cover
Contact Name
hendra mayatopani
Contact Email
hendra.mayatopani@pradita.ac.id
Phone
+6281310314562
Journal Mail Official
redaksijii@pradita.ac.id
Editorial Address
Tower 1, Scientia Business Park, Jl. Gading Serpong Boulevard No.1, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten 15810
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Inovasi Informatika
Published by Universitas Pradita
ISSN : 25274007     EISSN : 26861615     DOI : 10.51170
Core Subject : Science,
Jurnal Inovasi Informatika yang terdaftar di p-Issn: 2527-4007, e-Issn: 2686-1615 merupakan media informasi yang menyediakan kebutuhan publikasi artikel ilmiah hasil penelitian di bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Ruang lingkup Jurnal Inovasi Informasi adalah sekumpulan ilmu dalam 2 bidang Teknik Informasi dan Sistem Informasi yaitu sebagai berikut: 1. Arsitektur Perusahaan 2. Arsitektur Komputer 3. Data Besar 4. Pemasaran Digital 5. Internet Of Things 6. Jaringan Komputer 7. Keamanan Sistem 8. Kecerdasan Buatan 9. Keamanan Jaringan 10. Pengembangan Perangkat Lunak 11. Kota Cerdas 12. Teori Informasi
Articles 49 Documents
Sistem Pengelolahan Data Surat Masuk dan Surat Keluar Kelurahan Curug Sri Mardiyati
Jurnal Inovasi Informatika Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Informatika
Publisher : Universitas Pradita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51170/jii.v5i1.28

Abstract

An accurate and efficient application of incoming and outgoing report reports at the Curug Kelurahan Office, making an effective and efficient application of incoming and outgoing mail management in accordance with the needs of the Curug Kelurahan office, making applications that facilitate administration in mail management, making incoming mail applications and the user's outgoing mail, making an application for incoming and outgoing mail that is easily used by the user. The research method used to design this data processing application is the method of library study, observation and interviews to get more complete data. After the author designs and makes this data processing application, the writer can draw the conclusion that with this application can provide solutions in helping Curug Kelurahan in recording incoming and outgoing letters, with the application already made, the duties of the Administration and Secretary of the Village Head can be easier and better recorded because it is assisted by a computerized system. Keywords: System Design, Data Processing, Incoming and Outgoing
Sistem Informasi Layanan Pengaduan Kerusakan Jalan Berbasis Geographic Information System Warjiyono Warjiyono; Hilda Faiqoturrohmah; Sopian Aji
Jurnal Inovasi Informatika Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Informatika
Publisher : Universitas Pradita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51170/jii.v5i1.29

Abstract

Undang-Undang Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan menyatakan bahwa prasarana lalu lintas dan angkutan jalan adalah ruang lalu lintas, terminal, dan perlengkapan jalan yang meliputi marka, rambu, alat pemberi isyarat lalu lintas, alat pengendali, dan pengamanan pengguna jalan, alat pengawasan dan pengamanan jalan, serta fasilitas pendukung. Dinas Perhubungan kesulitan dalam memantau titik rambu lalu lintas yang tersebar di wilayah Kabupaten Tegal. Masyarakat juga kesulitan dalam mengadukan atau melaporkan adanya kerusakan jalan dan prasarana lalu lintas karena lewat telepon sehingga kurang cepat dan sulit menentukan titik lokasinya. Perlunya media online untuk segera melakukan pengaduan terhadap jalan rusak atau prasaran lalu lintas lainnya yang perlu disampaikan kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal agar segera diperbaiki. Penelitian ini merancang dan membangun sistem informasi geografis layanan aduan jalan berbasis website. Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan Extreme Programming (XP). Metode penelitian mengunakan metode kualitatif dengan teknik analisis data deksriptif. Data diperoleh dengan observasi dan wawancara. Manfaat dari aplikasi ini adalah untuk meningkatkan pelayanan pengaduan masyarakat agar menjadi lebih efektif, efesien, cepat dan transparan.
Implementasi Aplikasi Bank Sampah Berbasis Android Studi Kasus Perumahan Vila Dago Tangerang Selatan Arfan Sansprayada; Kartika Mariskhana
Jurnal Inovasi Informatika Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Informatika
Publisher : Universitas Pradita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51170/jii.v5i1.30

