cover
Contact Name
Winda Dwi Hudhana
Contact Email
windasruri@gmail.com
Phone
+6285728565000
Journal Mail Official
linguarima@gmail.com
Editorial Address
Jalan Perintis Kemerdekaan I/33 Cikokol Kota Tangerang
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : -     EISSN : 26211033     DOI : http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v9i2
Core Subject : Education,
Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 2. Penelitian tindakan kelas pendidikan bahasa dan sastra Indonesia 3. Penelitian eksperimen pendidikan bahasa dan sastra Indonesia 4. Penelitian pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. 5. Hasil penelitian dibidang linguistik dan sastra Indonesia. 6. Hasil analisis linguistik dan sastra Indonesia.
Articles 207 Documents
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR APRESIASI PUISI BERBASIS NILAI BELA NEGARA BAGI MAHASISWA SEMESTER III PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIADI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Nurul Setyorini; Suci Rizkiana
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/lgrm.v8i1.1261

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan bahan ajar apresiasi puisi berbasis nilai bela negara. Desain penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development). Model pengembangan bahan ajar terdapar lima tahap, tahap pertama analisis kebutuhan bahan ajar bagi mahasiswa, tahap kedua perencanaan prototype bahan ajar, tahap ketiga pengembangan produk awal menjadi buku, tahap keempat implementasi melalui uji validitas ahli media dan kelompok kecil, dan tahap kelima evaluasi perbaikan hasil uji coba. Berdasarkan kelima tahap tersebut, dapat disimpulkan bahwa  pengembangan buku ajar di Universitas Muhammadiyah Purworejo perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Kata kunci: Bela Negara, Bahan Ajar, Apresiasi Puisi
KONFLIK BATIN DALAM NOVEL MIMPI BAYANG JINGGA KARYA SANIE B. KUNCORO DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN DI SMK Soleh Ibrahim
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/lgrm.v8i2.1793

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan konflik batin tokoh utama dalam kumpulan novel Mimpi Bayang Jingga karya Sanie B. Kuncoro tinjauan psikologi sastra; dan  mengetahui bentuk implementasi dalam pembelajaran di SMK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa kata, kalimat, dan ungkapan yang merupakan konflik batin yang digunakan novel Mimpi Bayang Jingga karya Sanie B. Kuncoro. Teknik pengumpulan data dilakukan  dengan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data menggunakan metode psikologi sastra. Hasil penelitian ini yaitu analisis psikologi sastra kumpulan novel Mimpi Bayang Jingga karya Sanie B. Kuncoro menunjukkan konflik batin tokoh utama dalam novel Mimpi Bayangterdapat konflik menjauh-menjauh dan mendekat-menjauh. Relevansi konflik batin dengan pembelajaran sastra mata pelajaran bahasa Indonesia di SMK dinyatakan pada SK; 3 Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat unggul, dengan KD; 3.2. mengapresiasi secara lisan teks seni berbahasa dan teks ilmiah sederhana. Dalam pembelajaran yang dilakukan dapat diketahui bahwa antusiasme dan apresiasi siswa kelas XI semester 5 sangat baik dan mereka berharap ke depannya materi tersebut dijadikan bahan ajar sastra dalam pembelajaran di sekolahnya karena materi konflik batin merupakan materi baru dan menarik bagi mereka. Kata kunci: konflik batin, Implementasi pembelajaran SMK
Pengaruh Metode Cooperastive Learning Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Tangerang Dilla Fadhillah
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/lgrm.v7i2.877

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas X, dan melihat apakah ada pengaruh menggunakan metode cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Setelah melakukan penelitian, penulis memperoleh simpulan bahwa metode cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) memiliki pengaruh dalam proses belajar menulis karangan narasi. Hal itu terlihat dari skor pre test dan post test pada kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dari kelas kontrol sebagai kelas pembanding dalam penelitian ini. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa dengan menggunakan metode Cooperative Learning tipe TAI dapat mempengaruhi hasil menulis siswa pada karangan narasi, dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah. Penerapanya dalam kelas dapat membuat siswa lebih aktif dan saling membantu satu sama lain dengan orang lain, karena belajar dalam kelompok dapat meningkatkan suatu integritas yang tinggi pada maisng-masing siswa, mereka dapat saling menghargai pendapat orang lain dan berkejasama dalam memecahkan suatu masalah dalam kelompok. Kata kunci : Cooperative Learning, Tipe TAI, Menulis, Narasi
PENERAPAN MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Mawardi Mawardi; Satria Satria
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/lgrm.v8i2.1789

