cover
Contact Name
Azis
Contact Email
pendidikanmatematika@unidayan.ac.id
Phone
+6285241915730
Journal Mail Official
pendidikanmatematika@unidayan.ac.id
Editorial Address
Jalan Dayanu Ikhsanuddin No. 124, Kode Pos 93721 Baubau, Sulawesi Tenggara, Indonesia.
Location
Kota bau bau,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika
ISSN : 24429864     EISSN : 26863766     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, sebagai wahana informasi ilmiah bidang matematika, pendidikan matematika, dan pembelajarannya berupa hasil penelitian dan kajian pustaka. Lembaga Jurnal Akademik Pendidikan Matematika FKIP Unidayan terbit dua nomor dalam satu tahun (Mei dan November). Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, mahasiswa, maupun praktisi.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Volume 6, Nomor 2, November 2020" : 14 Documents clear
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Time Token Arends Raden Heri Setiawan
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 2, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i2.259

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah prestasi belajar matematika siswa kelas X-MIA.5 SMA Negeri 4 Baubau pada materi pokok Trigonometri dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Time Token Arends. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas X-MIA.5 SMA Negeri 4 Baubau pada materi pokok Trigonometri dengan menerapkan model pembelajaran Time Token Arends. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-MIA.5 SMA Negeri 4 Baubau yang berjumlah 41 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa Lembar observasi dan Tes prestasi belajar matematika dengan teknik pengambilan data yaitu observasi lalu kemudian pemberian tes. Teknik analisis data hasil penelitian yaitu reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes kemampuan awal rata-rata skor prestasi belajar siswa 57,07 dengan ketuntasan 36,59%, pada siklus I rata-rata skor prestasi belajar siswa 67,93 dengan ketuntasan 58,54% dan pada siklus II rata-rata skor prestasi belajar siswa 82,68 dengan ketuntasan 87,80%. Berdasarkan indikator kinerja, disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok Trigonometri siswa kelas X-MIA.5 SMA Negeri 4 Baubau dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran Time Token Arends.
Eksplorasi Etnomatematika pada Benteng Keraton Buton dan Implikasinya pada Pembelajaran Matematika Rosita Rosita; Asfida Asfida; Muhammad Ahyar Annur; Azis Azis
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 2, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i2.260

Abstract

Matematika dan budaya adalah dua hal yang berkaitan erat. Namun terkadang masyarakat menganggap matematika dan budaya sebagai sesuatu yang tidak berkaitan. Anggapan lainnya bahwa matematika yang diperoleh di sekolah berbeda dengan matematika yang ditemukan anak dalam kehidupan sehari-hari, sehingga matematika sulit dipahami oleh siswa. Belajar matematika lebih efektif dan bermakna jika pengajaran dimulai dengan mengakrabkan siswa dengan praktek matematika yang ditemukan dalam lingkungan sosial budaya siswa sendiri. Matematika dalam budaya dikenal dengan istilah etnomatematika. Salah satu objek etnomatematika yang dapat digunakan terdapat pada artefak berupa bangunan bersejarah. Salah satau bangunan bersejarah pada Sulawesi Tenggara yaitu Benteng Keraton Buton. Tujuan dari penelitian eksploratif ini adalah untuk menggali dan mengeksplorasi konsep matematika apa saja yang ada pada Benteng Keraton Buton yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika kontekstual. Melalui eksplorasi, dokumentasi, studi literatur, dan observasi di kawasan Benteng Keraton Buton, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat konsep bangun datar pada beberapa bagian Benteng Keraton Buton. Bagian-bagian tersebut berbentuk persegi panjang, persegi, trapesium dan segitiga siku-siku. Pembelajaran matematika menggunakan objek etnomatematika memberikan makna kontekstual yang diperlukan untuk banyak konsep matematika yang abstrak. Untuk mengakomodasikan peran etnomatematika dalam pembelajaran, guru perlu memfasilitasi sehingga siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran matematika.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Buton Wa Ode Sri Astuti Putri Anzar; Dian Lestari
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 2, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i2.261

Abstract

Rumusah masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 22 Buton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 22 Buton. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Buton yang terdiri dari 2 kelas.Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 60 siswa.Instrumen penelitian ini yaitu angket awal dan angket akhir. Data dianalisis dengan menggunakan uji beda rata-rata. Hasil penelitian menggunakan uji beda rata-rata diperoleh nilai thitung sebesar 4,734 dengan nilai sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 22 Buton.
Investigasi Perkembangan Belajar Siswa Kelas V dalam Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Asrammadan Asrammadan; Rismayani Armin
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 2, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i2.262

