cover
Contact Name
Dede Permana
Contact Email
belaindika@nusaputra.ac.id
Phone
+6285333566610
Journal Mail Official
belaindika@nusaputra.ac.id
Editorial Address
Nusa Putra University Jl. Raya Cisaat No. 21 Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kab. sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan)
Published by Universitas Nusa Putra
ISSN : 26863634     EISSN : 2686049X     DOI : -
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas orinnovative work in the field of science education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the education sector which is able to make a positive contribution to the schools and educational institutions the focus of this journal. Educational Innovation Character Education Education Issues and Policy Special Need Education Educational Technology and Curriculum Educational Management and Leadership Guidance and Counseling Multicultural Education Early-Childhood Education Elementary Education Non-Formal Education Educational Psychology Teaching and Learning Education Assessment and Evaluation
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2020): Jurnal BELAINDIKA" : 5 Documents clear
ANALISIS PENGUNAAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MODEL DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD ISLAM AL-AZHAR 21 PONTIANAK Kresnadi, Hery; Pranata, Rio
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) Vol 2 No 3 (2020): Jurnal BELAINDIKA
Publisher : Nusa Putra University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan bahan ajar multimedia interaktif model online dalam pembelajaran tematik di SD Islam Al-Azhar 21 Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif karena peneliti ingin mendeskripsikan atau mendeskripsikan fakta atau gejala yang muncul dalam strategi penggunaan bahan ajar multimedia interaktif model online dalam pembelajaran tematik di kelas V SD. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui: (1) teknik dokumentasi untuk menguji strategi penggunaan bahan ajar interaktif dalam pembelajaran tematik; (2) teknik observasi untuk menggali data yang berkaitan dengan setiap aktivitas yang terjadi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan respon siswa sebesar 85,6%. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa penerapan produk bahan ajar multimedia interaktif model online dalam pembelajaran tematik di SD Islam Al-Azhar 21 Pontianak pada kategori Sangat Baik.
PENGUATAN NILAI-NILAI PANCASILA DI SEKOLAH DASAR Fadhilah, Nur; Adela, Dhea
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) Vol 2 No 3 (2020): Jurnal BELAINDIKA
Publisher : Nusa Putra University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pentingnya penguatan nilai Pancasila pada peserta didik di era digital saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana penguatan nilai-nilai Pancasila di SD. 2) Apa saja kendala penguatan nilai-nilai Pancasila di SD. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru, siswa, dan kegiatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh dan menyusun data penelitian ini adalah dengan wawancara semi terstruktur, observasi partisipasi aktif dan analisis dokumen. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan penguatan nilai-nilai Pancasila di SD termasuk dalam jalur sosialisasi Pancasila melalui pengembangan sosial budaya (psyco-pedagogial development) yang dilakukan melalui sholat berjamaah, pemilihan ketua kelas, diskusi kelompok kecil, pramuka, pembelajaran di kelas, jumat bersih, upacara bendera dan piket kelas. Pelaksanan penguatan nilai-nilai Pancasila di sekolah dasar menemui kendala yaitu sikap anak yang sulit dinasehati dan memiliki kebiasaan di luar sekolah yang kurang baik. Perubahan yang terjadi dari yang sebelumnya anti sosial menjadi memiliki sikap peduli sosial yang akhirnya dapat memberikan hasil yang baik untuk menguatkan nilai-nilai Pancasila.
IKLIM BELAJAR DEMOKRATIS DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR Ratnasari, Desi
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) Vol 2 No 3 (2020): Jurnal BELAINDIKA
Publisher : Nusa Putra University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan suasana demokrasi ruang kelas sekolah yang menerapkan manajemen berbasis sekolah. Kuesioner dibagikan kepada 72 guru dan 1380 siswa dari 12 sekolah dasar. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) iklim demokratis tingkat moderat, (2) lebih banyak variasi iklim demokratis ditemukan di tingkat siswa dari pada tingkat sekolah, (3) faktor yang mempengaruhi iklim demokratis adalah genre siswa, tingkat pendidikan orang tua, pembelajaran keluarga dukungan, guru, tingkat pendidikan dan pengalaman mengajar guru, dan (4) sekolah yang menerapkan manajemen berbasis sekolah mengungguli dibandingkan dengan mereka yang tidak menerapkannya. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan rancangan hierarkis (multilevel design) bedasarkan asumsi dasar bahwa kondisi dan batas sosial, termasuk pendidikan. Hasil dari penelitian ini yaitu iklim demokratis di dalam kelas pada umumnya sedang-sedang saja, belum optimal tetapi tidak pula rendah. Namun demikian sekolah-sekolah yang menerapkan MBS menunjukkan skor yang agak lebih tinggi daripada sekolah lainnya.