Abstract

Bank Sampah Konvensional hingga hari ini menggunakan buku dalam pengelolaan nasabah dan manajemen internalnya. Hal ini memungkinkan rentannya terjadi kehilangan data dan kurangnya efektifitas dalam menunjang kegiatan sehari-hari. Dari segi penjemputan sampah, petugas Bank Sampah keliling tiap sore ke rumah warga atau nasabah untuk mengambil dan merekap sampah yang ada dimasyarakat, dan dari segi pengepul harus mendatangi bank sampah untuk mendapatkan rincian stok dari sampah yang ingin dibelinya. Berdasarkan hal tersebut, Sistem Informasi Bank Sampah Modern berbasis Android dapat menjadi solusi untuk permasalahan yang ada saat ini. Sistem Informasi Bank Sampah Modern berbasis android menggunakan Unified Modeling Languange (UML) sebagai dasar permodelannya. Setelah adanya Sistem Informasi Bank Sampah Modern Berbasis Android ini kedepannya bank sampah, nasabah dan pengepul dapat bekerja sama dan membangun mitra secara lebih luas dan efisien
Framework COBIT Pengukuran Maturity Level Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 4.1 Pada Pt. Dinamika Mitra Sukses Makmur Erick Dazki; Zaenab Islami; Wahyu Tisno Atmojo
Jurnal Inovasi Informatika Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Informatika
Publisher : Universitas Pradita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51170/jii.v5i1.31

Abstract

Suatu organisasi atau perusahaan saat ini pasti menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang kompleks bahkan menjadi core bisnis pada perusahaan tersebut. Teknologi informasi secara signifikan telah mempengaruhi dan mengubah cara mengelola bisnis, oleh karena itu diperlukan tata kelola yang baik serta pengelolaan terhadap teknologi informasi bertujuan untuk memastikan Teknologi Informasi dapat selalu mendukung bisnis, oleh sebab itu Teknologi Informasi harus diimpelentasikan secara optimal, efektif dan efisien. Tata kelola pada PT. Dinamika Mitra Sukses Makmur menggunakan Cobit 4.1 yaitu PO1, PO10, DS4, AI1, ME2. Hasil evaluasi dari penelitian terhadap PT. Dinamika Mitra Sukses Makmur menunjukan tingkat kematangan berada pada nilai 2.82 pada ME2 dan tingkat kelemahan berada pada nilai 2.40 pada PO1 dan PO10. Pada penelitian ini menunjukan bahwa Tata Kelola Teknologi Informasi pada PT. Dinamika Mitra Sukses Makmur sudah pada nilai Defined Process. Perbaikan utama yang harus ditingkatkan yaitu pada Plan and Organise / Perencanaan dan Pengorganisasian pada PT. Dinamika Mitra Sukses Makmur.
Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tht Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor Munahar Muktar; Mulia Rahmayu; Budi Sudrajat
Jurnal Inovasi Informatika Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Informatika
Publisher : Universitas Pradita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51170/jii.v5i1.33

