cover
Contact Name
Sofyan Abdi
Contact Email
sofyanabdi.fkip@uia.ac.id
Phone
+6282165079943
Journal Mail Official
journalguidance.fkip@uia.ac.id
Editorial Address
Gd. Alawiyah Lt. 3, Jln. Raya Jatiwaringin No. 12 Pondok Gede, Jakarta, 17411 Tel / fax : 082165079943
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN : 19786794     EISSN : 27155307     DOI : 10.34005
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on #Guidance and Counseling Islamic #Counseling Multicultural #School Counseling #Counselor Education #Child and Adolescent Counseling #Adult and Elder Counseling #Crisis and Risk Counseling #Occupational Counseling #Cyber Counseling #Technology usage in Counseling #Counseling and Guidance for Special Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 01 (2017): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling" : 5 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 18 JAKARTA TAHUN AKADEMIK 2016-2017 Ari Sumitro; Dimas Adi Putra
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 14 No 01 (2017): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmendapatkan data-data empiris daninformasi tentang hubungan antarakepercayaan diri dengan prestasi belajarsiswa kelas X MAN 18 Jakarta TahunAjaran 2016/2017.Pendekatan dalam penelitian ini adalahpendekatan kuantitatif denganmenggunakan metode korelasi deskripsif.Validitasi nstrumen menggunakan korelasiproduct moment yang diaplikasikan padams. Excel, dengan hasil dari 60 butirangket try out diperoleh 30 butir yangvalid dan sisanya 30 data drop sedangkanreliabilitas instrumen dianalisis denganmenggunakan alpha cronbach danmenghasilkan skor 0,86233 yangmengartikan bahwa hasil ukur instrumenreal atau bisa diterima.Populasi penelitian adalah seluruh siswakelas X MAN 18 Jakarta Tahun Ajaran2016/2017 yang berjumlah 146 siswa.Penentuan jumlah sampel menggunakanrumusan besaran sampel Isaac & Michaeldan diperoleh sampel sebanyak 107 siswa.Teknik pengambilan sampel menggunakanteknik simple random sampling yaituteknik acak sederhana. Pengumpulan datapenelitian menggunakan kuesioner/angkettertutup untuk kedua variabel penelitian.Sebelum angket diberikan kepada sampelpenelitian dilakukan uji validitas danreliabilitas menggunakan uji productmoment dan alpha cronbach.Analisis data menggunakan rumus korelasiproduct moment dengan ms.Excel danperhitungan manual. Berdasarkan hasilanalisis menunjukkan rhitung = 0,9777 >rtabel dari taraf siginifikansi 0,05 yaitu0,676 artinya didapatkan bahwa rhitung >rtabel, berarti terdapat hubungan yangsignifikan antara variabel X denganvariabel Y.Dari hasil penelitian terlihat bahwa rhitung >rtabel sehingga hipotesis nihil (Ho) yangmenyatakan“Tidak terdapat hubunganantara kepercayaan diri dengan prestasibelajar siswa Kelas X MAN 18” ditolak.Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yangmenyatakan “Terdapat hubungan antarakepercayaan diri dengan prestasi belajarsiswa Kelas X MAN 18” diterimaKesimpulan penelitian ini terdapathubungan positif dan signifikankepercayaan diri dengan prestasi belajarsiswa kelas X MAN 18 Jakarta TahunAjaran 2016/2017
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN SIMBOLIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERILAKUSEKSUAL SEHAT REMAJA Yusuf Maulana; Elya Helmi
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 14 No 01 (2017): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

