cover
Contact Name
Syarah Siti Maesyaroh
Contact Email
ssyarah077@gmail.com
Phone
+6289618357674
Journal Mail Official
syntaxbandung@gmail.com
Editorial Address
Perum Derwati Mas Jl. Derwati Mas 1, No. 20, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kode Pos 40292
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Syntax Imperatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan dua bulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Imperatif akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan ilmu sosial dan pendidikan. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah atas issue penting dan terkini atau resensi buku ilmiah.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan" : 5 Documents clear
Pengaturan terhadap Rangkap Jabatan sebagai Menteri sekaligus Pemimpin Daerah dalam Pandangan Politik Hukum Indonesia Dita Rosalia Arini
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Rifa'Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v3i2.156

Abstract

Konsep tatanan pemerintahan yang dirumuskan melalui hukum tata negara yang tertuang dalam tujuan dan cita-cita negara Indonesia, mengharuskan penyelenggaraan tatanan pemerintahan berdasarkan ketentun perundang-undangan yang berlaku, hal ini dikarenakan Indonesia adalah negara hukum. Terlaksananya tugas dan fungsi untuk mencapai tujuan negara tidak terlepas dari pemangku jabatan yang ditunjuk untuk melaksanakan tugas dan fungsinya. Perihal rangkap jabatan menyangkut etika moral dan kultur birokrasi. Permasalahan yang diangkat adalah Apakah fenomena terhadap isu rangkap jabatan diatur dan diperbolehkan dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia? Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan nomatif yuridis. Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat bagaimana berbagai praktik dan regulasi yang memiliki kaitan dengan upaya kultur birokrasi di Indonesia terhadap fenomena rangkap jabatan Hasil dari penelitian menunjukkan tidak adanya aturan undang-undang yang mengatur mengenai larangan rangkap jabatan rangkap jabatan dapat menimbulkan konflik kepentingan. Praktik rangkap jabatan harus dihilangkan dalam penyelenggaran negara. Nilai-nilai etika dan moral dapat dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan suatu negara. Dengan kata lain, rangkap jabatan dapat menimbulkan konflik kepentingan antara masing-masing jabatan yang diduduki
Penerapan Pola Hidup Bersih dalam Upaya Penguatan Pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTS Al-Arief Jati Giliraja 2021 Siti Eltifia; Jauharotul Makniyah
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v3i2.157

Abstract

Kesadaran akan lingkungan tidak akan terjadi apabila tidak ada nilai–nilai kepedulian terhadap lingkungan dalam dirinya yang dapat membangkitkan kesadaran seseorang kepada lingkungannya. Nilai–nilai tersebut menyadarkan seseorang dalam mengenai permasalahan yang ada dilingkungannya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui Kegiatan apa saja yang dilakukan dalam penerapan pola hidup bersih dalam memperkuat pembelajaran Akidah Akhlak untuk kelas VIII di MTS Al-Arief Jati Giliraja serta Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pola hidup bersih dalam upaya memperkuat pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTS Al-Arief Jati Giliraja Peneliti menggunakan pendekatan bidang kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk validitas data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan Ada bebrapa kegiatan bersih-bersih di lembaga Al-Arief, yaitu dlohir dan kegiatan batin, sehingga kegiatan bersih-bersih tidak hanya fisik, tetapi juga spiritual. kebersihan fisik atau terlihat (terlihat oleh mata) seperti, membuang sampah pada tempatnya, melakukan piket kelas setiap hari, dan Bakti Sosial yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali setiap minggu pagi sampai selesai. Pembiasaan hidup bersih yang dimunculkan oleh anak bervariasi, ada anak yang memunculkan pembiasaan perilaku hidup bersih seperti membuang sampah pada tempatnya, menjaga pakaian sehingaga pakaiannya menjadi kotor. Pembiasaan perilaku Hidup bersih tersebut sering dimunculkan oleh anak pada saat menjaga kebersihan sekolah. Hal ini dapat dilihat dari program pembiasaan Perilaku Hidup Besih yang ada di lembaga kita
Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga untuk Membentuk Akhlak Siswa Aspi Nurillah Rahmawati; Rifqi Fauzan Sholeh
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v3i2.160

