cover
Contact Name
Yanuar Bagas Arwansyah
Contact Email
yanuarbagasa@upy.ac.id
Phone
+6285799355583
Journal Mail Official
jurnalskripta@upy.ac.id
Editorial Address
Jl. PGRI II No.232, Sonosewu, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Skripta
ISSN : 24433705     EISSN : 27459705     DOI : https://doi.org/10.31316/skripta.v6i2
Core Subject : Education, Social,
SKRIPTA: JURNAL PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA diterbitkan pertama kali pada bulan Mei 2015 dengan P-ISSN 2443-3705 dan E-ISSN 2745-9705 oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal ini dikelola dengan menggunakan open journal system (OJS) dan peer-reviewed online journal. Jurnal SKRIPTA: JURNAL PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA yang oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Yogyakarta ini didedikasikan untuk menerbitkan tulisan-tulisan ilmiah mengenai pendidikan bahasa, sastra, dan linguistik. Jurnal ini terbit 2 kali setahun pada bulan Mei dan November. Redaksi menerima tulisan/artikel hasil penelitian/pemikiran di bidang Linguistik, Budaya, Bahasa, dan Sastra serta Pembelajarannya.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2020): SKRIPTA MEI 2020" : 7 Documents clear
FRASA PREPOSISI BAHASA KEDANG: ANALISIS X-BAR Khasanah, Nurul
Jurnal Skripta Vol 6, No 1 (2020): SKRIPTA MEI 2020
Publisher : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/skripta.v6i1.643

Abstract

Jurnal ini menjelaskan struktur dan aturan pembentukan frasa preposisi dalam bahasa Kedang-NTT. Jurnal ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisa konten bahasa. Data yang ada dimuat pada penelitian ini adalah data kedua sebagai pengembangan dari buku departemen pendidikan dan kebudayaan. Data dianalisis menggunakan teori sintak dengan menganalisa struktur menggunakan diagram pohon x-bar. Hasil pembahasan menunjukan bahwa terdapat empat bentuk frasa preposisi dalam bahasa kedang: (a) preposisi + kata benda, (b) preposisi + frasa nomina, (c) preposisi + frasa nomina + preposisi, (d) preposisi +kata benda + preposisi.
KONSEPTUALISASI METAFORA NARKOBA: KAJIAN LINGUISTIK KOGNITIF Masthuroh, Siti Ayu
Jurnal Skripta Vol 6, No 1 (2020): SKRIPTA MEI 2020
Publisher : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/skripta.v6i1.646

Abstract

Abstrak: Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang terdapat dalam penelitian ini merupakan data tulis dan data lisan, sedangkan data yang dimaksud yaitu mengenai ungkapan-ungkapan metaforis tentang narkoba dari segi penyalahgunaan dan praktik bisnis narkoba. Fokus penelitian saya yaitu pada penggunaan metafora tentang narkoba dan bagaimana proses konseptualisasi yang ada didalamnya. Metafora tidak hanya bagian dari gaya bahasa, tetapi dibalik itu terdapat cara dan proses berfikir ketika menghasilkan ungkapan yang mengandung metafora sehingga ada proses kognitif yang berlangsung ketika seseorang menghasilkan ungkapan metaforis. Sementara itu konvensi antara ranah sumber pada ranah target dihasilkan dengan cara melihat persamaan dan membandingan ciri, sifat, dan kategori diantara  keduanya.Kata kunci: konseptualisasi metafora, linguistik kognitif.
REVITALISASI BAHASA DAERAH UNTUK ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI PURO PAKUALAMAN YOGYAKARTA Utama, Windi Wulandari Iman
Jurnal Skripta Vol 6, No 1 (2020): SKRIPTA MEI 2020
Publisher : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/skripta.v6i1.948

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh gambaran tentang revitalisasi bahasa daerah untuk anak usia dini. Penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi Puro Pakualaman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data model Milles and Hubberman digunakan dengan tahapan analisis data 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) verifikasi data. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui : observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi bahasa daerah untuk anak usia dini sangat diperlukan guna menumbuhkan pemahaman lebih dalam terkait bahasa daerah, rasa cinta dan rasa bangga memiliki bahasa daerah. Kesadaran ini diperlukan untuk melestarikan bahasa daerah agar tidak terkikis oleh perubahan zaman.
ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI DAN PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA Dewi, Ati Suciawati; Khuzaemah, Emah; Uswati, Tati Sri
Jurnal Skripta Vol 6, No 1 (2020): SKRIPTA MEI 2020
Publisher : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/skripta.v6i1.905

