cover
Contact Name
Sofyan Abdi
Contact Email
sofyanabdi.fkip@uia.ac.id
Phone
+6282165079943
Journal Mail Official
journalguidance.fkip@uia.ac.id
Editorial Address
Gd. Alawiyah Lt. 3, Jln. Raya Jatiwaringin No. 12 Pondok Gede, Jakarta, 17411 Tel / fax : 082165079943
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN : 19786794     EISSN : 27155307     DOI : 10.34005
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on #Guidance and Counseling Islamic #Counseling Multicultural #School Counseling #Counselor Education #Child and Adolescent Counseling #Adult and Elder Counseling #Crisis and Risk Counseling #Occupational Counseling #Cyber Counseling #Technology usage in Counseling #Counseling and Guidance for Special Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 16 No 01 (2019): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling" : 5 Documents clear
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA MTs. NURUL ISLAM DI BEKASI TAHUN AJARAN 2018/2019 Yeni Wiliyatun Khasanah; Sabar Lesmana; Enci Zarkasih
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 16 No 01 (2019): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Siswa. Metode yang digunakan quasi eksperiment, desain penelitian nonequivalent control group design. Melibatkan 48 siswa, 24 siswa sebagai kelompok ekserimen dan 24 siswa sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan treatment, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan treatment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok yang diberikan treatment mengalami peningkatan dalam kepercayaan dirinya sedangkan kelompok yang tidak diberikan treatment tidak terjadi peningkatan dalam kepercayaan dirinya.
EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU MEMBOLOS Wahyu Arif Ardani; Amir Erwin; Al Halik
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 16 No 01 (2019): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMPN 6 Kota Bekasi dengan menggunakanlayanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mereduksi perilakumembolos siswa. Berdasarkan hasil wawancara dan melihat data-data yang aktual, makadapat diketahui bahwa terjadi cukup banyak siswa yang berperilaku membolos. Jenispenelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitiannonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposivesampling. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis uji beda (t-test). Hasilpenelitian menunjukan adanya peningkatan yang signifikan dibuktikan dengan hasil uji-tsehingga mendapat hasil thitung= 8,204 berdasarkan pada dk (dearajat kebebasan) n-1= 8 - 1 = 7 dengan taraf kesalahan 5% maka ttabel (2,365). Nilai thitung lebih besardari ttabel (8,204 > 2,365). Maka Ha diterima dan ditolak. Yang artinya terdapatpeningkatan disiplin belajar sebelum dan sesudah dilakukan konseling kelompok teknikself management.
PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK COPING STRESS TERHADAP MANAJEMEN STRES YANG RENDAH PADA LANSIA Syifa Ayu Mutiara; Thrisia Febrianti; Salohot Batubara
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 16 No 01 (2019): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menstimulasi individu secara efektif untuk memahamikecemasannya, dari kecemasan yang ringan sampai yang berat dan juga terbukti efisienmenurunkan kecemasan/ketegangan serta membuat individu lebih rileks. Jika individusudah lebih rileks maka secara otomatis stres bisa diturunkan dengan optimal dankonsisten. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.Subjek dari fokus dan tujuan penelitian menggunakan sample purposive dengan jumlah3 orang perempuan lansia untuk tryout dan 2 orang perempuan lansia untuk dijadikansample pretest-posttest penelitian. Pengumpulan data penelitian ini melalui observasi,wawancara, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruhkonseling individual terhadap menurunnya tingkat stres pada lansia.
EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR Fatimah Haiā€™atul Maknun A.J; Amir Erwin; Enci Zarkasih
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 16 No 01 (2019): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan konseling kelompokteknik self management untuk meningkatkan disiplin belajar. Instrumen pengumpulandata menggunakan angket kedisiplinan belajar. Jumlah item uji coba berjumlah 70 itempernyataan dengan nilai rtabel 0,244. Terdapat 21 buah item yang tidak valid, dan yangvalid sebanyak 49 buah item Penelitian dilakukan di kelas X SMK Bhakti Persadadengan populasi 67 siswa dan sampel 16 siswa. Jenis penelitian menggunakan QuasiExperimental Design dengan desain penelitian nonequivalent control group. Teknikpengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan teknik analisis datayang digunakan yakni analisis uji beda (t-test). Hasil analisis uji beda (t-test)menunjukkan nilai thitung 10,528 > ttabel 2,365) dengan demikian konseling kelompokteknik self management efektif untuk meningkatkan disiplin belajar. Hasil temuan dilapangan menunjukkan tingkat disiplin belajar mengalami peningkatan setelahdiberikan konseling kelompok teknik self management.
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA Dwi Endrasto Wibowo; Sofyan Abdi
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 16 No 01 (2019): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif.Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengandisiplin belajar pada siswa kelas X dan kelas XI SMA Budi Mulia Hutama Jakarta.Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X dan kelas IX SMA Budi Mulia HutamaJakarta, dengan jumlah total 130 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah randomsampling dan diperoleh sampel 60 siswa. Instrumen penelitian berupa angket yangterdiri dari 30 item angket disiplin belajar dan 40 item angket motivasi berprestasi. Hasilpengolahan data dengan analisis korelasi product moment diperoleh koefisien korelasisebesar rxy= 0.841 dengan p= 0,000 (p<0.05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasidengan disiplin belajar pada siswa kelas X dan kelas XI di SMA Budi Mulia UtamaJakarta.

Page 1 of 1 | Total Record : 5