cover
Contact Name
Frenta Helena Simaibang
Contact Email
ojslppmumht@gmail.com
Phone
+628119114381
Journal Mail Official
ojslppmumht@gmail.com
Editorial Address
Kampus A Universitas Mohammad Husni Thamrin Jl. Raya Pondok Gede No 23-25 Kramatjati, Jakarta Timur
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
ISSN : 25493310     EISSN : 26232901     DOI : 10.37012/jipmht
Core Subject : Education,
Jurnal Inovasi Pendidikan merupakan jurnal yang berisi tentang artikel ilmiah dalam bidang ilmu pendidikan yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa serta para peneliti.
Articles 54 Documents
Pengaruh Alat Permainan Edukatif dan Motivasi Belajar terhadap Kreativitas Anak 5-6 Tahun RA I’anatush Shibyan Al-Irsyad 2013 Sopiah, Sopiah
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari bukti empiris tentang pengaruh alat permainan edukatif dan motivasi belajar terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun.Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Responden penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di I’anatush Shibyan Al-Irsyad sebanyak 40 anak yang dipilih secara acak sederhana dari jumlah siswa keseluruhan 80 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan untuk instrumen kreativitas adalah tes berupa soal dalam bentuk uraian dan instrumen motivasi belajar adalah angket dengan skala likert. Instrumen dikalibrasi dengan memakai uji validitas butir dan koefisien reliabilitas. Validitas butir dihitung dengan memakai koefisien korelasi product moment, sedangkan koefisien reliabilitas instrument dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data diuji dengan normalitas populasi (uji Liliefors) dan dengan homogenitas varians populasi (uji Barlett). Analisis data menggunakan annava dua jalur. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) kreativitas anak yang diberi alat permainan edukatif buatan lebih tinggi daripada anak yang diberi alat permainan edukatif pabrik. Dari gambaran ini dapat dikatakan bahwa untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini dapat digunakan alat permainan edukatif buatan; (2) Terdapat interaksi antara alat permainan edukatif dan motivasi belajar terhadap kreativitas anak usia dini, (3) Kreativitas anak yang diberi alat permainan edukatif buatan pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi alat permainan edukatif pabrik. Dengan demikian untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini yang memiliki motivasi belajar tinggi dapat menggunakan alat permainan edukatif buatan; (4) Kreativitas anak yang diberi alat permainan edukatif pabrik pada kelompok siswa motivasi belajar rendah lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi alat permainan edukatif buatan. Dengan demikian untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini yang memiliki motivasi belajar rendah dapat digunakan alat permainan edukatif pabrik.
Hubungan Peran Pembimbing Akademik dengan Prestasi Belajar Fitri, Dina Martha; Nurhidayah, Nurhidayah
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk diketahuinya hubungan peran pembimbing akademik dengan prestasi belajar. Metode penelitian menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Dengan populasi mahasiswa D-III Kebidanan tingkat II dan III. Dengan jumlah sampel 85 orang. Data yang dipakai adalah data primer menggunakan kuisoner yang di uji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Diolah dan dianalisis menggunakan Chi Square. Hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar yang memuaskan yaitu sebanyak 78 (91,7%). Dan terdapat 66 (77,6%) responden mengatakan bahwa peran dosen pembimbing akademik aktif. Hasil uji staistik chi-square di dapatkan bahwa Ha di terima dengan kesimpulan bahwa ada hubungan yang bermakna antara peran pembimbing akademik dengan prestasi belajar responden. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Mayoritas mahasiwa D-III Kebidanan Tingkat II dan III memiliki prestasi belajar yang memuaskan dan memiliki dosen pembimbing akademik yang berperan aktif. Sehingga di sarankan untuk meningkatkan peran aktif sebagai motivator pada mahasiswa.
