cover
Contact Name
Sofyan Abdi
Contact Email
sofyanabdi.fkip@uia.ac.id
Phone
+6282165079943
Journal Mail Official
journalguidance.fkip@uia.ac.id
Editorial Address
Gd. Alawiyah Lt. 3, Jln. Raya Jatiwaringin No. 12 Pondok Gede, Jakarta, 17411 Tel / fax : 082165079943
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN : 19786794     EISSN : 27155307     DOI : 10.34005
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on #Guidance and Counseling Islamic #Counseling Multicultural #School Counseling #Counselor Education #Child and Adolescent Counseling #Adult and Elder Counseling #Crisis and Risk Counseling #Occupational Counseling #Cyber Counseling #Technology usage in Counseling #Counseling and Guidance for Special Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 02 (2016): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling" : 5 Documents clear
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU SEKSUAL SEHAT REMAJA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 103 JAKARTA Saifoel Bachrie; Aritiya Winarti
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 13 No 02 (2016): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Layananbimbingan pribadi sosial terhadap perkembangan perilaku seksual sehat remaja di SMANegeri 103 Jakarta. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel, yaitu layanan bimbingan pribadisosial sebagai variabel X dan perilaku seksual sebagai variabel Y.Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IIS 1 sebagaikelas eksperimen yang diberikan perlakuan di SMA Negeri 103 Jakarta, dengan populasisebanyak 250 siswa, kemudian untuk sampel sebanyak 61 siswa terdiri dari 32 siswa kel21askontrol dan 29 siswa kelas eksperimen dengan menggunakan teknik pengambilan sampelpurposive sampling.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan studikepustakaan, observasi, dan angket. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitianeksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan diberikan treatment serta menggunakanProduct Moment Karl Pearson dan Uji t. Kemudian uji validitas, uji reliabilitas, dan ujinormalitas dihitung menggunakan SPSS versi 17 dan hasilnya dikonversikan dengan nilai ttabel.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yangsignifikan antara layanan bimbingan pribadi sosial terhadap perkembangan perilaku seksualsehat di SMA Negeri 103 Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh layananbimbingan pribadi sosial terhadap perkembangan perilaku seksual sehat remaja di SMANegeri 103 Jakarta, maka dapat disimpulkan bahwa thitung posttest kontrol = 4,740 dan ttabel =2,042 dan perbandingan nilai thitung posttest eksperimen = 4,796 dan ttabel = 2,052 dengan dk =n-2 dengan demikian maka thitung menggunakan taraf signifikansi 0,05 maka hipotesis nihil(H0) yang menyatakan tidak ada pengaruh ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (H1) yangmenyatakan ada signifikansi antara layanan bimbingan pribadi sosial terhadap perkembanganperilaku seksual sehat remaja di SMA Negeri 103 Jakarta diterima
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII DI SMP TERBUKA 17 BEKASI Yusuf Maulana; Endang Indrayana
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 13 No 02 (2016): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya efektifitas bimbingankelompok dengan teknik homeroom untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VIII-2 SMPNegri 17 Bekasi Tahun pelajaran 2014-2015. Dalam penelitian ini terdapat dua Variabel,yaitu Bimbingan kelompok dengan teknik homeroom sebagai variabel X dan meningkatkankreativitas sebagai variabel Y. penelitian ini dilaksanakan dikelas VIII-1 SMP Negeri 17Bekasi, dengan populasi sebanyak 360 Siswa, kemudian untuk dijadikan sampel diambil 38siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Hasil ujiValiditas didapat pernyataan 36 valid dari 60 pernyataan yang diujikan. Dari hasil uji cobainstrument terhadap 38 responden diperoleh koefisien reliabilitas (r11) sebesar=0.95 padataraf signifikansi 5% dengan N =38, diperoleh rtabel = 0.32. karena r11>rtabel, makainstrument tersebut reliabel dengan tingkat reliabilitas kuat.Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dengan hasil, diketahui t-hitung =3.208 dan t-tabel =2.045, dengan demikian maka t-hitung>t-tabel (3.208>2.045), dimana t-tabelmenggunakan taraf signifikansi 5%.maka hipotesis nihil (Ho) yang menyatakan tidak adapengaruh atau ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan terdapatpengaruh yang signifikan antara bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untukmeningkatkan kreativitas siswa diterima.
EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF VERBAL SISWA KELAS VIII MTS AL-HIDAYAH BEKASI Fadhil Hardiansyah; Siti Robiah Adawiyah
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 13 No 02 (2016): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Effectiveness Group Guidance With ModellingTechniques For Diminish Verbal Aggressive Behavior Students Of Grade VIII MTs AlHidayah Bekasi. Theme of mini thesis. Program Study Guidance and Counseling. FacultyTeaching Science Education Universitas Islam Asyafiiyah.This research is motivated by descend of morals adolescent on this period, especiallyverbal aggressive behavior. As we know it there are many incident happened to them whocan't be controlled by education. There are many happened act of despising verbals, tauntwith vile language, threaten, said in a lound tone, heckle and slovenly who can makecommotion, brawl, engage in a gang fight even killing. with this research be expected tocapable of providing provisioning to student can understand behaviour who can acceptedbysociety and can't to.The purpose of this research is to test for get data’s empirical and information theeffectiviness group guidance with modelling tecqniques for diminish verbal aggressivebehavior students of grade VIII MTs Al-Hidayah Bekasi.The research is quasi exerimental design with reaserch design non equivalent contolgroup design. Subject of this research are the students of eight grade at MTs Al-HidayahBekasi in acadenic year of 2015/2016 who have high verbal aggressive behavior. Thesubjects numbering 24 persons. This subject will be divided into two group of 12 persons intothe experimental group and 12 persons control group. The collection teqnigue of data useverbal aggressive behavior questionnaire. Validite data use product moment of ms. Exel andcalculation manual.The result of the analysis showed = 2,834, ttabel=2,072 with significance (α =0,05) dk = n1+n2-2=12+12–2=22. For result research seen that ttest≥ ttable. Hipotesis nihil (Ho)to exlain “Group guidance with modelling tecqniques not effective for diminish verbalaggressive behavior students of grade VIII MTs Al-Hidayah Bekasi” rejecting. Whilehipotesis alternatif (Ha) to explain “Group guidance with modelling tecqniques effective fordiminish verbal aggressive behavior students of grade VIII MTs Al-Hidayah Bekasi”accepting.Conclusions this research group guidance with modelling tecqniques effective todiminish verbal aggressive behavior students of grade VIII MTs Al-Hidayah Bekasi.
HUBUNGAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 BEKASI Juwita Damayanti
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 13 No 02 (2016): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is quantitative which aims to determine whether there iscorrelation between the students’ social ability and students' motivation, especially in theeighth grade of SMP Negeri 9 Bekasi in academic year 2013-2014.The purpose of this study is to investigate whether there is correlation between the students’social ability and students' motivation, especially in VIII-14 class at SMP Negeri 9 Bekasi.The calculation of questionnaire or test research used the Cronbach alpha reliability as acommon measure of internal consistency of multi-item scale, the numbers in the range of0.70 (acceptable), 0.80 (good) and the Likert scale questionnaire to measure the attitudes,opinions and perceptions of a person's or a group of events or social phenomena. Eachanswer is connected with the form of a statement or gesture of support expressed in wordsstrongly agree (SS), agree (S), disagree (D), strongly disagree (STS). From these results, 32items were obtained which can be used for the study of the 60 problems that exist.The population of the research was all eighth grade students of SMP Negeri 9 Bekasi inacademic year 2013-2014 consists of 960 students. Then, 30 students were taken as a sample.The sampling technique used was Probability Sampling, it is a sampling technique thatprovides equal opportunity for every element (member) to be elected as members of thepopulation sample. Collecting data in this research was using an open questionnaire for itsvariables.Based on this research, it is proved that the hypothesis can be accepted. There is a significantcorrelation between social ability and learning motivation at VIII-14 class of SMP Negeri 9Bekasi. With the test calculations r count r 0.941 while table at significant level of 0.05% hasa mean value of 0.361 count r> r table, then Ho is rejected and Ha accepted. Then proceedusing the t-test analysis, with the final result obtained results t-count table 2.048 14.773 ofusing a significant level of 5%.23The conclusion that can be concluded from this research is that there is correlation betweensocial skills and learning motivation at VIII-14 class of SMP Negeri 9 Bekasi.Bibliography: 23 (2001-2012). Keywords: social skills and motivation to study.
PENGARUH BIMBINGAN KONSELING KARIR TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN JENJANG KARIR DAN ETOS KERJA SISWA DI SMK NEGERI 1 CIKARANG BARAT KABUPATEN BEKASI Amir Erwin; Vrans Kristanto
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 13 No 02 (2016): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Siswa SMK yang sedang menjalani masa remaja dituntut untuk menjalani tugas-tugasperkembangan. Salah satu tugas perkembangan yaitu mencapai kematangan dalam pilihankarir dimasa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan usaha siswa dalammenentukan arah pilihan karir dan hambatan yang mereka temui. Penelitian ini berbentukdeskriptif dengan populasi siswa SMK Negeri 1 Cikarang Barat. Sampel diambil denganmenggunakan teknik random sampling dan diperoleh 30 orang. Alat pengumpulan data yangdigunakan adalah angket. Temuan Penelitian ini menunjukkan 1)Usaha yang dominandilakukan siswa dalam menentukan pilihan karirnya adalah berusaha mengetahui prospekmasa depan pekerjaan yang akan dipilih melalui program bimbingan karir, 2) mengetahuijenjang karir yang akan ditempuh setelah mendapatkan pekerjaan, 3) meningkatanpengetahuan etos kerja dalam persiapan menghadapi pekerjaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5