cover
Contact Name
Wiku Aji Sugiri
Contact Email
wikusugiri@uin-malang.ac.id
Phone
+6282257057944
Journal Mail Official
journal.preschool@uin-malang.ac.id
Editorial Address
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Preschool
ISSN : -     EISSN : 27153622     DOI : -
Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini published twice a year since October 2019. This journal is published by the Department of Early Childhood Studies, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of early childhood education to publish their researches in our journal. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini is a study about the results of research in the areas of early childhood education. The focus and scope of this journal are (a) Early Childhood Learning and Development. (b) Media for Early Childhood Learning. (c) Caring in Early Childhood. (d) Instructional Technology in Early Childhood Studies. (e) Stimulation of Early Childhood Development. (f) Problems in Early Childhood. (g) Assessment and Evaluation of Early Childhood Development. (h) Management of Organizing Early Childhood Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 30 Documents
Kegiatan Bercerita Dengan Menggunakan Buku Cerita Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Sri Widayati; Nurhenti Dorlina Simatupang
-
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/preschool.v1i1.8177

Abstract

Kegiatan penelitian action research ini bertujuan untuk meningkatkan anak dalam menyimak melalui kegitan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di TK di Jayanegara Indonesia. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan refleksi persiklus. Berdasarkan oleh data diperoleh data aktivitas menyimak anak dalam mengikuti kegiatan bercerita (respon anak yang terwujud dalam sikap menyimak dan menjawab pertanyaan) pada siklus I sebesar 56,25% meningkat menjadi 81,25% pada siklus. Selain itu diperoleh bahwa  buku cerita sederhana,  seting tempat duduk,  cara guru bercerita dengan intonasi, mimik, dan gerak tubuh merupakan bagian yang tak terpisahkan dari meningkatnya kemampuan anak dalam menyimak. Pemilihan buku cerita adalah salah satu faktor utama dalam hal menarik minat anak untuk menyimak. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana berdampak pada kemampuan anak menyimak. 
Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak Usia Dini Imro'atul Hayyu Erfantinni; Galih Puji Mulyoto; Nurlaeli Fitriah
-
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/preschool.v1i1.8175

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji cobakan bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan sikap percaya diri pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest dan posttest dengan teknik pengambilan sample secara purposive. Sample yang digunakan sejumlah 7 anak yang terindikasi memiliki tingkat percaya diri dalam kategori rendah. Pengumpulan data menggunakan skala psikologis yang dalam pengisiannya dibantu oleh guru kelas atau orang tua, selain itu didukung pula dengan menggunakan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik modeling partisipan dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji statistik uji wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Z= -2,366 dengan p = 0,018 (0,05) yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan tingkat sikap percaya diri sebelum intervensi (pretest) dan setelah intervensi (posttest). Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan sikap percaya diri siswa PAUD/TK maupun mengembangkan penelitian selanjutnya.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sensory Carpet Untuk Pemahaman Panca Indera Anak Usia 1-2 Tahun Dessy Putri Wahyuningtyas; Rifqoh Roziah
-
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/preschool.v1i2.9151

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan alat permainan edukatif (APE) bagi anak usia 1-2 tahun berupa media sensory carpet; 2) menerapkan media sensory carpet yang menunjang pemahaman panca indera anak. Penelitian pengembangan (Research and Development) ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Langkah yang dilakukan peneliti meliputi pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba validasi ahli, revisi hasil uji coba validasi ahli, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba lapangan awal, uji coba lapangan dan penyempurnaan produk akhir. Hasil penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,08 dan penilaian ahli media memperoleh rata-rata skor 4,62. Setelah melakukan uji coba lapangan, peneliti memperoleh presentase skor sebesar 91,66%.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa media sensory carpet untuk pemahaman panca indera anak usia 1-2 tahun ini dinyatakan layak digunakan.
Humanism Approach in Children Education: A Look Into Humane Perspective Of Teaching English To Children Wahyu Indah Mala Rohmana; Renata Kenanga Rinda
-
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/preschool.v1i1.8171

Abstract

Recently language teaching has been influenced by  number of approaches. In case of teaching  children,  there are many approaches which can be implemented according to the children needs. This paper is a library research which attempts to explain teaching English for children viewed from humanism theory. The humanism theory or approach is very crucial in teaching children. Humanism theory sees a human connection  is vital matter to young learners education and makes them to self-actualize in their learning process. It builds emotional relationship between teachers and students and student-centered teaching. In conclusion, whatever methodology adopted by the teacher to suit the needs of children, a teacher with a humanistic approach will make them learn to remember, to understand, to think and to learn.
Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional Akhmad Mukhlis; Furkanawati Handani Mbelo
-
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/preschool.v1i1.8172

