cover
Contact Name
Yoyon Riono
Contact Email
yoyonriono353@gmail.com
Phone
+6282285011125
Journal Mail Official
yoyonriono353@gmail.com
Editorial Address
Jl. Propinsi Parit 01 Tembilahan Barat
Location
Kab. indragiri hilir,
Riau
INDONESIA
Jurnal Agro Indragiri
ISSN : 25282956     EISSN : 26153777     DOI : 10.32520
Core Subject : Agriculture,
Jurnal Agro Indragiri (JAI) fokus menerbitkan artikel-artikel ilmiah yang bermuatan mengenai ilmu budidaya pertanian, hama dan penyakit tanaman dan ilmu tanah. Sub tema JAI meliputi ilmu pemuliaan tanaman, rekayasa genetika tumbuhan, pengelolaan hama terpadu, kesuburan tanah, hidrologi pertanian, sistem perbanyakan tanaman, sistem pertanian terpadu, ilmu penyakit tanaman, teknologi budidaya tanaman, kajian tanah gambut, ilmu gulma.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Agro Indragiri" : 5 Documents clear
UPAYA PEMANFAATAN HALAMAN RUMAH SEBAGAI LAHAN PERTANIAN BUDIDAYA TANAMAN UNTUK MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT PADA MASA COVID 19 DI KELURAHAN TELUK PINANG Zulkifli.
Jurnal Agro Indragiri Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Agro Indragiri
Publisher : Fakultas Pertanian, Program Studi Agroteknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32520/jai.v7i1.1630

Abstract

Masa pandemi COVID-19 memaksa setiap orang untuk tinggal di rumah demi memutus mata rantai penyebaran virus. Kondisi ini tidak serta merta membuat para petani menjadi tidak produktif. Beragam aktivitas bisa dilakukan, khususnya yang bisa menopang kebutuhan pangan rumah tangga. Salah satu yang bisa dilakukan adalah berkebun sayuran organik di pekarangan rumah.Pekarangan merupakan suatu lahan yang berada di sekitar rumah. Hampir semua rumah memiliki pekarangan atau halaman. Beranekaragam tanaman yang dapat di tanam pada halaman rumah yaitu Tanaman Sayuran, Tanaman Pagar, Tanaman Buah, Tanaman Obat dan bumbu dapur,serta Bunga. Apabila dikelola dengan baik maka lahan ini dapat memberikan keuntungan bagi pemilik. Metode yang dilakukan yaitu dengan cara diskusi dan wawancara. Dari hasil wawancara tersebut dapat diketahui bahwa masyarakat di Kelurahan Teluk pinang dalam keterbatasan lahan yang ada pada masa covid -19 di halaman rumah sudah ada namun hanya saja bvelum banyak varietas sehingga hanya untuk konsumsi saja.
PENGEDALIAN GULMA PADA TANAMAN KARET (hevea brasiliensis, Mull, Arg.) DI INSTALASI BENIH PERKEBUNAN KUALU UPT TPH BUN PROVINSI RIAU Hendi Andrean
Jurnal Agro Indragiri Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Agro Indragiri
Publisher : Fakultas Pertanian, Program Studi Agroteknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32520/jai.v7i1.1631

Abstract

Tanaman karet (Hevea brasiliensis Mull, Arg.) merupakan salah satu tanaman yang dibudidayakan di Indonesia dan memberikan andil yang cukup besar terhadap devisa negara diantara hasil perkebunan lainnya, dan menempati urutan ketiga setelah migas dan kayu (Setyamidjaja, 1993). Pengendalian gulma di kebun karet menghasilkan sangatlah penting untuk menekan jumlah pengeluaran dan meningkatkan hasil produksi. Pengendalian gulma harus mengikuti aturan yang dianjurkan. Kesalahan dalam pengendalian dapat mengurangi produksi lateks. Pengendalian dapat dilakukan dengan cara mekanis, kultur teknis, hayati, preventif , kimia dan pengendalian terpadu. Saat ini, pengendalian gulma secara kimiawi merupakan alternatif terbaik untuk skala perkebunan yang luas. Berdasarkan uraian di atas penulis menyusun usulan magang mengenai“Pengendalian Gulma Pada Tanaman Karet (Hevea brasiliensis) Di Instalasi Benih Perkebunan Kualu UPT TPH BUN Provinsi Riau ”.
UPAYA PENANGGULANGAN COVID 19 DENGAN PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN RUMAH SEBAGAI MEDIA TANAMAN OBAT HERBAL DESA SUNGAI ILIRAN /KECAMATAN GAUNG ANAK SERKA/KABUPATEN INDRAGIRI HILIR/PROVINSI RIAU. Hidayati
Jurnal Agro Indragiri Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Agro Indragiri
Publisher : Fakultas Pertanian, Program Studi Agroteknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32520/jai.v7i1.1632

