cover
Contact Name
Bashori
Contact Email
bashori2@uinib.ac.id
Phone
+6282214220067
Journal Mail Official
bashori2@uinib.ac.id
Editorial Address
Institut Agama Islam Negeri, Lhokseumawe.
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
Idarah (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan)
ISSN : 25498193     EISSN : 26568012     DOI : -
Core Subject : Social,
Manajemen Pendidikan, Administrasi Pendidikan, Analisis Kebijakan Pendidikan, Manajemen Lembaga Pendidikan, Kepemimpinan, Manajemen Sekolah dan Mutu Pendidikan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2019): Januari-Juni 2019" : 6 Documents clear
Peningkatan Kinerja Guru Pesantren Melalui Sistem Reward dan Punishment Ritonga, Muhammad Arifin; Anggung, Muhammad
Idarah (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan) Vol 3 No 1 (2019): Januari-Juni 2019
Publisher : Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) IAIN Lhokseumawe.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana tipe kepemimpinan,reward dan punishment menjadi faktor penunjang naiknya performa kinerjaguru. Guru yang baik dan rajin serta menempatkan dirinya benar-benarmenjadi seorang guru hendaknya diberi reward sehingga ia terustermotivasi mempertahankan prestasinya tersebut. Sebaliknya, guru yangmalas bekerja, mengajar dengan asal-asalan dan tidak menyadari hakikatdirinya sebagai seorang guru mestinya dikenakan sanksi (punishment)sehingga dapat memberi pelajaran baginya untuk memperbaiki diri danmeningkatkan kinerjanya. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif fenomenologis. Penggunaan metode tersebut untuk menemukanhal-hal mendasar dan esensial fenomena, realitas, dan dampak pemberianreward dan punishment. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalampenelitian ini observasi partisipatif aktif, wawancara semi-strukturbersama pimpinan pesantren, pendidik Pesantren Darul Amin AcehTenggara. Hasil peningkatan kinerja guru berupa peningkatan loyalitaskepada pimpinan. Peningkatan disiplin waktu pada saat mengajar,maupun rapat rutin, selain itu beberapa guru juga aktif terlibat dalamberbagaimacam kegiatan ekstrakurikuler meski tanpa honorarium.Sebenarnya faktor pendukung yang paling besar terhadap kesuksesanpelaksanaan program karena nilai-nilai kehidupan di pesantren yangsudah mangakar bagi para guru. Nilai tersebut adalah nilai keikhlasan sertarasa patuh terhadap pimpinan sebagai atasan mereka di Pesantren.
Manajemen Kurikulum Pendidikan Dayah Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Gayo di Pesantren Semayoen Nusantara Kabupaten Bener -, Husaini; -, Hidayat
Idarah (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan) Vol 3 No 1 (2019): Januari-Juni 2019
Publisher : Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) IAIN Lhokseumawe.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kearifan lokal masyarakat Gayo yang dilaksanakan di Pesantren Semayoen Nusantara adalah Didong sumang dan melengkan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melestarikan dan menanamkan nilai-nilai budaya lokal kepada siswa, agar tidak terpengaruh oleh budaya barat yang negatif dalam era globalisasi saat ini. Tapi disayangkan kegiatan berbasis kearifan lokal ini belum maksimal dilaksanakan, sehingga perlunya nilai-nilai kearifan lokal ini di integrasikan dalam manajemen kurikulum Dayah dan diintegrasikan dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Dalam konteks masyarakat Gayo, kearifan lokalnya terangkum dalam konsep edet atau adat yang meliputi praktik, norma, dan tuntutan kehidupan sosialyang bersumber dari pengalaman yang telah melalui Islamisasi. Wujud kearifan lokal yang terdapat dalam masyarakat Gayo meliputi bahasa Gayo, sistem tata kelola pemerintahan (saraopat), norma bermasyarakat (sumang), ekspresi estetika (didong). Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk Untuk menjelaskan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen kurikulum pendidikan Dayah berbasis kearifan lokal masyarakat Gayo di Pesantren Semayoen Nusantara.. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. hasil penelitian menunjukan bahwa Perencanaan manajemen kurikulum pendidikan dayah ditinjau dari kearifan lokal masyarakat Gayo: (1) musyawrah dengan Ustadz/Ustazah; (2) mengadakan musyawarah dengan orang tua/wali santri; (3) memberi arahan kepada santri tentang kearifan lokal; (4) sebagai ekstrakulikuler; (5) membentuk tim dindong. Sebagai Pelaksanaan pada even-even tertentu seperti: (1) perlombaan; (2) milad pesantren Semayoen Nusantara; (3) haflah akhirussanah dan perpisahan. Evaluasi lebih menitik beratkan kepada keberhasilan setelah menerapkan kearifan lokal yang tidak lain adalah didong, sumang dan mlengkan. perilaku santri yang disesuiakan dengan nilai-nilai karakter yang ditetapkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari terutama memprioritaskan habluminallah dan habluminannas
