cover
Contact Name
Syarah Siti Maesyaroh
Contact Email
ssyarah077@gmail.com
Phone
+6289618357674
Journal Mail Official
syntaxbandung@gmail.com
Editorial Address
Perum Derwati Mas Jl. Derwati Mas 1, No. 20, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kode Pos 40292
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Syntax Imperatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan dua bulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Imperatif akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan ilmu sosial dan pendidikan. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah atas issue penting dan terkini atau resensi buku ilmiah.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan" : 7 Documents clear
Implementasi Teori Sibernetik pada Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi COVID-19 Erlita Octiana Nur’alimah
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v3i1.146

Abstract

Dampak penyebaran virus corona mengakibatkan lembaga pendidikan melakukan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan platform berbasis internet. Teori yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh yang sangat relevan adalah teori sibernetik. Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi teori sibernetik dan melihat feedback pencapaian peserta didik yaitu melihat 3 komponen kompetensi Science Technology Engineering and Math (STEM), produk, dan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah sebanyak 22 orang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengaplikasian teori sibernetik pada masa pandemi ini sangat menuntut guru dan siswa mengasah kemampuan teknologi informasi dan hasil dari kemampuan kompetensi Science Technology Engineering and Math (STEM), produk, dan karakter menunjukan bahwa kemampuan STEM siswa paling tinggi dibanding produk dan karakter. Selain itu hubungan antara kompetensi STEM dan produk lebih kuat dibanding dengan karakter.
Hubungan Kepribadian dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas V SDN 01 Kalideres Suratinah Suratinah; Ika Lestari; Eka Julinas
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v3i1.144

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen yaitu kepribadian siswa dan konsep diri siswa dengan variabel dependen yaitu hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas lima SDN 01 Kalideres. Metode penelitian korelasional. Data yang diperoleh berdasarkan jenis interval dalam bentuk angka dan juga hasil wawancara dan pengamatan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 5 SDN 01 Kalideres dengan sampel 60 siswa dari kelas V-a dan V-b. Hasil penelitian menggunakan korelasi momen produk. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dalam penelitian ini, dapat dilihat bahwa mungkin ada hubungan positif yang signifikan antara kepribadian siswa dan hasil belajar kewarganegaraan pada siswa kelas lima SDN 01 Kalideres. Kepribadian keluar dari siswa adalah salah satu faktor yang harus diperhitungkan untuk meningkatkan hasil belajar dari pendidikan kewarganegaraan. Semakin keluar kepribadian siswa, semakin tinggi hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa. Di sisi lain, semakin introvert kepribadian siswa, semakin miskin hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. ada hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dan hasil pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Dengan kata lain, semakin tinggi konsep diri siswa, semakin tinggi hasil pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang mereka capai. Hasilnya menunjukkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara kepribadian siswa dan konsep diri serta hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Ini berarti bahwa semakin tinggi kepribadian dan konsep diri siswa, semakin tinggi hasil pembelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa.
Analisis Efektivitas Sistem Fundrasing Berbasis Digital Banking Pada Lazismu Kota Medan Azizah Mudrikah; Muhammad Yafiz
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v3i1.148

Abstract

Peran perbankan merupakan hal yang penting terumata bagi muzakki untuk membayar zakat. Akhir-akhir ini banyak yang melakukan pembayaran zakat melalui transfer bank. Baik itu menggunakan m-banking maupun internet banking. Peristiwa tersebut memperlihatkan bahwa aliran bank untuk membayarkan zakat banyak orang yang tertarik, terutama bagi para muzakki yang tinggal kota besar dengan pekerjaan yang cukup sibuk. untuk menerapkan system tersebut. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas digital banking pada Lembaga Zakat tingkat nasional. Dalam penelitian ini metode yang digunakan ialah metode kualitatif. Muzakki Yang Menggunakan tidak sulit lagi dalam menyetor uang nya ke lazismu karena sudah bisa melalui digital Banking, tapi terdapat pula kelemahan Tidak Semua Muzakki dan Munfiq Memiliki Digital Banking sehingga harus menggunakan celengan akahirat sebagai alat untuk menghimpun dana. Efektivitas penampungan zakat dengan Menggunakan Digital Banking pada LAZISMU Kota Medan saat ini dengan dijabarkan dalam Analisis SWOT di nilai efektif si karenakan Lebih banyak nya Strenght daripada Weakness
The Value Reality of Peace from The Cosmogonic Myth of The Srumbung Gunung Hamlet Iwan Firman Widiyanto
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v3i1.145

