cover
Contact Name
Sovi Septania
Contact Email
sovi.septania@gmail.com
Phone
+628117205670
Journal Mail Official
jurnalpsikologipsyche@gmail.com
Editorial Address
Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No. 14 Kedaton Labuhan Ratu Bandar Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Psyche: Jurnal Psikologi
ISSN : 26860430     EISSN : 26556936     DOI : https://doi.org/10.36269/psyche.v2i2.171
PSYCHE: Jurnal Psikologi published by Psychology Faculty Universitas Muhammadiyah Lampung. Psyche aims to facilitate the process of interaction, discussion, and further discussion of the development of psychology in Indonesian society. Psyche consist topics related to clinical psychology, industry and organization, education, development, social and islamic psychology. Psyche accepts various research methods, both quantitative and qualitative methods. Psyche will be published bi-annually every February and August and consist of 8 selected articles.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2020)" : 8 Documents clear
GAMBARAN MOTIVASI KERJA PADA KARYAWAN AIRPORT COMPANY Lisma Aisyatul Azizah; Anissa Lestari Kadiyono; Marina Sulastiana
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v2i2.171

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat motivasi karyawan pada salah satu perusahaan pengelolaan bandara di Indonesia. Instrumen alat ukur yang digunakan adalah kuesioner motivasi kerja yang diturunkan dari teori motivasi Victor H. Vroom. Kuesioner yang berisi 52 item diisi secara self-report oleh 73 karyawan tetap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 54% karyawan memiliki tingkat motivasi yang moderat. Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan skor motivasi pada laki–laki dan perempuan.  Dimensi yang paling berkontribusi terhadap motivasi kerja karyawan adalah dimensi valence diikuti dengan dimensi expectancy, dan instrumentality. Hal ini menunjukkan bahwa reward menjadi faktor penting dalam membentuk motivasi karyawan. Jenis kelamin, usia, level jabatan, dan tingkat pendidikan tidak memberikan kontribusi terhadap perbedaaan skor motivasi pada setiap kelompok yang menunjukkan bahwa motivasi karyawan tidak dipengaruhi oleh faktor – faktor demografis.
AGREEABLENESS SEBAGAI MODERATOR HUBUNGAN EKSPOSUR TAYANGAN ANTISOSIAL DAN PERUNDUNGAN-SIBER PADA REMAJA Nisa Fitriani
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v2i2.208

Abstract

This study examined the moderating effect of agreeableness on the relation between exposure of antisocial media and cyberbullying. The subjects of the research were 293 junior high school students 12-16 years old (M = 13,58; SD = 0,74) in Malang City. Instruments used were The Cyberbullying Questionnaire, Content-based Media Exposure Scale, and The Big Five Inventory. The result indicated that agreeableness is moderator exposure of antisocial media and cyberbullying (β = -0,155; p = 0,006). Correlation between exposure of antisocial media and cyberbullying is stronger in adolescents with low levels of agreeableness than adolescents with high agreeableness. 
INTERNALISASI NILAI RELIGIUS PADA ANAK TINGKAT SMP DALAM MASYARAKAT ADAT DI KECAMATAN NITA KABUPATEN SIKKA Martina Marieta Jonista Wisang; Gisela Nuwa; Petrus Kpalet
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v2i2.209

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara internalisasi nilai religius pada anak tingkat SMP dalam masyarakat adat di kecamatan Nita dan mendeskripsikan Hambatan dalam menginternalisasi nilai religius anak tingkat SMP dalam masyarakat adat di kecamatan Nita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yakni mendeskripsikan cara internalisasi nilai religius pada anak melalui data yang di dapatkan dari orang tua, remaja, dan guru. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa hal penting yaitu ada dua metode yang digunakan orang tua dalam menginternalisasikan nilai religius pada anak yaitu keteladanan dan pembiasaan dan peneliti juga menemukan faktor penghambat dalam menginternalisasi nilai religius pada anak tingkat SMP dalam masyarakat adat di kecamatan Nita yaitu ada faktor dari dalam dan faktor dari luar faktor dari dalam terdiri dari individu dan orang tua sedangkan faktor dari luar terdiri dari lingkungan sekolah, media informasi dan lingkungan masyarakat
PERAN PERKEMBANGAN MORAL TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL REMAJA Fredericksen Victoranto Amseke; Marleny Purnamasary Panis
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v2i2.210

