cover
Contact Name
Syarah Siti Maesyaroh
Contact Email
ssyarah077@gmail.com
Phone
+6289618357674
Journal Mail Official
syntaxbandung@gmail.com
Editorial Address
Perum Derwati Mas Jl. Derwati Mas 1, No. 20, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kode Pos 40292
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Syntax Imperatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan dua bulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Imperatif akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan ilmu sosial dan pendidikan. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah atas issue penting dan terkini atau resensi buku ilmiah.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 6 (2022): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan" : 14 Documents clear
Analisis Kesulitan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Sekolah Dasar XX Saat Pembelajaran Daring Vierly Diah Soesanto
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 6 (2022): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i6.133

Abstract

Pada saat pandemi Coronavirus Disease-19 (Covid-19) ini mengharuskan semua orang di dunia melakukan semua kegiatan dari rumah (work from home). Pada jenjang Sekolah Dasar (SD) sangat membutuhkan keterlibatan atau keikutsertaan orang tua dalam membantu guru untuk mendampingi atau memberikan pembelajaran kepada anak selama pembelajaran daring ini. Karena situasi seperti ini,para orang tua mengalami kesulitan atau kendala dalam mengajar anak-anaknya selama anak belajar daring atau belajar dari rumah. Serta orang tua diharuskan atau dituntut mampu membimbing atau bahkan mengajar anak-anaknya di rumah dan mampu menguasai materi yang diajarkan oleh guru anak, sehingga peran orang tua sangat besar dalam proses tercapainya tujuan pembelajaran daring dan mampu membimbing atau mengajar anak-anaknya selama belajar dirumah.
Analisis Problematika Pembelajaran Online pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Terhadap Mahasiswa Teknik Sipil Semester II Fakultas Teknik Universitas Wiraraja Hanifatur Rizqi; Subaidillah Fansuri
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 6 (2022): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i6.136

Abstract

Persebaran virus Corona di berbagai negara memaksa kita untuk melihat kenyataan bahwa dunia sedang berubah, terutama perubahan dalam system pendidikan. Pemberlakuan kebijakan physical distancing yang kemudian menjadi dasar pelaksanaan belajar dari rumah, dengan pemanfaatan teknologi informasi yang berlaku secara tiba-tiba, tidak jarang membuat pendidik dan peserta didik harus berpikir optimal mengenai system pembelajaran online atau daring. Hal kesiapan pembelajaran online harus dilaksanakan banyak pihak, terlebih bagi mereka yang ada di garda terdepan sebagai pelaksana dan peserta dalam dunia pendidikan yakni tenaga pengajar dan peserta didik. Kesiapan ini tentu mencakup banyak hal, seperti sarana dan prasarana pendukung kegiatan belajar mengajar dalam bentuk media seperti HP atau Laptop, pengetahuan cara mengoprasikan alat, pengetahuan cara menggunakan aplikasi belajar. Dalam system pembelajaran online, semua pengajar dan peserta didik harus memiliki smarthphone atau laptop yang dapat terkoneksi jaringan internet secara merata, karena secara logis, pembelajaran tidak bisa berlangsung jika hanya pengajar yang memiliki sarana tersebut, atau akan jauh lebih miris jika sebaliknya. Peneliti bertujuan untuk menganalisa permasalahan yang berpotensi menghambat pemahaman mahasiswa selama pembelajaran online mata kuliah bahasa inggris, dimana hal ini berarti bahwa peneliti hanya akan fokus pada hambatan dalam proses pembelajaran baik internal mahasiswa maupun eksternal dari dosen dan lingkungan. Subject dalam penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Sipil semester II di Fakultas Teknik Universitas Wiraraja. Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif ini, didalam prosesnya menggunakan metode Observasi dan Wawancara langsung melalui media online sebagai cara utama untuk mendapatkan data dimana hasil penelitian ini mengklasifikasi permasalahan utama yang mengacu pada hambatan pembelajaran online atau pembelajaran virtual.
Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 dengan Pendekatan STEAM di Era Society 5.0 Nurul Adlina
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 6 (2022): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i6.134

