cover
Contact Name
Ernaka Heri Putra Suharyanto
Contact Email
jpi.dalwa@gmail .com
Phone
+628155511968
Journal Mail Official
jurnaljpidalwa@gmail.com
Editorial Address
Jl . Raya Raci No. 51 PO Box 8 Bangil Pasuruan Jawa Timur
Location
Kab. pasuruan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 25810065     EISSN : 2654265X     DOI : https://doi.org/10.38073/jpi
The journal focuses scope on specializes in Indonesian Islamic education in particular, and Southeast Asian Islamic education in general, and is intended to communicate original research and current issues on the subject. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes medium quality empirical and theoretical research covering all aspects of Islamic Education in Indonesia and Southeast Asia.
Articles 68 Documents
Analisis SWOT Dalam Program Pembinaan Aklaqul Karimah Mat Syaifi
Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Research Department (Lemlit) Islamic Institute of Darullughah Wadda’wah Bangil, Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Analisis SWOT bertujuan untuk menemukan aspek-aspek penting dari Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats hambatan pada suatu organisasi sehingga mampu memaksimalkan kelebihan, meminimalkan kelemahan, mereduksi hambatan serta membangun peluang.Akhlaq ialah suatu system yang menilai perbuatan lahir dan bathin manusia, baik secara individu, kelompok atau masyarakat dalam interaksi hidup antara manusia dengan Allah, manusia sesama manusia, manusia dengan hewan, dan juga dengan alam sekitar.Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMP Sabiluth Thoyyib, Waka Kurikulum SMP Sabiluth Thoyyib, Waka Kesiswaan SMP Sabiluth Thoyyib serta Guru Pendidikan Agama Islam SMP Sabiluth Thoyyib.Sedangkan analisis data digunakan tehnik analisis deskriptif kulitatif. Uji keabsahan data dilakukan dengan tehnik ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: progam pembinaan akhlaqul karimah siswa dapat dilakukan melalui proses pembinaan di dalam kelas maupun diluar kelas yakni memberikan tauladan dan pembiasan yang baik disetiap mata pelajaran, pembinaan melalui kegiatan pengorganisasian ekstrakulikuler, dan juga kegiatan – kegiatan lain.
Perbandingan Pendidikan Formal Dengan Pendidikan Pesantren Moch. Khafidz Fuad Raya
Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Research Department (Lemlit) Islamic Institute of Darullughah Wadda’wah Bangil, Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dengan pendekatan analisis deskriptif, tulisan ini berupaya mengupas perbedaan pendidikan formal dengan pendidikan pondok pesantren, dimana kedua jenis pada jalur pendidikan ini mempunyai ciri khusus yang mewarnai corak pendidikan di Indonesia. Antara pendidikan formal dengan pendidikan pesantren mempunyai beberapa perbedaan yang mencolok, namun keduanya dapat mengisi satu sama lain terhadap perkembangan dan kemajuan pendidikan bangsa. Oleh karena itu, tulisan ini berusaha mengungkap bagaimana pengertian pendidikan formal dan pesantren, serta perbedaan dari kedua jenis pendidikan tersebut.
Menumbuhkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Dunia Pendidikan Bahru Rozi
Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Research Department (Lemlit) Islamic Institute of Darullughah Wadda’wah Bangil, Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dunia pendidikan nasional saat ini banyak mengalami masalah. Masalah-masalah tersebut diantaranya disebabkan oleh kebijakan pemerintah yang selalu berubah-ubah. Pergantian menteri, maka akan berganti juga kebijakan. Kebijakan kadang juga dipengaruhi oleh kepentingan penguasa akan hal pendidikan. Akibatnya, output pendidikan kita menjadi terabaikan. Pengangguran, kenakalan remaja, penggunaan narkoba dan sejenisnya, adalah akibat yang ditimbulkan oleh kebijakan yang salah. Masyarakat menjadi cemas, dan tingkat kepercayaan terhadap mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia semakin rendah. Menumbuhkan kembali tingkat kepercayaan masyarakat tidaklah mudah, dibutuhkan kerjasama antara pemerintah, sekolah, guru, akademisi, masyarakat, dan orangtua. Untuk mengatasi problematika pendidikan nasional dibutuhkan solusi yang tepat dan bijak, disesuaikan dengan keadaan, kemampuan, dan kebutuhan masyarakat pada umumnya.
Pembelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Tradisional Moh Tohiri Habib
Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Research Department (Lemlit) Islamic Institute of Darullughah Wadda’wah Bangil, Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pesantren tradisional adalah pusat pembelajaran bahasa Arab pada era awal masuknya Agama Islam di Indonesia. Bahkan metode pembelajaran bahasa Arab yang dianggap paling kuno, thoriqotul qowa’id wat tarjamah sampai detik ini masih dipakai dalam pembelajaran bahasa arab. Namun ada beberapa sisi lain pembelajaran bahasa Arab di pesantren mengalami beberapa perkembangan tersebab oleh perkembangan dunia pendidikan bahasa Arab
Pendidikan Islam Integratif Berbasis Karakter Mukarromah Mukarromah
Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Research Department (Lemlit) Islamic Institute of Darullughah Wadda’wah Bangil, Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perdebatan terkait dikotomi pendidikan masih diperbincangkan. Sering kita mendengar istilah fakultas agama dan fakultas umum, sekolah agama dan sekolah umum, sehingga terdapat kesan bahwa agama berjalan tanpa dukungan iptek. Begitu sebaliknya, pendidikan umum hadir tanpa sentuhan agama. Akibatnya, mata pelajaran masih bersifat terkotak-kotak. Di samping itu, problem dekadensi moral marak terjadi dikarenakan pendidikan kurang mengarah kepada pembentukan insan kamil. Out put pendidikan belum berhasil menciptakan generasi yang memiliki karakter yang baik, maka solusi poblem-problem tersebut adalah melalui aplikasi pendidikan Islam integratif berbasis karakter.
