cover
Contact Name
bakhrul huda
Contact Email
bakhrul.huda@uinsby.ac.id
Phone
+6281331303883
Journal Mail Official
el-qist@uinsby.ac.id
Editorial Address
Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya Jl. Jend. A. Yani 117 Surabaya 60237
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
El-Qist : Journal of Islamic Economics and Business (JIEB)
ISSN : 22527907     EISSN : 27160335     DOI : 10.15642/elqist.v10i1.267
el-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) Merupakan jurnal yang terbit dua kali dalam satu tahun, bulan April dan Oktober, berisi kajian-kajian Ekonomi dan Bisnis Islam, baik berupa artikel konsepsional ataupun hasil penelitian
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2018): eL-Qist" : 12 Documents clear
PENGARUH RETURN ON ASSET, RETURN ON EQUITY, DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO TERHADAP TINGKAT BAGI HASIL DEPOSITO MUDHARABAH: Pada Bank Umum Syariah Periode 2012-2017 Laili, Ummiy Fauziyah; Faza, Zulfikar
el-Qist : Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) Vol. 8 No. 1 (2018): eL-Qist
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh return on asset, return on equity, dan financing to deposito ratio terhadap tingkat bagi hasil deposito mudharabah di Bank Umum Syariah pada periode 2012-2017. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan time-series yang diperoleh dari laporan keuangan Bank Umum Syariah dan Statistik Keuangan Bank Indonesia. Sampel yang digunakan yaitu laporan tahunan selama tahun 2012-2017 pada 9 Bank Umum Syariah. Analisis regresi dilakukan untuk uji signifikansi pengaruh pengaruh return on asset, return on equity, dan financing to deposito ratio terhadap tingkat bagi hasil deposito mudharabah. Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa: (a) return on asset berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat bagi hasil deposito mudharabah dikarenakan bank meningkatkan laba dengan menurunkan tingkat bagi hasil deposito mudharabah yang merupakan dana mahal, (b) return on equity tidak berpengaruh terhadap tingkat bagi hasil deposito mudharabah dikarenakan deposito mudharabah tidak termasuk dalam unsur modal, (c) financing to deposit ratio berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat bagi hasil deposito mudharabah dikarenakan pada saat bank menurunkan financing to deposit ratio maka bank akan meningkatkan tingkat bagi hasil tabungan maupun giro dan menurunkan tingkat bagi hasil deposito mudharabah dikarenakan tabungan dan giro yang merupakan dana murah akan mengurangi resiko pengeluran biaya dari deposito mudharabah.
PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP PERILAKU MEMILIH LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DENGAN SIKAP TERHADAP PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING: STUDI PADA MASYARAKAT MUSLIM DESA GAMBIRAN KECAMATAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG Faidah, Ani Nur; Anam, Samsul
el-Qist : Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) Vol. 8 No. 1 (2018): eL-Qist
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan produk terhadap perilaku memilih lembaga keuangan syariah dengan sikap terhadap produk sebagai variabel intervening pada masyarakat muslim Desa Gambiran Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif asosiatif. Subjek penelitian ini ialah masyarakat muslim Desa Gambiran Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi logistik biner, dan analisis jalur dengan bantuan software IBM SPSS Statistics Version 24, Microsoft Excel 2010, dan interactive calculation tool for mediation tests.. Hasil pengujian data dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga hasil uji analisis tergantung pada data yang diolah pada tiap hipotesisnya. Pertama, hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan produk dengan sikap terhadap produk. Kedua, hasil uji regresi logistik biner menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan produk dan sikap terhadap produk dengan perilaku memilih lembaga keuangan syariah. Dan ketiga, hasil analisis jalur menunjukkan bahwa dalam penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan produk dengan perilaku memilih lembaga keuangan syariah melalui sikap terhadap produk. Sehingga dengan demikian, sikap terhadap produk merupakan variabel pemediasi (intervening) dari pengaruh antara pengetahuan produk dengan perilaku memilih lembaga keuangan syariah. Adapun jenis pemediasinya adalah partial mediation. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan untuk lembaga keuangan syariah dan pemerintah lebih mengintensifkan lagi sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang lembaga keuangan syariah khususnya terkait dengan karekteristik produk, akibat penggunaan produk dan pencapaian nilai produk, dengan cara memanfaatkan media potensial yang belum tergarap di Desa Gambiran, seperti memanfaatkan masjid, musala, pondok pesantren, Taman Pendidikan Al-Quran dan majelis taklim sebagai media sosialisasi dan edukasi. Dan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan untuk lebih mengeksplor faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku memilih selain pengetahuan produk dan sikap terhadap produk, seperti persepsi atau lainnya.