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas V SD Negeri Waruruma Tahun Pelajaran 2019/2020.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan pedoman wawancara. Soal tes yang diberikan berbentuk soal uraian yang terdiri dari lima soal.Soal ini diberikan setelah siswa menerima materi tentang pecahan dari guru pada pembelajaran sebelumnya yang nantinya digunakan sebagai sumber data untuk mengetahui letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan.Pedoman wawancara digunakan sebagai acuan dalam melakukan wawancara yang berisi pertanyaan-pertanyaan terkait faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal yang telah diberikan. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes awal yaitu dengan memberi tes uraian dan lembar observasi, tujuannya untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menguasai operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Kemudian data yang diperoleh akan dijadikan dasar dalam menjawab masalah penelitian. Setelah itu siswa diberi tes akhir untuk melihat perkembangan hasil belajar siswa terhadap operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Hasil dari penelitian ini adalah kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan.Adapun kesalahan yang dilakukan siswa antara lain: 1) kesalahan dalam penggunaan teorema (K4), 2) penyelesaian yang tidak diperiksa kembali (K5), 3) kesalahan dalam perhitungan (K6).
Efektivitas Penggunaan Media Cisco Webex dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau Suwarno Husen; Anwar Anwar
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 2, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i2.263

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media cisco webex dalam pembelajaran matematika efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media cisco webex dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau yang terdiri atas 11 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yaitu kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen sebanyak 31 orang dan siswa kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol sebanyak 31 orang di SMP Negeri 4 Baubau. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes. Berdasarkan hasil penghitungan dengan menggunakan independent samples t test diperoleh nilai thitung sebesar 4,155. Untuk nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05 (5%) dan db=60 yaitu 2,000. Berdasarkan nilai tersebut thitung> ttabel maka hipotesis penelitian diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media cisco webex dalam pembelajaran matematika efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau.
Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 43 Buton Ricky Saputra; Suwarni La Usa
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 2, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i2.264

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 43 Buton. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 43 Buton. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 43 Buton yang terdiri atas 2 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 orang dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol sebanyak 22 orang di SMP Negeri 43 Buton. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrument penelitian berupa tes kepada kedua kelas, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel.Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dalam bentuk uji-t.Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai t = 3,749. dengan nilai sig.(2-tailed) pada 0,001 < 0,005. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima.Sehingga penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 43 Buton.
Efektivitas Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Ivan Abdillah; Sardin Sardin
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 2, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i2.265

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Google Classroom ditinjau dari kemampuan penalaran matematika siswa kelas X SMA Negeri 5 Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Baubau yang terdiri dari 8 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling terpilih kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 28 siswa dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes dan analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penghitungan dengan menggunakan independent samples t test diperoleh nilai thitung sebesar 3,455. Untuk nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05 (5%) dan db= 54 yaitu 1,673. Berdasarkan nilai thitung> ttabel maka di terima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Google Classroom terdapat perbedaan/efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematika siswa kelas X SMA Negeri 5 Baubau.
Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pasarwajo Wa Ode Oni; Rahmatia Rahmatia
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 2, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i2.266

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Pasarwajo. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Pasarwajo. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Pasarwajo yang terdiri atas 5 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yaitu kelas X MIPA2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 16 orang dan siswa kelas X MIPA1 sebagai kelas kontrol sebanyak 16 orang di SMA Negeri 2 PAsarwajo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes. Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam proses pembelajaran diketahui berdasarkan perhitungan uji t. hasil penelitian ini diperoleh thitung = 2,314 dan ttabel = 30, maka thitung ttabel = 2,314 < 30, pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Pasarwajo.
Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Baubau Retti Angraeni; La Eru Ugi
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 2, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i2.267

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model Pembelajaran Matematika Realistik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Baubau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Pembelajaran Matematika Realistik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Baubau.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik dan desain penelitian pretest-posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Baubau yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas dua jenis analisis statistic, yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian adalah: 1) hasil belajar siswa pada tes awal kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 51,50; 2) hasil belajar siswa pada tes awal kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 36,50; 3) hasil belajar siswa pada tes akhir kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,00; 4) hasil belajar siswa pada tes akhir kelas kontrol diperoleh niai rat-rata sebesar 59,75; 5) berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai = 3,069 dan nilai = 1,6850. Jika dibandingkan dengan , maka > . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 5 Baubau.
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tomia Hasniati Hasniati; Ernawati Jais; Herlawan Herlawan
Jurnal Akademik Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 2, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55340/japm.v6i2.268

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui pendidikan matematika realistik lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui pendidikan matematika realistik. Desain penelitian yang digunakan adalah desaqin dua kelompok dengan pretest dan posttest. Populasi penelitin adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tomia. Sampel penelitian adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu esay test. Analisis statistik yang digunakan adalah N Gain score untuk tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat perbedaan nilai rata rata kemampuan pemecahan masalah matematika. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata rata 78,34 dan kelas kontrol sebesar 54,22. Maka kriteria keektifan didasarkan pada gain score diperoleh presentase kelas eksperimen sebesar 78% termaksud dalam kategori tinggi maka H0 ditolak H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan matematika realistik lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Page 1 of 2 | Total Record : 14