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah  untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV SDN Poris Gaga 6 Kota Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus (siklus I, siklus II, dan siklus III) yang tepatnya dilakukan pada bulan Januari-April 2019. Hasil penelitian yang diperoleh setelah implementasi tindakan yaitu siswa menjadi lebih antusias terhadap proses pembelajaran dan kebiasaan yang menjadi faktor penghambat membaca cepat dapat berkurang. Peningkatan keterampilan membaca siswa dapat dilihat pada siklus skor rata-rata tes kemampuan membaca siswa meningkat dari siklus I 75, Siklus II 79 dan meningkat menjadi 83 di akhir siklus III. Kata Kunci: Membaca Intensif, Media Komik
Analisis Pelanggaran Prinsip Kesantunan pada Naskah Drama Tik Karya Budi Yasin Misbach dalam Antologi Bengkel Penulisan Naskah Drama Dewan Kesenian Jakarta (Tinjauan Pragmatik) Abdul Malik; Winda Dwi Hudhana
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/lgrm.v6i2.1612

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan pelanggaran prinsip kesantunan yang terdapat di dalam dialog naskah drama Tik karya Budi Yasin Misbach, dalam Antologi Bengkel Penulisan Naskah Drama Dewan Kesenian Jakarta. Metodologi pada penelitian ini yaitu metode analisis isi. Pelanggaran yang terdapat pada analisis pelanggaran prinsip kesantunan pada naskah drama Tik karya Budi Yasin Misbach, dalam Antologi Bengkel Penulisan Naskah Drama Dewan Kesenian Jakarta. Naskah yaitu 1) pelanggaran maksim penghargaan; 2) pelanggaran maksim kerendahan hati; 3) pelanggaran maksim mufakat; dan 4) pelanggaran maksim simpatisan.Kata Kunci: pelanggaran prinsip kesantunan, drama
ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI KELAS 5 SD NEGRI DURI KEPA JAKARTA Nur Latifah; Najib Hasan
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/lgrm.v9i2.2892

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrifsikan kelogisan, penyusunan, penggunana tata bahasa, kosa kata dan ketepataan ejaan penulisan karangan ekposisi siswa kelas 5 SDN Duri Kepa, Jakarta. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kelogisan dan kesistematisan karangan merupakan ide kalimat yang di terima oleh akal dan penulisannya sesuai dengan ejaan. (2) penyusunan organisasi karangan merupakan pengelompokan gambar atau kejadian suatu “peristiwa” secara tersusun untuk di jadikan sebuah cerita. (3) penggunana tata bahasa merupakan penggunaan kata di setiap baris atau kalimat dengan penulisan yang dibicarakan atau yang di gambarkan dari sebuah peritiwa dengan benar. (4) kosa kata  merupakan kata yang di gunakaan secara baku atau tidak baku di dalam penulisan kalimat di dalam penulisannya. (5) ketepataan ejaan merupakan penempatatan atau menggambarkan perhentian antara perhetian akhir, tekanan, tanda tanya dan lainnya. Kata Kunci: karangan ekposisi, keterampilan menulis
PERAN TAUFIQ ISMAIL DALAM PERKEMBANGAN SASTRA DI INDONESIA Nori Anggraini
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/lgrm.v8i1.1263

Abstract

ABSTRAKSalah satu sastrawan terkenal dalam perkembangan sastra Indonesia pada abad ke-20 sampai sekarang ini adalah Taufiq Ismail. Dia adalah sastrawan dalam bidang puisi Indonesia modern. Dia telah berkaya selama hampir  70 tahun dalam bidang puisi di Indonesia dan telah menghasilkan ribuan karya sastra dalam bentuk puisi. Selain sebagai sastrawan, Taufiq Ismail aktif sebagai pemerhati pengajaran sastra dan minat baca masyarakat Indonesia. Tujuan dari artikel ini adalah menganalisis peran Taufiq Ismail dalam perkembangan sastra di Indonesia terkait dengan kontribusinya dalam pengajaran sastra, baik di sekolah maupun di masyarakat. Dia adalah salah satu sastrawan Indonesia yang aktif sebagai peneliti pengajaran sastra dan minat baca masyarakat Indonesia.Keyword: Taufiq Ismail, perkembangan sastra, pengajaran sastra
PERBEDAAN MODEL GROUP INVESTIGATION DAN MODEL SINEKTIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA SERANG Ilmi Solihat; Erwin Salpa Riansi; Sylvia Widyatama Fitriani
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/lgrm.v9i1.2397