Abstract

In the area of East Jakarta, especially in the Medika Clinic, the public can examine the initial symptoms of ENT. With the initial inspection that must be queued, can cause a long time. As a result, many people who do not know clearly the type of illness suffered and how to treat it. Because ENT disease is very related to organs where if not treated immediately, it will be difficult to move daily, therefore, the need for diagnosis of complaints from patients. These patients can directly access the website of a website where patients can diagnose without having to go to a hospital or clinic. By comparing previous studies or literature reviews, the problem to be discussed is to add more symptoms and diseases, then a solution for the disease. So that the website to be made is more detailed and clear, the results of this research is to produce an expert system website that can easily examine the symptoms of the patient and provide the patient's illness and solutions to overcome the disease.
Analisis Dampak Implementasi Sistem Enterprise Recource Planning Terhadap Kinerja Pengguna pada PT.Baiksan Indonesia Liesnaningsih Liesnaningsih; Fandhilah Fandhilah; Dian Kasoni
Jurnal Inovasi Informatika Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Informatika
Publisher : Universitas Pradita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51170/jii.v5i1.34

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak implementasi sistem ERP terhadap kinerja pengguna pada PT.Baiksan Indonesia dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi keberhasilan implementasi sistem ERP sehingga dapat memberikan dampak yang positif bagi pengguna setelah sistem ERP diterapkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memberikan kesimpulan berupa evaluasi terhadap penerapan sistem ERP pada PT.Baiksan Indonesia agar memberikan dampak yang positif bagi kinerja pengguna. Variabel yang digunakan untuk mengevaluasi dampak implementasi sistem ERP terhadap kinerja pengguna adalah persepsi kerumitan sistem, persepsi kesesuaian sistem, kepercayaan pengguna terhadap infrastruktur organisasi, persepsi kebergunaan sistem, persepsi kemudahan sistem, dan kinerja pengguna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analitis dan evaluatif dengan menganalisis dampak dari implementasi sistem ERP terhadap kinerja pengguna. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah penerapan sistem ERP dapat memberikan dampak yang positif pada kinerja pengguna di PT. Baiksan Indonesia.
Rancang Bangun Sistem Informasi Document Managemen System pada LKP ITC-PCB Berbasis WEB Menggunakan UML dan PHP Rachmat Destriana; Rochmat Taufiq; Bintang Eka Suryana
Jurnal Inovasi Informatika Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Informatika
Publisher : Universitas Pradita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51170/jii.v5i1.35

Abstract

Dalam suatu lembaga baik swasta maupun pemerintah dalam melakukan kegiatannya tidak terlepas dari kegiatan surat-menyurat, karena surat mempunyai fungsi dan peranan penting dalam saranan pencapaian tujuan dari perusahaan/ instansi yang bersangkutan tidak hanya sebagai alat komunikasi, melainkan sebagai bukti otentik atas kegiatan yang telah dilakukan. Pada LKP ITC-PCB pengelolaan surat masih mengalami beberapa kendala, yaitu tidak adanya database surat, jadi susah dalam hal pencarian surat tersebut jika sewaktu-waktu dibutuhkan Adapun metode penelitian yang saya gunakan menggunakan metode waterfall. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah tentang membangun Sistem Manajemen Dokumen. Dari hasil penelitian yang saya jalani, banyak manfaat yang saya peroleh diantaranya bertambah wawasan saya tentang membangun sistem manajemen dokumen secara struktur dan terkomputerisasi, serta menambah ilmu untuk dunia kerja kelak yang akan saya jalani nantinya.
Sistem Ujian Rating Berbasis Web Untuk Personil Pemandu Lalu Lintas Udara (Studi Kasus Airnav Indonesia) Nurdiana Handayani; Ri Sabti Septarini; Hendra Mayatopani; Indra Sudarsono
Jurnal Inovasi Informatika Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Informatika
Publisher : Universitas Pradita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51170/jii.v5i1.36

