cover
Contact Name
Hadijah wahid
Contact Email
gp2m.fehi@gmail.com
Phone
+6285210860232
Journal Mail Official
ijha747@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Hasanuddin no. 20 Sinjai
Location
Kab. sinjai,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Asy-Syarikah : Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam
ISSN : 26566117     EISSN : 27150356     DOI : https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v3i1
Core Subject : Economy,
Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam memuat seputar masalah lembaga keuangan, ekonomi, dan bisnis baik bersifat konvensional maupun syariah. Dikelola oleh Prodi Perbankan Syariah. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Maret dan bulan September setiap tahun. Fokus bidang keilmuan pada pengembangan ekonomi bisnis, Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam menerbitkan artikel yang telah publish dapat didownload secara gratis, dibaca dan disebarluaskan sebagai rujukan artikel selanjutnya. Paper di Submit secara online dengan melakukan registrasi terlebih dahulu di website ini atau dapat dikirimkan via email gp2m.fehi@gmail.com dengan mengikuti Template dan Panduan Penulisan serta mengirimkan artikel bersama surat pernyataan publikasi. Fokus dalam jurnal ini adalah menerima artikel dalam bidang: 1. Lembaga Keuangan syariah 2. Ekonomi Islam 3. Bisnis Islam 4. Bisnis Konvensional
Articles 47 Documents
Analisis Pendapatan Dan Karakteristik Sosial Ekonomi Pada Pengusaha Ternak Sapi Serta Persfektif Islam Terhadap Peternakan Muhaemin Nabir Muhaemin
Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019): Asy-Syarikah Volume 1 Nomor 1 September Tahun 2019
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.323 KB) | DOI: 10.47435/asy-syarikah.v1i1.77

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan pendapatan pengusaha ternak sapi di Desa Lembang Lohe serta memperoleh gambarana tentang hubungan karakteristik sosial ekonomi (umur dan tingkat pendidikan) pengusaha ternak sapi terhadap pendapatan dari usaha ternak sapi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan fenomologi adapun subjek dalam penelitian ini adalah pengusaha ternak sapi yang ada di Desa Lembang Lohe Kecamatan Tellulimpoe dan metode pengumpulan data yang digunakan wawancara dan observasi serta tekhnik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan pengusaha ternak sapi yang ada di Desa Lembang lohe Kecamatan Tellulimpoe meningkat dari Tahun-keTahun, baik itu pengusaha ternak sapi yang sudah berusia lanjut, peternak yang berpendidikan rendah, maupun peternak yang berpendidikan tinggi. Terdapat hubungan karakteristik sosial ekonomi (umur dan tingkat pendidikan) pengusaha ternak sapi terhadap pendapatan dari usaha ternak sapi di Desa Lembang Lohe Kecamatan Tellulimpoe.
Strategi Penetapan Harga Jual Dan Penawaran Dalam Perspektif Syariah Toko Sinar Rahmat Kecamatan Sinjai Utara Nurwahida Nurwahida
Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019): Asy-Syarikah Volume 1 Nomor 1 September Tahun 2019
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.62 KB) | DOI: 10.47435/asy-syarikah.v1i1.79

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistik atau dengan cara-cara kuantifikasi. Penelitian kualitatif dapat menunjukkan kehidupan masyarakat, sejarah, tingkah laku, fungsionalisasi organisasi, pergerakan sosial dan hubungan kekerabatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan naturalistic yaitu penelitian yang dilakukan dalam latar yang alamiah, bukan hasil manipulasi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Strategi penetapan harga jual yang dilakukan oleh Toko Sinar Rahmat dengan cara yaitu, strategi perbedaan harga jual dengan menerapkan harga yang relatif murah, dengan kualitas barang yang sama dengan yang lain karena ingin mempunyai image harga yang baik dimata konsumen. Toko Sinar Rahmat menerapkan harga yang relatif murah dengan tujuan, agar harga mudah diingat oleh konsumen dan agar harga lebih unggul dari harga lain. (2)Penawaran dalam perspektif syariah, yaitu penawaran yang dilakukan dengan sewajarnya saja. Antara pihak penjual dan pihak pembeli, merasa tidak ada saling yang dirugikan satu sama lain. Dalam perspektif ekonomi islam, manusia di injeksi dengan norma moral islam sehingga nafsu untuk memenuhi keinginannya tidak selalu dipenuhi. Karena keinginan senantiasa dikaitkan dengan norma moral islam yang selalu menemaninya kemana saja dan dimana saja. Karena itu, semua barang yang ditawarkan mencerminkan kebutuhan sesuai dengan syariah itu sendiri.
Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Tradisi Matteseng Pada Masyarakat Tani Desa Mattunreng Tellue Kecamatan Sinjai Tengah Srianti Permata
Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019): Asy-Syarikah Volume 1 Nomor 1 September Tahun 2019
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.454 KB) | DOI: 10.47435/asy-syarikah.v1i1.82

