cover
Contact Name
Syarah Siti Maesyaroh
Contact Email
ssyarah077@gmail.com
Phone
+6289618357674
Journal Mail Official
syntaxbandung@gmail.com
Editorial Address
Perum Derwati Mas Jl. Derwati Mas 1, No. 20, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kode Pos 40292
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Syntax Imperatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan dua bulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Imperatif akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan ilmu sosial dan pendidikan. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah atas issue penting dan terkini atau resensi buku ilmiah.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 5 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan" : 10 Documents clear
Fungsi dan Makna Uis Kapal dan Uis Nipes dalam Masyarakat Karo : Kajian Semiotik Nervi Siagian; Asni Barus; Rosita Ginting
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 5 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i5.122

Abstract

Masyarakat Karo secara umum mendiami daerah dataran tinggi pegunungan diantara hamparan Bukit Barisan, yang memiliki bentuk struktur sosial, budaya dan kesenian yang beraneka ragam yang menjadi tanda pengenal (icon) daerah tersebut agar bisa dikenal oleh masyarakat luas. Penelitian ini merupakan kajian tentang Semiotik terhadap fungsi dan makna pada setiap uis kapal dan uis nipes pada masyarakat karo yang penulis bahas dalam penelitian skripsi ini, serta membahas tentang beberapa fungsi dan makna warna pada kain uis pada masyarakat karo. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana fungsi dan makna uis kapal dan uis nipes dalam masyarakat karo. Dan teori yang digunakan dalam menganalisis masalah ialah teori simbol menurut tokoh semiotik Charles Sanders Peirce. Dengan menggunakan penelitian kualitatif bersifat metode deskriptif. Dari semua jenis uis nipes yang penulis tuliskan kegunaan setiap uis hampir sama, uis nipes di gunakan oleh wanita karo untuk acara adat istiadat dukacita dan adat istiadat dukacita, uis ini juga dapat mereka gunakan sebagai selendang kegereja atau acara lainnya. Uis nipes merupakan kain tipis yang dipakai oleh wanita karo dalam menghadiri acara adat-istiadat masyarakat karo
Penerapan Etika Bisnis Dalam Kegiatan Produksi Pada Sektor Perdagangan (Studi Pada Rumah Potong Hewan Tanah Merah Samarinda) Abdul Madir Ichsan Ernawan; Finnah Fourqoniah
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 5 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i5.112

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan memvisualisasikan penerapan etika bisnis terhadap aspek pemerintahan, proses produksi dan lingkungan di RPH Tanah Merah Samarinda, yang juga untuk menganalisis apakah etika bisnis sudah diterapkan atau belum oleh pengusaha itu sendiri sesuai dengan prinsip bisnis saat ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tujuan penelitian adalah etika bisnis terhadap pemerintah, proses produksi dan aspek lingkungan. Sesuai dengan prinsip etika bisnis terkini seperti otonomi, integritas, keadilan, keuntungan bersama dan integritas moral. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan didukung dengan sumber data sekunder. Dari kesimpulan penelitian ini dapat diketahui bahwa penerapan etika bisnis dan prinsip etika bisnis di rumah potong hewan Tanah Merah Samarinda oleh pemilik usaha adalah segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan aspek fundamental kewirausahaan seperti etika bisnis. Setelah melalui proses analisis, kesimpulan yang diperoleh menegaskan bahwa penerapan etika bisnis terhadap aspek pemerintahan, proses produksi, dan lingkungan dalam penelitian ini belum berjalan dengan baik seperti yang direncanakan sebelumnya, yang berarti perlu adanya perbaikan dan evaluasi. Sedangkan penerapan prinsip-prinsip etika bisnis dari para pengusaha sudah dilaksanakan dengan baik dan sudah bergantung pada pertimbangan prinsip-prinsip dalam etika bisnis. Prinsip-prinsip seperti otonomi, integritas, keadilan, keuntungan bersama, dan nilai-nilai moral sudah dipertahankan, fakta ini disimpulkan dari kesaksian pemilik bisnis yang menyadari prinsip-prinsip tersebut sebagai aspek fundamental dari bisnis itu sendiri yang harus dilaksanakan dengan hormat.
Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema Menuju Masyarakat Sejahtera Melalui Model Collaborative Learning Siswa Kelas VI SD Negeri 186 Sridadi Ratna Fitri Yantinah
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 5 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i5.114

Abstract

Kegiatan pembelajaran merupakan suatu kondisi yang disengaja diciptakan oleh guru untuk membelajarkan peserta didik. Proses pembelajaran merupakan perpaduan dua unsur manusia yang saling melengkapi dengan memanfaatkan bahan pelajaran sebagai medianya untuk berperan secara optimal sehingga tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan dapat tercapai. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 186 Sridadi. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis peningkatan dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan penggunaan model Collaborative Learning dalam Pembelajaran Tematik tema menuju masyarakat sejahtera. Rata-rata kelas yaitu 81,23. Hasil tersebut sudah memenuhi kriteria indikator keberhasilan yang direncanakan yaitu ≥ 85% siswa tuntas belajar dengan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) = 70, pembelajaran tematik melalui model Collaborative Learning sudah memenuhi target perbaikan. Penggunaan model Collaborative Learning dalam pembelajaran tematik tema menuju masyarakat sejahtera mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Dari 46,15% pada pembelajaran awal, meningkat menjadi 76,92% pada siklus I dan menjadi 100% pada siklus II.
Hubungan Screen Time dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini : A Literature Review Grace Amortia Erliana Priyoambodo; Dewi Retno Suminar
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 5 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i5.119

