cover
Contact Name
Sofyan Abdi
Contact Email
sofyanabdi.fkip@uia.ac.id
Phone
+6282165079943
Journal Mail Official
journalguidance.fkip@uia.ac.id
Editorial Address
Gd. Alawiyah Lt. 3, Jln. Raya Jatiwaringin No. 12 Pondok Gede, Jakarta, 17411 Tel / fax : 082165079943
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN : 19786794     EISSN : 27155307     DOI : 10.34005
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on #Guidance and Counseling Islamic #Counseling Multicultural #School Counseling #Counselor Education #Child and Adolescent Counseling #Adult and Elder Counseling #Crisis and Risk Counseling #Occupational Counseling #Cyber Counseling #Technology usage in Counseling #Counseling and Guidance for Special Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 15 No 01 (2018): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling" : 5 Documents clear
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA KELAS VIII MTSN 02 KOTA BEKASI Ari Sumitro; Kisti Khaerani Annisa
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 15 No 01 (2018): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangidengan pentingnya siswa memilikiSelf esteem yang tinggi, akanmampu pandangan positif dankeyakinan atas kemampuan yangdimiliki akan memberi penghargaanpada dirinya sendiri sehingga siswaakan mampu mencapai prestasi dansukses dikemudian hari.Tujuan penelitian ini yaituuntuk mendapatkan data-data empirisdan informasi efektifitas bimbingankelompokdengan teknik assertivetraining untuk meningkatkan Selfesteem siswa kelas VIII MTsN 02Kota BekasiPenelitian ini merupakanpenelitian kuasi eksperimen. Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas VIIIMTsn 02 Kota Bekasi tahun ajaran2016/ 2017 yang memiliki Selfesteem rendah. subjek penelitian iniberjumlah 187 orang, subjek dibagimenjadi dua kelompok yaitu 94orang menjadi kelompok eksperimendan 93 orang menjadi kelompokkontrol. Teknik pengumpulan datamenggunakan angket Self esteem .Validasi data menggunakan productmoment yang diaplikasikan padams.excel. analisis data menggunakant-test dengan ms.excel danperhitungan manual.Berdasarkan hasil analisismenunjukan thitung (-70,427) ttabel(3,94) dengan taraf signifikan (α =0,05) dk = n1 + n2 -2 = 94 + 94 – 2 =186. Dari hasil penelitian terlihatbahwa thitung <ttabelsehingga hipotesisalternatif (Ha) yang menyatakan“layanan bimbingan dan konselingdengan teknik assertive trainingefektif untuk meningkatkan Selfesteem siswa kelas VIII MTsN 02Kota Bekasi” diterima
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA Yusuf Maulana; Lintang Eka Yanti
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 15 No 01 (2018): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaituuntuk mendapat data-data yangempiris dan informasi tentangefektivitas bimbingan kelompokdengan teknik diskusi untukmeningkatkan pengambilankeputusan karir siswa di SMKPusaka I Jakarta Timur. Instrumenpenelitian dibuat berdasarkanindikator dari variabel y dan di ujivaliditasnya dengan menggunakanproduct moment, hasilnya dari 80butir angket yang dinyatakan validadalah 30 butir.Penelitian ini merupakanpenelitian kuasi eksperimen dengandesain penelitian nonequivalent preand post-test control group desaign.Sampel penelitian adalah siswa kelasXII Jurusan AdministrasiPerkantoran SMK Pusaka I JakartaTimur tahun pelajaran 2016/2017yang memiliki tingkat pengambilankeputusan rendah. Sampel penelitianini berjumlah 63 orang, sampeldibagi menjadi dua kelompok yaitu32 orang menjadi kelompokeksperimen dan 31 orang menjadikelompok kontrol. Teknikpengumpulan data menggunakanangket pengambilan keputusan karir.Analisa data menggunakan teknik ttest dengan Misrosoft Excell danperhitungan manual.
