cover
Contact Name
Juni Santo Sihotang
Contact Email
junssihotang@gmail.com
Phone
+6285362996917
Journal Mail Official
jurnalareopagus@gmail.com
Editorial Address
Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
Location
Kab. tapanuli utara,
Sumatera utara
INDONESIA
Areopagus : Jurnal Pendidikan dan Teologi Kristen
ISSN : 16935772     EISSN : 26231670     DOI : https://doi.org/10.46965/ja.v18i1
Jurnal Areopagus merupakan salah satu pengelola jurnal yang menghimpun karya ilmiah yang berkaitan dengan ilmu-ilmu tentang Teologi, Pastoral Konseling,Musik Gerejawi, dan Pendidikan Kristen yang semuanya berhubungan dengan perkembangan dan peningkatan pengetahuan dan pemahaman yang berkembang pada saat ini.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 1 (2022): Maret" : 14 Documents clear
Kontekstual Musik Dalam Gereja: Kolaborasi Sulim Dan Keyboard Dalam Mengiringi Ibadah Minggu Di HKBP Pagar Beringin Roy J. M. Hutagalung; Plores Sitorus
Areopagus : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen Vol 20, No 1 (2022): Maret
Publisher : IAKN Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/ja.v20i1.1038

Abstract

Abstrak: Fokus dan tujuan penelitian ini menyangkut tentang kontekstualisasi musik dalam gereja: kolaborasi sulim dan keyboard dengan musik sebagai alat musik mengiringi ibadah minggu atau nyanyian di HKBP Pagar Beringin. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif. Serta didukung dengan metode wawancara terhadap pihak yang terkait dengan penelitian setela data yang di dapatkan maka data tersebut akan di olah serta di dasarkan atas beberapa teori. Dalam kolaborasi sulim dan keyboard penulis menggambarkan lagu hupasahat ma tu jesus buku ende no. 691 nada dasar Es= do birama 4\4. Hasil penelitian menunjukkan kontekstualisasi musik dalam gereja tentang kolaborasi sulim dan keyboard sebagai pengiring ibadah minggu di HKBP Pagar Beringin, memberi suasana baru dan riang. Dalam tata ibadah sebuah musik menunjukkan nada secara nyaring atau lembut menggambarkan perasaan yang terkandung khususnya di gereja HKBP Pagar Beringin. Dengan pendekatan penggunaan kedua alat musik dengan kaidah- kaidah musik akan memberi penekanan tentang majunya sebuah kegiatan ibadah di gereja. Kata kunci: kontekstualisasi musik, kolaborasi sulim dan keyboard Abstract: The focus and purpose of this research concerns the contextualization of music in the church: collaboration of sulim and keyboard with music as a musical instrument to accompany Sunday worship or singing at HKBP Pagar Beringin. The research was conducted with qualitative methods. And supported by the method of interviews with parties related to the research after the data obtained, the data will be processed and based on several theories. In collaboration with Sulim and the keyboard, the author describes the song Hupasahat Ma tu jesus from the book Ende no. 691 basic Es= do time 4\4. The results showed that the contextualization of music in the church about the collaboration of sulim and keyboard as an accompaniment of Sunday worship at HKBP Pagar Beringin, gave a new and refreshing atmosphere. In the worship service, music shows a loud or soft tone describing what is contained, especially in the HKBP Pagar Beringin church. By approaching the use of both musical instruments with musical principles, it will emphasize a worship activity in the church. Keywords: music contextualization, collaboration sulim and keyboard
Model Pendampingan Pastoral Dengan Pendekatan Gestalt Terhadap Tuan X Yang Sulit Menerima Kebutaannya Tahun 2021 Seri Antonius; Cici Pramida
Areopagus : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen Vol 20, No 1 (2022): Maret
Publisher : IAKN Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/ja.v20i1.1113

