cover
Contact Name
Irfan Fauzi Rachmat
Contact Email
jendelabunda@umc.ac.id
Phone
+6285294906142
Journal Mail Official
irfan.fauzi@umc.ac.id
Editorial Address
https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/editorialboard
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon
ISSN : 23555661     EISSN : 2685564X     DOI : https://doi.org/10.32534/jjb
Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan lingkup: 1. Pendidikan dan Pembelajaran PAUD: 2. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 3. Media Pembelajaran PAUD 4. Strategi Pembelajaran PAUD 5. Kesehatan Gizi dan Nutrisi PAUD 6. Perawatan, Pelindungan dan Pengasuhan AUD, (Holistik Integratif) 7. Manajemen PAUD 8. Pertumbuhan dan Perkembangan AUD 9. Parenting Islami 10. TIK (Teknologi) untuk AUD Khusus untuk hasil penelitian, metode penelitian yang digunakan dapat menggunakan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian campuran, penelitian pengembangan, penelitian desain, ataupun jenis penelitian lainnya yang berkaitan dengan topik di atas.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2019): Maret 2019 - Agustus 2019" : 5 Documents clear
METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI RUMAH TAHFIDZ QUR’AN AT-TAQWA KOTA CIREBON Nurkhaeriyah Nurkhaeriyah
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol 7 No 1 (2019): Maret 2019 - Agustus 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode menghafal al-Qur’an yang digunakan Rumah Tahfidz Qur’an At-Taqwa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dari data tersebut dianalisis dengan mereduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ditemukan data metode menghafal al-Qur’an yang digunakan di Rumah Tahfidz Qur’an At-Taqwa Cirebon adalah Metode Yababa (yahfadzuna bareng-bareng ) kelas forkids memiliki 2 kategori, kategori 1 target 3 ayat/pertemuan maka juz 30 akan mampu ditempuh dalam waktu 12 bulan dan kategori 2 target 5 ayat/ pertemuan maka juz 30 akan mampu ditempuh dalam waktu 8 bulan. Proses yang harus dilalui dalam setiap pertemuan adalah musyafahah (face to face), takrir, muroja’ah, mudarosah menggunakan media bermain, menggunakan media audio visual dan tes. Untuk meningkatkan hasil hafalan peserta didik, selama 1 tahun Rumah Tahfidz Qur’an At Taqwa Cirebon mencoba memaksimalkan media bermain, supaya peserta didik tidak merasa bosan dan proses menghafal menjadi kegiatan yang menyenangkan. Faktor pendukung program menghafal Al-Qur’an di rumah Tahfidz Qur’an At-Taqwa yaitu faktor peserta didik yang semangat dan antusias dalam menghafal, faktor orang tua yang ikut membantu proses menghafal anak di rumah, pendidik/ ustadz dan ustadzah yang menggunakan metode pembelajaran secara tepat dan inovatif, serta sarana dan prasarana yang tersedia di Rumah tahfidz Qur’an maupun di rumah pribadi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah semangat menghafal anak kadang kondisi peserta didik kurang fokus, kondisi orang tua yang terlalu sibuk sehingga tidak sempat mengulang hafalan anak di rumah, serta sarana dan prasarana yang kurang tersedia. Kata kunci: Metode, Menghafal al-Qur’an, Anak Usia Dini
STUDI LITERATUR PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI Aip Syarifudin
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol 7 No 1 (2019): Maret 2019 - Agustus 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak dilahirkan dalam kondisi fitrah (bersih), selayaknya kertas putih dan bersih, ia dapat ditulisi berbagai hal tergantung bagaimana lingkungan memberikan corak dan warna pada kehidupan. Fase usia dini pada anak merupakan masa emas (golden periode) bagi anak, karena pada usia ini anak-anak terjadi pertumbuhan yang luar biasa baik secara jasmaniah maupun bathiniah. Pada fase usia ini merupakan periode dimana terjadi pembentukan watak, kepribadian dan karakter.Usia dini menjadi sangat penting untuk diperhatikan karena pada masa ini stimulus dari luar sangat berpengaruh besar pada kepribadian dan moral anak, sebab pada usia dini anak anak lebih mudah menerima, menyerap, merespon, dan meniru, sesuatu yang diajarkan baik dalam bentuk ungkapan, ucapan dan pengalaman penginderaan sehingga lebih mudah untuk membentuk karakater dan keperibadian anak di masa depan. Studi literatur ini membahasa tentang pentingnya pendidikan nilai- nilai agama sejak usia dini dimaksudkan agar tercipta anakyang berkarakter dan dan berkepribadian serta berakhlak al karimah. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini
KAJIAN LITERATUR PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM DAN TANTANGAN DI MASA DEPAN DALAM KITAB “AL–FIKR AL-TARBAWY AL-ISLAMI WA TAHADDIYAT AL-MUSTAQBAL” Toto Santi Aji
