cover
Contact Name
Irfan Fauzi Rachmat
Contact Email
jendelabunda@umc.ac.id
Phone
+6285294906142
Journal Mail Official
irfan.fauzi@umc.ac.id
Editorial Address
https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/editorialboard
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon
ISSN : 23555661     EISSN : 2685564X     DOI : https://doi.org/10.32534/jjb
Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan lingkup: 1. Pendidikan dan Pembelajaran PAUD: 2. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 3. Media Pembelajaran PAUD 4. Strategi Pembelajaran PAUD 5. Kesehatan Gizi dan Nutrisi PAUD 6. Perawatan, Pelindungan dan Pengasuhan AUD, (Holistik Integratif) 7. Manajemen PAUD 8. Pertumbuhan dan Perkembangan AUD 9. Parenting Islami 10. TIK (Teknologi) untuk AUD Khusus untuk hasil penelitian, metode penelitian yang digunakan dapat menggunakan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian campuran, penelitian pengembangan, penelitian desain, ataupun jenis penelitian lainnya yang berkaitan dengan topik di atas.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2020): Maret 2020 - Agustus 2020" : 5 Documents clear
PERAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH DALAM PEMBENTUKAN MENTAL ANAK YANG BERAKHLAKUL KARIMAH Lan Lan Muhria
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol 8 No 1 (2020): Maret 2020 - Agustus 2020
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Kurangnya pemahaman pengetahuan tentang agama Islam membuat generasi bangsa tidak mempunyai pondasi yang kuat. Pembelajaran agama yang diharapkan mampu menanamkan pengetahuan agama Islam menjadi terhambat karena minimnya waktu, metode yang kurang menarik, materi sangat banyak, jumlah peserta didik yang banyak di ruang kelas dan kurang minatnya peserta didik untuk mengikuti pendidikan non formal di lingkungan masyarakat. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui, dan menelaah tentang peran pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah dalam pembentukan mental anak yang berakhlaqul karimah yang dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Peran Madrasah Diniyah Takmiliyah memiliki signifikansi dalam melestarikan kontinuitas pendidikan Islam dan nilai-nilai moral etis keislaman bagi masyarakat. Hal dimaksud terlihat dari peran Madrasah Diniyah Takmiliyah dalam pengembangan pendidikan Islam yakni: a). sebagai lembaga pentransfer pengetahuan Agama; b). sebagai media pelestarian ajaran Islam; c). media pembentukan dan penanaman akhlaqul karimah; d). sebagai media pengenalan dan penanaman agama Islam secara dini; e). sebagai salah satu pilar pendidikan Islam; dan f). untuk melengkapi pendidikan agama Islam di sekolah umum. 2) Upaya pembentukan Ahlakul Karimah anak dilakukan melalui penyadaran akhlak, baik di dalam kelas maupun di luar kelas melalui peran guru dalam menanamkan nilai akhlak seperti: tauladan, pujian, anjuran atau ajakan, pemberitahuan, pembiasaan, teguran, peringatan, larangan dan hukuman. Kata Kunci: Madrasah Diniyah, Pembentukan Mental, Akhlakul Karimah
LANDASAN AWAL DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT TAFSIR AL QUR’AN Toto Santi Aji
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol 8 No 1 (2020): Maret 2020 - Agustus 2020
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap konsep pendidikan anakpaling awal sebagai landasan utama dan titik tolak pendidikan anak usia dini.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode library research atau disebut juga dengan istilah penelitian kepustakaan atau studi literatur yaitu menelaah buku-buku dan tulisan-tullisan yang ada kaitannya dengan masalah yang diteliti dan sesuai dengan objek yang diteliti. Juga metode content analysis atau kajian isi yaitu metode penelitian yang dilakuakan dengan prosedur tertentu, kemudian menarik kesimpulan dengan benar dari sumber dokumen atau suatu pesan tertentu yang dilakukan secara objektif dan sistematis. Hasil penelitian ini mengungkapkan adanya tahapan pendidikan anak paling awal yang sangat mendasar, yaitu pada saat seeorang menentukan pasangan hidupnya dan tahapan pertama berupa pendidikan anak dalam kandungan, hingga tahapan lanjutannya yaitu pendidikan anak usia dini. Kata Kunci : Pendidikan, Anak, Al Qur’an
PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI EKSTRA KURIKULER MARCHING BAND DI RA AKMALA SABILA KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON Andi Ali Kisai
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol 8 No 1 (2020): Maret 2020 - Agustus 2020
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pendidikan karakter disiplinmelalui ekstra kurikuler Marching Banddi RA Akmala Sabila Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi dan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pendidikan karakter disiplin dilakukan dengan beberapa persiapan yang meliputi unsur-unsur yang terlibat di dalam kegiatan marcing band, diantaranya; sarana untuk kegiatan beserta alat-alat yang digunakan, pelatih yang profesional dan adanya kesiapan dari para orang tua untuk berkomitmen dengan pihak sekolah dalam mendukung program kegiatan ekstra kurikuler marching band disertai dengan upaya memberikan latihan secara konsisten. Penerapan pendidikan karakter disiplin dalam ekstra kurikuler marching bandmemiliki langkah-langkah yang dilakukan dari mulai datang tepat waktu sampai dengan selesai latihan. Keberhasilan pendidikan karakter disiplin melaluikegiatanekstrakurikuler marching band, diantaranya adalah memiliki kedisiplinan waktu, sikap dan mentaati peraturan di sekolah. Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Marching Band.
TREN DEMOGRAFI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN Aip Syarifudin
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol 8 No 1 (2020): Maret 2020 - Agustus 2020
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jjb.v8i1.1073

