cover
Contact Name
Irfan Fauzi Rachmat
Contact Email
jendelabunda@umc.ac.id
Phone
+6285294906142
Journal Mail Official
irfan.fauzi@umc.ac.id
Editorial Address
https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/editorialboard
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon
ISSN : 23555661     EISSN : 2685564X     DOI : https://doi.org/10.32534/jjb
Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan lingkup: 1. Pendidikan dan Pembelajaran PAUD: 2. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 3. Media Pembelajaran PAUD 4. Strategi Pembelajaran PAUD 5. Kesehatan Gizi dan Nutrisi PAUD 6. Perawatan, Pelindungan dan Pengasuhan AUD, (Holistik Integratif) 7. Manajemen PAUD 8. Pertumbuhan dan Perkembangan AUD 9. Parenting Islami 10. TIK (Teknologi) untuk AUD Khusus untuk hasil penelitian, metode penelitian yang digunakan dapat menggunakan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian campuran, penelitian pengembangan, penelitian desain, ataupun jenis penelitian lainnya yang berkaitan dengan topik di atas.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2021): Maret 2021 - Agustus 2021" : 6 Documents clear
ANALISIS KERJASAMA ORANGTUA DENGAN GURU PAUD TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE Annisa Destiana Suryadi
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol 9 No 1 (2021): Maret 2021 - Agustus 2021
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentng hubungan antara kerjasama orang tua dengan guru terhadap efektivitas pembelajaran online di lembaga PAUD se Kecamatan Kabandungan. Pembelajaran online merupakan pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan kemajuan teknologi dengan memerlukan fasilitas berupa gawai atau laptop serta jaringan internet untuk melaksanakannya. Dalam pendidikan anak usia dini, pembelajaran merupakan proses bermain yang bermakna dengan upaya mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia dini dengan cara yang menyenangkan. Maka dari itu, perlu adanya kerjasama yang baik antara orang tua dengan guru agar terwujudnya efektivitas pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tetap tercapai sekalipun pembelajaran dilakukan secara online. penelitian ini menjadikan pendiidik PAUD yang berstatus sebagai guru kelas menjadi sampel penelitian dengan jumlah 52 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif survey dengan pengolahan data menggunakan uji regresi linear sederhana dinyatakan bahwa kerjasama orang tua dengan guru berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan positif terhadap efektivitas pembelajaran online. hubungan positif artinya, semakin meningkat kerjasama antara orang tua dengan guru maka semakin meningkat pula efektivitas pembelajaran online di lembaga PAUD Kecamatan Kabandungan.
PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU DISIPLIN PADA ANAK USIA DINI SAAT PANDEMI COVID-19 Cucu Sopiah
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol 9 No 1 (2021): Maret 2021 - Agustus 2021
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap perilaku disiplin anak usai dini di desa munjul astana japura kabupaten cirebon, Subjek dalam penelitian ini adalah orangtua yang memiliki anak usia dini rentang 3-6 tahun. Metodologi penelitian menggunakan expos facto dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun alat pengumpul data yakni menggunakan angket. Hasil menunjukkan bahwa diperoleh nilai koefisien jalur sebesar 0,486 atau sekitar 41 % intensitas penggunaan gadget dapat mempengaruhi perilaku disiplin anak, semakin rendah penggunaan gadget yang dipakai anak maka semakin tinggi perilaku disiplin anak sebaliknya semakin tinggi intensitas penggunaan gadget anak maka perilaku disiplin anak semakin rendah. Orangtua sebagai figur anak harus dapat memberikan batasan penggunaan gadget untuk anak dilihat dari batasan waktu perusia perkembangannya, dengan mengontrol batasan jam yang dibolehkan untuk memegang gadget pada anak maka perilaku disiplinpun akan berjalan seimbang.
STIMULASI KEMAMPUAN BERFIKIR SIMBOLIK MELALUI BERMAIN TEBAK ANGKA BERGAMBAR DI PAUD TP. HARAPAN INSANI PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN Siti Rohmah
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol 9 No 1 (2021): Maret 2021 - Agustus 2021