Abstract

Pandemi COVID-19 membawa banyak perubahan besar dalam dunia pendidikan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Proses belajar mengajar terpaksa harus dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Di masa pandemi COVID-19, sekolah harus tetap memfasilitasi pengembangan berbagai keterampilan dan nilai-nilai utama seperti kreativitas, berpikir kritis dan penyelesaian masalah. Sekolah harus dilengkapi dengan pembelajaran untuk menyiapkan "generasi baru". Guru harus siap dengan metode dan pendekatan pembelajaran yang relevan sehingga dapat memenuhi kebutuhan manusia di era society 5.0. Dunia pendidikan saat ini mengembangkan digitalisasi yang menunjang ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan teknologi sekarang berada pada era society 5.0 yang merupakan solusi lanjutan dari revolusi industri 4.0. Era society 5.0 merupakan inovasi pembelajaran yang berubah dari literasi dasar menjadi literasi digital.
Implementasi Manajemen Pengawasan dan Evaluasi Pendidikan Pada Masa Pandemi COVID-19 Deni Solehudin; Aji Saepurahman; Mohamad Erihadiana
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 6 (2022): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i6.140

Abstract

Pengawasan merupakan salah satu fungsi dari fungsi-fungsi manajemen. Ada empat fungsi manajemen, keempat fungsi manajemen ini salah satunya tidak bisa diabaikan, karena masing-masingnya saling terkait dan merupakan suatu sistem yang tidak bisa dipisahkan. Pengawasan organisasi yang efektif akan membantu proses perencanaan, pengambilan keputusan berkelanjutan, sehingga dapat dilakukan perencanaan program selanjutnya. Pada masa pandemic COVID-19 ini, bagaimana Kepala Madrasah melakukan perencanaan pengawasan terhadap guru dan bagaimana Kepala Madrasah melaksanakan serta Menindaklanjuti hasil supervisi, kami melakukan penelitian di Madrasah Aliyah Al-Huda Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Dengan menggunakan studi analisis deskriptif Ekploratif, peneliti berusaha mengumpulkan data, menyusun, menganalisis, serta memaparkan hasil temuan di lapangan. Untuk memperoleh data, peneliti melakukan wawancara terhadap wakil kepala madrasah urusan kurikulum serta studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pelaksanaan supervisi dilaksanakan dengan cara menyusun program supervisi akademik dan tetapi tidak membuat tim supervisi khusus, hanya melibatkan wakamad kurikulum saja yang diberi tugas untuk membuat tujuan supervisi akademik dan membuat jadwal supervisi akademik. Kedua, pelaksanaan supervisi akademik terhadap tenaga pendidik tidak dapat dilaksanakan secara langsung, tetapi melalui google form yang digunakan untuk mengetahui kesiapan guru dalam melakukan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran pun supervisi dilakukan dengan wawancara kuesioner melalui google form pula, sehingga kepala madrasah tidak dapat langsung mengamati aktivitas tenaga pendidik dalam mengajar. Ketiga, tindak lanjut hasil supervisi akademik terhadap tenaga pendidik dengan membahas mengenai metode pembelajaran, penggunaan dan teknik penilaian, penggunaan media pembelajaran dan penggunaan waktu dalam pembelajaran belum maksimal. Kepala Madrasah lebih fokus pada penyelesaian masalah dan kendala pembelajaran peserta didik
Literatur Review : Kajian Literasi Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Martin Martin; Budi Eko Soetjipto
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 6 (2022): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i6.131

Abstract

Penelitian ini merupakan ringkasan untuk menyoroti pemikiran tentang literasi keuangan dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Literasi keuangan memiliki peranan yang penting dalam menentukan keinginan masyarakat untuk menggunakan layanan keuangan. Penelitian ini menggunakan seleksi literatur review dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan statistik deskriptif dari publikasi jurnal telah terpublikasi selama 5 tahun terakhir mulai tahun 2016 hingga 2020. Hasil analisis diperoleh 45 jurnal dan riset tentang Literasi keuangan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dari beberapa jurnal dapat disimpulkan bahwa dalam kajian riset penelitian tentang literasi keuangan menunjukkan tren yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Untuk menentukan keinginan pelaku usaha mikro kecil dan menengah dalam menggunakan layanan keuangan diperlukan literasi keuangan.
Analisis Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Assalafie Babakan Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat Agus Muhibudin
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 6 (2022): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i6.130