Abstract

Abstrak Tunanetra merupakan sebutan bagi individu yang mengalami gangguan penglihatan baik itu blind (buta total) maupun low vision (kurang memandang) yang menyebabkan individu tersebut mengalami penurunan terhadap konsep penerimaan diri. Penerimaan diri merupakan sikap rasa puas terhadap diri sendiri dengan bakat, kualitas, serta mengakui keterbatasan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan serta menerapkan model pendampingan pastoral dengan pendekatan gestalt bagi penyandang tunanetra yang sulit menerima kebutaannya. Pelaksanaan kegiatan memberikan kontribusi dalam pengembangan teori-teori pendampingan pastoral tekhusus dalam membantu penyandang tunanetra yang sulit menerima kebutaannya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Model pendekatan yang digunakan adalah pendekatan gestalt yang mana pendekatan gestalt memberikan penekanan akan kesadaran sehingga mampu bertanggung jawab atas diri sendiri dan menerima kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Teknik analisa data yang digunakan penulis adalah menerapkan tahapan pendekatan gestalt, yaitu: pertama the beginning phase, kedua clearing the ground, ketiga the existential encounter, keempat integration dan kelima ending. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka diperoleh hasil bahwa penyandang tunanetra sudah memperoleh kesadaran dan mulai menerima kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, mampu bertanggung jawab atas dirinya dan memiliki semangat untuk hidup.Kata Kunci: , Penerimaan Diri, PTunanetraendekatan GestaltAbstractBlind is a term for individuals who experience visual impairments, both blind (total blind) and low vision (less vision) which causes the individual to experience a decrease in the concept of self-acceptance. Self-acceptance is an attitude of satisfaction with oneself with talents, qualities, and acknowledging one's limitations. This study aims to identify, describe and apply a model of pastoral care with a Gestalt approach for blind people who find it difficult to accept their blindness. The implementation of the activity contributes to the development of theories of pastoral care, especially in helping blind people who find it difficult to accept their blindness. This type of research is qualitative with descriptive method. The approach model used is the Gestalt approach where the Gestalt approach emphasizes awareness so that you are able to take responsibility for yourself and accept your strengths and weaknesses. The data analysis technique used by the author is to apply the stages of the Gestalt approach, namely: first The Beginning Phase, the second Clearing The Ground, the third The Existential Encounter, the fourth Integration and the fifth Ending. Based on the results of research that has been carried out, it is obtained that blind people have gained awareness and are starting to accept their strengths and weaknesses, are able to take responsibility for themselves and have a passion for life.Keywords: Blind, Self Acceptance, Gestalt Approach
Kompetensi Profesional Seorang Katekis di Sekolah Yonas Atjas
Areopagus : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen Vol 20, No 1 (2022): Maret
Publisher : IAKN Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/ja.v20i1.1499

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peran dan tugas seorang Katekis sebagai Pendidik Agama Katolik di Sekolah serta menganalisis beberapa kompetensi profesional Katekis di Sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-analistis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Katekis memiliki tugas mewartakan Injil Kristus, mengajar iman, memberi kesaksian, mendidikan iman dan moral, dan melayani liturgi. Selanjutnya kompetensi profesional yang wajib dimiliki oleh seorang Katekis dalam   pembelajaran agama Katolik di sekolah adalah menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan PAK, memanfaatkan TIK dalam pendidikan agama Katolik, menguasai filosofi, metodologi, teknis dan praksis, mengembangkan diri dan kinerja, meningkatkan kinerja dan komitmen pengabdian kepada masyarakat.
Upaya Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Sosial Untuk Pembentukan Karakter Siswa Kristen Sabda Budiman; Maharin Maharin; I Putu Ayub Darmawan
Areopagus : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen Vol 20, No 1 (2022): Maret
Publisher : IAKN Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/ja.v20i1.924

Abstract

Memandang bahwa karakter adalah sifat yang dapat mempengaruhi segenap pikiran dan menghasilakn perilaku positif dan negatif, maka pembentukan karakter merupakan hal yang sangat penting. Kepentingannya adalah untuk menjadikan manusia itu bersikap baik, berperilaku sopan, dan berakhlak mulia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya mengajar guru melalui model pembelajaran Kooperatif Sosial  untuk pembentukan karakter siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui upaya mengajar guru dalam pembentukan karakter siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Sosial. Jenis penelitian dalam penulisan karya ilmiah ini, penulis menggunakan kualitatif analisis dan studi kepustakaan. perlu ada pelayanan oleh guru dan orang tua yang berkesinambungan sehingga terbentuk karakter siswa yang baik.  Selain dari kerjasama antara guru dan orang tua untuk membangun kepribadian anak melalui pendidikan karakter, tetapi juga beberapa strategi yang dilakukan oleh guru dan orang tua untuk meningkatkan kepribadian untuk dapat menghasilkan prilaku yang manusiawi, yaitu melakukan pembinaan rohani dan konseling pastoral yang terus menerus dilakukan.
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Tim Assited Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sariayu Sibarani
Areopagus : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen Vol 20, No 1 (2022): Maret
Publisher : IAKN Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/ja.v20i1.1503

