (2015): Edisi Oktober 2015
Publisher : Institute of Research Publishing Project (I-RPP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan prestasi dan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi Keanekaragaman Suku dan Budaya Indonesia melalui audio visual bagi siswa kelas V SD Negeri 02 Wonokerto Kulon. Prosedur penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus, yaitu siklus 1, dan siklus 2. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada setiap akhir siklusnya dilakukan tes hasil belajar dan pengamatan terhadap partisipasi belajar siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila 75 % siswa mencapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I rata-rata tes hasil belajar 83,48 dengan ketuntasan belajar klasikal 92 %. Pada siklus II rata-rata tes hasil belajar siswa 86,68 dengan ketuntasan belajar klasikal 96 %. Simpulan dalam penelitian adalah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar, partisipasi siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran

Page 1 of 2 | Total Record : 13