Abstract

Pesantren sendiri menurut pengertian dasarnya adalah “ Tempat Belajar Para Santri “. Sedangkan pondok berarti rumah atau tempat tinggal sederhana yang terbuat dari bambu. Disamping itu kata “Pondok” mungkin juga berasal dari bahasa Arab “Funduq” yang berarti “Hotel atau Asrama”. Dalam linguistik, analisis adalah kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah bahasa guna meneliti struktur bahasa tersebut secara mendalam. Sedangkan pada kegiatan laboratorium, kata analisis atau analisis dapat juga berarti kegiatan yang dilakukan di laboratorium untuk memeriksa kandungan suatu zat dalam cuplikan. Penggunaan yang seharusnya adalah kata analisis. hal ini dikarenakan kata analisis merupakan kata serapan dari bahasa asing (inggris) yaitu analisys. Media pendidikan yang tersedia di Pondok Pesantren As-Salafie mencakup pendidikan formal, pengajian Al-qur’an, kajian ilmu-ilmu agama, diskusi, bahsul masail, halaqoh, pekembangan bakat dan minat dan pelatihan keterampilan. sedangkan fasilitas sarana yang tersedia saat ini adalah adanya asrama, ruang kelas, ruang perpustakaan, musholla, ruang keterampilan, dan ruang aula. Pada saat ini jumlah santri yang menetap di asrama sekitar 765 orang. Mereka berasal dari berbagai penjuru daerah di Pulau Jawa dan sebagian yang lain berasal dari luar jawa seperti lampung, jambi, riau dan kepulauan lainya.
Analisis Hubungan Motivasi dengan Profesi Sebagai Pengajar Bahasa Mandarin pada Alumni Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Widya Kartika Surabaya Dewi Surya Wijaya
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 6 (2022): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i6.132

Abstract

Di era perkembangan seperti saat ini, banyak dibutuhkan sumber daya manusia yang ahli dan kompeten dalam segala bidang. Oleh sebab itu, banyak sekali lembaga pendidikan baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Secara umum pembelajaran Bahasa mandarin tanpa adanya seorang pengajar tidaklah mudah, tidak dapat dipungkiri bahwa seorang guru merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan pendidikan dan pembelajaran. Tidak mudahnya mendapatkan seorang pendidik disebabkan salah satu faktor yaitu motivasi. Dalam hal ini saya sebagai Penulis akan melakukan penelitian motivasi kepada para alumni pendidikan Bahasa mandarin Universitas Widya Kartika yang berprofesi guru di dalam lembaga pendidikan resmi. Metode Penelitian yang Penulis gunakan adalah metode kualitatif deskriptif.
Impelementasi Akad Musyarakah di PT. Niaga Indah Internusa Nana Sumarna
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 6 (2022): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i6.143