The Application of Task-Based Learning to Improve the Quality of The Teaching and Learning Process of Reading in Indonesian Secondary Schools Context Wulandari, Maria; Syafrianto, Syafrianto
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This paper aims to discover the feasibility and the applicability of task-based learning in improving the quality of the teaching and learning process (TLP) of reading in Indonesian secondary schools in relation to the teaching of genre or text types as required by the national curriculum. This is an action research study which is qualitative in nature. The data were obtained through observations and interviews with the students and the collaborators. They were in the forms of field notes, interview transcripts, and photographs. In addition, this research applied the investigator triangulation, the theoretical triangulation and the time triangulation. The actions implemented in this research are discussing new vocabulary items and guessing meaning from context, applying skimming and scanning strategies, discussing grammar related to the text, conducting a question/answer game, providing various materials from different sources, and applying group/pair work. The results of the research show that the students’ motivation increased. They were more enthusiastic in learning reading. Moreover, the students were interested in various materials presented by the teacher. They could get involved actively in the reading learning process. In addition, the classroom interaction also increased. The students could interact very well with other students and the teacher. In conclusion, the use of task-based approach with its accompanying actions is effective to improve the teaching and learning process of reading.
Pengaruh Model Pembelajaran BCCT dan Kemandirian Terhadap Kreativitas Bermain Balok Anak Usia 4-6 Tahun di Kecamatan Ciracas 2012 Mundariyah, Sri
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari bukti empiris tentang pengaruh model pembelajaran dan kemandirian terhadap kreativitas bermain balok. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Responden penelitian adalah anak usia 4-6 tahun di kecamatan Ciracas sebanyak 44 anak yang dipilih secara acak sederhana dari jumlah siswa keseluruhan 115 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan untuk instrumen kreativitas bermain balok adalah pengamatan dan instrumen kemandirian adalah dengan angket. Instrumen dikalibrasi dengan memakai uji validitas butir dan koefisien reliabilitas. Validitas butir dihitung dengan memakai koefisien korelasi product moment, sedangkan koefisien reliabilitas instrument dihitung dengan rumus Alpha Cronbach untuk instrumen kemandirian dan Hyot untuk instrumen kreativitas bermain balok. Persyaratan analisis data diuji dengan normalitas populasi (uji Liliefors) dan dengan homogenitas varians populasi (uji Barlett). Analisis data menggunakan annava dua jalur. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) kreativitas anak yang diberi model pembelajaran BCCT lebih tinggi daripada anak yang diberi model pembelajaran konvensional. Dari gambaran ini dapat dikatakan bahwa untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini dapat digunakan model pembelajaran BCCT; (2) Kreativitas anak yang diberi model pembelajaran BCCT pada kelompok siswa yang memiliki kemandirian tinggi lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi model pembelajaran konvensional. Dengan demikian untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini yang memiliki kemandirian tinggi dapat menggunakan model pembelajaran BCCT (3) Kreativitas anak yang diberi model pembelajaran konvensional pada kelompok siswa kemandirian rendah lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi model pembelajaran BCCT. Dengan demikian untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini yang memiliki kemandirian rendah dapat digunakan model pembelajaran konvensional; (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian terhadap kreativitas bermain balok anak usia dini.
Mengembangkan Kemampuan Menulis Narasi Berdasarkan Teks Wawancara Iryani, Endang
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ketrampilan menulis masih dianggap sebagai hal yang menyulitkan bagi siswa, padahal kemampuan menulis merupakan kemampuan yang menunjang segala belajar, karena hampir semua pelajaran menggunakan tulisan dalam ujian dan tugas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis, terutama mengembangkan karangan narasi berdasarkan teks wawancara. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas I SMAN 8 Tangerang sebanyak 48 siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan siswa dalam mengembangkan karangan tersebut masih kurang. Dilihat dari segi persentase, siswa memperoleh nilai pada kategori sangat baik tidak ada,  kategori baik 6 orang atau 12,5%, kategori cukup 10 orang atau 20,8%, kategori kurang 7 orang atau 14,5% dan sisanya 25 orang atau 52,0% sangat kurang. Adapun skor rata-rata yang diperoleh mereka adalah 45,39 dan dibulatkan menjadi 45. Dengan demikian kemampuan mengembangkan karangan narasi berdasarkan teks wawancara oleh siswa kelas I SMAN 8 Tangerang tergolong kurang.
Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Perencanaan belajar (Study kasus pada siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan) Iryani, Endang
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengajar atau guru dengan perencanaan mengajar merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kemampuan guru dalam merencanakan belajar mengajar di dalam kelas mampu memberikan penilaian terhadap kemampuan seorang guru. Jika guru tidak bisa membuat perencaan belajar yang sesuai dengan keinginan siswanya dikelas maka guru tersebut dianggap gagal untuk menjadi seorang tenaga pendidik. Perencanaan belajar yang dibuat guru akan menjadi satu kesatuan dengan harapan siswa dikelas (motivasi). Guru bisa mengetahui harapan dan keinganan siswa dengan menganalisa dari karakter siswa tersebut. Motivasi yang melekat dalam diri siswa juga mempengaruhi gaya, dan tujuan siswa belajar dikelas. Sebab, motivasi secara tidak langsung mampu memberikan dorongan tersendiri terhadap keinginan siswa dalam belajar. Pada penelitian ini, peneliti mencoba mengadakan analisa terhadap perencanaan guru dan motivasi siswa dalam belajar mengajar. Peneliti mengambil objek pada siswa kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Dengan penelitian kuantitatif dan metodepenelitian T-Test, kesimpulan dari penelitian ini adalah: a) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif perencanaan belajar siswa dengan motivasi belajar siswa pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Hal ini ditunjukkan dengan signifikansi koefisien thitung sebesar 10,115 pada taraf signifikansi 0,05. Dari hasil perhitungan diatas diperoleh nilai thitung (10.115) ttabel (1,684), maka Ho ditolak dan Hi diterima atau dengan kata lain bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perencanaan belajar siswa dengan motivasi belajar siswa pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Hasil statistik tersebut menunjukkan bahwa perencanaan belajar siswa memberikan kontribusi yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Artinya makin baik perencanaan belajar siswa, maka akan semakin meningkat pula motivasi belajar siswa pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Perencanaan belajar siswa ditentukan olehindikator seperti psikologis, social, fisik, financial, pemenuhan kebutuhan, upah, keamanan kerja, kondisi kerja,status, prosedur, prestasi, pengakuan, pekerjaan, tanggung jawab, kemajuan. b) Dari hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan dapat dihubungi oleh perencanaan belajar siswa dengan signifikansi thitung 10.539 pada taraf signifikansi 0,05.Temuan tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan perencanaan belajar siswa secara bersama-sama dengan motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan. Prestasibelajar dipengaruhi oleh indikator seperti ketelitian, fokus, bersikap adil, rasional, gunakan waktu, kecakapan, menyelesaikan tugas, persaingan yang sehat, perilaku, mengarahkan, iklim sekolah, potensi, jenjang pendidikan, melatih siswa, faedah.
THE IMPROVING STUDENTS’WRITING SKILL THROUGH CLUSTERING TECHNIQUE megawati, megawati
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Students four grade semester English Education Department have difficult in writing. They have  limitation in English vocabulary building, students didn’t understand  systematically in writing. They usual use common words in writing English so that they weak in writing skill. Lecturer choose clustering technique to improve students’writing skill. The advantages this technique can mapp students’mind, an idea or theme with symbols and diagram after that they can improve become written or text. Furthermore all of the content in which they want to write based on the outline. This research aim to know improving students’writing skill  through clustering technique on students STKIP Kusuma Negara, Jakarta. It is qualitative research using classroom action research method. It was conducted two cycle. Each of cycle consist of four steps. There are planning, acting, observing and reflecting. This research was conducted with the subject twenty five students in fourth semester English Education STKIP Kusuma Negara Jakarta. Data were collected  through interview, observation and test. The result of this research is improving students’writing skill through Clustering Technique showed an increasing percentage and average score. Cycle I was  32 % students pass in writing skill or the average score is 73.28, in Cycle II was 88 % students pass in writing skill or the average score is 81.6. The students given positive responses, they were enthusiastic and motivated when they written in English by Clustering Technique. Based on the result, it  can be concluded Clustering Technique could improve the students’writing skill on STKIP Kusuma Negara.