EffectivinessGroup Guidance ServiceWithsymbolik modeling TechniquesFor Increaseing pemahaman seksualsehat Students Of Grade XISMK AsSa’adah pondok kelapa.Skripsi.Program Study Guidance andCounseling Faculty Teaching ScienceEducation Universitas IslamAsyafiiyahThis research is motivated bythe importance of the students whohave high confidence, to be able tocarry out tasks and solve problems,especially learning so that studentsachieve a certain field and successfulin the future.The purpose of this study is toobtain empirical data and informationabout the effectiveness of guidanceservices group with symbolikmodeling techniques to increase theclass XISMK As-Sa’adah pondokkelapa.The research is QuasiExperimental Design with researchdesign non equivalent control groupdesign. Subjects of this research arethestudents of grade XI SMK As-Sa’adahpondok kelapa the academic year of2016/2017who have lowSelfConfident. The subjects numbering 70persons. This subject will be dividedinto two groups of 35 persons into theexperimental group and 35 personscontrol group. The collectiontechnique of data use self confidentquestionnaire. Validate data useproduct moment of ms. Exel. Theanalysis of the data in this research uset-test formula with ms.Exel andcalculation manual.The result of the analysisshowed thitung= 0,257 ttabel= 1,667dengan taraf signifikan (α = 0,05)dk =n1 + n2 -2 = 35 + 35 – 2 = 68. For resultresearch seen that ttest ≥ ttable.Hipotesisnihil (Ho) to explain “Groupguidance service with symbolikmodeling techniques not effectiveforincreaseing pemahaman seksual sehatof grade XISMK A-Sa’adah pondokkelapa ” rejecting”.
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK YPP, BEKASI Turheni Komar; Farah Nadia
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 14 No 01 (2017): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bimbingan karir merupakan salah satu jenis bimbingan yang berusaha membantu individudalam memecahkan masalah karir (pekerjaan) untuk memperoleh penyesuaian diri yangsebaik-baiknya dengan masa depannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data-dataempiris dan informasi efektivitas bimbingan karir dengan media instruksional untukmeningkatkan kesiapan kerja siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK YPP Bekasi.Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain penelitian pretestposttest control group design. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proballitysampling dengan cluster random sampling. Sebelum peneliti melakukan penelitian, terlebihdahulu melakukan try out atau uji coba kepada 31 siswa dengan 60 butir pernyataan, 33dinyatakan valid & 27 dinyatakan drop. Dan hasil pengujian reliabilitas dengan menggunakanrumus alpha cronbach adalah r 11 = 1,06385> rtabel dari taraf signifikan 0,05 yaitu 0,361,berarti butir pada instrumen atau angket reliabel. Validitas data menggunakan productmoment hasil dari uji validitas dengan r 11= 1,06385 r tabel 0,361 artinya, reabilitas alpaconbha= reliable. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X administrasi perkantoran SMK YPPBekasi, dengan populasi sebanyak 114 siswa, kemudian peneliti mengambil 45 siswa untukdijadikan sampel berdasarkan hasil pretest.Sampel dibagai menjadi dua kelompok, yaitu 22siswa untuk kelas eksperimen (pemberian perlakuan) dan 23 siswa untuk kelaskontrol.Teknik pengumpulan data menggunakan angket kesiapan kerja, observasi, dandokumentasi. Teknik analisa data menggunakan uji-t pada kelompok eksperiment sehinggamendapatkan hasil thitung 3,4396 berdasarkan taraf signifikan ( = 0,05) dan dk (derajatkebasan) n1 + n2 – 2 = (22 + 23 – 2 = 43). Dari hasil penelitian terlihat bahwa thitung ≥ttabel, Nilai thitung lebih besar dari ttabel 3,4396 > 2.018 sehingga hipotesis nihil (Ho) yangmenyatakan “bimbingan karir dengan media instruksional tidak efektif untuk meningkatkankesiapan kerja siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK YPP Bekasi” ditolak.Sedangkan hipotsis (Ha) yang menyatakan “bimbingan karir dengan media instruksionalefektif untuk meningkatkan kesiapan kerja siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMKYPP Bekasi” diterima.
EFEKTIVITASLAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMK AS’SADAH JAKARTA TIMUR TAHUN AJARAN 2016/2017 Syari Fitrah Rayaginansih; Hanna Amanda
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 14 No 01 (2017): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok DenganMenggunakan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatan Kepercayaan diri Siswa KelasXSMK As sa’adah Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2016/2017.Skripsi. Program StudiBimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam AsSyafi’iyah.Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya siswa untuk memiliki kepercayaandiri semakin siswa memiliki kepercayaan diri yang tinggi tentu mereka akan mampumengembangkan potensi didalam diri mereka.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendapatkan data-data empiris dan informasiefektifitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik Assertive Traininguntuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa kelas XSMK As sa’dah Jakarta Timur.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XSMK As sa’adahtahun ajaran 2016/2017 yang memiliki kepercayaan diri rendah.Subjek penelitian iniberjumlah 81 orang. Subjek dibagi menjadi dua kelompok yaitu 40 orang menjadi kelompokeksperimen dan 41 orang menjadi kelompok kontrol. Teknik pengumpulan datamenggunakan angket kepercayaan diri. Validasi data menggunakanproduct moment yangdiaplikasikan pada ms. Excel. Analisis data menggunakan teknik t-test dengan ms.Excel danperhitungan manual.Berdasarkan hasil analisis menunjukkan thitung=5,24 ttabel=1,66 dengan taraf signifikan(α = 0,05)dk = n1 + n2 -2 = 40+ 41-2 = 79. Dari hasil penelitian terlihat bahwathitung>ttabelsehingga hipotesis alternative (Ha) yang menyatakan “layanan bimbingankelompok dengan menggunakan teknikAssertive Training tidak efektif untuk meningkatkankepercayaan diri siswa kelas X SMK As sa’adah Jakarta Timur” diterima.Kesimpulan penelitian eksperimen ini layanan bimbingan kelompok denganmenggunakan teknikAssertive trainingefektif terhadap peningkatan kepercayaan diri siswakelas XSMK As sa’adah Jakarta Timur.
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS XI TEKNIK OTOMOTIF ALAT BERAT TAHUN AJARAN 2016-2017 SMK BINA KARYA MANDIRI BEKASI Euis Nurhidayati; Romlah Na
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 14 No 01 (2017): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data-data empiris daninformasi tentang hubungan antara motivasi belajar dengan kecerdasan emosisiswa kelas XI Teknik Otomotif Alat Berat Tahun Ajaran 2016-2017 SMK BinaKarya Mandiri Bekasi. Waktu penelitian pada bulan Januari 2017.Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif denganmenggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruhsiswa kelas XI Teknik Otomotif Alat Berat Tahun Ajaran 2016-2017 SMK BinaKarya Mandiri Bekasi yang berjumlah 78 siswa. Penentuan jumlah sampelmenggunakan rumus besaran sampel Isaac & Michael yaitu diperoleh sampelsebanyak 65 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simplerandom sampling yaitu teknik acak sederhana. Pengumpulan data penelitianmenggunakan kuesioner/angket tertutup untuk kedua variabel penelitian. Sebelumangket diberikan kepada sampel penelitian dilakukan uji validitas dan reliabilitasmenggunakan uji product moment dan alpha cronbach.Hasil penelitian diperoleh nilai hasil uji korelasi product moment,didapatkan rhitung sebesar 0,665 dan rtabel sebesar 0,244 pada taraf signifikan 5%.Dengan demikian, rhitung > rtabel (0,665 > 0,244), berarti terdapat hubungan antaravariabel X dengan variabel Y. Hasil uji signifikansi menggunakan uji t diperolehnilai thitung > ttabel (7,074 > 1,671) yang artinya ada hubungan yang signifikanantara motivasi belajar dengan kecerdasan emosi siswa diterima.Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan positif dan signifikanmotivasi belajar dengan kecerdasan emosi siswa kelas XI Teknik Otomotif AlatBerat Tahun Ajaran 2016-2017 SMK Bina Karya Mandiri Bekasi

Page 1 of 1 | Total Record : 5