Abstract

Tren demografi saat ini ramai dibahas oleh hampir semua kalangan. Sebagai sebuah luaran dari multidisiplin ilmu, tentunya demografi ini akan berkaitan erat dengan berbagai hal yang lainnya. Dengan konsep demografi maka akan dapat dilihat bagaimana perpindahan penduduk di wilayah tertentu disertai dengan berbagai macam persoalannya. Perpindahan penduduk ini berdampak banyak terhadap hal yang lainnya. Pengendalian kependudukan menjadi salah satu upaya dalam mendesain daerah yang kondusif serta mampu memiliki kesejahteraan yang baik. Salah satu hal yang jelas akan terdampak atau lebih tepatnya saling mempengaruhi adalah pendidikan. Demografi dengan pendidikan merupakan hal yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi. Pendidikan bisa didesain dengan mempertimbangkan aspek demografi. Sebaliknya, demografi akan berubah salah satunya dengan adanya faktor perbedan pendidikan di satu wilayah dengan wilayah lainnya. Maka aspek pemerataan adalah salah satu cara agar terjadi pengendalian demografi dan juga pemerataan dalam aspek pendidikan. Kata Kunci : Demografi, pendidikan
PENGARUH BERMAIN PERAN (PRETEND PLAY) PADA ANAK DENGAN GANGGUAN SPEKTRUM AUTIS TERHADAP KEMAMPUAN SOSIALISASI Abdul Aziz
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol 8 No 1 (2020): Maret 2020 - Agustus 2020
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jjb.v8i1.1076

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan bermain pura-pura pada anak dengan gangguan spektrum autis (GSA) dengan kemampuan sosialisasi. Anak dengan GSA memiliki gejala utama seperti keterbatasan sosialisasi. Gejala tersebut dapat menyebabkan kesulitan dalam bermain. Bermain peran memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan suatu kondisi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan sosialnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Jumlah sampel dari penelitian adalah 20 anak dengan GSA usia 3 – 7 tahun yang dilakukan tes dengan menggunakan ToM test, ChIPPA (Child-Initiated Pretend Play Assessment “pretend play condition”), dan CARS (Childhood Autism Rating Scale). Penelitian ini dianalisis dengan analisis regresi menggunakan SPSS versi 21.0. Penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dengan menjelaskan karakteristik demografi, ToM, dan bermain pura-pura dari partisipan. Koofisien korelasi pearson digunakan untuk mengetahui korelasi antara variabel ToM, tingkat keparahan autistik, dan bermain pura-pura. Hasil analisis regresi menegaskan bahwa ToM secara signifikan memprediksi bermain pura-pura, yakni jumlah substitusi objek (R2 = 0,158, p = 0,002) dan jumlah tindakan meniru (R2 = 0,175, p = 0,001). Dengan demikian, anak dengan GSA yang memiliki ToM yang baik biasanya mengembangkan kemampuan bermain pura-puranya secara baik. Akhirnya, peneliti menyimpulkan adanya peningkatan kemampuan sosial pada anak dengan GSA dengan mengikuti bermain peran (pretend play). Kata Kunci :Pretend Play, Autis, Kemampuan Sosialisasi

Page 1 of 1 | Total Record : 5