Humas dalam Perspektif Manajemen Pendidikan Islam Rizal, Saiful
Idarah (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan) Vol 3 No 1 (2019): Januari-Juni 2019
Publisher : Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) IAIN Lhokseumawe.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Public Relations or in the Indonesian language known as public relations and abbreviated as PR has an important role in improving quality that leads to the progress of an institution as well as educational institutions. An understanding of public relations is often associated with Western theories regardless of the values contained in them. whereas in Islam all theories that provide an understanding of public relations are clear, even the Qur'an comprehensively has provided universal and dynamic guidelines. In addition, Hadith as the second source of law after the Qur'an also shows exemplary values that are the guideline in conducting public relations. The principles, rules, and ethics contained in both of them about public relations will provide more value, so that understanding and developing Western theories that are rooted can be replaced. Especially in an Islamic education institution, at least in implementing the concept of relations, the community adheres to the principles that exist in the Qur'an and the hadith of Prophet Muhammad SAW so that what can become a common goal is achieved.
Manajemen Pelayanan Administrasi di Dayah Modern Arun Kota Lhokseumawe Saputra, Andika
Idarah (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan) Vol 3 No 1 (2019): Januari-Juni 2019
Publisher : Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) IAIN Lhokseumawe.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen pelayanan administrasi Dayah merupakan bentuk kerja samapersonel pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut. Masalahyang diteliti dalam Penelitian ini adalah manajemen pelayananadministrasi Dayah Arun. Bagaimana perencanaan pelayanan administrasiDayah modern Arun. Bagaimana pelaksanaan pelayanan administrasi diDayah modern Arun. Bagaimana hasil pelayanan administrasi Dayahmodern Arun. Apa saja kendala yang dihadapi dalam menerapkanmanajemen pelayanan administrasi. Tujuan penelitian adalah Untukmenjelaskan tentang pelayanan manajemen administrasi Dayah modernArun. Untuk mendeskripsikan tentang administrasi dayah modern Arun.Untuk menjelaskan tentang hasil pelayanan manjemen administrasi. Untukmenjelaskan tentang kendala yang dihadapi dalam menerapkan. Metodedalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif denganpendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah santriDayah Modern Arun, bagian administrasi Dayah Arun, orangtua santri,ketua Yayasan Dayah modern Arun, beberapa guru Dayah Arun. Teknikpengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dandokumentasi. Berdasarkan permasalahan, tujuan dan teknik pengumpulandata di atas maka mendapatkan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:Pertama, perencanaan pelayanan administrasi yang dilakukan oleh Dayahmodern Arun memberikan dampak kemuslahatan dan yang lebih baik dancepat dalam manajemen pelayanannya, baik pelayanan administrasi ataupelayanan keuangan dan pembelajaran. memiliki beberapa kendala diantaranya ialah kurang data, kurang komunikasi antara administrsasidengan wali santri maka dapat disimpulkan ada dua factor yangmenjadikan pelayanan administrasi lebih baik pertama, bagian administrasiharus memiliki data yang kuat dan lengkap yang kedua, setiap wali dansantri harus menjadikan prinsip jujur dan disiplin dalam metransfer uangbulanan dan bagian Administrasi juga harus mengecek setiap minggu danbulan tetang pelayanan dan kelengkapan Administrasinya.
Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Sma Negeri 1 Syamtalira Bayu Maulida, Putri; Ariyanto, Sofyan; -, Zulkhairi
Idarah (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan) Vol 3 No 1 (2019): Januari-Juni 2019
Publisher : Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) IAIN Lhokseumawe.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepala sekolah mempunyai peran sebagai supervisor, edukator, motivator,dan pemimpin dalam mengelola lembaga pendidikan. Kepala sekolah jugabertugas dan bertanggung jawab terhadap evaluasi pembelajaran secarakeseluruhan. Adapun pengertian evaluasi pembelajaran yaitu proses untukmenentukan tujuan pembelajaran dibandingkan dengan tujuan yang telahditentukan dalam artian bahwa evaluasi pembelajaran sebagai suatukegiatan penilaian yang dilakukan dalam dunia pendidikan. Masalahdalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana peran kepemimpinan kepalasekolah dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMAN 1 SyamtaliraBayu?, (2) bagaimana kendala kepala sekolah terhadap peranan dalampelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMAN 1 Syamtalira Bayu?, dengantujuan (1) untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalampelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMAN 1 Syamtalira Bayu?, (2) untukmengetahui kendala kepala sekolah terhadap peranan dalam pelaksanaanevaluasi pembelajaran di SMAN 1 Syamtalira Bayu. Jenis Penelitian iniadalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, dalam teknikpengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, dan verivikasi dataserta menarik kesimpulan. Sehingga hasil penelitiannya menunjukkanbahwa: (1) peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaanevaluasi pembelajaran di SMAN 1 Syamtalira Bayu ada beberapa programyang dilakukan yaitu; (a) menyediakan sarana dan prasarana, (b)melakukan pengawasan, (c) mengadakan les untuk kelas tiga, (d)mengadakan remedial untuk siswa yang tidak cukup kkm. (2) kendalakepala sekolah terhadap peranan dalam pelaksanaan evaluasipembelajaran di SMAN 1 Syamtalira Bayu ialah; (a) adanya peserta didikyang melanggar prosedur ujian dengan berperilaku curang membawakonsep kecil, (b) adanya peserta didik yang tidak hadir mengikuti ujiankarna alasan tertentu, (c) kurangnya sarana dan prasarana. Upaya dalammenyikapi kendala- kendala tersebut ialah dengan; (a) peneguran serta pengarahan kepada setiap anggota masyarakat sekolah yang melalaikanaturan sekolah, (b) diadakannya ujian susulan atau remedial bagi pesertadidik yang tidak hadir. Oleh sebab itu diharapkan kepada kepala sekolahagar terus mengoptimalkan perannya dalam pelaksanaan evaluasipembelajaran supaya tujuan yang ingin dicapai terpenuhi.
Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi: Ikhtiar Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Alfiani, Laily Nur
Idarah (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan) Vol 3 No 1 (2019): Januari-Juni 2019
Publisher : Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) IAIN Lhokseumawe.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study discusses the implementation of information technology-basedlearning media to increase interest in learning on the subjects of PAI. Mediaserves as a tool that also plays an important role. In today's technologicaladvancement enables students to learn from anywhere and anytime andanywhere by utilizing technology results. Therefore, teacher roles and tasksshift from role as learning resource to role as manager of learning resource.Through the use of various sources it is expected that the quality of learningwill increase. Information Technology as a medium of learning is a mediaset of tools and technology resources used to communicate, create,disseminate, store and process information or technology that can reducespace and time constraints to retrieve, move, analyze, present, store andtransmit data information into a information. Where The development ofinformation and communication technology has an influence on the worldof education, especially in the learning process. By using informationtechnology-based media is expected to increase or develop student interestin the subject of PAI

Page 1 of 1 | Total Record : 6