cover
Contact Name
Sofyan Abdi
Contact Email
sofyanabdi.fkip@uia.ac.id
Phone
+6282165079943
Journal Mail Official
journalguidance.fkip@uia.ac.id
Editorial Address
Gd. Alawiyah Lt. 3, Jln. Raya Jatiwaringin No. 12 Pondok Gede, Jakarta, 17411 Tel / fax : 082165079943
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN : 19786794     EISSN : 27155307     DOI : 10.34005
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on #Guidance and Counseling Islamic #Counseling Multicultural #School Counseling #Counselor Education #Child and Adolescent Counseling #Adult and Elder Counseling #Crisis and Risk Counseling #Occupational Counseling #Cyber Counseling #Technology usage in Counseling #Counseling and Guidance for Special Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 19 No 02 (2022): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling" : 14 Documents clear
Hubungan Motivasi Belajar dengan Self-Regulated Learning (SRL) Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2019 Sri Maria Puji Lestari; Supriyati Supriyati; Achmad Farich; Bella Ika Lestari
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 19 No 02 (2022): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/guidance.v19i02.1801

Abstract

Sejak Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) menyebar ke Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta seluruh perguruan tinggi menghentikan sementara pembelajaran tatap muka dan merubahnya menjadi pembelajaran daring, mahasiswa diminta untuk bisa mengatur diri dalam belajar pada masa Pandemi COVID-19. Dimana Mahasiswa yang termotivasi dengan belajar untuk meraih tujuan akan melibatkan . Tujuan penelitian ini yaituapakah terdapat Hubungan motivasi belajar dengan self- regulated learning selama pembelajaran daring pada masa pandemi COVID 19 pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif analitik observasional dengan metode cross sectional. Subjek penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2018. Alat ukur digunakan adalah Kuesioner Skala Motivasi Belajar dan Skala Regulasi diri. Hasil penelitian ini diketahui bahwa dari 107 responden Mahasiswa Kedokteran Umun Universitas Malahayati angkatan 2019 dengan tingkat Self-regulated Learning yang tinggi sebanyak 73 orang (68,2%) serta responden yang memiliki tingkat yang Self-regulated Learning sedang sebanyak 34 orang (31,8%). Mahasiswa yang memiliki tingkat Motivasi Belajar tinggi sebanyak 45 orang (42,1%) serta responden yang memiliki tingkat Motivasi Belajar sedang sebanyak 62 orang (57,9%). Kesimpulannya adalah terdapat hubungan bermakna antara motivasi belajar dan self regulated learning (SRL) selama pembelajaran daring pada masa pandemic COVID-19 pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati Angkatan 2019 dengan presentase sebesar 42%.
Implementasi Bimbingan Klasikal Impact Islami Sebagai Upaya Pencegahan Toxic Femininity Di MAN 3 Tulungagung Nasywa Fauzia Zahro; Dzinnun Hadi
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 19 No 02 (2022): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/guidance.v19i02.1836

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bimbingan klasikal impact islami sebagai upaya pencegahan toxic femininity di MAN 3 Tulungagung. Penelitian yang dilakukan merupakan field research atau penelitian lapangan berjenis deskriptif-kualitatif. Peran peneliti adalah sebagai pelaksana bimbingan, pengumpul data, dan penganalisis data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur dan observasi serta dilengkapi dengan studi dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh melalui proses pengamatan, diskusi dengan teman sejawat, triangulasi, dan peningkatan ketekunan dalam penelitian. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan mengorganisasikan data, mengelola data, kemudian menyintesiskannya dalam bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi bimbingan klasikal impact islami sebagai upaya pencegahan toxic femininity di MAN 3 Tulungagung meliputi tahapan rapport, contract, focus, funnel, dan closing. Media yang digunakan dalam layanan ini adalah berupa pamflet dan video. Sementara itu, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan layanan adalah pengondisian kelas. Berdasarkan wawancara dengan guru bimbingan konseling MAN 3 Tulungagung, implementasi bimbingan klasikal impact islami yang dilaksanakan sudah baik dan berhasil.
Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Anak Binaan SMP di LPKA Kelas I Blitar Ulfah Winda Anisa; Febranti Putri Navion
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 19 No 02 (2022): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/guidance.v19i02.1990

