cover
Contact Name
Tonni Limbong
Contact Email
tonni.budidarma@gmail.com
Phone
+6281267058001
Journal Mail Official
pendistra.unika@gmail.com
Editorial Address
Jalan Setiabudi No. 479 F Tanjungsari Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (Pendistra)
ISSN : 26848600     EISSN : 2745410X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (Pendistra) erbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan bidang-bidang tersebut.
Articles 71 Documents
KEGAGALAN MERAIH CINTA DALAM CERPEN TERHENTI LANGKAHKU KARYA AJENG DWI WARDANI (SEBUAH PENGKAJIAN SASTRA) Adelina Ginting
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 3 No. 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v3i1.770

Abstract

Pengkajian ini bertujuan untuk memaparkan sebuah karya sastra yang berjudul Terhenti Langkahku oleh Ajeng Dwi Wardani. Cerpen ini dipublikasikan pada cerpenmu.com lolos moderasi pada 16 Juni 2020. Kajian sastra ini menggunakan metode kerangka teori semantik untuk memahami kegagalan meraih cinta. Tokoh dalam cerpen ada 3 orang yakni Aku (Aji), Zilla, dan Dhika. Aji seorang pria yang baik hati, penuh perhatian, ragu-ragu dalam mengambil keputusan, Zilla gadis yang tabah, sabar, baik hati, dan Dhika pemuda yang jahat (berselingkuh) tidak setia. Kegagalan meraih cinta akibat dari keragu-raguan dalam mengambil keputusan
REPRESENTASI TOKOH WANITA DALAM CERPEN OLEH SISWA SMP SWASTA SANTA LUSIA SEI ROTAN Dormauli Sigiro; Adelina Ginting
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 1 No. 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v1i2.478

Abstract

Penelitian ini, bertujuan untuk merepresentasi tokoh wanita dalam cerpen Martini karya Kurniawan Lastanto. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Santa Lusia Sei Rotan pada bulan Mei 2018. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan atau menggambarkan karakter tokoh dalam cerpen. Cerpen Martini menceritakan tentang masalah kehidupan umum zaman sekarang dan tentang perjuangan seorang ibu rumah tangga dalam kehidupan keluarganya di negeri orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pesan yang disampaikan oleh Kurniawan Lastanto lewat cerpen Martini adalah berpikir positif, sebagai seorang suami harus bertanggung jawab terhadap keluarga, sabar dan tekun dalam menjalani kehidupan dan selalu punya niat baik dalam hidup. Representasi tokoh wanita dalam cerpen Martini adalah Representasi tokoh Martini, wanita itu pekerja keras, lembut, sabar dan tabah, penurut, berpikir positif, setia, dan juga pemarah. Representasi tokoh Mbok (Ibu Martini) tidak mau terus terang, sabar, dan lemah lembut. Representasi tokoh Istri baru seorang perebut laki orang, kasar dan tidak peduli. Perhitungannya adalah (1) Tokoh Martini : siswa yang mendapat poin 8 ada 2= (2/30x100%) 6,66% siswa, siswa yang mendapat poin 7 ada 7=23,33 siswa, siswa yang mendapat poin 6 ada 9=30% siswa, siswa yang mendapat poin 5 ada 4=13,33 % siswa, siswa yang mendapat poin 4 ada 2=6,66 % siswa, siswa yang mendapat poin 2 ada 6 = 20 % siswa. (2) Tokoh Mbok (ibu Martini): siswa yang mendapat poin 3 ada 5 = 16,66 % siswa, siswa yang mendapat poin 2 ada 10 = 33,33 % siswa, siswa yang mendapat poin1 ada 15 = 50% siswa. (3) Istri Baru : siswa yang mendapat poin 2 ada 5 = 16,66 % siswa, siswa yang mendapat poin 1 ada 22 = 73,33 % siswa, dan ada 3 = 10 % yang tidak menemukan representasi tokoh istri baru.  Implikasi penelitian ini adalah bahwa adanya hubungan yang positif antara kebiasaan membaca cerpen dan pemahaman unsur intrinsik dengan kegiatan merepresentasi tokoh wanita atau tokoh-tokoh yang ada dalam cerpen. Peneliti menyarankan agar kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik merepresentasi tokoh-tokoh dalam cerpen perlu ditingkatkan melalui pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar daya tangkap dan respon dari siswa ke guru dan guru ke siswa dapat berjalan dengan baik.
BEBERAPA TEORI DAN PENDEKATAN SEMANTIK Herlina Ginting; Adelina Ginting
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 2 No. 2 Tahun 2019
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v2i2.594