Pengaruh Konsep Diri Dan Sikap Belajar Terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa SMP Swasta Angraeni, Noerlina
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh konsep diri dan sikap belajar siswa secara bersama-sama terhadap kemapuan berbahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Sampel yang diambil sebanyak 65 siswa dengan teknik acak sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta di Kecamatan Cilodong, Kota Depok. Pengumpulan data dilakukan penyebaran angket langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistic deskriptif seperti mencari mean, median, standar deviasi dan statistik inferensial yaitu untuk mencari koefisien korelasi sederhana dan ganda yang dilanjtkan dengan uji signifikasi koefisien korelasi dengan uji t. penelitian dini dilakukan pada bulan Januari. Hasil penelitian menunjukan : 1) Ada pengaruh positif konsep diri dan sikap belajar siswa terhadap kemampuan berbahasa Inggris dengan skor koefisien korelasi sederhana r = 0,767 yang signifikan dan skor koefisien determinasi r2 = 0,589 yang berarti bawha konstribusi konsep diri dan sikap belajar siswa terhadap kemampuan berbahasa Inggris sebesar 58,9%. 2) Adanya pengaruh posotif konsep diri dan sikap belajar siswa terhadap kekampuan berbahasa Inggris dengan skor koefisien korelasi sederhana r = 0,677 yang siginfikan dengan t hitung (1,751) t tabel (1,671) pada α = 5% (0,05), dan skor koefisien korelasi = 0,589, yang berarti bahwa kontribusi konsep diri terhadap kemampuan berbahasa Inggris sedang. 3) Terhadap pengaruh sikap belajar siswa terhadap kemampuan berbahasa Inggris dengan hitung ttabel atau (2,731 1,671) pada α = 5% (0,05). Hasil penelitian ini, terbukti bahwa konsep diri dan sikap belajar siswa sangat berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalan berbahasa Inggris.
Pengaruh Penyusunan Materi Ajar dengan Proses Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Jeungjing 1 Cisoka Kabupaten Tangerang Iryani, Endang
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), dimana secara mendasar pendidikan mempunyai peranan meningkatkan kemampuan dasar manusia untuk dapat memanfaatkan, mengembangkan, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Perumusan Masalah : a) Apakah terdapat hubungan Materi Pembelajaran dengan Proses belajar siswa pada SDN 1 Jeungjing Cisoka. Tujuan Penelitian: a) Untuk mengetahui hubungan Materi Pembelajaran dengan Proses belajar siswa pada SDN 1 Jeungjing Cisoka. Hipotesis penelitian adalah adanya hubungan Materi Pembelajaran dengan Proses belajar siswa pada SDN 1 Jeungjing Cisoka. Kesimpulan: 1) Berdasarkan perhitungan hasil regresi diperoleh nilai thitung (6.776) ttabel (1,684). Hal ini menunjukkan bahwa koefisien regresi variabel Materi Pembelajaran berpengaruh signifikan dengan Proses belajar siswa pada hubungan Materi Pembelajaran dengan Proses belajar siswa pada SDN 1 Jeungjing Cisoka. 2) Dari uji anova diperoleh Fhitung (6.776) dengan nilai Ftabel (1,684), hal ini menunjukkan bahwa model regresi variabel Materi Pembelajaran berpengaruh signifikan dengan Proses belajar siswa pada hubungan Materi Pembelajaran dengan Proses belajar siswa pada SDN 1 Jeungjing Cisoka.
An Analysis of Teacher Strategies on The Eleventh Grade Students Learning Activities in EFL Classroom at SMA Babus Salam Tangerang Iskandar, Deni; Lusiana, Lusiana
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Research on “An Analysis of teacher’s strategies on the eleventh-grade students learning activities in EFL classroom at SMA Babus Salam” aimed at finding out the strategies that had been implemented by the English teacher related to the complexity of students in the Islamic boarding school. The approach used in this research was qualitative approach with intrinsic case study as its method. The instrument used in this research was observation and interview. The findings revealed that the English teacher did not rely on specific strategy from the particular method but she used various strategies in order to accomplish the objective of the learning. In addition, the findings also showed that the strategies had helped the students internalizing what they had learned into a real practice. Also, the strategies have provided them with sufficient exposure and opportunity to practice the target language and to accomplish the objective of the learning.