Abstract

Masa perkembangan anak usia dini merupakan periode emas yang begitu krusial bagi perkembangan kehidupan manusia. Faktor yang begitu berperan penting dalam optimalisasi perkembangan anak adalah pemberian stimulasi yang tepat melalui peran pengasuhan orang tua dan lingkungan. Pada era modern seperti saat ini, teknologi memberikan sumbangsih yang besar pada pola pengasuhan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh screen time terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur pada basis data elektronik, seperti: Acta Pediatrica, Social Science Research, Merrill-Palmer Quarterly, Infant Behavior and Development, Journal of Pediatric Nursing, Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics, dan Google Scholar.dari tahun 2015 hingga 2021. Berdasarkan review yang telah dilakukan, sebagian besar jurnal penelitian ditemukan korelasi negatif antara pengaruh paparan media elektronik (TV dan gawai) terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Screen time pada anak usia 3-4 tahun ditemukan tidak dapat memprediksi perkembangan bahasa anak saat usia mereka 5 tahun. Para peneliti juga menguji variabel lain yang dianggap dapat mempengaruhi hubungan screen time dengan perkembangan anak, antara lain: income keluarga, penghasilan orang tua, pendidikan ibu, kepuasan pernikahan, pola komunikasi keluarga), karakteristik anak (jenis kelamin, status sosial, pengalaman di rumah), jenis konten, dan onset. Hasilnya seluruh variabel moderator di atas berpengaruh pada penguatan hubungan kedua variabel uji. Pada penelitian yang tidak berhasil menemukan korelasi antara kedua variabel disebabkan karena efek pasif dari screen time belum dapat diterima secara langsung oleh anak usia dini. Perkembangan anak usia dini lebih dapat dipengaruhi secara signifikan oleh interaksi secara langsung dengan orang tua maupun keluarga.
Pelanggaran Praanggapan dan Implikatur Dalam Stand Up Comedy Indra Frimawan Siti Ainul Mardliyah
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 5 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i5.116

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai pelanggaran atau pematahan anggapan-anggapan yang sudah terbentuk dalam benak publik dan apa implikatur yang terdapat di dalam wacana stand up comedy. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi non-partisipan pada materi humor absurd stand up comedy Indra Frimawan. Data yang diambil berfokus pada penampilan Indra Frimawan dalam acara SUPER Kompas TV. Jenis praanggapan yang paling sering muncul adalah praanggapan faktif, sedangkan yang paling sedikit muncul adalah praanggapan nonfaktif. Secara keseluruhan, praanggapan-praanggapan yang muncul pada data digunakan oleh Indra Frimawan untuk membentuk set up pada materi stand up comedy yang disampaikan. Praanggapan yang sudah dibentuk lalu dilanggar untuk memunculkan punch line pada wacana stand up comedy dengan pesan-pesan implisit yang mayoritas bersifat khusus
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Investasi Individu di Pasar Modal Saham di Tengah Pandemi COVID-19 Juri Pelawi; Retno Suliati
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 5 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i5.115

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat investasi individu di pasar modal saham di tengah pandemi COVID-19. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi risiko, financial literacy, dan return investasi dan minat investasi sebagai variabel terikat. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat DKI Jakarta. Teknik pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling dengan menetapkan kriteria. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 125 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS (Statistical Package for the Social Science). Uji Instrumen penelitian dilakukan dengan uji reliabilitas dan uji validitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Uji prasyarat analisis regresi linier berganda dilakukan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas data, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap minat investasi individu di pasar modal saham di tengah pandemi COVID-19. Sedangkan, variabel financial literacy dan return investasi masing-masing punya pengaruh positif terhadap minat investasi individu di pasar modal saham di tengah pandemi COVID-19. Secara simultan variabel persepsi risiko, financial literacy, dan return investasi berpengaruh terhadap minat investasi individu di pasar modal saham di tengah pandemi COVID-19. Hubungan antara variabel secara parsial dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,272, 0,0385 dan 0,01 untuk tiap-tiap variabel persepsi risiko, financial literacy dan return investasi terhadap minat investasi secara parsial. Pengaruh variabel secara bersama-sama terhadap minat investasi dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000
Dampak VHO dan OTA Pada Perubahan Lingkungan dan Kehidupan Sosial Vina Zahratul Hayat; Ujang Nurdin; Istiqomah Istiqomah
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 5 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i5.111

