cover
Contact Name
Andhik Beni Saputra
Contact Email
andhik.beni.s@univrab.ac.id
Phone
+6282386015499
Journal Mail Official
jdp@univrab.ac.id
Editorial Address
Jalan Riau Ujung No. 73, Pekanbaru, Riau, 28292
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JDP (Jurnal Dinamika Pemerintahan)
Published by Universitas Abdurrab
ISSN : 27218643     EISSN : 26141493     DOI : https://doi.org/10.36341/jdp
Core Subject : Humanities, Social,
JDP (Jurnal Dinamika Pemerintahan) is an open access journal that is published regularly in January and August each year. The JDP aims to build intellectuality and develop science through writing, research and studies on politics and the dynamics of governance that develop at the international, national and local levels. Social and political science reviewers can contribute to the JDP in the form of contemporary debates or historical analysis, as well as analysis of issues that have an impact on policies. Focus and Scope Jurnal Dinamika Pemerintahan is a scientific journal which publishes original articles on the most recent knowledge, researches, or applied researches and other development in fields of government, politics, policies, elections, political parties, conflicts, comparative politics and government, and international studies.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2022): Agustus" : 5 Documents clear
IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA PEKANBARU NOMOR 73 TAHUN 2018 TENTANG SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI SMART RESCUE DALAM PELAYANAN PEMADAMAN KEBAKARAN winda safira
T JDP (JURNAL DINAMIKA PEMERINTAHAN) Vol 5 No 2 (2022): Agustus
Publisher : LPPM Universitas Abdurrab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36341/jdp.v5i2.2756

Abstract

Penelitian ini berutjuan untuk mengetahui implemenntasi Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 73 Tahun 2018 Tentang Sistem Teknologi Informasi Smart RescueDalam Pelayanan Pemadaman Kebakaran dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 73 Tahun 2018 Tentang Sistem Teknologi Informasi Smart RescueDalam Pelayanan Pemadaman Kebakaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah IT Dinas Pemadam Kebakaran Pekanbaru, Sekretaris Pemadaman Dan Investigasi, Staf Kasubag Umum, Kasi Distribusi Logistik, dan Masyarakat. Analisa data dilakukan dengan cara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 73 Tahun 2018 Tentang Sistem Teknologi Informasi Smart RescueDalam Pelayanan Pemadaman Kebakaran terdiri dari tiga aspek sebagai berikut: Program, Berdasarkan penelitian yang dilakukan, di keluarkannya Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 73 Tahun 2018 dijadikan landasan oleh dinas pemadaman kebakaran sebagai sandaran dalam melakukan inovasi pelayanan. Pelaksana Program, penelitian menemukan Lemahnya daya tanggap dinas pemadaman kebakaran dalam menanggapi pengaduan masyarakat melalui aplikasi Smart Rescue menyebabkan dinas pemadaman kebakaran belum bisa meningkatkan persentase pengguna Smart Rescuedi Pekanbaru. Kelompok sasaran, Berdasarkan penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa pemangku kepentingan belum optimal dalam mensosialisasikan penggunaan aplikasi Smart RescueKepada Seluruh Pemangku Kepentingan dan masyarakat dalam Pelayanan Kebakaran hal ini ditandai dengan sedikitnya pengguna aplikasi Smart Rescue. Faktor Penyebab Gagalnya Implementasi Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 73 Tahun 2018 Tentang Sistem Teknologi Informasi Smart Rescue Dalam Pelayanan Pemadaman Kebakaran adalah: Tidak adanya komunikasi antara pemegang kepentingan dengan masyarakat dan Kinerja Sumber Daya Yang Kurang Optimal.
IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR TAHUN 2016-2020 Reza Darmiyanti
T JDP (JURNAL DINAMIKA PEMERINTAHAN) Vol 5 No 2 (2022): Agustus
Publisher : LPPM Universitas Abdurrab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36341/jdp.v5i2.2776

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Program Keluarga Harapan dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Indragiri Hilir dan Untuk mengetahui Apa saja faktor Pendukung dan Faktor Penghambat keberhasilan Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Indragiri Hilir. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi, kemudian menggunakan Teknik Analisa yaitu Reduksi Data, Pemaparan Data dan Kesimpulan. Adapun teknik menentukan Informan menggunakan purposive sampling. Teori yang digunakan adalah Teori dari David C.Korten tentang Implementasi Program yang terdiri dari 3 elemen yaitu Elemen Program, Elemen Organisasi Pelaksana dan Sasaran Program. Hasil penelitian menunjukan bahwa (a) elemen Program Implementasi Program Keluarga Harapan sudah baik dikarenakan beberapa aspek yaitu jelasnya tujuan dan adanya anggaran yang digunakan untuk pelaksana (b) Elemen Organisasi pelaksana sudah sangat efektif dalam pengimplementasian PKH dalam pengentasan kemiskinan sudah dilaksanakan dengan baik dan efektif sesuai dengan hasil yang didapatkan di lapangan UPPKH Meningkatkan kualitas pendampingan dari segi pelayanan Kesehatan, Pendidikan dan pengembaangan serta membangun inovasi-inovasi yang membantu perekonomian masyarakat untuk pengentasan kemiskinan di Kabupaten Indragiri Hilir (c) elemen sasaran programnya yang jelas dengan data yang melewati DTKS dan diproses oleh Kementerian social. Kata Kunci : Implementasi, Program Keluarga Harapan, Kemiskinan
STRATEGI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI DALAM MENURUNKAN ANGKA PENGANGGURAN DI KABUPATEN SIAK TAHUN 2017-2020 dayen iqwana
T JDP (JURNAL DINAMIKA PEMERINTAHAN) Vol 5 No 2 (2022): Agustus
Publisher : LPPM Universitas Abdurrab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36341/jdp.v5i2.2777