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) tinjauan ekonomi Islam terhadap sistem tradisi matesseng pada masyarakat tani di Desa Mattureng Tellue Kecamatan Sinjai Tengah, b) Apa kelebihan dan kekurangan tradisi matteseng pada masyarakat tani di Desa Mattureng Tellue Kecamatan Sinjai Tengah. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomologis yang melibatkan masyarakat yang menerapkan sistem tradisi matteseng di Desa Mattunreng Tellue. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara dan dokumentasi. Instrument penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara dan lembar dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, pengambilan keputusan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Di dalam Islam sistem tradisi matesseng diperbolehan asalkan menerapkan prinsip-prinsip ekononomi Islam seperti prinsip tauhid atau persaudaraan, prinsip kerja, prinsip pendistribusian kekayaan, dan prinsip keseimbangan terjadi. Dan didalam sistem tradisi matesseng pada masyarakat Desa Mattunreng Tellue maka prinsip-prinsip tersebut terjadi; b) Dalam Islam sistem tradisi matteseng dibolehkan karena memiliki kelebihan-kelebihan seperti menerapkan kepercayaan, tolong menolong dan saling menguntungkan dimana pemilik dan penggarap sama-sama menguntungkan walaupun nilai hasil dan nilai jual yang diperoleh masih kecil. Akan tetapi dalam sistem tradisi matteseng memiliki kelemahan yaitu tidak dibuatkannya perjanjian tertulis. Perlunya dibuatkannya perjanjian tertulis untuk menghindari terjadinya konflik yang menyebabkan hubungan kekerabatan keluarga menjadi renggang. Dan jika suatu saat nanti jika sistem mattaseng masih berlanjut pada anak cucu, mereka sudah mengetahui siapa pemilik dan siapa yang menggarap berdasarkan atas isi perjanjian yang dibuat oleh orang tua mereka sebelumnya.
Studi Komparatif Pendapatan Produk Kredit Cepat Aman (Kca) Dengan Produk Kredit Angsuran Sistem Fidusia (Kreasi) Di Pt. Pegadaian Cabang Sinjai (Analisis Tinjauan Syariah) Sukiman Sukiman
Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019): Asy-Syarikah Volume 1 Nomor 1 September Tahun 2019
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.528 KB) | DOI: 10.47435/asy-syarikah.v1i1.86

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pendapatan Pegadaian yang peroleh dari produk Kredit Cepat Aman (KCA) dengan produk Kredit Angsuran Sistem Fidusia (KREASI) di PT. Pegadaian Cabang Sinjai dan tinjauan syariah terhadap pendapatan produk Kredit Cepat Aman (KCA)dan produk Sistem Fidusia (KREASI). Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisis komparatif. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan nasabah produk Kredit Cepat Aman (KCA) dengan produk Kredit Angsuran Sistem Fidusia (KREASI) di PT. Pegadaian Cabang Sinjai sebagai objek penelitian. Data penelitian diperoleh melalui dokumentasi dengan menggunakan instrumen pedoman dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji z dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendapatan Pegadaian yang diperoleh dari produk KCA dan KREASI adalah Rp.15.723.800 dan Rp.35.835.000 dengan jumlah pendapatan yang diperoleh produk KREASI lebih besar Rp.20.111.200 dari pada produk KCA. Adapun rata-rata pendapatan produk KCA Rp.524.127 dan KREASI Rp.1.194.500 dan berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Z menunjukkan nilai Z Tabel 0,999999997>0,05, oleh karena itu perbandingan rata-rata pendapatan produk KCA dan KREASI di PT. Pegadaian Cabang Sinjai signifikan. (2) Pendapatan Pegadaian pada produk KCA dan KREASI yang diperoleh dari penarikan sewa modal atau bunga kepada nasabah mengandung ungsur riba, karena adanya penambahan jumlah uang yang harus dibayar nasabah dari pinjaman pokok. Dimana setiap bunga 1% dari masing-masing pinjaman nasabah KCA yang harus dibayar adalah Rp.47.949 dan setiap bunga 1% dari masing-masing pinjaman nasabah KREASI yang harus dibayar adalah Rp.115.400 dengan tarif bunga untuk 30 nasabah KCA dan KREASI adalah sebesar Rp.15.723.800 dan Rp.35.835.000. Hal ini bertentangan dengan ayat-ayat dalam Al-Qur’an dan pendapat para ulama yang melarang adanya riba dalam melakukan transaksi, oleh karena itu pendapatan Pegadaian yang diperoleh dari produk KCA dan KREASI merupakan sesuatu yang dilarang dalam Islam dan hukumnya adalah haram.
Strategi Pengembangan Dan Strategi Pemasaran Kopra Dalam Sistem Syariah Hardiyanti Ridwan
Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019): Asy-Syarikah Volume 1 Nomor 1 September Tahun 2019
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.348 KB) | DOI: 10.47435/asy-syarikah.v1i1.87