Budaya Arab Dalam Pengajaran Bahasa Arab Masnun Masnun
Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Research Department (Lemlit) Islamic Institute of Darullughah Wadda’wah Bangil, Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahasa sangat terikat dengan masyarakat penggunanya. Bahasa merupakan cerminan maju atau mundurnya peradaban masyarakatnya. Pepatah melayu mengatakan “Bahasa menunjukkan Bangsa.Hal ini terlihat jelas pada bahasa Arab. Peradaban bangsa Arab pada abad pertengahan memegang peranan yang begitu dominan pada peradaban dunia. Hal ini diikuti dengan superioritasnya bahasa Arab sebagai bahasa internasional. Fenomena ini terbalik sekarang, peradaban bangsa Arab dalam posisi inferior. Kondisiini juga diikuti dengan inferioritasnya bahasa Arab. Bahasa Arab oleh sebagian orang dianggap sebagai bahasa kuno yang hanya dipakai untuk kepentingan religius. Hal ini menjadi salah satupenyebab rendahnya motivasi peserta didik dalam belajar bahasa Arab.Maka untuk meningkatkan motivasi mereka salah satu caranya menurut penulis adalah dengan memajukan kembali peradabannya
Pendidikan Kedisiplinan Dan Implementasinya Terhadap Dunia Pendidikan Akhmad Sahrandi
Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Research Department (Lemlit) Islamic Institute of Darullughah Wadda’wah Bangil, Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kedisiplin merupakan suatu kondisi yang harus dibentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan, dan atau ketertiban. Pendidikan kedisiplinan ini harus dilatih dan ditumbuh kembangkan kepada diri anak, agar anak mampu melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik dan bertanggungjawab sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku. Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam rangka pelaksanaan strategi pengembangan pendidikan kedisiplinan di sekolah maka perlu adanya dukungan dari berbagai pihak untuk lebih memaksimalkan program yang telah ada seperti tadarus Al-Qur'an, LDK, LKK, sosialisasi, peningkatan sarana-prasarana, dan evaluasi yang rutin. Kemudian untuk dewan guru harus lebih eksis dan maksimal dalam mensosialisaikan pendidikan kedisiplinan kepada siswa yaitu dengan pendekatan maupun pengarahan-pengarahan tentang hidup disiplin tanpa harus membedakan status kepegawaian guru itu sendiri.
Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Malang Syamfa Agny Anggara
Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Research Department (Lemlit) Islamic Institute of Darullughah Wadda’wah Bangil, Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Learning process has relationship with element infloence as approach, method, and technique. Intention of this research is describe, ( a) applying project based learning method for student class seventh of Arabic language in Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Malang, ( b) result improvement of writing arabic ability by project based learning method for student class VII in Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Malang. This Research use class action research. Result of this research indicate that applying of project based learning method can improve writing arabic ability for student class VII in Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Malang.
Islam Dan Pendidikan Multikultural Suryanto Suryanto
Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Research Department (Lemlit) Islamic Institute of Darullughah Wadda’wah Bangil, Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan adalah satu media yang paling efektif untuk melahirkan generasi yang memiliki pandangan yang mampu menjadikan keragaman sebagai bagian yang harus diapresiasi secara konstruktif. Sebab pendidikan bersifat sistemik dengan tingkat penyebaran yang cukup merata. Dengan adanya pola pendidikan yang baik, terlebih lagi berbasis pada multikultural, maka hal itu setidaknya akan dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan perselisihan antar golongan, suku dan agama, yang dewasa ini kerap terjadi di Indonesia. Islam sebagai agama yang mencintai kedamaian tidak pernah mengajarkan kepada pemeluknya bahkan manusia lain untuk saling bermusuhan, menganiaya atau berprilaku negatif kepada yang lainnya. Namun sebaliknya Islam mengajarkan agar kita senantiasa memiliki sikap untuk saling toleransi (Yunus, ayat: 94) menghargai perbedaan kelompok/pluralis (Ar-rum, ayat: 22), kesetaraan/persamaan (Al-Anbiya, ayat: 92), cinta perdamaian (Al-Anfal, ayat: 61), hidup yang inklusif (Yunus, ayat: 99) dan lain sebagainya. Dengan demikian akan terciptalah generasi yang berkarakter tawazun (seimbang), tasamuh (toleransi), dan tawasut (tidak radikal).
Pendidikan Islam Dan Dikotomi Ilmu Imaduddin Imaduddin
Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2016)
Publisher : Research Department (Lemlit) Islamic Institute of Darullughah Wadda’wah Bangil, Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Umat Islam adalah umat yang mempunyai semangat dan motivasi yang selalu hidup dan berkembang seiring dengan perubahan struktur kehidupan yang mengitarinya. Perubahan yang mengarah pada perbaikan yang selalu memotivasi dan menyemangati umat islam tersebut berangkat dari sebuah keyakinan beragama yang sangat mendalam. Keyakinan beragama tersebut mempu melahirkan sebuah perubahan yang tidak hanya terjadi pada individu umat islam, tetapi jauh lebih luas dari keyakinan individu tersebut yaitu menjadi sebuah perubahan kolektif yang mampu merubah sebuah peradaban dan kebudayaan masyarakat sebuah komunitas, baik kecil maupun besar bahkan sebuah negara dan benua.