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study was to determine the effect of moral development on prosocial behavior in students grade VIII in SMP Negeri"X" at Kota Kupang. This is a quantitative research.  The research’s population was all students grade VIII in SMP Negeri "X" at Kota Kupang with the total amount of 352 students. A sample of 78 students was taken by cluster random sampling technique. Instruments data collection were the scale of moral development and the scale of prosocial behavior. The data analysis technique was simple linear regression.Correlation analysis results show significant positive correlation between moral development and prosocial behavior with R = 0.568.. Simple linear regression analysis was performed to predict prosocial behavior based on moral development (F=36,188, p = 0.000 (<0.05) with coefficient determination R2 = 0.323, which means that the influence of moral development on prosocial behavior in students grade VIII in SMP Negeri "X" at Kota Kupang is 32.3%. This study shows the level of moral development in students grade VIII in SMP Negeri "X" at Kota Kupang is categorized as high at the level of 43.7% while at the same time the level of prosocial behavior is also in the high category at the level of 39.7%. The increased level of moral development relates to the higher level of prosocial behavior in adolescents. Keywords: Moral Development, Prosocial Behavior ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perkembangan moral terhadap perilaku prososial pada siswa kelas VIII di SMP Negeri “X” Kota Kupang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri “X” Kota Kupang berjumlah 352 siswa. Sampel berjumlah 78 siswa diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah skala perkembangan moral dan skala perilaku prososial. Teknik analisis data adalah regresi linear sederhana. Hasil analisis korelasi menunjukkan korelasi positif yang signifikan antara perkembangan moral dan perilaku prososial dengan nilai R = 0,568. Analisis regresi linear sederhana dilakukan untuk memprediksi perilaku prososial berdasarkan perkembangan moral (F = 36,188,  p = 0,000 (< 0,05)  dengan nilai koefisien determinasi R2= 0,323. Artinya pengaruh perkembangan moral terhadap perilaku prososial siswa kelas VIII di SMP Negeri “X” Kota Kupang sebesar 32,3%. Penelitian ini menunjukkan tingkat perkembangan moral siswa kelas VIII di SMP Negeri "X" di Kota Kupang dikategorikan tinggi pada level 43,7%, sementara itu pada saat yang sama tingkat perilaku prososial juga berada pada kategori tinggi pada level 39,7%. Semakin tinggi perkembangan moral semakin meningkat pula perilaku prososial remaja.   Kata Kunci:  Perkembangan Moral, Perilaku Prososial.
PENGARUH PENGHAYATAN PEERS SUPPORT TERHADAP SCHOOL ENGAGEMENT SISWA KELAS X SMA “X” BANDUNG Dhanawa Rylla Insani; Jane Savitri
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v2i2.237

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penghayatan peers support terhadap school engagement pada Siswa Kelas X SMA “X” Bandung sejumlah 292 siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengaruh. Alat ukur yang digunakan disusun oleh Savitri (2018) yang berasal dari teori school engagement oleh Fredricks (2004), Alat ukur peers support disusun oleh peneliti berdasarkan teori peers support oleh House (1981). Berdasarkan pengolahan data ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari peers support terhadap tipe-tipe school engagement, yaitu behavioral engagement (R2 = 0,177), emotional engagement (R2 = 0,236), dan cognitive engagement (R2 = 0,132).
PENYUSUNAN ALAT UKUR CHARACTER STRENGTH BAHASA INDONESIA Garvin Garvin
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v2i2.238