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas pembelajaran dengan penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization pada pokok bahasan Sudut dan Garis-Garis Sejajar di kelas VII SMP N 1 Muara Tahun Pembelajaran 2019/2020. Dengan hipotesa penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sudut dan garis-garis sejajar di kelas VII SMP Negeri 1 Muara Tahun Pembelajaran 2019/2020. Hasil analisis data menunjukkan Pada  tes hasil belajar siklus I diperoleh 12 orang siswa(40%) telah mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 59,16. Pada tes hasil belajar siklus II diperoleh  26 orang siswa(86,66%) telah mencapai ketuntasan belajar dengan nialai rata-rata 85,5. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI di kelas VII SMP 1 Muara Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar siswa , khususnya pada pokok bahasan sudut dan garis-garis sejajar.Katakunci : TAI, hasil belajar matematikaAbstract:This study aims to find out how much the increase in student learning outcomes and learning activities with the application of Team Assisted Individualization Type Cooperative Learning on the subject of Angles and Parallel Lines in class VII SMP N 1 Muara in the 2019/2020 academic year. With the research hypothesis the application of the TAI type cooperative learning model can improve student learning outcomes on the subject of angles and parallel lines in class VII SMP Negeri 1 Muara for the 2019/2020 academic year. The results of data analysis showed that in the first cycle of the learning outcomes test, 12 students (40%) had achieved learning mastery with an average score of 59.16. In the second cycle of learning outcomes tests obtained 26 students (86.66%) have achieved complete learning with an average value of 85.5. Thus, it was concluded that the use of the TAI type cooperative learning model in class VII SMP 1 Muara, Muara District, North Tapanuli Regency for the 2019/2020 academic year could improve student learning outcomes, especially on the subject of angles and parallel lines.Keywords: TAI, math learning outcomes
Pengaruh Variasi Metode Pembelajaran dan Bimbingan Keluarga Terhadap Hasil Belajar PAK & Budi Pekerti Siswa Kelas XI SMA Swasta Parsaoran Fernando Tinambunan
Areopagus : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen Vol 20, No 1 (2022): Maret
Publisher : IAKN Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/ja.v20i1.819

Abstract

This research aims to know the Effect of Variations in Learning Methods and Family’s Guidance on students’ Learning Achievement for Christian Education of Class XI in the SMA Swasta Parsaoran. This research used a quantitative approach with descriptive inferential data analysis, with the population of all the students of Class XI in SMA Swasta Parsaoran consists of 117 students and it was taken 30 students as a sample of the research similar with 26% population. The instrument of the research was closed questionnaires which of the arranged by the researcher. The tryout was done for 30 students out of the was sample of the research. The number of the questionnaires items were 60 of which 40 item for variable x and 20 items for variable y, and the result showed good validity and reliability. The result of research analysis, concluded: 1) there were positive and significant effect of variations in learning methods on student learning Achievement for Christian education, 2) there were positive and significant effect of family’s guidance on student learning Achievement for Christian education, 3) there were positive and significant effect Variations in Learning Methods and Family’s Guidance on student’s Learning Achievement for Christian Education. It means, that to increase students’ learning Achievement for Christian Education, the Variations in Learning Methods and Family’s Guidance need to be improved
Teknik Vokal Solo dalam menyanyikan lagu Be Still My Soul Karya Katharina Von Schelegel pada Semester V di Program Pendidikan Musik Gereja IAKN Tarutung Boho Pardede; Mega Meliana Silaban
Areopagus : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen Vol 20, No 1 (2022): Maret
Publisher : IAKN Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/ja.v20i1.1031