Abstract

Pemandu lalu lintas (Air Traffic Controller) sering disebut mata dan telinga para pilot. Semua personil pemandu lalu lintas udara di Airnav Indonesia diwajibkan melakukan ujian rating setiap enam bulan sekali supaya rating-nya tetap berlaku dan bisa melakukan pemanduan. Hal ini sesuai dengan aturan KP 287 tahun 2015 pasal 22 ayat 2 yang menyatakan bahwa masa berlaku izin rating yang diberikan oleh regulator untuk personil pemandu lalu lintas udara adalah enam bulan. Ujian rating saat ini hanya dapat dikerjakan di kantor menggunakan jaringan LAN sehingga terdapat ketidaksesuaian waktu pelaksanaan ujian rating dengan dinas luar ataupun jadwal cuti tahunan. Tidak banyak orang yang bisa untuk setting jaringan LAN dan fasilitas kantor terbatas membuat pelaksanaan ujian rating terganggu. Sistem yang dirancang dan dibangun ini memungkinkan peserta dapat melakukan ujian rating secara online karena dilengkapi dengan fitur validasi terhadap data-data terkait untuk pelaksanaan ujian rating.
Pembuatan Aplikasi Wallpaper Anime Dengan Menggunakan Metode Waterfall Pada Pt. N3konime Master Edison; Muhamad Filman Ghaida Firdaus; Wahyu Tisno Atmojo
Jurnal Inovasi Informatika Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Informatika
Publisher : Universitas Pradita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51170/jii.v5i1.37

Abstract

Pada saat ini pengguna android sudah banyak tersebar luas khususnya di negara indonesia kita yg tercinta ini, dalam hal ini banyak developer atau programer membuat macam ragam aplikasi yang ditujukan agar mempermudah segala sesuatu dengan menggunakan aplikasi tersebut, bahkan sudah banyak ratusan ribu bahkan jutaan aplikasi yg sudah ada di playstore yang merupakan salah satu platform penyedia aplikasi di android, salah satu diantara jutaan aplikasi ada aplikasi khusus untuk mempercantik atau memperindah tampilan android. PT. N3konime merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan dan hiburan dalam bentuk konten gambar dan video, Perusahaan ini bergerak di sosial media seperti youtube, instagram dan facebook sebagai penyedia konten tersebut, namun permasalahan muncul ketika ada seorang subscriber yang menyarankan agar PT. N3konime tidak hanya eksis di sosial media saja, maka tujuan dari penelitian ini adalah agar penulis membuat suatu aplikasi yang terhubung di platform android sebagai aplikasi penyedia wallpaper “anime” dengan menggunakan metode Waterfall, dengan aplikasi ini pengguna bisa memasang wallpaper anime sesuai yang diinginkan, selain pasang wallpaper aplikasi ini bisa upload, bagikan, bahkan menyimpan wallpaper tersebut di dalam galeri smartphone, untuk aplikasinya sendiri terhubung dengan database yang diambil dari Firebase. Dengan begitu secara langsung aplikasi terhubung dengan file wallpaper dari Firebase dan dapat dengan mudah gunakan.
Sistem Informasi E-Letter Pada PT. Angkasa Pura Solusi Jakarta Belsana ButarButar; Carlos Stepen; Muhadi H
Jurnal Inovasi Informatika Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Informatika
Publisher : Universitas Pradita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51170/jii.v5i1.39

Abstract

PT. Angasa Pura Solusi is one of the companies engaged in airport consulting. Mail delivery system at PT. Angasa Pura Solusi is done manually by giving letters directly to employees in physical form which will be delivered directly to the place of administration. With a manual system like this, it is very inefficient and time-consuming in the process of sending mail which causes other employees to be hampered. Sometimes the letter cannot be directly received by the recipient because the person concerned is not in place, it requires additional time when the sender of the letter requires a disposition letter to the intended person. The method used in this research is the Waterfall method which is a sequential software development process, where progress is seen as continuing to flow downward (like a waterfall) through the phases of planning, modeling, implementation (construction), and testing, so as to produce E-letter application. With the construction of this E-letter website, it is expected to facilitate the process of sending mail for employees so that they do not need to come directly to the admin because it can be sent via the website and can provide convenience for employees in the process of making letters and simplify the correspondence system that aims to streamline time and can improve quality and good service at work and will be more quickly resolved quickly and accurately