cover
Contact Name
Syarah Siti Maesyaroh
Contact Email
ssyarah077@gmail.com
Phone
+6289618357674
Journal Mail Official
syntaxbandung@gmail.com
Editorial Address
Perum Derwati Mas Jl. Derwati Mas 1, No. 20, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kode Pos 40292
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Syntax Imperatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan dua bulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Imperatif akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan ilmu sosial dan pendidikan. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah atas issue penting dan terkini atau resensi buku ilmiah.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan" : 8 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR DI TK AZZAHRA BOJONGSOANG Neng Halimah
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v1i1.12

Abstract

Taman Kanak-kanak (TK), merupakan wahana asuhan kesejahteraan sosial yang berfungsi sebagai lembaga pendidikan dasar guna menstimulus perkembangan kemampuan Anak Usia Dini sebelum menempuh jenjang pendidikan selanjtnya. Anak usia dini yakni bayi yang baru lahir sampai anak yang berusia 6 tahun. Usia ini merupakan usia yang sangat menentukan dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak atau dikenal dengan istilah Golden Age. Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, produk bahasa mereka juga akan meningkat dalam kuantitas, keluasan dan kerumitan. Mereka sering kali berbahasa menggunakan bahasa lisan, tulisan, isyarat, bilangan, lukisan, dan mimik muka. Melalui hasil observasi di TK Azzahra Bojongsoang, permasalahan yang sering terjadi pada anak usia 4-5 tahun dalam mengenal huruf, anak merasa kesulitan dalam menyebutkan, menuliskan, dan membedakan beberapa huruf. Hal ini menunjukkan kemampuan anak dalam mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun belum berkembang. Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak yaitu dengan media kartu huruf bergambar, diharapkan dapat memberikan pembendaharaan huruf yang benar kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan bahasanya.
PENGGUNAAN MEDIA BERBAHAN ALAM SEKITAR DALAM PENINGKATANKEMAMPUAN KOGNITIF ANAK TENTANG BENTUK GEOMETRI DI KELOMPOK B RA NURUL HUDA BALEENDAH Isna Aufa
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v1i1.7

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini pada hakekatnya adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak yang mencakup aspek: kognitif, bahasa, sosial, emosi, fisik dan motorik. Penelitian ini bertujuan mengetahui perkembangan kognitif anak setelah mengenal bentuk geometri melalui pembelajaran media alam sekitar. Untuk menunjang keberhasilannya perlu ada usaha yang konkrit. Salah satunya menggunakan metode yang tepat yang dapat menarik perhatian anak. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik penelitian tindakan (PTK) yang dilakukan beberapa siklus. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengenalan bentuk geometri dengan menggunakan media berbahan alam sekitar. Kemudian, peneliti menemukan pratindakan yang menunjukan perkembangan belum optimal dengan presentase 20%, kemudian meningkat pada siklus 1 sebesar 27%, siklus ke 2 sebesar 56,%, dan siklus ke 3 sebesar 76,5%. Dari hasil tersebutditemukan pengembangan kognitif yang meningkat pada setiap siklusnya. Pengenalan bentuk geometri dengan media berbahan alam sekitar sebagai sumber belajar dapat dikatakan berhasil menunjang kemampuan kognitif. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar para guru mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang variatif, kreatif dan menyenangkan bagi anak.
MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS MADRASAH (STUDI KASUS TERHADAP PENGAWAS MADRASAH ALIYAH DI LINGKUNGAN KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN CIAMIS) Nu'man Ihsanda
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v1i1.13