Abstract

Abstrak:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik vokal solo dalam menyanyikan lagu Be Still My Soul dari teknik pernapasan, warna suara, dinamika, vibrato, artikulasi, dan lain sebagainya yang terdapat dalam tanda-tanda musik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (Mixed Methods) dengan menggunakan instrumen penelitian kuantitatif dan kualitatif. Analisis kualitatif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, dan analisi kuantitatif menngunakan uji reliabilitas. Dari seluruh pengamatan dan cara yang telah dilakukan penulis selama melakukan penelitian hasil analisa menunjukan bahwa teknik vokal solo dalam menyanyikan lagu be Still My Soul Karya Khatrina Von Schelegel pada mahasiswa-mahasisi semester V di Program Pendidikan Musik Gereja IAKN Tarutung sangat membutuhkan latihan teknik vokal dengan benar dan mengarah pada kesulitan-kesulitan dalam menyanyikan lagu Be Still My Soul. Penulis memilih salah satu lagu yang sudah pernah dinyanyikan mahasiswa-mahasiswi semester V PMG IAKN Tarutung saat mempelajari mata kuliah Vokal III pada tahun ajaran 2020/2021 dengan menyanyikan lagu “Be Still My Soul” yang menggunakan iringan sendiri baik melalui media digital, seperti karaoke ataupun iringan sendiri dengan memainkan keyboard atau piano. Lagu tersebut yang menjadi sampel dalam Teknik Vokal Solo mahasiswa-mahasiswi semester V PMG IAKN Tarutung yang dilakukan oleh penulis.Kata kunci: teknik vokal solo, bernyanyi Abstract:The purpose of this study was to determine the solo vocal technique in singing the song Be Still My Soul from breathing techniques, voice color, dynamics, vibrato, articulation, and so on contained in musical signs. This study uses mixed research methods (Mixed Methods) using quantitative and qualitative research instruments. Qualitative analysis includes data collection, data reduction, data presentation, and data verification, and quantitative analysis using reliability tests. From all observations and methods that have been carried out by the author while conducting research, the results of the analysis show that the solo vocal technique in singing the song Be Still My Soul by Khatrina Von Schelegel for fifth semester students at the Tarutung IAKN Church Music Education Program really needs vocal technique training properly. and lead to difficulties in singing the song Be Still My Soul. The author chose one of the songs that had been sung by the fifth semester students of PMG IAKN Tarutung when studying Vocal III courses in the 2020/2021 academic year by singing the song "Be Still My Soul" using their own accompaniment either through digital media, such as karaoke or own accompaniment by playing the keyboard or piano. The song was sampled in the Solo Vocal Technique of the fifth semester students of PMG IAKN Tarutung which was performed by the author.Keywords: solo vocal technique, singing
Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Santa Romauli Mangampu Marbun
Areopagus : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen Vol 20, No 1 (2022): Maret
Publisher : IAKN Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/ja.v20i1.989

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya persentase Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 271 orang dan ditetapkan sampel sebanyak 69 orang yaitu 25% dari jumlah populasi. Data dikumpulkan dengan angket tertutup positif sebanyak 32 item. Hasil analisis data menunjukkan bahwa analisis Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Ajaran 2021/2022 dengan persentase sebesar 89,20% ³ 75% dibuktikan dengan uji t dimana diperoleh thitung ttabel (α=0,05;dk=n-2=67) yaitu sebesar 21,863 1,671. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha: Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Dolok sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Ajaran 2021/2022 ³ 75% dari yang diharapkan diterima.Kata Kunci: model pembelajaran think talk write, keaktifan belajar, siswa  Abstract:The purpose of this study was to determine the proportion of the use of the Think Talk Write (TTW) learning model in increasing the learning activity of Christian Religious Education Class VII students of SMP Negeri 2 Doloksanggul, Humbang Hasundutan Regency, for the Academic Year 2021/2022. The method used in this research is descriptive quantitative method. The population is all seventh grade students of SMP Negeri 2 Doloksanggul, Humbang Hasundutan Regency, for the 2021/2022 academic year which opens 271 people and sets a sample of 69 people, which is 25% of the total population. Data were collected using a positive closed questionnaire of 32 items. The results of data analysis show that the analysis of the use of the Think Talk Write (TTW) Learning Model in increasing the Learning Activity of Christian Religious Education Class VII students of SMP Negeri 2 Doloksanggul, Humbang Hasundutan Regency for the Academic Year 2021/2022 with a percentage of 89.20% 75% evidenced by the t test where the obtained tcount ttable (α=0.05; dk=n-2=67) which is equal to 21.863 1.671. Thus H0 is rejected and Ha: Analysis of the Use of Think Talk Write (TTW) Learning Model in increasing the Learning Activity of Christian Religious Education Class VII students of SMP Negeri 2 Doloksanggul, Humbang Hasundutan Regency for the Academic Year 2021/2022 75% of the expected acceptance.Keywords: learning model, think talk write, active learning, student
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Pada Materi PAK Siswa Kelas I SD Negeri No. 084083 Sibolga Tahun Ajaran 2020/2021 Punia Hutauruk
Areopagus : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen Vol 20, No 1 (2022): Maret
Publisher : IAKN Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/ja.v20i1.1608