Abstract

This research is based on the idea that myth as a form of culture projects the reality of the values ​​that are lived by the community, talking about collective ideals about the form of society that is dreamed of together. In addition, myth also shows the tendency of people to overcome conflict. This study uses an ethnographic qualitative research method. Thus, the data were taken from direct observations and from interviews with community leaders or elders of the Srumbung Gunung hamlet to find out various versions of the myth of the origin of the Srumbung Gunung hamlet. These data are then analyzed using an ideational cultural framework, exploring the cosmogonic myth of Dusun Srumbung Gunung. Seeing the layers of values ​​that wrap around myth, specifically to understand the values ​​that support peace while at the same time seeing the tendency of community patterns to resolve conflicts. Furthermore, the results of this study show that the reality of the value of peace in myth is prioritizing dialogue or deliberation, cooperation and kinship, respect for nature, respect for those who are different and living an attitude of like to work hard, dare to sacrifice in seeking a prosperous life. This myth also shows the tendency of community patterns in dealing with conflict. There is a tendency for some people to take aggressive actions, but on the other hand there are also those who tend to be more preventive, restrictive and self-defense rather than attack. In the end, a deep understanding of culture is important for peace-building efforts to be more effective.
Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ketarunaan Pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Subang Lili Ramdani; Husen Saeful Insan; Hanafiah Hanafiah
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v3i1.149

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dan analisis implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) melalui kegiatan ketarunaan di SMK mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan program PPK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan yang dilakukan menunjukan aspek-aspek perencanaannya telah dijalankan menyesuaikan dengan kondisi dan kemampuan sekolah (SMK) yang bersangkutan, 2) Pengorganisasian menunjukan sesuai dengan azas-azas pengorganisasian, 3) Pelaksanaan sudah masuk kriteria program-program dalam pelaksanaan PPK, 4) Pengawasan sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Pengawasan dilakukan setiap minggu oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Pengawas Bina dan oleh kepala sekolah, bahkan juga diawasi oleh orangtua peserta didik, 5) Hambatannya adalah kurangnya perhatian guru terhadap peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan ketarunaan dan kurangnya kesadaran dari para peserta didik dalam menjalankan kegiatan ketarunaan dan fisik peserta didik yang belum siap dalam menjalankan kegiatan ketarunaan, 6) Solusinya adalah menyelesaikan kendala dengan cara kuratif atau cara yang baru dan berbeda seperti biasanya serta sekolah lebih meningkatkan pembinaan melalui pendekatan afektif, kognitif, dan psikomotorik. Pembahasan pada penelitian ini adalah penelitian ini telah menggambarkan peran manajemen dalam mengatur suatu kegiatan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan terbukti telah memberikan dampak baik bagi pelaksanaan kegiatan tersebut. Simpulan pada penelitian ini adalah implementasi program PPK melalui kegiatan ketarunaan, telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan. Dalam pelaksanaannya sangat mendukung peningkatan kedisiplinan dan tanggung jawab peserta didik
Sekolah Modal Pengetahuan dan Pengalaman dalam Membangun Karakter Siswa Asef Fahrizal; Subaidi Subaidi
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v3i2.120

Abstract

Pendidikan menjadi cerminan bagi keberhasilan suatu karakter bangsa, terutama budaya antri yang akibat kegagalannya menjadi wajah masyarakat di hadapan dunia. Kedisiplinan, rasa malu, saling menghargai adalah sikap-sikap yang timbul dari pendidikan karakter antri yang berhasil. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bentuk-bentuk pendidikan karakter di pendidikan dasar yang perlu dilakukan sejak dini. Penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan metode ethnografi yang berkaitan dengan pendidikan karakter di sekolah dasar. Tujuan penulisan ini adalah untuk menunjukkan pendidikan karakter yang diterapkan di SD Islam Al-Azhar Cairo Yogyakarta dalam bentuk pembiasaan antri dan mengucap salam. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pentingnya dalam menerapakan pendidikan karakter sejak dini dengan pola dan langkah yang tepat. Hal ini dikarenakan masih banyaknya lembaga pendidikan yang belum tepat dalam merepakan pendidikan karakter selama di sekolah, bahkan tidak sedikit sekolah yang masih belum memfokuskan pendidikan karakter di lingkungan sekolah. Pembiasaan antri dan salam yang diterapkan di SD Islam Al-Azhar Cairo Yogyakarta menjadi penting untuk dijadikan objek penelitian, karena menggunakan langkah dan cara yang berbeda dari kebanyakan sekolah yang menerapkan pembiasaan yang serupa.
Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa SD Negeri Serdang Wetan Kabupaten Tangerang Debora Orusvi Roma Putri Saragih; Khaolah Rachma Adzima
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v3i1.147

Abstract

Berbagai negara telah menerapkan social distancing (pembatasan jarak sosial) untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19. Keberadaan virus COVID-19 telah memberikan dampak yang sangat besar hampir di semua bidang, dan bidang pendidikan salah satunya. Dengan cara ini, proses pembelajaran tidak dapat berlangsung secara normal Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa SD Negeri Serdang Wetan. Pembelajaran di SD Serdang Wetan dalam penelitian ini menggunakan pembelajaran daring dengan bimbingan orang tua dan guru disekolah. Siswa melakukan pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsapp grup. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran daring berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh kontribusi pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 7