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol 7 No 1 (2019): Maret 2019 - Agustus 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengungkap tentang pemikiran pendidikan Islam dan tantangannya di masa yang akan datang.Metode yang dipakai dalam pembahasan penelitian ini adalah metode library research, yaitu penelitian kepustakaan dan content analysis, yaitu menelaah buku-buku dan tulisan-tullisan yang ada kaitannya dengan masalah dan objek yang diteliti, atau dikenal juga denganistilah studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan Islam dibagi dalam tiga bentuk, yaitu : (1) adanya “penyamaran” yang jelas dalam pemahaman; (2) dikarenakan tidak jelasnya pengertian, maka tidak jelas pula kurikulumnya; (3) adanya kesimpulan sejak awal dan membagi wilayah pendidikan pada tiga wilayah yakni, wilayah sejarah, wilayah filsafat dan wilayah mendasar, yang terdapat dalam al-Quran dan sunah Nabi saw. Adapaun tantangan yang dihadapi yaitu adanya pertentangan idiologi (keyakinan), pertentangan identitas pribadi, pertentangan eksistensi, dan pertentangan dalam hal pengertian atau pemahaman. Kata Kunci : Islam, Pendidikan Islam, Al-Fikr, Al-Tarbawy, Al-Islami, Al-Mustaqbil
HUBUNGAN KOMPETENSI PENDIDIK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL AUD DI KECAMATAN KALIWEDI KABUPATEN CIREBON Ida Nur Wahidah
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol 7 No 1 (2019): Maret 2019 - Agustus 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kecamatan Kaliwedi kabupaten Cirebon dalam kenyataannya kompetensi pendidik dan perkembangan sosial emosional AUD berdasarkan hasil awal observasipenelitikondisikompetensipendidikdisetiaplembagamasihsangatrendahdan kondisi perkembangan sosial emosionalnya terlihat lemah. Hal ini disebabkan kurangnya kesadarandarimasing-masingindividunyatentangpentingnyakualifikasiakademikuntuk proses pembelajaran aspek perkembangan AUD. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan kualitas pekembangan sosial emosional yaitu dengan penegasan tentang kompetensi pendidik. Karena peran pendidik dalam meningkatkan sosial emosional anak dalam program untuk optimalisasi ketrampilan sosialisasi dan emosi setiapanak.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kompetensi pendidik di kecamatan Kaliwedi kabupaten Cirebon, (2) perkembangan sosial emosional anak usia dini di kecamatan Kaliwedi kabupaten Cirebon. (3) hubungan kompetensi pendidik terhadap perkembangansosialemosionalanakusiadinidikecamatanKaliwedikabupatenCirebon. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode survey, suatu penelitian yang lebih banyak menggunakan logika hipotesis ditarik berdasarkan data empiris yang telahditetapkan.Hasilanalisisdatamenunjukkanbesarnyakoefisienkorelasivariabelkompetensipendidik terhadap variabel perkembangan sosial emosional diperoleh nilai koefisien (“r”) korelasi sebesar 0,709. Menunjukkan bahwa adanya korelasi kedua variabel pada kategori korelasi tinggi. Sedangkan nilai Adjusted R Square menunjukkan angka sebesar 0.645 atau 64,5% yang berarti bahwa konstribusi variabel kompetensi pendidik terhadap perkembangan sosial emosional sebesar 64,5% sedangkan sisanya 35,5% di pengaruhi oleh faktor lain. Data hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan kompetensi pendidik terhadap perkembangan sosial emosional AUD di kecamatan Kaliwedi kabupaten Cirebon.(Ha). Kata kunci : Kompetensi pendidik, perkembangan sosial, perkembangan emosional
PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PAUD DI KECAMATAN KRAMATMULYA KABUPATEN KUNINGAN Badroeni Badroeni; Mira Mayasarokh
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol 7 No 1 (2019): Maret 2019 - Agustus 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru PAUD. (2) mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru PAUDdi Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PAUD di Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan yang berjumlah 60 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh atau sampel sensus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner yang diukur dengan menggunakan skala Likert. Pengujian reliabilitas instrumen digunakan dengan teknik internal consistency, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan teknik alpha chronbach dengan bantuan SPSS 16. Tekhnik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini diketahui bahwa nilai sig. = 0,798 dimana nilai ini tidak lebih besar dari 0,05. Dengan demikian tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kompetensi terhadap variabel kinerja. Adapun besar pengaruh variabel kompetensi terhadap variabel kinerja hanya sebesar 2% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Juga diketahui bahwa nilai sig. = 0,436 dimana nilai ini tidak lebih besar dari 0,05. Dengan demikian tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi terhadap variabel kinerja. Adapun besar pengaruh variabel motivasi terhadap variabel kinerja hanya sebesar 22% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Kompetensi Kerja, Motivasi, Kinerja.

Page 1 of 1 | Total Record : 5