Abstract

The aims of this study were (1) to determine the level of learning motivation of fostered children SMP in LPKA Class I Blitar (2) to determine the effectiveness of group counseling self management techniques in increasing learning motivation of fostered children SMP in LPKA Class I Blitar. This study uses a quantitative pre-experimental method with a one group pretest-posttest design. The population of this study is17 fostered children SMP in LPKA Class I Blitar with a total sample of 5 fostered children taken throught purposive sampling technique. The results showed that 12% of the target clildren’s learning motivation was in the high category, 59% in the medium category, and 29% in the low category. Based on the hypothesis test paired sample t test shows Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 means that treatment is effective in increasing learning motivation of fostered children SMP in LPKA Class I Blitar. The n-gain score test showed an increase learning motivation in the medium category with a value of 0,45. With the increase in learning motivation, group counseling self management techniques is effective in increasing learning motivation for the fostered children SMP in LPKA Class I Blitar. Keywords: group counseling, self management techniques, learning motivation
Peran Teknik-Teknik Konseling Pra Nikah Dalam Membantu Calon Pasutri di Kantor Kua Marbau Esti Cahya Ningsih; Siti Rahma Rambe; Abdurrahman Abdurrahman
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 19 No 02 (2022): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/guidance.v19i02.2018

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui Pendampingan pernikahan yang dimana program kesiapan pernikahan, pengajaran dini dan upaya membantu pasangan menikah yang direncanakan oleh pegawai KUA marbau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan memanfaatkan prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi koresponden dari penelitian ini ialah kepala kantor KUA Merbau. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa setiap calon suami dan istri persiapan akan diberikan arahan oleh BP4dan konseling agama Islam di kantor urusan agama wilayah Marbau. Materi tersebut berisi tentang keistimewaan dan komitmen suami istri, keluarga bersama, dan calon pasangan diharapkan datang ke penyuluhan. Menindaklanjuti temuan penelitian ini maka, kepala KUA marbau sebaiknya lebih mengoptimalkan layanan kepada calon pasangan suami dan istri, agar calon pasangan suami dan istri mendapatkan bimbingan secara penuh.
Teknik Konseling Umum yang Digunakan Guru Bimbingan dan Konseling untuk Mengatasi Permasalahan Siswa di SMA Negeri 1 Stabat Ike Nurul Wahdanah; Lidya saputri; Abdurrahman Abdurrahman
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 19 No 02 (2022): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/guidance.v19i02.2020

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan teknik konseling yang digunakan guru BK di SMA Negeri 1 Stabat dalam menangani masalah yang dihadapi oleh setiap siswa-siswinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif atau bisa disebut eksplorasi subjektif, yaitu dengan cara mengumpulkan data dengan sistem observasi, interview atau wawancara serta dokumentasi. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah guru honor BK di SMA Negeri 1 Stabat. Berdasarkan hasil penelitian, teknik konseling yang digunakan guru BK berguna untuk membantu menangani atau mengatasi masalah yang dihadapi, serta dapat membantu siswa menentukan masalahnya. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan adanya teknik konseling dapat mempermudah guru BK dalam menangani kasus yang dihadapi klien atau siswanya.
Konsep Tasawuf dalam Perspektif Konseling Islami Abdul Aziz; Randi Saputra
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 19 No 02 (2022): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/guidance.v19i02.2127

Abstract

This paper aims to describe the concept of Sufism in the view of Islamic counseling. Indeed, Islamic counseling departs from the general concept of the discipline of guidance and counseling which realizes that everyone has a basic footing who wants a peaceful, safe and happy life. However, every human being does not escape the problems of life he faces and needs professionals when the problems they face cannot be solved. This research was conducted qualitatively by means of a literature review. The conclusion of the study is the concept of Sufism such as Muraqabah (feeling the presence of Allah SWT in all conditions), Mahabbah (love for Allah SWT exceeds love for His creatures), Khawf (fear of fear of committing sins) and Syawq (extraordinary love for God). Allah SWT).
Mengetahui Hubungan Sosial Peserta Didik dengan Pendekatan Instrumentasi Sosiometri Arifah Abd Latif Dunggio; Asnarita Nento
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 19 No 02 (2022): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/guidance.v19i02.2196

