cover
Contact Name
Syarah Siti Maesyaroh
Contact Email
ssyarah077@gmail.com
Phone
+6289618357674
Journal Mail Official
syntaxbandung@gmail.com
Editorial Address
Perum Derwati Mas Jl. Derwati Mas 1, No. 20, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kode Pos 40292
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Syntax Imperatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan dua bulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Imperatif akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan ilmu sosial dan pendidikan. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah atas issue penting dan terkini atau resensi buku ilmiah.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan" : 9 Documents clear
Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media Tik Tok Terhadap Penyebaran Informasi Berita COVID-19 (Studi Kasus Perilaku Remaja Desa Tanjunganom Kabupaten Purworejo) Febri Prayogo
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 3 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i3.77

Abstract

Hubungan antara media dan khalayak telah berubah dari pusat komunikator ke pusat pengguna, dan audiens telah berubah dari penerimaan pasif menjadi produksi dan berbagi konten aktif.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 orang. harga koefesien pemastian R Square sebesar 0, 416 yang memiliki penafsiran kalau akibat variable bebas ataupun Anak muda memakai aplikasi “TikTok” kepada variable terikat ataupun Penyebaran data COVID-19 merupakan sebesar 41, 6% sebaliknya selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar bentuk riset ini. Hal ini mengartikan bahwa semakin tinggi penggunaan aplikasi Tiktok, maka semakin tinggi perilaku penyebaran informasi COVID-19. Begitu juga sebaliknya semakin rendah penggunaan aplikasi Tiktok maka semakin rendah perilaku penyebaran informasi COVID-19. Hal ini sesuai dengan teori model Stimulus Organisme Respone (S-O-R), Model SOR yang didasarkan pada teori psikologi lingkungan telah banyak digunakan untuk mengukur dampak persepsi fitur terhadap tanggapan pengguna . hal ini sesuai dengan teori SOR tentang dampak komunikasi massa.kesimpulan dari penelitian ini adalah Semakin sering durasi penggunaan Tik Tok pada pemuda desa tanjunganom Kabupaten Purworejo semakin tinggi perilaku penyebaran informasi COVID-19
Analisis Pesan Dakwah Tentang Toleransi dalam Film Jerussalem 2013 Vina Selma Tiara Sani
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 3 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i3.82

Abstract

Dakwah adalah sebuah kewajiban bagi seluruh umat Islam, yang langung Allah perintahkan keharusanya. Di era modern media untuk menyampaikan pesan dakwah yang banyak terkandung, salah satu diantaranya adalah film jerusalem 2013 yang bergendre dokumenter, film yang menggambarkan situasi masyarakat yang memiliki tiga keyakinan yang berbeda, tiga agama besar hidup berdampingan di satu Kota kecil bernama Yerussalem. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pesan dakwah yang terkandung dalam film Jerusalem 2013 melalui analisis isi yang bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam media massa. Harold D. Lasswell menyatakan bahwa analisis isi adalah mencatat lambang atau pesan secara sistematis, kemudian memberi interpretasi. Penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi positf bagi pengembangan wacana keilmuan akademis, perihal gambaran film yang memberikan pesan dakwah tentang toleransi yang terkandung didalamnya. Penelitian yang menggunakan analisis ini dapat digunakan untuk menganilisis semua bentuk komunikasi, setiap scene yang terkandung dalam film Yerussalem baik berupa dialog ataupun simbol pengambilan gambar akan diinterpretasikan, dan membangun suatu narasi tentang pesan dakwah tentang toleransi. Pesan dakwah tentang toleransi yang digambarkan disetiap scene dan dikorelasikan pada kitab suci Al-Quran mengenai tugas manusia untuk hidup rukun berdampingan sangat kompleks. Dalam film terbeut banyak simbol dana menyampaikan pesan sesuai dengan hal terbut, mengatasnamakan Yerusalem sebagai kota mereka tinggal, untuk hidup rukun berdampingan dan menjauhkan diri dari konfik agama yang kerap terjadi di negara yang terdapat beberapa agama. Terdapat pesan dakwah mengenai toleransi beragama yang sangat komplek dari film terbut, dengan interpretasi yang dibawa oleh penonton, karena terdapat ketiga sudut pandang dari agama yang lain.
Analisis Pengukuran Kinerja Institut Agama Islam Cipasung (IAIC) Tasikmalaya Berdasar Pendekatan Balanced Scorecard Jaja Juhara; Endah Hasanah; Ayi Saepuloh; Ujang Cepi Barlian
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 3 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i3.80