STRATEGI COLLECTION DALAM PENANGANAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH KONSUMTIF DI BNI SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU UNIT MIKRO SIDOARJO Umam, Achmad Fawaizul; Nurlailah, Nurlailah
el-Qist : Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) Vol. 8 No. 1 (2018): eL-Qist
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam produk pembiayaan di perbankan syariah, salah satu bentuk pembiayaan penyaluran dana adalah pembiayaan mura@bahah. Pembiayaan murabahah merupakan jual beli barang pada harga asal dengan tambahan keuntungan yang telah disepakati antara pihak bank dan nasabah. Produk pembiayaan murabahah yang ditawarkan oleh pihak BNI Syariah KCP Unit Mikro Sidoarjo dapat dibagi menjadi 2 hal, yaitu pembiayaan murabahah produktif dan pembiayaan murabahah Konsumtif. Pembiayaan murabahah konsumtif merupakan salah satu bentuk pembiayaan yang mendominasi di Bank BNI Syariah KCP Unit Mikro Sidoarjo. Merujuk data tabel pembiayaan murabahah konsumtif di BNI Syariah KCP unit mikro Sidoarjo pada tahun 2015 (Rp 8.840 Milyar), 2016 (Rp 12.043 Milyar), 2017 (Rp 14.776), diketahui dalam setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Sebelum terjadinya akad murabahah konsumtif pihak bank syariah melakukan analisis pembiayaan, bertujuan untuk mengurangi risiko pembiayaan bermasalah atau non performing finance. Penanganan pembiayaan bermasalah BNI Syariah KCP Unit Mikro menggunakan devisi collection. Devisi collection adalah devisi khusus untuk menangani pembiayaan nasabah yang bermasalah dan menjadikan pembiayaan itu lancar kembali.
PENGARUH NILAI OUTSTANDING SUKUK KORPORASI TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) INDONESIA: PERIODE TRIWULANAN TAHUN 2011-2017 Faiza, Nurlaili Adkhi Rizfa; Shafiyatun, Shafiyatun
el-Qist : Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) Vol. 8 No. 1 (2018): eL-Qist
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis pengaruh investasi berupa sukuk korporasi terhadap PDB Indonesia dengan menggunakan data time series mulai tahun 2011-2017 periode triwulanan. Metode penilitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Penelitian ini diarahkan untuk membangun fakta dengan menyelidiki hubungan antara investasi sukuk korporasi terhadap PDB, kemudian dianalisa secara deskriptif berdasarkan metode statistik dan dicari faktor penyebab dari fenomena hasil penelitian tersebut. Uji pengaruh dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linier sederhana bantuan software SPSS 21.00. Hasil uji model pengaruh investasi sukuk korporasi terhadap PDB menunjukan bahwa sukuk korporasi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dalam hal ini adalah PDB. Sukuk mempengaruhi pertumbuhan ekonomi melalui PDB melalui pendanaan dari penerbitan sukuk korporasi (corporate sukuk), dimana ketika suatu perusahaan menerbitkan surat utang atau sukuk maka perusahaan tersebut akan mendapatkan dana ketika surat utang tersebut telah terjual. Adanya tambahan dana dari penerbitan sukuk dapat meningkatkan kapasitas produksi. Kapasitas produksi yang meningkat diharapkan meningkatkan produksi menjadi lebih banyak, sehingga perekonomian dapat tumbuh. Pada akhirnya peningkatan output tersebut yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Tantangan yang dihadapi adalah share sukuk terhadap obligasi yang masih stagnan di kisaran 5%. Masalah dalam pengembangan sukuk korporasi di Indonesia lebih didominasi aspek pelaku pasar dan regulasi. Sehingga diperlukan kajian terkait supply dan demand sukuk korporasi. Dari sisi supply antara lain mendorong BUMN untuk turut serta listing (mengeluarkan) efek sukuk korporasi. Sementara sisi demand, yakni mendorong perbankan syariah untuk turut menempatkan dananya di sukuk. Literasi kepada masyarakat mengenai sukuk juga sangat diperlukan.