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi dari fenomena bahwa Pengawas memerlukan teknik-teknik yang jitu dan efektif agar kegiatan supervisi mampu mencapai tujuan yang diharapkan dan mampu meningkatkan kualitas mengajar guru. Teknik supervisi yang digunakan akan selalu memperhatikan dan terkait banyaknya guru dan variasi mata pelajaran yang menjadi tanggung jawab guru yang dibimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program perencanaan Supervisi Akademik Pengawas Madrasah Aliyah, untuk mengetahui pelaksanaan Supervisi Akademik pengawas Madrasah Aliyah, untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Madrasah Aliyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data di lakukan melalui observasi partisipasi dengan mengamati sekaligus mengumpulkan data sebanyak-banyaknya tentang supervisi akademik pengawas madrasah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa supervisi akademik Pengawas Madrasah Aliyah di Kementerian Agama Kantor Kabupaten Ciamis dilakukan dengan memenuhi standar prosedural dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan dengan menggunakan seperangkat instrumen yang diperlukan serta dilakukan dengan cara-cara modern, meninggalkan cara konvensional-tradisional. Dilihat dari sisi hasilnya belum maksimal, hal ini dapat dimaklumi karena upaya peningkatan mutu akademik tidak bisa hanya dengan supervisi akademik Pengawas saja, tetapi faktor lain dalamaspek penyelenggaraan pendidikan secara simultan menentukan keberhasilan upaya peningkatan mutu pendidikan secara umum.
PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELUARGA TERHADAP KARAKTER SISWA PENELITIAN DI SMP PGRI PAMEUNGPEUK Milda Dzurfa Faudah
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v1i1.8

Abstract

Pendidikan agama Islam adalah suatu pendidikan yang mesti di terapkan dalam keluarga. Karena keluarga merupakan sentral pendidikan bagi anak. Dengan penerapan pendidikan agama Islam akan menanamkan nilai-nilai yang tedapat dalam al-Qur’an dan al-Hadits di lingkungan keluarga. Maka dari itu pendidikan agama Islam ini penting diterapkan di keluarga. Karakter siswa merupakan kebiasaan yang melekat pada diri seseorang yang dilakukan terus menerus. Seseorang akan dikatakan karakternya baik jika ia melakukan kebiasaan yang baik, sebaliknya jika seseorang tersebut kebiasaannya melakukan prilaku yang jelek maka dapat dikatakan karakternya jelek. Dengan demikian setiap seseorang memiliki karakter masing-masing yang telah menjadi kebiasaannya.
PESAN DAKWAH DALAM KEGIATAN SIAGA BENCANA PERSATUAN ISLAM (SIGAB PERSIS) DALAM MENANGANI KORBAN BENCANA ALAM Muhammad Shadiqul Wa'di
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v1i1.9

Abstract

Dakwah sebagai proses komunikasi dan ilmu pengetahuan, maka dalam strategi dakwah harus di jalankan agar tercapai pesan dakwah yang disampaikan oleh da’i kepada mad’u. SIGAB Persis menjadi salah satu lembaga yang yang menjungjung dalam kebaikan dunia akhirat, salah satunya adalah dalam menyampaikan dakwahnya yang menjadi salah satu konsep kegiatan yang sering dirumuskan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan langkah-langkah penelitian tersebut dapat diketahui gambaran dalam mengenai pesan yang disampaikan SIGAB Persis dalam kegiatan di berbagai dampak bencana. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa SIGAB Persis aktif dalam melakukan kegiatan dakwah sosialisasi terhadap masyarakat terdampak. Adapun pesan yang disampaikan oleh SIGAB ini merupakan dari pesan verbal karena menggunakan perasaan, pemikiran, emosi, dsb. Tetapi banyak pesan non-verbal yang harus diketahui juga sebagai pelajaran dan dijadikan untuk membantu pemahaman objek dakwah.
STRATEGI DAKWAH DALAM MENERAPKAN NILAI AJARAN ISLAM DI KOMUNITAS “YUK NGAJI” WILAYAH BANDUNG Dyka Apriliani Sopian
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v1i1.3