Abstract

Penelitian dilakukam untuk mendapatkan data yang diperlukan serta menguraikan secara sederhana semua permasalahan yang menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan skripsi ini mengenai Strategi penegembangan dan strategi pemaaran kopra dalam sistem Syariah maka dapat disimpulkan bahwa Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif menggunakan jenis pendekatan naturalistic yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah berdasarkan persepsi dan pemikiran orang secara individual, yang melibatkan produksi kopra dan pedagang kopra sebagai subjek penelitian. Dan hasil penelitian diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi kemudian data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisa dengan tekhnik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1. Dalam startegi pemasaran, masyarakat mengelolah buah kelapa, menjadi suatu produk yang lebih mahal dibanding dengan, menjual kelapa mentah langsung. sistem pemasaran kopra yang dilakukan di desa lembang lohe kecamatan tellulimpoe adalah dengan memasarkan hasil produk kopra di pedagang pengumpul, dan pedagang pengumpul memasarkan lansung produksi kopra di pasar terdekat. 2. Sedangkan dari hasil penenlitian dapat disimpulkan bahwa sistem pengembangan dilakukan dengan cara harus memepertahankan sumber bahan baku yang ada di daerah sendiri, dan persediaan bahan baku selalu terpenuhi setiap ingin memproduksi kopra.
PENGARUH MODEL PENGEMBANGAN BISNIS BUDIDAYA RUMPUT LAUT TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DI DUSUN PANGASA KEC. SINJAI TIMUR Abd Muhaemin Nabir; Adhaniar
Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2020): Asy-Syarikah Volume 2 Nomor 1 Maret Tahun 2020
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.844 KB) | DOI: 10.47435/asy-syarikah.v2i1.308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pengembangan Bisnis Budidaya Rumput Laut Terhadap Pendapatan Masyarakat di Dusun Pangasa Kec. Sinjai Timur. Penelitian ini termsuk dalam penelitian kuantitatf dengan menggunakan pendekatan Survei. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan Analisis Biaya, Analisis Laba, Uji T dan Uji regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengaruh Model Pengembangan Bisnis Budidaya Rumput Laut terhadap Pendapatan Masyarakat di Dusun Pangasa Kec Sinjai Timur adalah menunjukkan bahwa pengembangan bisnis budidaya rumput laut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan masyarakat di Dusun Pangasa Kec. Sinjai Timur dimana thitung2,205 > ttabel 2,101 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa variabel model pengembangan bisnis budidaya umput laut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan masyarakat di Dusun Pangasa Kec. Sinjai Timur.
PERSEPSI PEDAGANG DI PASAR SENTRAL SINJAI TERHADAP PEMINJAMAN MODAL USAHA (ANALISIS EKONOMI ISLAM) Heri Irawan; A. Rio Makkulau Wahyu
Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2020): Asy-Syarikah Volume 2 Nomor 1 Maret Tahun 2020
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.981 KB) | DOI: 10.47435/asy-syarikah.v2i1.309