Abstract

Perkembangan teknologi informasi online mempermudah konsumen dari berbagai perusahaan untuk menikmati produk-produk yang dijajakan oleh perusahaan wisata. Internet menjadi infrastruktur utama website sebagai, media reservasi online produk wisata, media informasi pariwisata, memungkinkan wisatawan untuk dapat melayani diri sendiri yang dapat diakses baik dengan perangkat bergerak maupun perangkat tidak bergerak. dan menjadi alat pemasaran online produk pariwisata. Berdasarkan fenomena gejala-gejala yang ditemukan, maka penulis meneliti persepsi konsumen Online Travel Agent dan Virtual Hotel Operator sebagai salah satu faktor yang berdampak pada perubahan prilaku konsumen, bagaimana VHO dan OTA berkontribusi pada perubahan hidup masyarakat selaku konsumen, mengapa masyarakat dapat berubah akibat adanya VHO dan OTA serta factor apa saja yang mendorong perubahan sosial tersebut? Maka akan diuraikan secara fakta tentang bagaimana segolongan orang menilai, mempersepsi, perubahan konsumen dilingkungan sosial sebagai pengguna VHO dan OTA. Dalam penelitian ini dipergunakan pendekatan kualitatif, menganut pada paradigma konstruktivisme, serta menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. VHO dan OTA sangatlah berpengaruh dan begitu berkontribusi atas perubahan konsumennya serta lingkungan sosial oleh karena fasilitas, kemudahan, manfaat yang cukup menggiurkan bagi para konsumen terkhusus mereka pencinta wisata (traveler) sebab memudahkan dan saling menguntungkan pihak yang berkepentingan dan juga bagi penikmat fasilitas virtual baik dari diskon, promo, voucher, fasilitas dan lain sebagainya.
Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Supervisi Akademik di SMPN I Cicurug Kabupaten Sukabumi Tahun Pelajaran 2018/2019 Marini Marini
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 5 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i5.118

Abstract

Kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah salah satu kompetensi yang dimiliki guru. Namun dalam kenyataannya masih banyak guru yang belum mampu menyusun rencana pembelajaran sehingga hal ini secara otomatis berimbas pada kualitas out put yang dihasilkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui supervise akademik yang dilaksanakan pada enam orang guru di SMPN 1 Cicurug Kabupaten Sukabumi1. Hasil dari penelitian ini diperoleh peningkatan kempuan guru dalam menyusun RPP ini dilihat dari data awal hanya rata 40% dari jumlah guru yang penyusunan RPP-nya sesuai dengan pedoman penyusunan RPP yang benar. Setelah dilaksanakan tidakan selama dua siklus terdapat peningkatan menjadi rata-rata 80% dari jumlah guru telah memiliki kemampuan dalam penyusunan RPP hal ini karena peneliti menerapkan supervisi akademik dalam penelitiannya
Improving Student’s Listening Skill by Using Song at Second Semester of STIE-SAK Academic Year 2021/2022 Yelnim Yelnim; Sukarta Kartawijaya
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 5 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i5.109

Abstract

This research aims to improve the teaching and learning process in the classroom. The researcher would work together with collaborator in order to see the activities that were done during the research. The data used in this research were listening test, fieldnotes and observation form. For the test, it was done at the end of each cycle. Field notes and observation, those were done by the collaborator who helped the research to collect the data. It was taken during the teaching in the class. The participant was the students at second semester of STIE-SAK academic year 2021/2022. There were some classes in the second semester, the sample was taken randomly. Based on the research finding in two cycles, the researcher came to the conclusion because this research was done in two cycles. First, there was a good improvement from students’ test in cycle one and cycle two. Students’ mean score in cycle one was 56, 37 % and increased to 69, 19%. It meant that students’ listening skill was improved after implementing song in teaching English especially in teaching listening at second semester of STIE-SAK especially in the class 2M3 academic year 2021/2022. The students showed positive attitudes towards listening lesson. There are some factors improve student’s listening skill namely song as media improves the students’ interest and motivation, song as teaching media can be implemented with various techniques in teaching learning process, song develops students’ background knowledge, and teaching activities.
Dende-Dende, Permainan Tradisional Suku Makassar Nurul Hasanah Syam
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 5 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i5.113

Abstract

Permainan tradisional sangat populer sebelum teknologi mulai masuk ke Indonesia. Dulu, anak-anak bermain dengan menggunakan alat seadanya, tetapi justru sekarang kebanyakan dari anak-anak zaman sekarang telah bermain menggunakan permainan yang berbasis teknologi. Mereka tidak lagi sering melakukan permainan tradisional, sehingga seiring dengan itu permainan tradisional seakan sudah terlupakan oleh anak-anak Indonesia, bahkan tidak sedikit dari mereka belum mengenal permainan tradisional. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan permainan tradisional dan mengungkap nilai budaya yang terdapat dalam permainan dende-dende. Metode yang dilakukan dalam penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari hasil wawancara pada masyarakat sekitar dan hasil observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan nilai sosial yang terdapat pada permainan dende-dende yaitu interaksi dan kontak sosial para pemain dende-dende juga berbagai manfaat pada permainan tradisional yaitu melatih kreatifitas, kecerdasan, ketangkasan dan jiwa kepemimpinan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10