Abstract

Di masa sulit seperti pandemi ini kegiatan manusia sehari-hari yang terjadi selama 1 tahun terakhir di semua negara khususnya negara Indonesia membuat dibatasinya kegiatan anak pada tempat umum dan belajar dari rumah, kegaiatan peserta didikpun terusik saat melakukan pembelajaran di sekolah, pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga merupakan satu jalan keluar untuk menumbuhkan dan memperlengkapi peserta didik agar mempunyai pemahaman tentang akhlak baik, religious, berperilaku baik, dan sopan santun meskipun harus belajar di rumah. Penelitian ini bertujuan un tuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana proses, materi dan faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam memberikan pendidikan agama islam dalam keluarga untuk membentuk akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan data penelitian kualitatif lapangan (field research) penelitian ini mengharuskan penulis terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengamatan. Dalam proses rata-rata orang tua menggunakan metode yang digunakan rata-rata metode pembiasaan dan nasihat. Materi yang disampaikan yaitu: adab kepada Allah Azza Wa Jalla, adab kepada Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi Wasallam, adab kepada diri sendiri dan adab kepada tumbuhan. Faktor penghambatnya yaitu kurang sadarnya orangtua terhadap pembentukan akhlak dalam keluarga, kemudian penggunaan smartphone yang tidak terkontrol dan faktor pendukungnya yaitu sudah adanya kesadaran orang tua terhadap pentingnya Pendidikan agama Islam dalam keluarga, dan kesadaran, kemandirian anak memudahkan orang tua memberikan materi pembelajaran akhlak khusunya. Dengan itu pencapaian akhlak siswa tidak bisa ditentukan atau tidaknya karena pendidikan akhlak yang bersifat pendidikan bersifat seumur hidup, masih perlu usaha orangtua terhadap pembentukan akhlak dalam keluarga
Pola Komunikasi Interpersonal dalam Membentuk Keluarga Sakinah Mawadah dan Rahmah Mira Santika; Ahmad Zaki Abdul Aziz
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v3i2.161

Abstract

Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang dilakukan dua orang atau lebih yang biasanya tidak diatur secara formal. Komunikasi ini meliputi komunikasi jarak jauh. Salah satunya yang dilakukan oleh TKW dengan keluarganya agar tetap terjalin keharmonisan dalam rumah tangga demi menghasilkan keluarga sakinah mawadah dan rahmah. Komunikasi yang dilakukan TKW dan keluarganya seolah mempunyai jadwal khusus untuk sekedar mengetahui kabar satu sama lain, Hal ini mengingat waktu dan tempat yang jauh berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara TKW dan keluarganya berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Komunikasi jarak jauh yang dilakukan TKW dan keluarganya mempunyai hambatan tersendiri. Cara mereka berkomunikasi dengan keluarganya menjadi alasan utama yang sangat penting untuk tetap menjaga keharmonisan rumah tangga. Komunikasi yang dilakukan oleh TKW dengan keluarganya memang tidak selalu terlaksana dengan baik. Bahkan tidak sering juga mereka melaksanakan komunikasi. Menjaga keharmonisan keluarga yang mereka lakukan memang berbeda-beda cara. Namun kunci utamanya adalah saling percaya satu sama lain dalam keadaan jarak yang jauh dan waktu yang berbeda. Kesimpulan dalam penelitian ini merujuk kepada keinginan setiap orang yang sudah berumah tangga untuk mempunyai keluarga yang harmonis. Keluarga yang jauh dari masalah dan tidak menimbulkan cibiran orang masuk dalam kategori kelurga sakinah mawadah dan Rahmah. Kunci utamanya adalah komunikasi yang terjalin dengan baik. Percaya satu sama lain meski dalam keadaan jarak dan waktu yang berbeda. Itulah yang dilakukan TKW dan keluarganya
Model Pendidikan Karakter Berbasis Full Day School Millati Fitri Amaliya
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-imperatif.v3i2.162

Abstract

Saat ini persoalan moral dan karakter sudah akut dan kronis. Isu karakter buruk dapat dilihat dalam pemberitaan di media sosial, baik cetak maupun elektronik, dengan berita tentang kejahatan warga yang disiarkan hampir setiap hari, pendidikan moral menjadi isu penting dalam dunia pendidikan akhir-akhir ini. Dalam hal ini pembentukan karakter bagi setiap manusia adalah kewajiban yang harus dilakukan terus-menerus tanpa henti, baik kerusakan dan kejahatan yang terjadi saat ini akibat tidak lagi mengamalkan akhlak yang baik sehingga semakin merosot akhlaknya. Oleh karena itu, pembentukan karakter tercermin baik dalam pendidikan formal maupun nonformal. Program full day school atau biasa disebut dengan sekolah penuh waktu merupakan salah satu upaya lembaga pendidikan untuk menanamkan karakter yang baik pada siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Pendidikan karakter melalui system full day school. Penelitian ini menggunakan metode field reserch yang dilakukan di SMP Laboratorium UPI Cibiru. Berdasarkan hasil penelitian bahwa faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter siswa yaitu kuantitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang menjadi tenaga pendidik atau karyawan staff sekolah. Bagaimanapun program dan pembelajaran yang di berikan dari sekolah, tetap memerlukan dukungan atau kerja sama dari orangtua siswa agar program tersebut dapat terlaksanakan sebagaimana mestinya dan mendapatkan hasil yang baik. Pendidikan karakter melalui program full day school dengan pembiasaan setiap hari, cukup efektif membentuk karakter siswa, salah satunya karakter religious serta karakter disiplin

Page 1 of 1 | Total Record : 5