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masa anak usia dini merupakan masa keemasan karena pertumbuhan dan perkembangan pada masa ini berlangsung sangat singkat dan peka terhadap lingkungan.Sarapan merupakan pasokan energi untuk otak yang paling baik agar dapat berkonsentrasi di sekolah. Jadi nutrisi memiliki peran penting dalam tingkat konsentrasi dan daya tangkap anak belajar. Penelitian ini dilakukan kepada anak-anak kelompok B usia 5-6 tahun di RA. Hidayatul Muta’alimin sebanyak 25 anak. Menggunakan metode pendekatan kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan data adalah dengan menggunakan observasi dan kuesioner atau angket. Analisisi data menggunakan program SPSS versi 20 dengan melakukan Uji normalitas data menggunakan Kolmogorv-Smirnov dan Uji Linieritas menggunakan Anova Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh berdistribusi normal dilihat dari nilai p=0,202 dan p=0,407 dimana dikatakan normal apabila p>0,05. Uji Linier dimana p=0,403 yang menunjukkan bahwa variabel sarapan dan daya tangkap anak linier. Untu uji korelasi dapat dilihat hasil korelasi sebesar 0,961 dengan nilai sig.0,001 (,0,05) menunjukkan adanya korelasi atau hubungan positif dan signifikan antara sarapan dengan daya tangkap anak.
METODE BLENDED LEARNING UNTUK PEMAHAN KONSEP PECAHAN PADA ANAK Syifa Nafisah
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol 9 No 1 (2021): Maret 2021 - Agustus 2021
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Blended learning merupakan tren pendidikan yang sedang marak dibicarakan saat ini. Pembelajaran yang merupakan kombinasi antara pengajaran secara langsung dengan guru dan pembelajaran mandiri secara online adalah pengertian dari blended learning. Dimana pada masa pandemi Covid – 19 ini cocok untuk diterapkan. Tujuan dari adanya penelitian ini ialah untuk meningkatkan dan memperdalam pemahaman siswa terhadap konsep pecahan pada pembelajaran matematika kelas 4. Kelompok populasi terdiri atas 20 siswa kelas 4 dari SDN Depok 5. Sampel dibagi atas dua grup yaitu grup eksperimen dan grup control. Grup eksperimen memakai metode blended learning sedangkan grup control memakai metode konvensional. Teknik pengumpulan data memakai pre – test dan post – test, kemudian data dianalisis menggunakan Teknik data kuantitatif. Temuan ini mengungkapkan bahwa penggunaan metode blended learning memiliki dampak yang menguntungkan pada siswa. Siswa yang diberikan pembelajaran blended learning dapat belajar dan memahami konsep dengan lebih baik dibandingkan siswa yang diberikan pembelajaran secara konvensional.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WHATSAPP TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE PAUD KECAMATAN WALURAN Yeni Martini
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol 9 No 1 (2021): Maret 2021 - Agustus 2021
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran online merupakan pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan memerlukan koneksi internet dalam pelaksanaannya. Pembelajaran anak usia dini yang dilakukan secara online harus memastikan bahwa pembelajaran tersebut berjalan dengan efektif dan mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media WhatsApp terhadap efektivitas pembelajaran online di lembaga PAUD dengan sasaran penelitian ialah para pendidik yang berjumlah 45 orang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain survey. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pengisian kuisioner yang kemudian akan dioleh menggunakan teknik analisis data korelasi product moment yang menunjukkan nilai kekuatan hubungan yang sedang antara variabel x dan variabel y. Variabel x berpengaruh signifikan terhadap variabel y karena nilai signifikansi menunjukan 0,005 < 0,05 dengan nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 16,81% efektifitas pembelajaran online dipengaruhi oleh pengguanaan media WhatsApp.
The ANALYSIS OF PARENT PARTICIPATION ON VIRTUAL LEARNING Yuli Sugiarti
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol 9 No 1 (2021): Maret 2021 - Agustus 2021
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jjb.v9i1.2072

Abstract

Parental participation is all forms of parental involvement and participation in children's education and learning that can support good learning. Parents have a very important role in the education of their children. Especially in conditions of learning that must be done virtually. Virtual learning is learning that is carried out remotely or PJJ. This certainly requires the participation of parents to work together in realizing conducive and effective learning. In this study, the researcher wanted to know the effect of parental participation on virtual learning in PAUD institutions in Waluran District with the research subject being parents who have children aged 5-6 years who are group B students. This study uses a quantitative survey method by conducting a Pearsson correlation coefficient test. , it is shown that the value of R is a positive value and the coefficient of determination is calculated which shows a value of 43.3%, meaning that the Y variable has a 43.3% effect on the Y variable.

Page 1 of 1 | Total Record : 6