Abstract

Sosiometri merupakan teknik mengumpulkan data mengenai hubungan sosial dan tingkah laku sosial siswa. Dari data sosiometri individu dapat diketahui keluasan dan kedalaman pergaulan, status pemilihan atau penolakan sesama teman, dan popularitas dalam pergaulan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui aplikasi instrumentasi sosiometri untuk mengetahui tingkat hubungan sosial peserta didik di kelas VIII-b SMP Negeri 6 Luwuk. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Variabel yang diamati meliputi frekuensi hubungan, intensitas tingkat hubungan dan, popularitas hubungan. Sampel dari penelitian ini yakni 20 siswa kelas VIII-b SMP Negeri 6 Luwuk. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat tiga orang peserta didik memiliki tingkat hubungan sosial yang sedang. Hal itu ditunjukkan dengan perilaku peserta didik yang kurang bergaul dengan teman-temannya di kelas maupun teman-teman yang bukan sekelas, atau frekuensi hubungan sosial peserta didik tersebut masih rendah
Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar Terhadap Perkembangan Peserta Didik Maryam Qonita; Kristina Betty Artati; Ani Musyarofah; Farah Wahyuni; Awaluddin Tjalla
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 19 No 02 (2022): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/guidance.v19i02.2211

Abstract

This study aims to determine the importance of counseling services in elementary schools on the development of students. This type of research is qualitative. The subjects of this study were elementary school class teachers for small classes 1,2,3 and large classes 4,5,6. The results of the study indicate that: (1) it is felt that it is very important and needed Guidance and counseling services to be applied to primary school education, which are played by BK teachers directly to help students carry out their development tasks, help solve problems/obstacles experienced so that students can grow as individuals with all their needs, can actualize themselves, develop their talents, interests and all their potential (2) As classroom teachers, they still have a role as guidance and counseling teachers and need to continue to improve their knowledge and skills. The skills in assisting and recognizing the characteristics of the needs of each student in the class. (3) It was found that there are many problems or obstacles that arise and are experienced by students in elementary schools, so collaboration and synergy from both the school, class teachers, BK teachers and parents are needed to assist, guide students in completing developmental tasks well.
Study Layanan Well Being Santri Melalui Konseling di Pesantren Muhammadiyah dan NU Pekalongan Muhammad Adin Setyawan
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 19 No 02 (2022): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/guidance.v19i02.2227

Abstract

This study aims to determine the well being services of students through counseling in Islamic boarding schools. Wellbeing is very important for students in order to achieve an independent, prosperous and happy person. To achieve good well being, good counseling is needed. Research using qualitative methods. The results of the study show that the Muhammadiyan and NU Islamic boarding schools in Pekalongan, which are the objects of research, have provided counseling services including basic services; individual interest and planning services; responsive service; and systems support services. It's just that this service can only be accessed by students during school hours. Santri do not get adequate counseling services while at the pesantren. Counseling services that are most frequently performed by students are social services, followed by personality, career, and study services. Career services have included many preventive programs carried out by guidance and counseling teachers, but responsive services are still dominated by social, personality and learning services.
Hubungan Antara Body Image Dengan Kepercayaan Diri Serta Implikasinya Pada Bimbingan Dan Konseling Fifi Safitri; Evi Afiati; Bangun Yoga Wibowo
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 19 No 02 (2022): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/guidance.v19i02.2229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara body image dengan kepercayaan diri siswi kelas XII SMA Negeri 5 Cilegon. Subjek penelitian ini adalah siswi kelas XII berjumlah 113 orang. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik pengumpulan sampel menggunakan simple random sampling. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis regresi dan korelasi. Hasil uji korelasi didapatkan R = 0.439, dengan taraf signifikansi 0.000 (p < 0.05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel body image secara signifikan memiliki hubungan yang positif dengan kepercayaan diri. Hal ini berarti bahwa semakin positif body image siswi SMA Negeri 5 Cilegon, maka akan semakin tinggi tingkat kepercayaan dirinya. Sebaliknya, semakin negatif body image siswi SMA Negeri 5 Cilegon maka, akan semakin rendah tingkat kepercayaan dirinya. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel body image terhadap kepercayaan diri sebesar 19,2% dan sisanya 80,8% dipengaruhi faktor luar dalam penelitian.

Page 1 of 2 | Total Record : 14