Abstract

Balanced Scorecard selain digunakan sebagai alat pengukuran kinerja lembaga bisnis, juga kini berfungsi sebagai alat pengukuran kinerja organisasi nirlaba seperti lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Institut Agama Islam Cipasung (IAIC) Tasikmalaya berdasar Balanced Scorecard. Alasan IAIC dijadikan objek penelitian, karena Perguruan Tinggi swasta ini merupakan perguruan Tinggi Islam Swasta yang berbasis pesantren dan memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di Jawa barat saat ini. Namun demikian belum jelas apa penyebab yang membuat meningkatnya jumlah mahasiswa tersebut, apalagi masih terdapat masalah seperti belum optimalnya hasil penelitian dan pengabdian dosen, terbatasnya dana pengembangan serta sarana prasarana yang belum memadai. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus eksploratorif. Hasil Penelitian dari keempat persfektif, yaitu persfektif keuangan, persfektif bisnis internal, persfektif pelanggan dan persfektif pertumbuhan dan pembelajaran, Institut Agama Islam Cipasung (IAIC) berkinerja baik.
Efistemologi Komunikasi dalam Al-Qur’an A Badru Rifa’i
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 3 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i3.87

Abstract

Banyaknya teori-teori yang ditemukan oleh tokoh-tokoh ilmu komunikasi itu senantiasa bermunculan dan beragam yang sepertinya juga membingungkan, karena teori-teori yang mereka temukan adalah berdasarkan pengalaman, pengamatan subjektif dan terutama realitas social yang senantiasa berubah dan banyak factor yang mempengaruhinya, misalnya permasalahan ekonomi, era globalisasi dan informasi, dan oleh pesatnya teknologi. Dalam penelitian ini, peneliti mengguanakn metode studi pustaka (library research) terhadap lafadz-lafadz qaulan yang ada dalam Alquran. Lafadz-lafadz tersebut dianalisa dengan berbagai sumber kitab tafsir dan sumber pustaka lainnya. Hasil pembahasan yang terdapat dihasilkan dari penelitian ini Pertama, Dua lafazh qawlan pada periode pertama (ayat-ayat makiyyah) merupakan gambaran dimana kita berada pada posisi syarat sosial di bawah. Kedua, Ketika melihat konteks pewahyuaan dari ayat-ayat yang mengandung qawlan maka dapat di ambil makna sebagai berikut: (1) Ayat pertama Qawlan layyinan ini termasuk tahapan pertama diantara prinsip-prinsip yang terdapat pada ayat lain. (2) Ayat kedua qawlan kariiman : perkataan yang mulia perkataan yang baik dan sopan, (3) Ayat ketiga qawlan maysuran: ucapan yang pantas yakni ucapan yang lemah lembut. (4) Ayat keempat qawlan marufan mengandung makna tepat janji dan menggunakan metode yang baik, karena dengan metode yang baik akan menghasilkan suatu kebaikan. (5) Ayat kelima Ayat ini mengindikasikan komunikasi Sentuhan pendidikan, diharapkan bisa menjadikan bekal dan pelajaran hidup bagi komunikan.
Public Speaking dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan M Dana Prihadi
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 3 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i3.75

Abstract

Sumber daya manusia merupakan faktor penting dan memiliki peran yang dominan pada setiap institusi atau organisasi, termasuk pada sektor pendidikan. Kualitas dari sumber daya manusia dalam peranannya melaksanakan kewajiban sebagai pelayan peningkat kompetensi masyarakat sangat diharapkan. Kebutuhan pendidikan bersifat praktis-situasional dan prediktif-antisipatif diperlukan guna transformasi sosial. Pengembangan sumber daya manusia dilakukan melalui lima domain sumber daya manusia, yaitu profesionalitas, daya saing, kompetensi fungsional, keunggulan partisipatif, dan kerja sama. Tidak hanya itu, kemampuan public speaking dalam pendidikan juga dibutuhkan, karena kemampua tersebut akan memberikan warna baru dalam proses pendidikan dan menghindari kejenuhan saat proses pendidikan berlangsung. Metode penelitian adalah kualitatif dengan melibatkan tenaga pengajar, peserta didik, dan pemakai lulusan. Selain lima domain sumber daya manusia, ternyata kemampuan dalam berbicara penyampaian materi dan kendali suasana kelas sangat dibutuhkan untuk mencetak lulusan yang kompeten.
Pengaruh Metode Drill dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santriwati Bidang Ilmu Al-Mahid Agus Muhibudin
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 3 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i3.79