Abstract

Tujuan penulisan makalah ini untuk mendeskripsikan pengertian semantik, beberapa teori dan pendekatan. Data dikumpulkan dari pendapat beberapa ahli linguistik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode kepustakaan yaitu menulusuri pengertian semantik, teori dan pendekatan semantik dari beberapa buku-buku linguistik. Hasil penelitian menyimpulkan ada beberapa pendapat tentang semantik behavioris, semantik generatif, semantik struktural, semantik deskriptif, semantik leksikal, semantik logika, semantik gramatikal, dan semantik historis.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI OEH SISWA KELAS X SMA KATOLIK BUDI MURNI 3 MEDAN Friska Megawati Manalu; Asnita Hasibuan
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 2 No. 1 Tahun 2019
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v2i1.492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan menulis paragraf  narasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Katolik Budi Murni 3 Medan, pada semester ganjil tahun pembelajaran 2017/2018.  Metode penelitian ini adalah metode eksperimen  static group comparison dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA  Budi Murni 3 Medan dengan sampel berjumlah 70. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes esai menulis paragraf narasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi  tanpa menggunakan model pembelajaran quantum teaching termasuk  kategori cukup dengan nilai rata-rata 65,00 sedangkan dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching termasuk  kategori baik dengan nilai rata-rata 77,57. Selanjutnya, dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung (to) sebesar 6,25, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t  pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 68 adalah 1,995. Oleh karena t hitung yang diperoleh lebih besar dari t tabel yaitu 6,25> 1,995. Dengan demikian, terbukti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran quantum teaching  berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis paragraf  narasi oleh siswa kelas  X SMA Katolik Budi Murni 3 Medan tahun pelajaran 2017/2018. Dengan demikian bahwa model pembelajaran ini tepat digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya dalam menulis paragraf  narasi.
PERSEPSI MAHASISWA UNIKA TERHADAP KULIAH ONLINE DI MASA PANDEMI COVID 19 Candra Ronitua Gultom; Selsa GM. Sitanggang
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 3 No. 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v3i1.771

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang kuliah online, untuk mengetahui bentuk-bentuk aplikasi yang digunakan dalam kuliah online dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan faktor penghambat dalam kuliah online. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian survey deskriptif, sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa UNIKA semester 4 FAKULTAS FKIP PRODI PGSD MEDAN. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Temuan dalam penelitian ini adalah tempat yang biasa untuk kuliah dari 60 orang mahasiswa sebanyak 53 atau 88,3 % yang menjawab di rumah, sebanyak 2 orang Mahasiswa atau 3,3% yang menjawab di kebun dan sebanyak 5 mahasiswa atau 8,3% yang menjawab di rumah keluarga atau tetangga yang bagus jaringan internetnya. Mahasiswa menggunakan alat alektronik untuk mengikuti kuliah online adalah HP dan laptop. Aplikasi yang disuka dalam kuliah online, sebanyak 56 mahasiswa atau 91,8% mahasiswa memilih aplikasi Whatsapp group, sebanyak 4 mahasiswa atau 6,5% mahasiswa memilih aplikasi zoom dan sebanyak 1 mahasiswa atau 1,6% mahasiswa memilih aplikasi email. Ketika ditanyakan kepada mahasiswa sejauhmana materi yang disampaikan melalui perkuliahan online dapat anda pahami oleh mahasiswa sebanyak 1 mahasiswa menjawab sangat dipahami, sebanyak 23 Mahasiswa menjawab dipahami, sebanyak 34 mahasiswa menjawab kadang-kadang dipahami dan sebanyak 4 mahasiswa menjadab tidak dipahami. Mahasiswa secara kesuluruhan atau 100% memilih kuliah tatap muka dibandingkan dengan kuliah online.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PREDICTION GUIDE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN OLEH SISWA KELAS VII SMP SWASTA RIS MADUMA TANJUNG BERINGIN Mailani Lumbangaol; Berman Hutahaean
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 1 No. 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v1i2.479

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe PredictionGuide terhadap kemampuan menulis pantun. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Ris Maduma Tanjung Beringin, pada tahun pembelajaran 2016-2017.  Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimen dengandesain static group comparationSampel penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Swasta Ris Maduma Tanjung Beringin yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 55 siswa, 27 siswa sebagai kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran langsung tanpa menggunakan model pembelajaran dan 28 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Prediction Guide.Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test-essay dalam bentuk penugasan, yaitu menulis pantun. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis pantun tanpa menggunakan model pembelajaran termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 69,96, sedangkan dengan menggunakan model pembelajaran termasuk dengan kategori baik dengan nilai rata- rata 79,96. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung> ttabel yaitu 3,70 > 1,88   pada taraf signifikan α= 0,05 atau 5% dengan demikian, terbukti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Prediction Guide berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis pantun siswa kelas VII SMP swasta Ris Maduma tahun pelajaran 2016-2017. Dengan demikian model pembelajaran ini tepat digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran menulis pantun
PERBEDAAN PRIA DAN WANITA DALAM KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA Losten Tamba; Candra Ronitua Gultom
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 2 No. 2 Tahun 2019
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v2i2.595