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perbedaan model Group Investigation dan model Sinektik terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu tujuh kelas sejumlah 282 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas VIII F dan kelas VIII G berjumlah 30 siswa, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan simple random sampling adalah kelas VIII F sebagai kelas yang diberi perlakuan model Group Investigation dan kelas VIII G diberi perlakuan model Sinektik. Dari hasil tersebut diperoleh, kelas VII F 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis tes, yaitu dengan menggunakan uji-t dua pihak dengan taraf signifikan (α = 0,05). Hasil perhitungan nilai ttabeldengan dk = n1 + n2 – 2 = 30 + 30 - 2 = 58, ttabel= 2,002 dan thitung =4,89 dengan kriteria -ttabel>ttabel>thitung maka Ho ditolak dan jika -ttabel>ttabel>thitung maka Ha diterima dari hasil perhitungan yang didapatkan -2,00 < 4,89 < 2,002 maka sesuai dengan kriteria penguji -ttabel>ttabel>thitung maka Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan dalam penerapan model pembelajaran model Group Investigation dan model Sinektik terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Serang. Hal tersebut dapat disimpulkan berdasarkan data hasil pembelajaran yang memiliki peningkatan nilai posttest dikelas penerapan model Group Investigation yang memiliki selisih 12 point dengan nilai rata-rata yang menerapkan model Group Investigation dan kelas yang menerapkan model Sinektik 90,5 > 78,6. Kata Kunci: Group Investigation, Sinektik, Menulis
Analisis Kesalahan Kalimat dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Semeru 1 Bogor Tustiyana Windiyani
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/lgrm.v7i2.883

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kesalahan kalimat pada karangan narasi siswa kelas  V dari aspek kesepadanan dan kesatuan, kesejajaran bentuk, penekanan dalam kalimat, kehematan, dan kecermatan dalam pilihan kata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitati. .Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif dengan mencari dan menganalisis data yang berhubungan dengan kesalahan kalimat efektif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Semeru 1 Bogor. .Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 60 kesalahan dari 30 karangan narasi siswa. Kesalahan kalimat efektif pada karangan narasi siswa kelas V SDN Semeru 1 Bogor dari aspek kesepadanan dan kesatuan sebanyak 3 kalimat (5%), dari aspek kesejajaran bentuk sebanyak 2 kalimat (4%), dari aspek penekanan sebanyak 3 kalimat (5%) aspek kehematan sebanyak 22 kalimat (36%), dan dari aspek kecermatan sebanyak 30 kalimat (50%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesalahan kalimat efektif pada karangan narasi siswa kelas V SDN Semeru 1 Bogor paling banyak dilihat dari aspek kecermatan meliputi kekurangtepatan pilihan kata.Kata Kunci: Kesalahan Kalimat, Narasi, Siswa.
REPRESENTASI SEJARAH DAN BUDAYA DALAM KUMPULAN PUISI KIDUNG CISADANE KARYA RINI INTAMA (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA) Dian Pebrian
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/lgrm.v8i2.1782

Abstract

ABSTRAKPuisi-Puisi karya Rini Intama yang dikumpulkan dalam buku kumpulan puisi Kidung Cisadane merepresentasikan sejarah dan budaya di Tangerang. Estetika bahasa membungkus makna sejarah dan budaya Tangerang yang patut untuk diinterpretasikan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) latar belakang penyair yang mempengaruhi terhadap terciptanya kumpulan puisi Kidung Cisadane karya Rini Intama. (2) representasi sejarah dan budaya cina benteng yang ingin disampaikan dalam kumpulan puisi Kidung Cisadane karya Rini Intama. Penelitian ini merupakan salah satu kajian sosiologi, sehingga teori yang digunakan adalah sosiologi sastra. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Objek kajian penelitian ini adalah buku kumpulan puisi Kidung Cisadane karya Rini Intama. Teknik analisis data untuk menganalisis puisi yang mengandung aspek sejarah dan budaya Cina Benteng adalah dengan (1) membaca, (2) mendeskrispikan latar belakang terhadap terciptanya kumpulan puisi, (3) menandai bagian-bagian tertentu yang diasumsikan mengandung unsur sejarah dan budaya Cina Benteng. Hasil dari penelitian ini adalah penggambaran sejarah cina yang berkaitan dengan beberapa klenteng di Tangerang. Budaya yang terdapat dalam kumpulan puisi Kidung Cisadane berkaitan dengan budaya-budaya cina yang berkembang di Tangerang.Kata Kunci : Puisi, Sejarah ,Budaya, Cina Benteng, Sosiologi Sastra

Page 1 of 21 | Total Record : 207