Abstract

Masa pandemi COVID-19 memaksa setiap orang untuk tinggal di rumah demi memutus mata rantai penyebaran virus. Kondisi ini tidak serta merta membuat para petani menjadi tidak produktif. Beragam aktivitas bisa dilakukan, khususnya yang bisa menopang kebutuhan pangan rumah tangga. Salah satu yang bisa dilakukan adalah berkebun tanaman obat herbal di pekarangan rumah. Aspek terpenting dalam pemanfaatan pekarangan rumah ini adalah tanaman hasil dari bertani di halaman rumah dapat memenuhi kebutuhan konsumsi maupun penjualan serta lingkungan halaman yang lebih indah dan sehat pada masa covid 19 ini. Dari hasil observasi dan wawancara dengan pihak-pihak terkait, dapat diketahui bahwa permasalahan utama petani dalam bertani di pekarangan rumah yaitu keterbatasan lahan yang ada dan juga jumlah panen yang terbatas serta varietas tanaman yang tidak beragam. Laporan ini dilakukan di :Desa Sungai Iliran /Kecamatan Gaung Anak Serka/Kabupaten Indragiri Hilir/Provinsi Riau, jenis penelitian ini digunakan adalah penelitian diskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan pada bulan agustus – september 2020 dalam rentan waktu selama 45 hari. Yang di jadikan sampel dalam penelitian 5 orang populasi dan penetapan di ambil berdasarkan metode bailey (survey) merupakan satu metode penelitian yang teknik pengambilan datanya dilakukan melalui pertanyaan tertulis maupun lisan. Dari hasil wawancara beberapa petani dan ketua kelompok tani tersebut.
PENGARUH WABAH COVID-19 PADA PRODUKSI PASCA PANEN KELAPA DI DESA GEMILANG JAYA KECAMATAN BATANG TUAKA Kailani
Jurnal Agro Indragiri Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Agro Indragiri
Publisher : Fakultas Pertanian, Program Studi Agroteknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32520/jai.v7i1.1634

Abstract

Perkebunan merupakan salah satu subsektor pertanian yang mampu bertahan dimasa Pandemi COVID-19. Ada beberapa faktor yang membuat perkebunan dapatbertahan dalam situasi pandemi seperti saat ini. Selain itu, sistem pre-order yang diterapkan dalam bisnis perkebunan membuat sektor ini tetap bertahan di tengah Pandemi COVID-19. Indonesia merupakan salah satu negara dengan hasil perkebunan terbesar di dunia, seperti sawit, karet, kopi dan kakao. Selain itu, komoditas perkebunan seperti pala dan lainnya juga masih terus diproduksi dan membuat sektor ini tetap bertahan. Indonesia merupakan salah satu negara dengan hasil perkebunan terbesar di dunia, seperti sawit, karet, kopi dan kakao. Selain itu, komoditas perkebunan seperti pala dan lainnya juga masih terus diproduksi dan membuat sektor ini tetap bertahan. secara administratif desa gemilang jaya termasuk dalam wilayah kecamatan batang tuaka kabupaten indragiri hilir provinsi riau dan terletak dibagian utara merupakan salah satu desa yang memiliki potensi ekonomi berkembang di dukung oleh infranstrukturdesa gemilang jaya dilihat secara umum keadaannya merupakan daerah dataran rendah dengan persawahan luas yang dialiri oleh sungai yaitu sungai indragiri dengan beberapa anak sungai. Peningkatan penghasilan di masa pendemi covid-19 terhadap pasca panen kelapa di Desa Gemilang Jaya Kecamatan Batang Tuaka.
PENGARUH PENDAPATAN PETANI TANAMAN TAHUNAN PADA MASA PENDEMI COVID-19 DI KELURAHAN SUNGAI SALAK Ega Aprilia.
Jurnal Agro Indragiri Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Agro Indragiri
Publisher : Fakultas Pertanian, Program Studi Agroteknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32520/jai.v7i1.1635

Abstract

Saat ini dunia sedang berperang melawan pandemi Covid-19, tidak terkecuali Indonesia. Pandemi ini telah berdampak secara multi dimensional pada berbagai aspek kehidupan masyarakat. Selain menyerang langsung pada kesehatan, pandemi ini juga menyerang kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Pandemi ini berpotensi mengakibatkan disharmonisasi sosial pada masyarakat, konflik konfrontasi pada kebijakan pemerintah, hingga tumbangnya ekonomi masyarakat terutama kelas bawah. Laporan ini dibuat untuk mengetahui Apakah pendemi covid-19 berpengaruh terhadap pendapatan petani tanaman tahunan di kelurahan sungai salak kecamatan tempuling. Apakah faktor penghambat dan pendukung pendapatan petani tanaman tahunan pada masa pendemi covid-19 di kelurahan sungai salah kecamatan tempuling. Pemerintah daerah harus berkomitmen mendorong pemanfaatan lahan suboptimal, seperti lahan kering dan rawa, juga sekaligus mencegah terjadinya alih fungsi lahan pertanian. Pemanfaatan pekarangan dilakukan melalui upaya memberdayakan keluarga ataupun satuan kelompok masyarakat yang lebih besar untuk budi daya lahan pekarangan maupun pengolahan hasilnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5