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui permainan tradisional. Indikator inti pembelajaran sosial emosional dari Collaborative for Academic Social and Emotional Learning (CASEL) digunakan untuk menganalisis perkembangan sosial emosional, yaitu pengenalan diri (self-awareness), manajemen diri (self-management), pengenalan sosial (self-awareness), keterampilan membangun hubungan (relationship skill) dan pengambilan keputusan yang bertanggungjawab (responsible decition-making). Pendekatan kualitatif jenis studi kasus (case study) tunggal instrumental dipilih peneliti untuk menjawab pertanyaan penelitian. Penelitian dilakukan dalam setting alamiah di KB/RA Syihabuddin Malang. Penggalian data dilakukan tanpa memberikan intervensi menggunakan tiga metode utama, yaitu observasi mendalam, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima indikator inti peembelajaran sosial emosional terlihat dalam aktivitas kelima permainan tradisional yang diterapkan di lokasi penelitian, yaitu permainan meong-meongan, dolip, cina buta, ular naga dan balap karung. Pemberian supervisi dan pembangunan komitmen sebelum permainan merupakan kata kunci munculnya perilaku yang mencerminkan aspek pembelajaran sosial emosional pada anak usia dini.
Menelisik Kurikulum PAUD: Kajian Fenomenologis Terhadap Kecenderungan Belajar Calistung Anak Usia Dini Siti Farikhah; Hesti Ariestina
-
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/preschool.v1i2.9058

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mendiskripsikan gejala-gejala yang nampak dalam pembelajaran calistung di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal I dan II Temanggung, meliputi penerapan Kurikulum 2013 PAUD,  strategi pembelajaran calistung,  konteks atau situasi yang mempengaruhi pembelajaran calistung, dan  perbedaan fenomena pembelajaran calistung dikedua satuan PAUD tersebut. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data digunakan Trianggulasi metode, sumber dan waktu. Sedangkan pengolahan data menggunakan analisis data fenomenologis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan kurikulum PAUD di TK ABA I dan II Temanggung, sudah mengacu pada Permendikbud No 146 th.2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD. Dalam operasionalnya berpedoman pada Permendikbud No.137 tentang Standar Nasional PAUD; 2) strategi  pembelajaran calistung dikedua lembaga tersebut sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Pengembangan Anak (STPPA) dengan pendekatan bermain, tidak ada unsur paksaan, dan dilakukan secara berulang-ulang serta menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE); 3) konteks atau situasi yang mempengaruhi pembelajaran calistung adalah adanya tuntutan orang tua peserta didik yang menghendaki anaknya lancar calistung saat lulus TK; 4) ditemukan perbedaan phenomena pembelajaran calistung antara TI ABA I dan II Temanggung. 
Profil Kemampuan Asertif Pada Usia Pra Sekolah Sandy Tegariyani Putri Santoso; I Wayan Sutama
-
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/preschool.v1i1.8173

Abstract

Perilaku asertif merupakan salah satu keterampilan sosial dan emosional pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil perilaku asertif pada anak usia pra sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif data diperoleh melalui observasi perilaku anak selama mengikuti kegiatan di sekolah, selain itu wawancara juga dilakukan kepada guru beserta orangtua untuk memperoleh data tentang perilaku asertif yang ditunjukkan oleh anak. Penelitian dilakukan pada anak yang berusia 3 sampai 6 tahun sejumlah enam puluh anak. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dengan kriteria subjek merupakan anak yang mengikuti pendidikan di lembaga PAUD dengan rentang usia 4-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan perilaku asertif yang ditunjukkan oleh anak meliputi kemampuan untuk mengekspresikan ide, keinginan, dan perasaannya, kemampuan untuk mempertahankan diri, kemampuan untuk tidak mudah terpengaruh, serta kemampuan untuk menerima masukan atau pendapat dari orang lain. Hasil temuan menunjukkan bahwa pada setiap tahapan usia memiliki intensitas perilaku yang berbeda. Berdasarkan hasil temuan perlu digali lebih dalam mengenai factor-faktor yang mempengaruhi perilaku asertif pada anak usia dini.
Pengembangan Modul Mata Kuliah Bermain dan Permainan Berbasis Hasil Praktikum Perkuliahan Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Rikza Azharona Susanti
-
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/preschool.v1i2.7978