Abstract

Pendidikan Islam adalah pendidikan yang didasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an dan Hadis serta dalam pemikiran para ulama dan dalam praktek sejarah umat Islam, seperti pendidikan yang ada di dalam pesantren. Metode Drill adalah suatu cara mengajar siswa melakukan latihan, siswa memiliki ketangkasan dan keterampilan lebih tinggi dari apa yang dipelajari. Harga koefisien korelasi r = 0,65 artinya pengaruh penggunaan metode drill terhadap motivasi belajar santri pada bidang ilmu Al- Mahid termasuk dalam kategori cukup. Terdapat pengaruh antara metode drill dalam meningkatkan motivasi belajar santri pada bidang Ilmu Al-Mahid di Pondok Pesantren Assalafiat II sebesar (0,65) termasuk dalam kategori cukup. Penelitian ini memberikan informasi bahwa Metode Drill berpengaruh terhadap motivasi Belajar santriwati sebesar (0,65). Hal ini menunjukkan bahwa Motivasi belajar Santriwati masih banyak dipengaruhi oleh faktor lain. Oleh karena itu, diharapkan dalam penelitian selanjutnya untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Motivasi belajar Santriwati selain yang diteliti dalam penelitian ini.
Analisis Makna Uhir/Ornamen Simalungun dan Penerapannya Terhadap Masyarakat Simalungun Sri Rezeki; Fita Fatria
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 3 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i3.83

Abstract

Uhir atau ornamen simalungun biasanya digunakan pada bangunan-bangunan,gedung serta rumah di masyarakat simalungun,fungsi uhir ini sendiri adalah untuk menunjukkan jati diri masyarakat simalungun, dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Bentuk penyajian tulisan yaitu deskriptif kualitatif,dengan menggunakan metode ini hasil penelitian akan dideskripsikan dan di analisis secara khusus hanya pada uhir simalungun. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa paham masyarakat simalungun mengenai uhir atau ornamen simalungun. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan penelitian ini hasil penelitian akan di deskripsikan dan di analisis secara keseluruhan. Dan hasil penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan uhir atau ornamen simalungun di masyarakat umum.
Anailisis Penokohan dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara Dea Dwi Safitri; Rahmat Kartolo
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 3 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i3.81

Abstract

Novel Sepatu Dahlan menceritakan seorang pemuda yang yang bernama Dahlan.. Tokoh Dahlan dalam novel Sepatu Dahlan merupakan tokoh utama cerita. Ia menjaditokoh sentral, tokoh yang banyak diceritakan, tokoh yang senantiasa hadir dalam berbagai kejadian, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Bentuk penyajian tulisan yaitu deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan metode ini hasil penelitian akan dideskripsikan dan dianalisis secara khusus hanya pada penokohan yang terdapat dalam novel Sepatu Dahlan. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui penokohan yang terdapat dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara.
Pertanyaan Bacaan Teks Sastra Dalam Buku Ajar SMP Berdasarkan Dimensi Bloom Syafira Mahfuzi Ardiyati; Kastam Syamsi
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 3 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i3.84

Abstract

Penelitian ini mengkaji analisis pertanyaan bacaan teks sastra dalam buku ajar bahasa Indonesia jenjang SMP. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah penyajian dan presentase pertanyaan bacaan teks sastra dalam buku ajar bahasa Indonesia SMP. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penyajian dan presentase pertanyaan bacaan dalam buku ajar bahasa Indonesia kelas SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah pertanyaan bacaan teks sastra dalam buku ajar bahasa Indonesia SMP. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik catat. Selanjutnya metode analisis data menggunakan metode padan metode referensial. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teori dengan derajat kepercayaan melalui teknik ketekunan dan pengamatan. Kesimpulan penelitian yaitu 1) Penyajian pertanyaan bacaan teks sastra dalam buku ajar Bahasa Indonesia kelas VII, VIII, IX berdasarkan Taksonomi Bloom mencakup enam ranah kognitif yaitu C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan), C4 (menganalisis), C5 (menilai), dan C6 (menciptakan). 2) Persentase pertanyaan bacaan teks sastra dalam buku bahasa Indonesia kekelas VII, VIII, dan IX penerbit Tiga Serangkai pada ranah kognitif mengingat (C1) mendominasi dengan proporsi persentase lebih besar dibandingkan ranah kognitif lainnya, yaitu 29,17% kelas VII, 36,92% pada kelas VIII , dan 42,57% kelas IX.

Page 1 of 1 | Total Record : 9