cover
Contact Name
Dede Permana
Contact Email
belaindika@nusaputra.ac.id
Phone
+6285333566610
Journal Mail Official
belaindika@nusaputra.ac.id
Editorial Address
Nusa Putra University Jl. Raya Cisaat No. 21 Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kab. sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan)
Published by Universitas Nusa Putra
ISSN : 26863634     EISSN : 2686049X     DOI : -
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas orinnovative work in the field of science education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the education sector which is able to make a positive contribution to the schools and educational institutions the focus of this journal. Educational Innovation Character Education Education Issues and Policy Special Need Education Educational Technology and Curriculum Educational Management and Leadership Guidance and Counseling Multicultural Education Early-Childhood Education Elementary Education Non-Formal Education Educational Psychology Teaching and Learning Education Assessment and Evaluation
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2020): Jurnal BELAINDIKA" : 5 Documents clear
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FILM DALAM MENGAJAR PRONUNCIATION Lina Herlina
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) Vol 2 No 2 (2020): Jurnal BELAINDIKA
Publisher : Nusa Putra University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah menonton film efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pronunciation dan (2) tanggapan siswa terhadap penggunaan film dalam meningkatkan kemampuan pronunciation mereka.. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif di Sekolah Menengah Atas Swasta di Sukabumi. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 yang berjumlah 60 siswa. Data dikumpulkan dari tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan film dalam pembelajaran pronunciation tidak begitu berarti. Namun, siswa menyambut positif film sebagai media pembelajaran. Selain itu, penggunaan film dalam kegiatan belajar terbukti meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini menyarankan agar film dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.
ANALISIS AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS E LEARNING DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 RASAU JAYA Sugiyono
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) Vol 2 No 2 (2020): Jurnal BELAINDIKA
Publisher : Nusa Putra University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to describe the activities and learning outcomes of students in the implementation of e learning-based learning in elementary schools 3 Rasau Jaya. This research is a descriptive study with a quantitative approach. The subjects in this study were elementary school students 3 Rasau Jaya. Data collection for this study was carried out through: (1) Observation sheets were used to examine student learning activities in implementing e-learning based learning; (2) The value of student learning evaluation is used to examine student learning outcomes after implementing e learning based learning. Data about student learning activities were analyzed using a percentage formula. Data about student learning outcomes are analyzed by calculating the average. Based on the research results, it was found that aspects of student learning activities 74,12. From these data it can be seen that student learning activities in the e learning learning process are in the sufficient category, student learning outcomes data have an average of 82,21. From these data it can be seen that student learning outcomes in the e learning learning process are in the good category.
INTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN MELALUI PENDEKATAN ECOPEDAGOGY DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR Adela, Dhea; Permana, Dede
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) Vol 2 No 2 (2020): Jurnal BELAINDIKA
Publisher : Nusa Putra University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas pentingnya penanaman sikap dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar yang menjadi salah satu tujuan IPS yaitu mengembangkan sikap siswa melalui proses pembelajaran. Penelitian difokuskan pada pengamatan mengenai sikap peduli lingkungan siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPS dengan pendekatan ecopedagogy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana implikasi pembelajaran terhadap pembentukan pendidikan karakter yang salah satu aspeknya yaitu sikap peduli lingkungan. Sikap tersebut diperlukan guna menghadapi isu-isu global mengenai kerusakan lingkungan serta guna menunjang pembangunan berkesinambungan (sustainable development). Penelitian dilaksanakan di salah satu SD swasta di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang memiliki tingkat kepadatan penduduk cukup tinggi sebagai daerah urban. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV, V, dan VI dalam pembelajaran IPS dengan fokus kajian pada isu-isu lingkungan yang ada di lingkungan sekitar mereka. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui proses dialog dengan wawancara yang dilakukan dengan pihak-pihak terkait dengan penelitian ini serta praktik yang dilakukan siswa menunjukkan peningkatan perilaku peduli lingkungan seperti 1) keterampilan dalam membuang sampah pada tempatnya, 2) memilah sampah organik dan anorganik, 3) turut berperan dalam merawat taman sekolah, 4) mengurangi barang-barang konsumsi yang berkemasan plastik, dan 5) tidak melakukan tindakan yang dapat merusak pelestarian lingkungan seperti tidak mencabut tanaman dan tidak melakukan vandalisme.
PERAN GURU DALAM PENEGAKAN NILAI-NILAI HAK ASASI MANUSIA PADA PESERTA DIDIK Rozaq Sholeh, Abdul
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) Vol 2 No 2 (2020): Jurnal BELAINDIKA
Publisher : Nusa Putra University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan peranan guru dalam penegakan hak asasi manusia (HAM) pada peserta didik sekolah dasar di Tamansari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dilaksanakan di sekolah dasar kelas IV dimana peneliti mengumpulkan data melalui observasi, interview dan dokumen. Hasil dari penelitian adalah bahwa peran guru sangatlah penting disamping peran dari orang tua dari peserta didik itu sendiri. Guru sudah melaksanakan pelaksanaan nilai-nilai hak asasi manusia pada peserta didik dalam pembelajaran dengan baik, guru sudah memberikan kepada peserta didik dengan pendidikan yang baik, perhatian kepada peserta didik, memfasilitasi pembelajaran, dan peduli. Dan peranan guru dalam penegakan hak asasi manusia pada peserta didik adalah ikut dalam pembelajaran, karena pembelajaran dapat mencakup nilai-nilai hak asasi manusia terutama dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang diharapkan peserta didik dapat menerapkan nilai pancasila dalam kehidupan. Guru juga harus mempunyai sifat dinamis dan cepat mengikuti perkembangan jaman sehingga peserta didik menjadi manusia yang good and smart citizenship.
PENGGUNAAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS EMPAT Sri Palupi, Bening
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) Vol 2 No 2 (2020): Jurnal BELAINDIKA
Publisher : Nusa Putra University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keabstrakan materi pelajaran di sekolah dasar sekaligus karakteristik peserta didiknya menjadi tantangan bagi guru dalam mengemas pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan video untuk meningkatkan pembelajaran berbasis masalah di kelas empat sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SDN 4 Kutosari, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan wawancara yang dianalisis secara interaktif berdasarkan Milles dan Huberman. Triangulasi teknik dan sumber digunakan untuk menguji kredibilitas data. Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran IPS tentang masalah lingkungan akibat kegiatan ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video mampu memberikan gambaran nyata bagi peserta didik dalam memahami masalah yang akan mereka pecahkan. Hal ini memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam keterampilan memecahkan masalah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5