cover
Contact Name
Azis
Contact Email
pendidikanmatematika@unidayan.ac.id
Phone
+6285241915730
Journal Mail Official
pendidikanmatematika@unidayan.ac.id
Editorial Address
Jalan Dayanu Ikhsanuddin No. 124, Kode Pos 93721 Baubau, Sulawesi Tenggara, Indonesia.
Location
Kota bau bau,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika
ISSN : 24429864     EISSN : 26863766     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, sebagai wahana informasi ilmiah bidang matematika, pendidikan matematika, dan pembelajarannya berupa hasil penelitian dan kajian pustaka. Lembaga Jurnal Akademik Pendidikan Matematika FKIP Unidayan terbit dua nomor dalam satu tahun (Mei dan November). Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, mahasiswa, maupun praktisi.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Volume 6, Nomor 1, Mei 2020" : 12 Documents clear
Efektivitas Model Pembelajaran Explicit Intruction dan Reward and Punishment ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Azis Azis; Jurais Dewangga
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 1, Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i1.189

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran Explicit Intruction efektif dalam pembelajaran matematika ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kadatua. 2) Penerapan model pembelajaran Reward and Punishment efektif dalam pembelajaran matematika ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kadatua. (3) Efektivitas antara penerapan model pembelajaran Explicit Intruction dan Reward and punishment dalam pembelajaran matematika ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kadatua. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kadatua yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah sisswa 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.A sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII.C sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan untuk penelitian adalah pre-test, dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Explicit Intruction dan Reward and Punishment dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan peluang keduanya sama-sama efektif ditinjau dari hasil belajar siswa pada kelas VII SMP Negeri 2 Kadatua. Secara deskriptif nilai rata-rata kelas ekperimen 1 dan kelas eksperimen 2 berturut-turut adalah 70,72 dan 71,47. Berdasarkan analisis inferensial menjelaskan bahwa tidak ada berbedaaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Explicit Intruction dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reward dan Punishment. Ini dikarenakan nilai signifikan 5% (0,420 > 0,05). Artinya, kedua model pembelajaran yaitu Explicit Intruction dan Reward and Punishment sama baiknya dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kadatua.
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Baubau La Ade Paria
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 1, Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i1.190

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran matematika dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas XII IPA SMA Negeri 3 Baubau. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA Negeri 3 Baubau tahun pelajaran 2019/2020. Dari populasi yang ada, maka sampel dalam penelitian ini adalah sama, yaitu kelas XII IPA2 yang berjumlah 27 orang. Berdararkan hasil observasi dan evaluasi pada setiap tindakan siklus dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 3 Baubau. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil tes awal ke tindakan siklus I yang meningkat dari 60 menjadi 66,85 pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 74,33. Peningkatan nilai rata-rata ini juga sejalan dengan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 14,81% pada tes awal menjadi 55,56% pada siklus I, dan pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 81,84%.
Pengaruh Pembelajaran dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Negeri 4 Baubau Rasmuin Rasmuin; Trisna Agus Ningsi
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 1, Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i1.191

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan teknik scaffolding terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP Negeri 4 Baubau. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan eksperimen dengan desain posttest-only control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau tahun ajaran 2019/2020 dan terdiri dari 14 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan sample random sampling yaitu siswa kelas VIII.6 dan siswa kelas VIII.4 yang berjumlah 31 siswa untuk setiap kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa essay tes kemampuan representasi matematis siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dalam bentuk uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) hasil tes untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata yaitu 83,87; 2) hasil tes untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata yaitu 63,7; 3) dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 7,756 dan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,050 sehingga disimpulan H0 ditolak. Dengan demikian penerapan pembelajaran dengan menggunakan teknik scaffolding berpengaruh sevara signifikan terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP Negeri 4 Baubau.
Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 38 Buton Artati Iriana; Safrudin Safrudin
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 1, Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i1.192

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Buton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang dilakukan di SMP Negeri 38 Buton dengan mengambil sampel 19 siswa Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 19 siswa Kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan angket dan posttest dan di analisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian diperoleh t hitung (2,268)>t tabel (2,02809) dengan taraf signifikan 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Buton. Kemudian terlihat nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) 0.029< 0.05, sehingga terdapat perbedaan skor point yang berarti antara kelas ekperimen dan dan kelas control.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Mistar Hitung pada Operasi Bilangan Bulat Rahmatia Rahmatia; Rismayani Armin
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 1, Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i1.193

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah penggunaan mistar hitung dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 5 Mawasangka pada operasi bilangan bulat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 5 Mawasangka pada operasi bilangan bulat dengan menggunakan mistarhitung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklusdengan prosedur penelitian yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi dan Evaluasi, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN 5 Mawasangka yang berjumlah 21 orang. Instrumen penelitian ini adalah Lembar observasi, dan Tes hasil belajar dengan teknik pemngambilan data yaitu observasi lalu kemudian pemberian tes. Teknik analisis data hasil penelitian yaitu reduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan dari data tersebut. Berdasarkan hasil observasi dan tes, pada siklus Iterlihat siswa yang memperoleh nilai < 60 adalah sebanyak 8 orang ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 61,9% sedangkan pada hasil tes siklus II nilai siswa juga meningkat, semua siswa sudah memperoleh nilai ≥ 60 dengan rata-rata 82,74 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 100%, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan mistar hitung dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 5 Mawasangka pada materi bilangan bulat.
Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok Kelas V SD Anwar Anwar; Suwarni La Usa
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 1, Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i1.194