Abstract

Abstrak: Modul sebagai bahan ajar dapat digunakan secara mandiri karena sesuai dengan kecepatan masing-masing individu, penerapan modul dapat mengkondisikan kegiatan pembelajaran lebih terencana dengan baik, mandiri, tuntas dan dengan hasil yang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matakuliah bermain dan permainan berbasis hasil praktikum perkuliahan mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PUAID) FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pengembangan modul ditujukan kepada Mahasiswa sehingga dapat dijadikan sebagai sumber belajar mahasiswa dan pedoman pelaksanaan bermain dan permainan baik secara mandiri maupun berkelompok. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan melalui lima prosedur: 1. Penelitian dan pengumpulan data, 2) melakukan perancangan modul, dilanjutkan Validasi Ahli, 3) Mengembangkan produk awal, 4) melakukan uji coba produk dan revisi, 5) penyempurnaan produk anhir. Adapun instrumen yang digunakan berupa kuesioner Ahli media dan ahli pembelajaran yang berisi tentang rancangan produk yang dikembangkan serta kuesioner responden terhadap mahasiswa terkait rancangan modul sekaligus kemenarikan modul bagi mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif berupa saran para ahli validasi dan data kuantitatif dari instrumen yang ditujukan pada ahli validasi media serta ahli pembelajaran termasuk data kuantitatif dari angket respon mahasiswa. Hasil pengembangan pada analisis data kuantitatif uji coba produk, diperoleh persentase rata-rata yaitu 93,33% bahwasannya modul yang dikembangkan menarik, mudah difahami dan cukup informatif materinya. Berdasarkan hasil pengembangan modul matakuliah bermain dan permainan berbasis hasil praktikum perkuliahan mahasiswa dapat disimpulkan bahwa modul ini menarik, mudah difahami dan materi yangn disampaikan informatif bagi mahasiswa. Disarankan hasil pengembangan modul yang ditujukan untuk mahasiswa PIAUD UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dapat digunakan secara mandiri maupun berkelompok paa matakuliah Bermain dan Permainan di lembaga terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya sesuai materi perkuliahan tersebut. Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Bermainan dan Permainan
Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Membaca Nyaring Desi Nurkholifah; Novan Ardy Wiyani
-
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/preschool.v1i2.9074

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan berbicara anak usia dini di KB Wadas Kelir Purwokerto setelah mengikuti pembelajaran membaca nyaring. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) di mana penelitian terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Sedangkan pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala KB Wadas Kelir dan guru yang disebut dengan istilah bunda. Adapun teknik analisis yang penulis gunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berbicara anak-anak KB Wadas Kelir termasuk baik. Hal ini bisa dilihat dari keaktifan anak saat mengikuti pembelajaran membaca nyaring. Keaktifan tersebut berupa antusiasme anak dalam mengikuti pembelajaran membaca nyaring. Selain itu, anak juga aktif menanggapi cerita yang dibacakan bunda. Tanggapan anak bisa berupa pertanyaan, menjawab pertanyaan yang diberikan bunda atau anak berusaha mengaitkan isi cerita atau tokoh cerita dengan dirinya bahkan kehidupan nyata. Selain itu, anak yang dulunya pasif, pendiam dan pemalu setelah mengikuti pembelajaran membaca nyaring menjadi lebih aktif dan percaya diri.
KEGIATAN PEMBELAJARAN MERONCE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN KLASIFIKASI BENTUK Siti Rukayah; Ika Irayana
-
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/pres.v2i2.10382

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran meronce untuk melatih kemampuan klasifikasi bentuk anak kelompok A2 di PAUD Terpadu Tarbiyatul Athfal Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru kelas dan anak kelompok A2 terdiri dari 10 anak. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data interaktif Milles dan Hubbermanmelalui reduksi, penyajian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kegiatan pembelajaran meronce anak menunjukkan kemampuan klasifikasi yang berbeda beda yaitu 50 persen anak merangkai secara terus menerus, 40 persen merangkai berdasarkan warna, 40 persen berdasarkan warna dan bentuk, 30 persen berdasarkan ukuran. Media yang digunakan berupa manik kayu yang berbentuk geometri dan ditengahnya ada lubang agar anak dapat memasukkan tali atau benang kedalam manik tersebut sesuai bentuk, warna dan ukuran.

Page 1 of 3 | Total Record : 30


Filter by Year

0000


Filter By Issues
All Issue