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK PUSAKA JAKARTA Al-Halik Na; Minarti Na
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 15 No 01 (2018): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmendapatkan data-data empiris daninformasi efektivitas bimbingankelompok dengan teknikrestrukturisasi kognitif untukmeningkatkan konsep diri siswakelas X SMK Pusaka 1 Jakarta.Penelitian ini merupakan penelitianquasi eksperimen dengan desainpretest-posttest control group design.Subjek penelitian adalah siswa kelasX Multimedia SMK Pusaka 1 Jakartatahun pelajaran 2016/2017 yangmemiliki tingkat konsep diri tinggimaupun rendah. Subjek penelitian iniberjumlah 78 orang. Subjek dibagimenjadi dua kelompok yaitu 40orang menjadi kelompok eksperimendan 38 orang menjadi kelompokkontrol.Teknik pengumpulan datamenggunakan angket konsep diri.Validitas data menggunakan productmoment. Analisis data menggunakanteknik t-test dengan ms.Excel danperhitungan manual. Berdasarkanhasil analisis menunjukan thitung =2,6911 ttabel=1,664 dengan tarafsignifikan ( = 0,05) dk= n1 + n2 – 2= 40 + 38 – 2 = 76.Dari hasil penelitian terlihatbahwa thitung ≥ t tabel sehinggahipotesis nihil (Ho) yang menyatakan“bimbingan kelompok dengan teknikrestrukturisasi kognitif untukmeningkatkan konsep diri kelas XSMK 1 Jakarta” ditolak. Sedagkanhipotsis alternative (Ha) yangmenyatakan “bimbingan kelompokdengan teknik restrukturisasi kognitifuntuk meningkatkan konsep dirikelas X SMK 1 Jakarta” diterima.Kesimpulan penelitian eksperimenini bimbingan kelompok denganteknik restrukturisasi kognitif dapatuntuk meningkatkan konsep dirisiswa kelas X SMK Pusaka 1 Jakartadapat diterima
EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KONSELING TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP TULUS BHAKTI BEKASI Thrisia Febrianti; Mustikah Rahmah
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 15 No 01 (2018): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmendapatkan data-data empiris danmengetahui efektivitas pelaksanaankonseling teman sebaya untukmeningkatkan kemandirian belajarsiswa kelas VIII di SMP TulusBhakti Bekasi. Jenis penelitian inimenggunakan metode kuasieksperimen dengan desain penelitiannon equivalent control grub design.Teknik pengambilan sampeldengan menggunakan probabilitysampling dengan cluster randomsampling. Penelitian ini dilaksanakandi kelas VIII SMP Tulus Bhakti,dengan populasi sebanyak 180 siswa,kemudian peneliti mengambil untukdijadikan sampel sebanyak 90 siswaberdasarkan hasil pretest. Sampeldibagi menjadi dua kelompok yaitu45siswa untuk kelas eksperimen dan45siswa untuk kelas kontrol.Teknik analisa datamenggunakan uji-t pada kelompokeksperiment sehingga mendapatkanhasilthitung= 4,1248 berdasarkan padataraf signifikan α=0,05 dan dk(derajat kebebasan) n1 + n2 -2 =(45+45-2=88), dari hasil penelitianterlihat bahwa thitung>ttabel, Nilai thitunglebih besar dari ttabel (4.1248> 1,982).
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SENAM OTAK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR Marlia Tyas Asih; Nike Octaviani
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 15 No 01 (2018): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalahuntuk mendapatkan informasi dan datadata empiris tentang EfektivitasBimbingan Kelompok Melalui TeknikSosiodrama Untuk MeningkatkanKepercayaan Diri Siswa Di SMAN 103Jakarta. Instrumen penelitian dibuatberdasarkan indikator dari variable ydan di uji validitasnya denganmenggunakan product moment, hasilnyadari 60 butir angket yang di nyatakanvalid adalah 46 butir.Metode penelitian ini adalahkuasi eksperimen dengan designpenelitian nonequivalent pre andposttest control group design. Subjekpenelitian adalah siswa kelas X IPSSMAN 103 Jakarta tahun ajaran2016/2017 yang memiliki tingkatkepercayaan diri yang rendah. Denganjumlah populasi sebesar 22 orang dansubjek penelitian ini berjumlah 20orang. Subjek dibagi menjadi duakelompok yaitu 10 orang menjadikelompok kontrol dan 10 orang menjadikelompok eksperimen

Page 1 of 1 | Total Record : 5