Abstract

Kekuatan karakter atau character strengths adalah salah satu pembahasan utama psikologi positif yang bermanfaat bagi kesejahteraan individu, baik dalam konteks klinis, pendidikan, maupun industri-organisasi. Kekuatan karakter adalah sebuah konsep yang menyorot kualitas-kualitas positif manusia yang universal dalam berbagai budaya. Sayangnya, masih sulit ditemukan alat ukur kekuatan karakter dalam Bahasa Indonesia yang dapat digunakan dalam penelitian di Indonesia. Meski sudah tersedia pemeriksaan kekuatan karakter gratis di internet, namun tidak tersedia skala yang dapat digunakan oleh peneliti. Penelitian ini bermaksud untuk membuat alat ukur atau skala kekuatan karakter yang dapat digunakan untuk penelitian di Indonesia. Penelitian ini melibatkan 101 mahasiswa (79,2% adalah perempuan) untuk mengisi skala kekuatan karakter yang peneliti susun berdasarkan konsep Peterson & Seligman. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa skala ini tergolong reliabel, dengan rentang reliabilitas antara α = 0,520 – 0,858. Hasil analisis butir menunjukkan terdapat beberapa butir yang kurang tepat dalam mengukur ranah-ranah tertentu dalam skala, sehingga peneliti membuang butir-butir tersebut. Skala yang semula terdiri dari 144 butir, setelah melalui proses pengujian dan pembuangan butir, menyisakan 120 butir yang dapat digunakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa skala dapat digunakan dalam penelitian kekuatan karakter di Indonesia.
IMPLEMENTASI PENYUSUNAN ROLE COMPETENCY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR ALAT BERAT Tansri Adzlan Syah; Sovi Septania
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v2i2.239

Abstract

Proses penyesuaian terhadap perubahan ekonomi global menimbulkan berbagai gejala permaslahan pada PT. XYZ, diantaranya tidak puasnya konsumen terhadap kualitas unit yang dihasilkan, munculnya keluhan karyawan terkait dengan pekerjaan tambahan yang tanggung jawab jabatannya, hal ini menyebabkan karyawan terbebani dan muncul tidak puasan dari karyawan. Permasalahan yang terjadi pada akhirnya berdampak pada tidak tercapainya tujuan perusahaan seperti pemenuhan kepuasan pelanggan dan penurunan profit perusahaan. Tujuan penelitian untuk mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan yang terjadi pada PT. XYZ serta mengimplementasikan solusi. Metode penelitian melalui teknik open system dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya kamus kompetensi pada PT. XYZ mengakibatkan pengaruh signifikan terhadap belum optimalnya pengelolaan sumber daya manusia. PT. XYZ ini belum memiliki kamus kompetensi yang dapat digunakan sebagai acuan untuk menggerakan setiap tugas dan tanggung jawab yang ada di perusahaan. Hasil Evaluasi implementasi penyusunan role competency yang dilakukan evaluator PT.XYZ menilai bahwa panduan, hasil role competency dan alat ukur kompetensi telah sesuai dengan kebutuhan organisasi PT. XYZ
HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN REGULASI DIRI PADA SANTRI MADRASAH DINIYAH DI SIDOARJO Zahrotin Prasetyana; Lely Ika Mariyati
Psyche: Jurnal Psikologi Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/psyche.v2i2.240

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena santri yang mengalami permasalahan regulasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif antara religiusitas dan regulasi diri pada santri madrasah diniyah di Sidoarjo. Variabel yang terdapat dalam penelitian ini adalah religiusitas sebagai variabel bebas dan regulasi diri sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilakukan di madrasah diniyah dengan jumlah sampel sebanyak 65 santri yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala psikologi model Likert, yaitu skala religiusitas dan skala regulasi diri. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara religiusitas dengan regulasi diri pada santri madrasah diniyah di Sidoarjo. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik korelasi product moment dari Pearson menggunakan bantuan program SPSS for windows. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,720 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 artinya ada hubungan positif antara religiusitas dengan regulasi diri yang signifikan dan searah. Sehingga semakin tinggi religiusitas maka semakin tinggi pula regulasi diri pada santri di Madrasah Diniyah di Sidoarjo, begitu pula sebaliknya. Adapun sumbangan efektif religiusitas terhadap regulasi diri adalah sebesar 51,1%.

Page 1 of 1 | Total Record : 8