HUBUNGAN ANTARA KEIKUTSERTAAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DENGAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS IV DI MIN 7 KABUPATEN TANGERANG Kusumawati, Desy; Sa`odah; Magdalena, Ina
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) Vol 2 No 3 (2020): Jurnal BELAINDIKA
Publisher : Nusa Putra University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara keikutsertaan ekstrakurikuler pramuka dengan rasa percaya diri siswa kelas IV MIN 7 Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Jumlah seluruh populasi adalah 60 siswa kelas IV MI Negeri 7 Kabupaten Tangerang dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple cluster sampling yang ambil sebanyak 30 siswa kelas IV MI Negeri 7 Kabupaten Tangerang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah penyebaran angket yang sebelumnya sudah diuji validitasnya. Pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment, yang diawali dengan uji normalitas chi kuadrat dari data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat hubungan positif yang signifikan antara keikutsertaan ekstrakurikuler pramuka (X) dengan rasa percaya diri (Y). hal ini terbukti dengan dilakukannya uji korelasi product moment sebesar 0,63 yaitu berarti berada pada interval 0,60-0,799 yang berarti memiliki korelasi tinggi. Untuk uji hipotesis diperoleh data untuk nilai t_hitung sebesar 4,290 sedangkan t_tabel (0,05) sebesar 2,048. Hal ini menunjukan bahwa nilai t_hitung ≥ t_tabel yang berarti H_0 ditolak. Dari hasil penelitian ini terdapat hubungan yang erat antara keikutsertaan ekstrakurikuler pramuka dengan rasa percaya diri siswa.
PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS DEMOKRATIS DALAM MEMBANGUN KESADARAN HUKUM PADA SISWA KELAS X IPA 5 DI SMA NEGERI 1 CIBADAK KABUPATEN SUKABUMI Pradesa, Kohar
Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) Vol 2 No 3 (2020): Jurnal BELAINDIKA
Publisher : Nusa Putra University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa Kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Cibadak tentang tentang konsep hukum dan kesadaran hukum (X1) melalui pendekatan demokratis (X2) pada pembelajaran PPKn. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Menurut Arikunto (2010:2) “Penelitian tindakan kelas yaitu sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan dikelas”. Desain penelitian yang akan digunakan adalah desain model Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini ditempuh melalui 3 siklus, setiap siklus terdiri dari (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Cibadak tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 36 orang. Waktu yang dibutuhkan untuk penelitian yaitu selama 3 bulan dari awal September 2015 sampai akhir November 2017. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes berupa pilihan ganda yang terdiri 34 butir soal untuk mengukur pemahaman siswa tentang konsep hukum, dan angket sebanyak 40 butir pertanyaan untuk mengukur sikap kesadaran siswa tentang hukum, serta lembar pengamatan guru dan lembar pengamatan siswa untuk pendekatan demokratis. Instrumen lembar tes telah melalui uji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 0,05 %. Penelitian ini dinyatakan berhasil apabila 80% dari jumlah subjek penelitian berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran PPKn yaitu 78, selain itu pada proses pembelajaran demokratis dan angket siswa mencapai keberhasilan 80%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran PPKn dengan menggunakan pendekatan Demokratis dapat meningkatkan pemahaman siwa kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Cibadak tentang konsep hukum dan kesadaran hukum. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata hasil tes yang diberikan setiap siklusnya masing-masing adalah Sikllus I 76,47 atau 44.44%, Siklus II 83,99 atau 86,11% dan Siklus III 90,44 atau 97.22%, adapun kriteria angket sikap siswa berkategori Sangat Baik dengan hasil presetase 82%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5