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga kubus satuan terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan volume kubus dan balok pada siswa kelas V SD Negeri 3 Nganganaumala. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 3 Nganganaumala yang berjumlah 40 siswa yang sekaligus digunakan sebagai sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Penggunaan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa berdasarkan hasil analisis deskriptif nilai rata-rata peningkatan: belajar matematika kelas eksperimen sebesar 39,25; rata-rata peningkatan hasil belajar matematika kelas kontrol sebesar 28,75; dan berdasarkan hasil analisis inferensial dengan melihat uji normalitas diperoleh nilai signifikan hasil prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,200 dan kelas kontrol sebesar 0,200, sedangkan pada uji homogenitas menunjukkan nilai hasil prestasi belajar siswa pada kedua kelas adalah. Sehingga dapat dikatakan kedua kelas tersebut terdistribusi normal dan homogen. Dengan menggunakan uji-t diketahui dan signifikan pada yang berarti Sehingga disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang di ajar menggunakan alat peraga kubus satuan berpengaruh pada siswa yang diajar tanpa menggunakan alat peraga kubus satuan dalam pokok bahasan kubus dan balok pada siswa kelas V SD Negeri 3 Nganganaumala.
Efektifitas Model Pembelajaran Knisley Terhadap Penalaran Matematis Siswa Dian Lestari; Sardin Sardin
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 1, Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i1.195

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran knisley terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Baubau pada semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif model eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrument penelitian berupa tes kepada kedua kelompok, untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dalam bentuk uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Rata-rata nilai kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Baubau dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Knisley adalah 73,22 lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran Knisley yang nilai rata-ratanya yaitu 67,94. (2) Model pembelajaran Knisley lebih efektif dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran Knisley terhadap hasil belajar matematika SMP Negeri 4 Baubau.
Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 3 Baubau Ernawati Jais; La Eru Ugi
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 1, Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i1.196

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Baubau pada Pokok Bahasan Faktorisasi Aljabar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 1 siklus dengan subjeknya adalah peneliti dan guru sedang objeknya adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Baubau yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah nilai rata-rata 41,91 dan ketuntasan pembelajaran mencapai 48%, kemudian hasil belajar siswa setelah tindakan pada siklus 1 meningkat dengan nilai rata-rata 71,22 dengan ketuntasan belajar 81,22%. Kemudian rata-rata hasil observasi pertemuan I sampai pertemuan ke-IV terhadap guru dengan presentasi 86,7% (sangat tinggi), sedangkan rata-rata hasil observasi terhadap siswa dengan presentasi 80% (tinggi). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Baubau pada Pokok Bahasan Faktorisasi Aljabar.
Hubungan Penguasaan Konsep Operasi Bilangan Asli Terhadap Penentuan FPB Dan KPK Siswa Kelas Va SDN 2 Katobengke La Eru Ugi
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 1, Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i1.197

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah tingkat penguasaan operasi bilangan asli siswa kelas Va SDN 2 Katobengke; 2) bagaimanakah tingkat penguasaan KPK dan FPB siswa kelas Va SDN 2 Katobengke; 3) apakah ada hubungan antara tingkat penguasaan operasi bilangan asli terhadap penentuan FPB dan KPK siswa kelas Va SDN 2 Katobengke. Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) untuk mengetahui tingkat penguasaan operasi bilangan asli siswa kelas Va SDN 2 Katobengke; 2) untuk mengetahui tingkat penguasaan KPK dan FPB kelas Va SDN 2 Katobengke; 3) untuk mengetahui hubungan antara tingkat penguasaan operasi bilangan asli terhadap penentuan FPB dan KPK siswa kelas Va SDN 2 Katobengke. Penelitian ini merupakan penelitian kolerasi kuantitatif yang mengkaji hubungan antara konsep operasi bilangan asli terhadap penentuan FPB dan KPK. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Va SDN 2 Katobengke tahun 2018/2019 yang berjumlah 27 siswa. Instrumen dalam penelitian yaitu tes. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) skor rata-rata tingkat penguasaan konsep operasi bilangan asli pada siswa kelas Va SD Negeri 2 Katobengke adalah 70,93; 2) rerata skor ketetapan KPK dan penguasaan FPB pada siswa kelas Va SD Negeri 2 Katobengke adalah 68,52; 3) Ada hubungan positif antara penguasaan konsep operasi bilangan asli terhadap penentuan FPB dan KPK siswa kelas Va SD Negeri 2 Katobengke sebesar 0,797.
Pengaruh Penilaian Autentik dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Buton Tengah Maya Nurlita; Rahma Gusmalinda
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 1, Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i1.199

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ada atau tidak pengaruh yang signifikan penilaian autentik dan motivasi belajar tehadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buton Tengah. 2) mengetahui ada atau tidak pengaruh yang signifikan penilaian autentik terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buton Tengah. 3) mengetahui ada atau tidak pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buton Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model regresi. Populasi penelitian sebanyak 156 dengan pengambilan sampel sebanyak 40 siswa menggunakan teknik simple random sampling.Instrumen yang digunakan adalah tes,angket, dan lembar penilaian kinerja. Data yang diperoleh dianalisis serta diuji dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasilnya sebagai berikut: 1) penilaian autentik dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buton Tengah dengan diperoleh nilai p_value lebih kecil dari nilai a yaitu 0,000 < 0,05. 2) penilaian autentik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP negeri 1 Buton Tengah. Hal ini berdasarkan hasil analisis SPSS yang nilai p_value lebih kecil dari nilai a yaitu0,000 < 0,05. 3) Dan untuk motivasi belajar secara terpisah tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP negeri 1 Buton Tengah. Hal ini berdasarkan hasil analisis SPSS yang nilai p_value lebih kecil dari nilai a yaitu 0,240 > 0,05.

Page 1 of 2 | Total Record : 12