Abstract

Penelitian ini bertujuan membandingkan tingkat kemampuan berbicara pria dan wanita dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SMA Katolik Budi Murni 3 Medan  tahun ajaran 2017/2018 semester genap dengan jumlah siswa 100 orang: 50 orang pria dan 50 orang wanita. Data dikumpulkan dengan tes lisan kemampuan berbicara. Untuk menguji hipotesis, peneliti menggunakan uji t. Dari hasil pengujian data ditemukan bahwa wanita lebih tinggi kemampuan berbicara dalam bahasa Indonesia dibandingkan dengan pria.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIDATO OLEH SISWA KELAS XII SMA SANTO THOMAS 3 MEDAN Maria Wea; Losten Tamba
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 2 No. 1 Tahun 2019
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v2i1.493

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model student facilitator and explaining terhadap kemampuan berpidato yang baik. Penelitian ini dilakukan di SMA Santo Thomas 3 Medan pada bulan Agustus 2017. Populasi penelitian ini berjumlah 197 siswa dan sampel diambil dengan teknik simple random sampling sebanyak 80 siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen pos-testonly control designyang dilaksanakan pada dua kelompok. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes lisan dalam bentuk penugasan yaitu berpidato. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil pengolahan data statistik menunjukkan bahwa kemampuan dalam berpidato dengan menggunakan model student facilitator and explaining termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 80.12, sedangkan kemampuan berpidato   tanpa menggunakan model student facilitator and explaining termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 63.75 selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan  thitung 6.22 kemudian dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 0.05 dengan dk 78 adalah 1.99. Oleh karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel 6,22>1.99 maka terbukti bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima maka dapat disimpulkan bahwa model student facilitator and explaining berpenggaruh positif terhadap kemampuan berpidato pada siswa kelas XII SMA Santo Thomas 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIMASA PENDEMI COVID 19 Immanuel DB. Silitonga; Desri Ondira Purba
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 3 No. 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v3i1.772

Abstract

covid- 19 (coronavirus disease 2019) adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru yaitu sars-coV-2, yang dilaporkan pertama kali di wuhan tiongkok pada tanggal 31 desember 2019. Karena adanya covid-19 maka banyak Negara yang membuat kebijakan khususnya bidang pendidikan untuk belajara dirumah atau system daring (belajar online). Peserta didik  dituntut dituntut agar memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi khususnya sebagai alat pembelajaran. Tidak hanya peserta didik, para guru juga dituntut agar memiliki kemampuan dalam teknologi. Disini guru harus lebih siap  dalam membuat sebuah bahan ajar karena dengan bahan ajar ini siswa dapt terbantu dalam pembelajaran. Data yang digunakaan pada saat penelitian ini adalah sekunder karena disini adanya pengmabilan dar sebuah penelitian. Saat penelitan digunakan metode kuantitatif karena proses penelitian pada pengukuran hasil yang objektif menggunakan analisis data situs web dan artikel pendukung serta data-data dari situs blogspot yang relevan dengan penelitian ini.
PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR GURU TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMK IMMANUEL 2 KABANJAHE Lidia -; Asnita Hasibuan
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 1 No. 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v1i2.480

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pengalaman mengajar guru terhadap minat dan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMK 2 Swasta Immanuel Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian Kuantitatif Statistik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas X SMK 2 Swasta Immanuel Kabanjahe. jumlah 50 orang. Sampel penelitian sebanyak 26 siswa ditentukan berdasarkan teknik  purposive sampling. Instrumenpengumpulan data dalam penelitian ini  adalah menggunakan angket dan  dokumen. Simpulan penelitian ini adalah (1) pengalaman mengajar guru terhadap minat belajar bahasa Indonesia di kelas X SMK 2 Swasta Immanuel Kabanjahe dikategorikan sangat kuat; (2) pengalaman mengajar guru terhadap prestasi belajar bahasa indonesia di kelas X SMK 2 Swasta Immanuel Kabanjahe dikategorikan sangat kuat; (3) pengalaman mengajar guru terhadap minat dan prestasi belajar bahasa Indonesia di kelas X SMK 2 Swasta Immanuel Kabanjahe dikateorikan sangat kuat. Berdasarkan hasil uji hipotesis ditemukan ada hubungan yang positif antara pengalaman mengajar dan minat belajar bahasa Indonesia di kelas X SMK 2 Swasta Immanuel Kabanjahe.