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai moral dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi dengan mendeskripsikan kutipan-kutipan nilai moral yang terdapat dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi dan pemanfaatannya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA yaitu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran.Jenis penelitaan yang digunakan pada peneliti ini menggunakan kualitatif dengan metode analisis isi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik baca dan teknik catat serta instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kartu data. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan meningkatkan ketekunan. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan model Miles dan Huberman yang dilaksanakan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi terdapat tiga jenis nilai moral, Pertama hubungan manusia dengan diri sendiri yaitu jujur, disiplin, rajin, dan tanggung jawab. Kedua, hubungan manusia dengan manusia lain yaitu empati dan rasa hormat. Ketiga, hubungan manusia dengan Tuhan yaitu berdoa dan bersyukur. Berdasarkan dari hasil analisis di atas, dapat dijadikan pemanfaatan untuk menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia kelas XII SMA semester genap kurikulum 2013.
IMPLEMENTASI MEDIA BOOKLET TIMBUL BERBASIS BRAILE MATERI KENAMPAKAN ALAM PROVINSI JAWA TIMUR Fatmawati, Dwi Putri
Jurnal Skripta Vol 6, No 1 (2020): SKRIPTA MEI 2020
Publisher : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/skripta.v6i1.931

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media booklet timbul berbasis braille materi kenampakan alam Provinsi Jawa Timur terhadap nilai siswa di SDLB kelas IV, dengan dasar permasalahan di lapangan bahwa siswa Tunanetra memiliki hambatan dalam membaca gambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dengan perhitungan menggunakan statistik sederhana Gain Score. Berdasarkan hasil yang diperoleh terhadap 6 subjek di kelas IV menunjukan hasil <g>= 0.5.Berdasarkan data dan hasil penelitian implementasi media booklet timbul berbasis braille materi kenampakan alam di lingkungan Provinsi Jawa Timur  bagi siswa tunanetra kelas IV SDLB yang telah dilaksakan dapat diperolah hasil belajar siswa tunanetra berdasarkan kriteria gain score berada pada kriteria sedang, kriteria tersebut menunjukan bahwa siswa tunanetra menunjukan peningkatan hasil belajar yang baik dengan menggunakan Media Booklet timbul berbasis Braille materi kenampakan alam Provinsi Jawa Timur bagi siswa tunanetra kelas IV di SDLB.
HOAX: PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN EDUKASI DI ERA LITERASI DIGITAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GENERASI MUDA Palupi, Muncar Tyas
Jurnal Skripta Vol 6, No 1 (2020): SKRIPTA MEI 2020
Publisher : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/skripta.v6i1.645

Abstract

Artikel ini berisi ide bahwa sebenarnya hoax dapat dimanfaatkan untuk bahan edukasi di era literasi digital terutama dalam pembentukan karakter generasi muda.  Pesatnya perkembangan teknologi  informasi membawa  berbagai dampak di semua lini kehidupan. Dampak yang pertama dan terutama adalah terjadinya perubahan cara hidup di dalam  masyarakat. Masyarakat lebih banyak memanfaatkan teknologi informasi dalam keseharian hidupnya. Alat komunikasi yang murah dan di dalamnya sudah bisa dipakai untuk mengakses internet sangat mempermudah masyarakat untuk memperoleh berbagai informasi dari dunia luar.  Perilaku lebih tertarik menggunakan teknologi digital untuk mengakses, mengelola, mengintegrasikan, menganalisis dan mengevaluasi informasi disebut dengan literasi digital. Memanfaatkan hoax sebagai bahan edukasi dalam era literasi digital diharapkan akan membuat masyarakat berpikir kritis, lebih bijaksana dalam menyaring dan menyikapi informasi sehingga dapat berpartisipasi dan memberi kontribusi bagi perdamaian dan persatuan bangsa.
BAHASA GAUL PADA STATUS FACEBOOK SISWA SMK MUHAMMADIYAH KRAMAT DAN IMPLIKASINYA Anggraeni, Dian Kristina
Jurnal Skripta Vol 6, No 1 (2020): SKRIPTA MEI 2020
Publisher : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/skripta.v6i1.916

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahasa gaul yang digunakan siswa SMK Muhammadiyah Kramat di status facebook dan mendeskripsikan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMK. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari beberapa status facebook siswa SMK Muhammadiyah Kramat yang mempunyai pertemanan dengan peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data adalah teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan metode padan. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan dua bentuk bahasa gaul dan tujuh fungsi bahasa gaul. Bentuk yang ditemukan yaitu bentuk kata tunggal sejumlah 13 data:38,24% dan bentuk kata kompleks. Bentuk kata kompleks yang ditemukan yaitu (1). afiksasi berjumlah 3 data:8,82%. (2). Reduplikasi berjumlah 3 data:8,82%, (3). Abreviasi yang terdiri dari singkatan berjumlah 6 data:17,65% dan akronim berjumlah 9 data:26,47%. Fungsi yang ditemukan dalam penelitian ini meliputi tujuh fungsi yaitu (1). mengakrabkan berjumlah 3 data:17,65%. (2). Merahasiakan sesuatu berjumlah 1 data:5,88%. (3). Menciptakan suasana humor berjumlah 1 data:5,88%. (4). Menyindir berjumlah 4 data:23,53%. (5). Menyampaikan atau mengungkapkan perasaan berjumlah 4 data:23,53%. (6). Mengejek berjumlah 3 data:17,65%. (7). Menasihati berjumlah 1 data:5,88%.

Page 1 of 1 | Total Record : 7