cover
Contact Name
Syarah Siti Maesyaroh
Contact Email
ssyarah077@gmail.com
Phone
+6289618357674
Journal Mail Official
syntaxbandung@gmail.com
Editorial Address
Perum Derwati Mas Jl. Derwati Mas 1, No. 20, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kode Pos 40292
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Syntax Imperatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan dua bulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Imperatif akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan ilmu sosial dan pendidikan. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah atas issue penting dan terkini atau resensi buku ilmiah.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan" : 5 Documents clear
Ayat Menstruasi dalam Perspektif Zagloul An-Najjar Bannan Naelin Najihah
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i02.103

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membedah penafsiran Zagloul Al-Najjar dalam menjelaskan QS.Al-Baqarah : 222 mengenai fenomena biologis perempuan menstruasi dengan metode kajian pustaka. Minimnya pembahasan mengenai apa yang terjadi pada sistem reproduksi perempuan yang mengalami menstruasi dan dampak yang terjadi apabila dilakukan hubungan seksual pentetratif saat vagina sedang mengalami pendarahan dalam khazanah tafsir membuat kitab Mukhtarat min Tafsir Al-Ayat Al-Kauniyah fi Al-Qur’an Al-Karim Zagloul Al-Najjar layak dikaji. Zagloul Al-Najjar berfokus pada tiga pembahasan yaitu sejarah dua agama dan tradisi bersebrangan mengenai perlakuan mereka kepada perempuan yang sedang menstruasi dan sikap agama islam untuk menengahinya, aturan dan pembatasan perempuan yang sedang menstruasi dalam islam serta yang terakhir pembahasan mengenai bukti sains tentang kotornya darah menstruasi. Kitab tasfir ini menggunakan pendekatan obsitetri dan ginekologi dalam menjelaskan hal tersebut.
Pengaruh Pelaksanaan Shalat Dhuha Berjamaah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Al-Mufassir Eva Soraya Zulfa; Siti Nur Asiyah
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i02.105

Abstract

Kurangnya disiplin belajar siswa saat proses pembelajaran berlangsung sehingga mempengaruhi efektiitas belajar mengajar dan ibadah yang rutin dan wajib dilkukan siswa pada jam belajar adlah solat duha. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan shalat dhuha berjamaah berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar pada siswa kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Al-Mufassir. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif , untuk mencari pengaruh pelaksanaan solat duha (X) terhadap kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan populasi dari seluruh siswa kelas XI IPS di MA Al-Mufasir yang berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunaka aplikasi SPSS seri 20. Dari penelitian tersebut dapat diketahui terdapat pengaruh positif antara pelaksanaan shalat dhuha berjamaah dengan kedisiplinan belajar siswa kelas XI IPS dengan nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,391 dimana nilai tersebut masuk pada kategori rendah. Hubungan yang positif tersebut dinyatakan dengan adanya konstribusi variabel X ( Shalat Dhuha) dan variable Y (Disiplin Belajar Siswa) melalui hasil analisis regresi. Dari hasil perhitungan tingkat pengaruh variable dapat dilihat dari output perhitungan, hasilnya terdapat pada tabel model summary adalah 0,153, hal ini dicerminkan bahwa pelaksanaan shalat dhuha berjamaah memberikan konstribusi sebesar 15,3% dan sisanya 84,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan solat duha memiliki hbungan yang positif dengan pengaruh yang rendah terhadap kedisimplinan siswa dalam proses pembelajaran.
Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital pada Mata Kuliah Desain Setting Kelas Tepi Mulyaniapi
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i02.107

Abstract

Secara umum media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan pembelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran berbasis literasi digital pada mahasiswa semester VI PIAUD STAI Persis Bandung. Dalam Penelitian ini penulis menggunakan metode Mixed Method, yaitu penggabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif dalam satu penelitian. Mixed method (metode gabungan: kualitatif- kuantitatif). Menurut hasil perhitungan terhadap 19 butir soal yang berkaitan dengan efektifitas pemanfaatan media pembelajaran berbasis literasi digital pada mata kuliah Design dan Setting Kelas PIAUD B Semester VI STAI Persis Bandung yang penulis berikan kepada 34 mahasiswa kelas tersebut termasuk dalam kategori “efektif”. Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa efektifitas pemanfaatan media pembelajaran berbasis literasi digital pada mata kuliah Design dan Setting Kelas PIAUD B Semester VI STAI Persis Bandung sudah efektif dilaksanakan.
Penerapan Pendekatan Supervisi Kolaboratif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SD Negeri 186 Sridadi Ratna Fitri Yantinah
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i02.108

Abstract

Guru merupakan ujung tombak keberhasilan pendidikan. Profesionalisme seorang guru terlihat dari kompetensinya sebagai seorang guru yang terdiri dari kompetensi pedagogik, profesional, keperibadian dan sosial. Efektivitas pelaksanaaan kinerja profesional guru sangat bergantung pada kompetensi kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya diantaranya dalam melakukan supervisi akademik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan dan peningkatan kompetensi guru di SD Negeri 186 Sridadi, Jambi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang merupakan model pengembangan dari model Kurt Lewin. Kompetensi profesional guru mengalami peningkatan dari pra-siklus ke siklus 1 dan dari siklus 1 ke siklus 2. Hal ini diduga bahwa pendekatan supervisi kolaboratif telah dilaksanakan secara efektif selamat proses supervisi baik pada tahap pra-, pelaksanaan, dan pasca-supervisi kolaboratif. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru di SD Negeri 186 Sridadi dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan supervisi kolaboratif. Rata-rata kompetensi profesional guru pada pra-siklus sebesar 53,47 dengan kriteria kurang dan pada siklus 1 sebesar 70,47 dengan kriteria cukup. Kompetensi profesional guru juga mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata kompetensi profesional guru pada siklus 2 sebesar 85,47 dengan kriteria baik.
Hubungan Student Engagement dengan Prestasi Akademik Mahasiswa STIT At-Taqwa Ciparay Bandung Atep Komussudin
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i02.104

Abstract

Prestasi Belajar Siswa tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar, karena belajar merupakan suatu proses, sedangkan prestasi belajar adalah hasil dari proses pembelajaran tersebut. Bagi seorang anak belajar merupakan suatu kewajiban. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Student Engagement dengan prestasi akademik mahasiswa STIT At-Taqwa Ciparay Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian koresional antara Student Engagement dengan Prestasi Mahasiswa. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik korelasi dari product moment pearson melalui bantuan program IBM SPSS versi. 20 for windows. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara Student Engagement dengan prestasi akademik mahasiswa STIT At-Taqwa Ciparay Bandung. Hal ini dibuktikan oleh hasil perhitungan korelasi yang menunjukkan nilai koefisien korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,456 dan rtabel 0,220 pada taraf signifikansi 5%, kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Student Engagement dengan prestasi akademik mahasiswa STIT At-Taqwa Ciparay Bandung. semakin tinggi Student Engagement maka semakin tinggi pula prestasi akademik mahasiswa STIT At-Taqwa Ciparay Bandung.

Page 1 of 1 | Total Record : 5