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas I SD Negeri No. 084083 Sibolga dengan subjek penelitian sebanyak 15 siswa. Peneliti melakukan tindakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan aplikasi “Zoom Meeting” dan WhatsApp (WA) dengan melibatkan 2 (dua) siklus yang berbeda yaitu Siklus I dan Siklus II mencakup: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil belajar yang diperoleh pada Siklus I yaitu sebanyak 9 siswa (60,0%) yang telah mencapai ketuntasan minimal (KKM) belajar dan 6 siswa (40%) yang belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata siswa yaitu 62,0. Hasil observasi juga diperoleh pada kegiatan guru (peneliti) yaitu 78,33% dan hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa yaitu sebesar 68,75%. Selanjutnya pelaksanaan Siklus II masih perlu untuk dilaksanakan. Pelaksanaan Siklus II diterapkan pada materi ajar dan metode pembelajaran yang sama yaitu pembelajaran jarak jauh pada materi ajar PAK Kelas I SD. Setelah dilaksanakan evaluasi hasil belajar pada Siklus II, diperoleh peningkatan jumlah siswa yang telah tuntas belajar menjadi 13 siswa (86,67%) dan penurunan pada siswa yang belum tuntas belajar yaitu hanya 2 siswa (13,33%). Peningkatan persentase juga terjadi pada hasil observasi terhadap kegiatan guru yaitu menjadi 91,67% dan persentase terhadap aktivitas siswa juga meningkat menjadi 90,63%. Berangkat dari hasil penelitian yang diperoleh pada Siklus I bila dibandingkan dengan pelaksanaan Siklus II. Terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 7 siswa (26,67%) serta penurunan jumlah siswa yang belum tuntas belajar yaitu sebanyak 4 siswa (26,67%). Peningkatan lainnya juga terjadi pada persentase tindakan guru saat menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada Siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,34 % dan 21,88% pada aktivitas siswa. Hasil tersebut membuktikan bahwa motivasi belajar siswa dapat meningkat melalui pembelajaran jarak jauh pada materi PAK siswa Kelas I SD Negeri No. 084083 Sibolga pada Tahun Ajaran 2020/2021.Kata kunci: peningkatan, belajar siswa, metode pembelajaran jarak jauh  Abstract:The purpose of research is to increase the student’s learning motivation on Christian Education of Class 1 Public Elementary School No. 084083 Sibolga with research subjects as many as 15 students. Researchers carried out distance learning actions with the "Zoom Meeting" and WhatsApp (WA) applications involving 2 (two) different cycles, namely Cycle I and Cycle II covering: planning, implementation, observation and reflection. The learning outcomes obtained in Cycle I were 9 students (60.0%) who had achieved the minimum mastery (KKM) of learning and 6 students (40%) who had not finished studying with an average score of 62.0. The results of observations were also obtained on the activities of teachers (researchers) that is 78.33% and the results of observations on student activities that is equal to 68.75%. Furthermore, the implementation of Cycle II still needs to be carried out. The implementation of Cycle II was applied to the same teaching materials and learning methods, namely distance learning in Christian Education on Class I Public Elementary School teaching materials. After evaluating learning outcomes in Cycle II, it was found that there was an increase in the number of students who had finished studying to 13 students (86.67%) and a decrease in students who had not finished studying, which was only 2 students (13.33%). An increase in the percentage also occurred in the results of observations of teacher activities, namely to 91.67% and the percentage of student activities also increased to 90.63%. Based on the research results obtained in Cycle I when compared with the implementation of Cycle II. There was an increase in the number of students who finished studying as many as 7 students (26.67%) and a decrease in the number of students who had not finished studying as many as 4 students (26.67%). Another increase also occurred in the percentage of teacher actions when implementing distance learning in Cycle II, which increased by 13.34% and 21.88% in student activity. These results prove that students' learning motivation can be increased through distance learning on Christian Education material for Class I Public Elementary School No. 084083 Sibolga in the 2020/2021 Academic Year.Keywords: improving, student learning, distance learning method
Studi Deskriptif Nyanyian Jemaat Dalam Ibadah Minggu Di Gereja HKBP Lumban Lintong Kabupaten Samosir Robert KA Simangunsong; Hermanda Ihut Tua Simamora; Natalia Kristina Panggabean
Areopagus : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen Vol 20, No 1 (2022): Maret
Publisher : IAKN Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/ja.v20i1.1082