Abstract

Melihat fenomena anak muda zaman sekarang yang cenderung salah dalam mengartikan moderenisasi dan westrenisasi Sehingga bisa membuat anak muda jauh dari agama Islam. Dan menjadi perhatian khusus salah satu founder komunitas yang ada di Bandung, yaitu komunitas “Yuk Ngaji”. Komunitas ini merangkul para kaum muda yang biasanya susah untuk di ajak mengaji. Berdasarkan konteks diatas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perumusan strategi dakwah dalam menerapkan nilai ajaran Islam dan apasaja factor pendukung dan penghambat dakwah dalam komunitas “Yuk Ngaji”. Teori yang di kemukakan terbagi menjadi empat bagian, yaitu: Strategi, Dakwah, Strategi Dakwah, dan Nilai Ajaran Islam. Strategi dakwah yang dilakukan oleh komunitas “Yuk Ngaji” secara garis besar dilakukan melalui media online dan offline. Kegiatan offline dalam menerapkan nilai ajaran Islam akan sejalan dengan prinsip yang dianut yaitu dimulai dengan merubah tindakan. Mengubah pola fikir terlebih dahulu, dengan memberikan asupan informasi-informasi positif. informasi-informasi positif adalah informasi yang sifatnya benar atau shahih yang berdasarkan Islam dan bersum berdari Al-Qur’an dan As-Sunnah. Terdapat factor pendukung dan penghambat dakwah di komunitas “Yuk Ngaji” baik dari internal maupun eksternal.
PENERAPAN KURIKULUM HABIT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER STUDI DI MI CERDAS NURANI KOTA CIMAHI Vina Yanuar
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v1i1.10

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum tercerminnya karakter manusia yang berkarakter mulai, serta keterampilan sesuai kebutuhan. Upaya pembentukan karakter dengan langkah praktis dalam melaksanakan pendidikan karakter melalui pembiasaan. Karena dalam membentuk karakter perlu ditunjang kecerdasan yang dibentuk untuk anak yaitu. kecerdasan Spiritual, Emosinal dan Intelektual agar tercapainya tujuan pendidikan nasional Disini sekolah Cerdas Nurani membentuk sebuah kurikulum khusus untuk di sekolah, yang diberi nama Kurikulum Habit, tanpa mengenyampingkan kurikulum nasional. Penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, menganalisis data berdasarkan fakta tertulis dan memperkayanya. Dalam melaksanakan Kurikulum Habit terdapat komponen yang menyertainya, komponen tersebut adalah Tentang Kurikulum Habit, Tujuan, Konten/isi, Metode, pelaksanaan dan evaluasi. Perlunya kolaborasi antara guru di sekolah dan orang tua. Serta pembiasaan yang dilakukan tak hanya dilakukan oleh anak, akan tetapi oleh guru di sekolah yang sudah memiliki program habit yang harus dilaksanakan. Karena pengaruh keteladanan dalam pembentukan karakter sangat berperan penting. Selain keteladanan pembekalan keterampilan yang dimana keterampilan tersebut didapatkan dari habit-habit yang selalu dilatihkan baik di rumah ataupun di sekolah. Maka jika pembiasaan itu dilakukan berulang akan menjadikan karakter pada anak dan menjadi sebuah keterampilan pada anak.
PELAKSANAAN KURIKULUM TERPADU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) IBNU TAIMIYAH SUKAJADI BANDUNG Hoiruddin Fathurohman
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v1i1.62

Abstract

Kurikulum merupakan komponen dan pegangan pokok yang harus menjadi acuan dalam pelaksanaan pendidikan, kurikulum menjadi alat ukur untuk meningkatkan kualitas mutu satuan pendidikan tertentu. Salah satu kurikulum yang dikembangkan adalah kurikulum terpadu, yaitu memadukan beberapa jenis kurikulum yang dilaksanakan dalam satu jenjang pendidikan. Diantara perpaduan jenis kurikulum yaitu perpaduan antara kurikulum dari Dinas Pendidikan Nasionaldengan kurikulum satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan kurikulum terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ibnu Taimiyah Sukajadi Bandung serta faktor pendukung dan penghambat proses pelaksanaan kurikulum terpadu SDIT Ibnu Taimiyah Sukajadi Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif, hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) SDIT Ibnu Taimiyah memadukan 3 kurikulum yaitu kurikulum dari Diknas, kurikulum sekolah, dan kurikulum yayasan. 2) pelaksanaan kurikulum terpadu SDIT Ibnu Taimiyah mengacu kepada kurikulum tematik diknas yang kemudian diintegrasikan dengan kurikulum sekolah dan yayasan yaitu memadukan nilai-nilai islam dan pendidikan karakter di dalamnya. SDIT Ibnu Taimiyah telah melaksanakan pembelajaran dengan model kurikulum terpadu dengan baik, hal ini dapat dilihat dari kepercayaan masyarakat karena lulusan dari SDIT Ibnu Taimiyah sudah memiliki standar kompetensi yang baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 8