Abstract

This study aims to determine how the strategy of the Department of Manpower and Transmigration in Reducing Unemployment Rates in Siak Regency in 2017- 2020. The method used in this study is a descriptive study with a qualitative ap Retrieval of data and information obtained from information from informants, namely people who are considered to know and can be trusted in providing accurate information using two kinds of data, namely primary data and secondary data through interviews and documentation. The theoretical perspective used in this study is the theory of Strategic Management by Jack Koteen covering Corporate Strategy, Program Strategy, Resource Support Strategy, and Institutional Strategy. The results showed that the Strategy of the Manpower and Transmigration Office in Reducing Unemployment Rates in Siak Regency in 2017-2020 was mostly effective and running well. Based on the findings, the Manpower and Transmigration Office of Siak Regency increases competency-based job training and establishes cooperation with companies in the industrial business world, carries out job placement programs such as job fairs and training for job seekers at the Job Training Center (BLK) of Siak Regency. Resources in the form of budgets and seeking teaching staff who assist the implementation of the program as well as the use of social media.
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI PEKANBARU DALAM GENGGAMAN rika rahim
T JDP (JURNAL DINAMIKA PEMERINTAHAN) Vol 5 No 2 (2022): Agustus
Publisher : LPPM Universitas Abdurrab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36341/jdp.v5i2.2779

Abstract

Services are increasingly developing times experiencing changes from service, it is undeniable that public services known in government are electronic-based services (Electronic Government), one of which is the Pekanbaru government through the Pekanbaru statistical informatics communication service and coding, namely the Pekanbaru application in hand. Of course, after the community uses the application, it gives rise to several perceptions or assessments which are one of the factors in the description of how the service that is felt or obtained by the community through the Pekanbaru application is in the grip of whether it is in accordance with service users. This study aims to determine and explain the public's perception of public services based on the Pekanbaru application in hand. The theory used by the author in this study is a theory about the dimensions of public services, service is one of the rights that must be obtained by the community. This study uses a quantitative descriptive research, with data collection techniques, namely questionnaires, to the community using the Pekanbaru application in hand with a sample of 99 respondents determined through incidental sampling technique, for data processing the questionnaire test is carried out using a product and service solution statistical program. (SPSS) windows version 25. Test the validity of the instrument using product moment correlation and reliability test using Cronbach's alpha. The results of each of the indicators are usability (usability) worth 61.09% or good, information quality indicators (information quality) 78.75% or good, Service Interaction Quality indicators (Service Interaction Quality) 80.11% or good, and overall indicators (overall) 81.21% or very good so that the results obtained are 75.04% categorized as good.
PERAN DINAS PARIWISATA PEMUDA OLAHRAGA DAN KEBUDAYAAN DALAM MENGEMBANGKAN KEBUDAYAAN TEATER TRADISI DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR Guntur Rinanda Putra
T JDP (JURNAL DINAMIKA PEMERINTAHAN) Vol 5 No 2 (2022): Agustus
Publisher : LPPM Universitas Abdurrab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36341/jdp.v5i2.2780

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan : a) peran Disparporabud dalam mengembangkan kebudayaan teater tradisi, b) kendala yang dihadapi disparporabud dalam mengembangkan kebudayaan teater tradisi di Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dan Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. subjek penelitian ini adalah Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hilir. Yang kemudian diikuti oleh data penunjang dari berbagai sanggar seni dan pelaku kebudayaan di Kabupaten Indragiri Hilir. Teori yang digunakan adalah teori peran yang didefiniskan oleh Susanto. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran Disparporabud dapat dilihat dari 3 aspek ; berdasarkan kedudukan Disparporabud telah memenuhi peran yakni hak dan kewajiban pada Teater Tradisi Bangsawan, sedangkan Teater Tradisi Mamanda belum optimal. Berdasarkan tindakan Disparporabud telah berperan. Dan berdasarkan manfaat kepada masyarakat Disparporabud belum optimal dalam proses pengembangan Kebudayaan Teater Tradisi di Kabupaten Indragiri Hilir. Adapun kendala yang dihadapi oleh Disparporabud dapat diidentifikasi secara fisik dan non fisik. Fisik berkaitan tentang penyebaran Kebudayaan yang tidak merata dan pengaruh globalisasi. Sedangkan non fisik berkaitan tentang produk kinerja.

Page 1 of 1 | Total Record : 5