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan jelas faktor faktor apa saja yang terjadi disaat jemaat bernyanyi dalam ibadah minggu di Gereja Huria Kristen Batak Protestan ( HKBP ) Lumban Lintong kabupaten samosir. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Adapun proses kerja yang di lakukan saat penelitian berlangsung yaitu, menggunakan instrumen Wawancara, Pengamatan, Dokumentasi dan Studi Pustaka. Penelitian ini di lakukan dengan mengumpulkan informasi melalui penelitian di lapangan untuk memperoleh hasil yang diolah menjadi data asli. Penulis mengambil tiga sampel lagu yang dinyanyikan salah pada saat ibadah yaitu BE. 174, BE. 761, BE. 240. Penulis melihat secara langsung di lapangan mulai dari cara bernyanyi jemaat, nada lagu, dinamika, dan ketidaksesuaian iringan musik box dengan nyanyian jemaat.Hasil dalam Penelitian ini jelas memang terlihat ketiga lagu yang di nyanyikan jemaat terdapat kesalahan dalam bernyanyi yaitu yang pertama, jemaat kurang memahami notasi.Yang kedua, jemaat juga kurang memahami Tempo lagu sehingga ending dalam nyanyian tidak sesuai dengan iringan musik. Yang ketiga Artikulasi ketika notasi yang dinyanyikan jemaat tidak benar maka otomasis artikulasi dalam pengucapan syair lagu juga tidak jelas. Dan bisa kita simpulkan bahwa notasi,artikulasi dan tempo lagu sangat mempengaruhi kualitas nyanyian jemaat. Dari kesalahan tersebut upaya yang bisa di lakukan adalah memberikan pengetahuan kepada jemaat tentang pemahaman teknik cara bernyanyi yang benar bisa di lakukan dengan melaksanakan seminar dengan pembicara yang memang lulusan seni atau ahli dalam suaraKatakunci: studi deskriptif, nyanyian jemaat, ibadah  Abstract:This study aims to determine clearly what factors occur when the congregation sings during Sunday worship at the Huria Kristen Batak Protestant Church (HKBP) Lumban Lintong, Samosir Regency. The method used in this research is a qualitative research method. The work process carried out during the research was using the instruments of Interview, Observation, Documentation and Literature Study. This research was conducted by collecting information through research in the field to obtain results that were processed into original data. The author took three samples of songs that were sung incorrectly during worship, namely BE. 174, BE. 761, BE. 240. The author saw directly in the field, starting from the way the congregation sang, the tone of the song, the dynamics, and the discrepancy between the accompaniment of the music box and the congregation's singing. The results in this study clearly show that the three songs sung by the congregation have errors in singing, namely the first, the congregation does not understand the notation. Second, the congregation also does not understand the tempo of the song so that the ending in the song does not match the musical accompaniment. The third is articulation when the notation sung by the congregation is not correct, the automatic articulation in the pronunciation of song lyrics is also unclear. And we can conclude that the notation, articulation and tempo of the song greatly affect the quality of the congregation's singing. From these mistakes, the effort that can be done is to provide knowledge to the congregation about understanding the correct singing technique, which can be done by holding seminars with speakers who are art graduates or experts in sound.Keywords: descriptive, study of congregational song, worship

Page 1 of 2 | Total Record : 14