MODEL PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL BERBASIS MAHASISWA PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT Yudha, Ana Toni Roby Candra; Dusturiya, Nyda
el-Qist : Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) Vol. 8 No. 1 (2018): eL-Qist
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengkaji serta menganalisis mengenai pola kegiatan, mengetahui dan berusaha mengembangkan model kewirausahaan dengan pendekatan sosial. Hal tersebut yang selanjutnya diharapkan mampu dijadikan bahan penambah referensi dalam penyusunan policy yang tentunya yang berkaitan dengan sistem dan model kewirausahaan sosial. Pendekatan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah kualitatif, dengan strategi studi kasus. Sumber data yang digunakan berasal dari informan, yang berlatar belakang ahli, direksi, dan mahasiswa selaku relawan kegiatan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber dan triangulasi waktu, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan landasan teori yang bersesuaian. Konsep dan praktek kegiatan pengembangan yang dilakukan oleh lembaga pengelola zakat (LPZ) melibatkan banyak stakeholders mulai dari pihak internal lembaga, relawan, dan komunitas yang disebut komunitas Sahabat Muda. Praktik pelatihan kompetensi terbagi menjadi dua tahapan besar yaitu proses before dan after yaitu proses rekrut relawan sebelum dan setelah adanya komunitas sahabat muda. Adapun konsep kompetensi yang dikembangkan terbagi menjadi beberapa fase. Kompetensi utama antara lain fundrising, sahabat peduli, bisnis sosial, dan pelayanan donatur. Kompetensi penunjang antara lain administrasi, keuangan, HRD, dan rumah tangga. Kompetensi yang dikuasai tersebut bersesuaian dengan dimensi social entrepreneurship yaitu sociality, innovation, dan market orientation. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi model rujukan dalam kegiatan pengembangan kewirausahaan sosial, yang dikembangkan tidak hanya pada lembaga nirlaba saja melainkan juga pada lembaga yang lain, yang berbasis pada profitabilitas. Kewirausahaan sosial sangat jelas tampak bahwa motif dan nilai yang diusung adalah non-profit, sehingga lebih mengutamakan nilai-nilai kedermawanan, serta nilai sosial lainnya yang relevan. Penelitian ini merupakan hasil pengembangan dari penelitian-penelitian sebelumnya yang memiliki relevansi dalam skup pembahasan social entrepreneur.
ANALISIS STRATEGI INTEGRATED MARKETING DAN ISLAMIC EXPERIENTIAL MARKETING PRODUK SIMPANAN KENCLENG KOPERASI SYARIAH DALAM UPAYA MENARIK MINAT ANGGOTA PADA KOPERASI SYARIAH (KOPSYAH) MANFAAT SURABAYA Tantriana, Deasy; Fauziah, Nujullah Hanif
el-Qist : Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) Vol. 8 No. 1 (2018): eL-Qist
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah tentang strategi integrated marketing apa yang digunakan KOPSYAH Manfaat Surabaya dalam upaya menarik minat amggota, dan penerapan atau pelaksanaan islamic experiential marketing dalam produk simpanan syariah serta kendala-kendala apa saja dalam memasarkan produk simpanan di KOPSYAH Manfaat Surabaya. Hasil penelitian yang diperoleh adalah strategi integrated marketing yang digunakan oleh KOPSYAH Manfaat yaitu mengandalkan social media. Seperti, facebook, instagram, blog, tweeter, siaran radio islami. Dari semua aplikasi social media yang digunakan yang paling mudah direspon anggota yaitu facebook dan siaran radio islami. Dari situlah upaya-upaya untuk menarik anggota untuk bergabung dalam KOPSYAH Manfaat Surabaya. Dengan adanya produk baru yaitu produk KENCLENG yang lahir dari kegiatan pemberdayaan. Sampai saat ini kedua strategi marketing sangatlah direspon baik oleh masyarakat. Dengan bukti adanya peningkatan anggota dari tahun 2016 bulan Novermber sampai tahun 2017 sebesar 80% tingkat penambahan anggota untuk produk KENCLENG sendiri.
PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP PERILAKU MEMILIH LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DENGAN SIKAP TERHADAP PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING: STUDI PADA MASYARAKAT MUSLIM DESA GAMBIRAN KECAMATAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG Ani Nur Faidah; Samsul Anam
El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) Vol. 8 No. 1 (2018): eL-Qist
Publisher : Islamic Economics Department, Faculty of Islamic Economics and Business, Sunan Ampel State Islamic University, Surabaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/elqist.2018.8.1.1524-1546

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan produk terhadap perilaku memilih lembaga keuangan syariah dengan sikap terhadap produk sebagai variabel intervening pada masyarakat muslim Desa Gambiran Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif asosiatif. Subjek penelitian ini ialah masyarakat muslim Desa Gambiran Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi logistik biner, dan analisis jalur dengan bantuan software IBM SPSS Statistics Version 24, Microsoft Excel 2010, dan interactive calculation tool for mediation tests.. Hasil pengujian data dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga hasil uji analisis tergantung pada data yang diolah pada tiap hipotesisnya. Pertama, hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan produk dengan sikap terhadap produk. Kedua, hasil uji regresi logistik biner menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan produk dan sikap terhadap produk dengan perilaku memilih lembaga keuangan syariah. Dan ketiga, hasil analisis jalur menunjukkan bahwa dalam penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan produk dengan perilaku memilih lembaga keuangan syariah melalui sikap terhadap produk. Sehingga dengan demikian, sikap terhadap produk merupakan variabel pemediasi (intervening) dari pengaruh antara pengetahuan produk dengan perilaku memilih lembaga keuangan syariah. Adapun jenis pemediasinya adalah partial mediation. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan untuk lembaga keuangan syariah dan pemerintah lebih mengintensifkan lagi sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang lembaga keuangan syariah khususnya terkait dengan karekteristik produk, akibat penggunaan produk dan pencapaian nilai produk, dengan cara memanfaatkan media potensial yang belum tergarap di Desa Gambiran, seperti memanfaatkan masjid, musala, pondok pesantren, Taman Pendidikan Al-Quran dan majelis taklim sebagai media sosialisasi dan edukasi. Dan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan untuk lebih mengeksplor faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku memilih selain pengetahuan produk dan sikap terhadap produk, seperti persepsi atau lainnya.
STRATEGI COLLECTION DALAM PENANGANAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH KONSUMTIF DI BNI SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU UNIT MIKRO SIDOARJO Achmad Fawaizul Umam; Nurlailah Nurlailah
El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) Vol. 8 No. 1 (2018): eL-Qist
Publisher : Islamic Economics Department, Faculty of Islamic Economics and Business, Sunan Ampel State Islamic University, Surabaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/elqist.2018.8.1.1547-1564

Abstract

Dalam produk pembiayaan di perbankan syariah, salah satu bentuk pembiayaan penyaluran dana adalah pembiayaan mura@bahah. Pembiayaan murabahah merupakan jual beli barang pada harga asal dengan tambahan keuntungan yang telah disepakati antara pihak bank dan nasabah. Produk pembiayaan murabahah yang ditawarkan oleh pihak BNI Syariah KCP Unit Mikro Sidoarjo dapat dibagi menjadi 2 hal, yaitu pembiayaan murabahah produktif dan pembiayaan murabahah Konsumtif. Pembiayaan murabahah konsumtif merupakan salah satu bentuk pembiayaan yang mendominasi di Bank BNI Syariah KCP Unit Mikro Sidoarjo. Merujuk data tabel pembiayaan murabahah konsumtif di BNI Syariah KCP unit mikro Sidoarjo pada tahun 2015 (Rp 8.840 Milyar), 2016 (Rp 12.043 Milyar), 2017 (Rp 14.776), diketahui dalam setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Sebelum terjadinya akad murabahah konsumtif pihak bank syariah melakukan analisis pembiayaan, bertujuan untuk mengurangi risiko pembiayaan bermasalah atau non performing finance. Penanganan pembiayaan bermasalah BNI Syariah KCP Unit Mikro menggunakan devisi collection. Devisi collection adalah devisi khusus untuk menangani pembiayaan nasabah yang bermasalah dan menjadikan pembiayaan itu lancar kembali.