Abstract

Sistem musyarakah merupakan pembiayaan dalam bentuk akad kerja sama antara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu dimana masing-masing pihak memberikan kontribusi dana dengan kesepakatan bahwa keuntungan dan resiko akan ditanggung bersama sesuai dengan kesepakatan. Fokus masalah yang diteliti adalah PT Niaga Indah Internusa. Fokus penelitian ini dirinci menjadi beberapa pertanyaan penelitian, berikut: 1) Bagaimana prosedur akad musyarakah di PT Niaga Indah Internusa; 2) Bagaimana mekanisme akad musyarakah di PT Niaga Indah Internusa; 3) Bagaimana implementasi akad musyarakah di PT Niaga Indah Internusa. Tujuan untuk mendeskripsikan implementasi akad musyarakah. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan studi kasus di PT Niaga Indah Internusa. Teknik penggalian data dilakukan dengan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui proses analisis data, display, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian sebagai berikut: 1) Penerapan musyarakah di PT Niaga Indah Internusa menggunakan syirkah Inan, akad kerja sama antara dua orang atau lebih, masing-masing memberikan kontribusi dana dan berpartisipasi dalam kerja; 2) Sebelum memulai bisnis, kedua pihak membuat kesepakatan terlebih dahulu mengenai bagi hasil untuk masing-masing, pembagian keuntungan pada sistem bagi hasil permodalan ini adalah pengelola mendapatkan gaji bulanan serta dividen; 3) Analisis akad pembiayaan musyarakah yang dilakukan PT Niaga Indah Internusa sesuai dengan (Fatwa No. 08/DSN-MUI/IV/2000 tentang akad pembiayaan musyarakah). Merekomendasikan beberapa hal bagi PT Niaga Indah Internusa, yaitu: pertama, segi implementasi, unsur nilai konsistensi masih menjadi problem, untuk itu perlu adanya kesadaran secara integritas mengenai konsistensi, terlebih dalam melaksakanakan tanggung jawab; kedua, segi dampak, output yang dihasilkan masih belum seutuhnya sempurna; ketiga, evaluasi dari sudut pengendalian sejalan dan ke depan mesti harus diperbaiki.
Perlindungan Hukum Terhadap Hak Penghuni Kawasan Perumahan Atas Tempat Pemakaman di Kabupaten Karawang Muhammad Ali Nurdien; Baharudin Jusuf Rijal Zulfikar Habibie
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 6 (2022): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i6.142

Abstract

Rumah merupakan kebutuhan paling dasar dari manusia untuk bisa hidup dan memiliki tempat untuk ditinggali. Kondisi saat ini, dengan pertumbuhan penduduk yang cukup pesat di Kabupaten Karawang dengan banyak berdirinya industri maka kebutuhan akan rumah juga semakin meningkat. Pengembang melihat hal ini sebagai kesempatan yang bagik untuk mengepakkan sayap bisnisnya di bidang properti. Seringkali sejalan dengan pembangunan perumahan yang pesat, tidak diimbangi dengan penyediaan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang mumpuni. Penulisan penelitian ini menggunakan suatu penelitian yuridis normatif yaitu penelitian hukum terhadap asas-asas hukum, peraturan hukum serta perbandingan hukum inventarisasi hukum positif, dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif. Hasil penulisan dalam artikel jurnal ini menguraikan kondisi sebagian potret perumahan yang ada di Kabupaten Karawang, ketentuan hukum mengenai hak penghuni perumahan atas fasilitas umum dan fasilitas sosial yang seharusnya disediakan oleh pengembang perumahan. Serta metode dan beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan hak sebagai penghuni perumahan.
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Berbasis ICT di Madrasah Aliyah Baabussalaam Kota Bandung Dita Handayani; Siti Badriah; Mohamad Erihadiana
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2 No 6 (2022): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v2i6.137

Abstract

Sistem informasi manajemen dapat digambarkan sebagai suatu sistem yang diciptakan untuk melaksanakan pengolahan data yang dapat dimanafaatkan sebagai penunjang pada tugas-tugas rutin, evaluasi, dan pengambilan keputusan untuk memudahkan pengelolaan baik di lembaga pendidikan ataupun lainnya. Saat ini sistem informasi manajemen pendidikan harus mengikuti perkembangan teknologi sehingga dikembangkan dengan system berbasis Information Communication and Technology (ICT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana lembaga-lembaga Pendidikan dapat mengelola sistem informasi berbasis ICT untuk kebutuhan Pendidikan dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem informasi manajemen di MA Baabussalaam Bandung mulai menunjukan sistem informasi berbasis ICT untuk beberapa bagian dari komponen Pendidikan dan pembelajaran, dan harus dikembangkan lebih jauh lagi. Dalam pembelajaran guru harus lebih kreatif dan inovatif menggunakan aplikasi-aplikasi berbasis ICT.

Page 1 of 2 | Total Record : 14