Abstract

Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan pinjaman modal analisis ekonomi Islam pada pedagang khususnya di Pasar Sentral Sinjai. Metode pengumpulan data yaitu studI pustaka. observasi, wawancara dan dokumentasi untuk selanjutnya data yang terkumpul dianalisis melalui reduksi data dan penyanyian data dan baru kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pinjaman modal usaha pedagang di Pasar Sentral Sinjai terbagi kedalam beberapa sumber modal usaha diantaranya melalui modal usaha sendiri, pinjaman modal dari keluarga, pinjaman modal dari bank, dan pinjaman modal dari rentenir. Sementara sumber modal usaha pedagang di Pasar Sentral Sinjai lebih di dominasi oleh modal usaha sendiri sebanyak 15 orang atau 75% informan, kemudian sebanyak 2 orang atau 10% informan meminjam modal usaha dari keluarga mereka sendiri, kemudian sebanyak 2 orang atau 10% informan meminjam modal usaha dari bank konvensional, dan 1 orang atau 5% informan meminjam modal usaha dari rentenir. Pandangan ekonomi Islam mengenai pinjaman berbunga dari rentenir hal ini tergolong kepada pinjaman yang sifatnya berbunga, sementara membungakan uang tergolong kepada perbuatan yang diharamkan dalam transaksi ekonomi karena larangan tersebut didasarkan pada ketentuan nash serta argumentasi keadilan sosial, persamaan, dan hak milik. Islam membolehkan pendapatan dari laba tetapi melarang pembebanan bunga.
FAKTOR PENENTU TINGKAT PROPORSI DANA TABARRU’ PADA ASURANSI JIWA SYARIAH (STUDI PERUSAHAAN TERDAFTAR OJK) Muhammad Amin
Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2020): Asy-Syarikah Volume 2 Nomor 1 Maret Tahun 2020
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.095 KB) | DOI: 10.47435/asy-syarikah.v2i1.310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya operasional, kontribusi retakaful, risiko klaim, nilai tukar rupiah, tingkat inflasi, dan tingkat BI terhadap proporsi dana tabarru’ pada perusahaan asuransi jiwa syariah. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purporsif sampling untuk mendapatkan 69 data dari berbagai periode, dengan sampel akhir 22 perusahaan asuransi jiwa syariah selama 2015-2018. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan data panel yang diolah menggunakan e-views 10. Hasil estimasi menunjukkan bahwa biaya operasional, kontribusi retakaful, dan risiko klaim berpengaruh positif dan signifikan. Sementara itu, variabel makroekonomi, nilai tukar rupiah, inflasi, dan BI-Rate tidak berpengaruh terhadap tingkat proporsi dana tabarru’.
PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR SCUTER MATIC YAMAHA DI MAKASSAR Nurul Huda
Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2020): Asy-Syarikah Volume 2 Nomor 1 Maret Tahun 2020
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.997 KB) | DOI: 10.47435/asy-syarikah.v2i1.311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image serta variabel mana yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian motor scuter matic Yamaha di Makassar. Variabel yang dimaksud adalah corporate image, user image dan product image. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Suracojaya Abadi Motor Makassar. Model penelitian yang digunakan yakni dengan metode observasi, wawancara, kusioner dan studi kepustakaan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi. Kemudian menggunakan uji F untuk mengetahui variabel brand image (corporate image, user image dan product image) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian motor scuter matic Yamaha dan uji t untuk mengetahui variabel brand image corporate image, user image dan product image) yang lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian motor scuter matic Yamaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand image (corporate image, user image dan product image) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian motor scuter matic Yamaha. Dari variabel brand image (corporate image, user image dan product image), ternyata variabel product image yang lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian motor scuter.
TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP PRAKTEK MAPPASANRRA (GADAI) TANAH SAWAH DI DESA BARUGA RIATTANG KECAMATAN BULUKUMPA KABUPATEN BULUKUMBA Nurwahida
Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2020): Asy-Syarikah Volume 2 Nomor 1 Maret Tahun 2020
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.825 KB) | DOI: 10.47435/asy-syarikah.v2i1.312

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prakterk gadai (rahn) di Desa Baruga Riattang Kecamatan Bulukumpa Kab. Bulukumba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi sebagai berikut yaitu dengan datangnya si A kepada si B bermaksud untuk meminjam uang dengan pemberian uang pinjaman dengan jaminan si A menyerahkan tanahnya kepada si B untuk diambil hasilnya sampai ia bisa melunasi hutangnya dan waktu pengambilan uang pinjaman tersebut sesuai dengan akad. Akad semacam ini tentunya bisa merugikan salah satu pihak, biasanya pihak yang paling merasa dirugikan adalah pihak penggadai (rahin), karena tanah sawah yang dijadikan agunan dimanfaatkan sepenuhnya oleh penerima gadai (murtahin). Tanpa ada hasil bagi dengan penggadai (rahin).Dari segi rukun dan syarat, gadai yang ada di masyarakat Desa Barugariattang Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba sudah sah atau sudah betul, tetapi pemanfaatan barang gadai tidak dibenarkan dalam hukum Islam, karena terdapat penyelewengan atau melenceng dari ketentuan-ketentuan atau aturan-aturan yang telah digariskan atau disyariatkan hukum Islam. jadi tradisi yang berlaku bertentangan dengan nash. Oleh karena itu dilarang dilakukan.