PENGARUH NILAI OUTSTANDING SUKUK KORPORASI TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) INDONESIA: PERIODE TRIWULANAN TAHUN 2011-2017 Nurlaili Adkhi Rizfa Faiza; Shafiyatun Shafiyatun
El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) Vol. 8 No. 1 (2018): eL-Qist
Publisher : Islamic Economics Department, Faculty of Islamic Economics and Business, Sunan Ampel State Islamic University, Surabaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/elqist.2018.8.1.1577-1596

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis pengaruh investasi berupa sukuk korporasi terhadap PDB Indonesia dengan menggunakan data time series mulai tahun 2011-2017 periode triwulanan. Metode penilitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Penelitian ini diarahkan untuk membangun fakta dengan menyelidiki hubungan antara investasi sukuk korporasi terhadap PDB, kemudian dianalisa secara deskriptif berdasarkan metode statistik dan dicari faktor penyebab dari fenomena hasil penelitian tersebut. Uji pengaruh dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linier sederhana bantuan software SPSS 21.00. Hasil uji model pengaruh investasi sukuk korporasi terhadap PDB menunjukan bahwa sukuk korporasi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dalam hal ini adalah PDB. Sukuk mempengaruhi pertumbuhan ekonomi melalui PDB melalui pendanaan dari penerbitan sukuk korporasi (corporate sukuk), dimana ketika suatu perusahaan menerbitkan surat utang atau sukuk maka perusahaan tersebut akan mendapatkan dana ketika surat utang tersebut telah terjual. Adanya tambahan dana dari penerbitan sukuk dapat meningkatkan kapasitas produksi. Kapasitas produksi yang meningkat diharapkan meningkatkan produksi menjadi lebih banyak, sehingga perekonomian dapat tumbuh. Pada akhirnya peningkatan output tersebut yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Tantangan yang dihadapi adalah share sukuk terhadap obligasi yang masih stagnan di kisaran 5%. Masalah dalam pengembangan sukuk korporasi di Indonesia lebih didominasi aspek pelaku pasar dan regulasi. Sehingga diperlukan kajian terkait supply dan demand sukuk korporasi. Dari sisi supply antara lain mendorong BUMN untuk turut serta listing (mengeluarkan) efek sukuk korporasi. Sementara sisi demand, yakni mendorong perbankan syariah untuk turut menempatkan dananya di sukuk. Literasi kepada masyarakat mengenai sukuk juga sangat diperlukan.
PENGARUH RETURN ON ASSET, RETURN ON EQUITY, DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO TERHADAP TINGKAT BAGI HASIL DEPOSITO MUDHARABAH: Pada Bank Umum Syariah Periode 2012-2017 Ummiy Fauziyah Laili; Zulfikar Faza
El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) Vol. 8 No. 1 (2018): eL-Qist
Publisher : Islamic Economics Department, Faculty of Islamic Economics and Business, Sunan Ampel State Islamic University, Surabaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/elqist.2018.8.1.1597-1617

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh return on asset, return on equity, dan financing to deposito ratio terhadap tingkat bagi hasil deposito mudharabah di Bank Umum Syariah pada periode 2012-2017. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan time-series yang diperoleh dari laporan keuangan Bank Umum Syariah dan Statistik Keuangan Bank Indonesia. Sampel yang digunakan yaitu laporan tahunan selama tahun 2012-2017 pada 9 Bank Umum Syariah. Analisis regresi dilakukan untuk uji signifikansi pengaruh pengaruh return on asset, return on equity, dan financing to deposito ratio terhadap tingkat bagi hasil deposito mudharabah. Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa: (a) return on asset berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat bagi hasil deposito mudharabah dikarenakan bank meningkatkan laba dengan menurunkan tingkat bagi hasil deposito mudharabah yang merupakan dana mahal, (b) return on equity tidak berpengaruh terhadap tingkat bagi hasil deposito mudharabah dikarenakan deposito mudharabah tidak termasuk dalam unsur modal, (c) financing to deposit ratio berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat bagi hasil deposito mudharabah dikarenakan pada saat bank menurunkan financing to deposit ratio maka bank akan meningkatkan tingkat bagi hasil tabungan maupun giro dan menurunkan tingkat bagi hasil deposito mudharabah dikarenakan tabungan dan giro yang merupakan dana murah akan mengurangi resiko pengeluran biaya dari deposito mudharabah.

Page 1 of 2 | Total Record : 12