cover
Contact Name
Dr. Nasir, S.Pd., M.Pd
Contact Email
jet.umkendari@gmail.com
Phone
+6281392502286
Journal Mail Official
jet20@fkipumkendari.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Muhammad Dahlan No.10, Wowawanggu, Kec. Kadia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93127
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jounal of Education and Teaching (JET)
ISSN : 27472868     EISSN : 27461467     DOI : 10.51454
Core Subject : Education,
Journal of Eduction and Teaching (JET) merupakan jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UM Kendari yang menitik-beratkan pada publikasi hasil penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para civitas akademika, baik internal dan eksternal UM Kendari, khususnya dalam bidang pendidikan dan terapannya. Journal of Eduction and Teaching (JET) Terbit 2 kali dalam setahun. Journal of Eduction and Teaching (JET) mengakomodasi publikasi artikel dengan ruang lingkup yakni: 1. Pendidikan Bahasa Inggris 2. Pendidikan Anak Usia Dini 3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4. Administrasi Pendidikan 5. Teknologi Pendidikan 6. Pendidikan Masyarakat atau PNF
Articles 77 Documents
Analisis Penggunaan Media Google Classroom terhadap Proses Belajar Mengajar pada Mahasiswa PGSD Universitas Quality Selama Masa Bencana Pandemi Covid-19 Nilam Sari; Vera Dewi Kartini Ompusunggu; Muhammad Daliani
Journal of Education and Teaching (JET) Vol 1 No 1 (2020): JET Juni 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhhammadiyah kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jet.v1i1.6

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat canggih pada jaringan komputer yang menyediakan layanan informasi secara luas merupakan kemajuan dalam bidang teknologi komunikasi yaitu internet (international networking) memiliki manfaat yang sangat besar. Pencegahan musibah Covid 19 ini berdampak pada masyarakat melaksanakan Lockdown. Hal ini didasarkan pada Surat Edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 36962/MPK.A/HK/2020 tertanggal 17 Maret 2020 tentang “Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)”. Dengan pembelajaran secara daring maka Univesitas Quality melaksanakan pembelajaran dengan meggunakan aplikasi dari internet yaitu Google Classroom. Penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya diperoleh dari wawacara, dokumentasi dan kueseoner (angket). Prosedur penelitiannya dilakukan secara online. Hal ini dikarenakan Lockdown. Hipotesis sementara yakni pembelajaran menggunakan Google Classroom pada Universitas Quality berjalan secara efektif selama musibah Covid 19. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata dari semua kelas adalah 100,45 dan dari nilai keseluruhan diperoleh rata-rata 3,35 berdasarkan table dengan kriteria cukup, sehingga pengguna google classroom menurut mahasiswa dirasa cukup membantu proses pembelajaran. Skor tertinggi kelas 2A21 126 dan skor terendah 80 sedangkan kelas 2A22 skor tertinggi 121 dan skor terendah 84, dengan rata-rata kelas 2A21 101,58 dan kelas 2A22 101,21.
Strategi Pembelajaran Partisipatif pada Proses Penyelenggaraan Program Paket C di Kabupaten Wajo Sumarni Sumarni; Muhammad Nasir; Besse Herlina
Journal of Education and Teaching (JET) Vol 1 No 1 (2020): JET Juni 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhhammadiyah kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jet.v1i1.10

Abstract

This study explores how the planning, implementation and evaluation of participatory learning in the implementation of the package C program in Wajo District using a qualitative approach and case study methods. The techniques for collecting data are: observation, in-depth interviews and documentation. Data analysis includes the stages: data collection, data simplification, data presentation and drawing conclusions. The results of the study explained that the participatory learning strategy in the process of implementing the package C program in Wajo Regency includes: 1) The planning stage, identifying all elements that are the needs of the community / learning citizens both before starting the program and in implementing the program which become a source of joint learning; 2) The implementation stage, prepares various materials according to the needs of the learning community, material about history, life motivation, and even experiences. This aims to rebuild the memories of learning citizens that have been obtained during the package C program and interpret previous knowledge and the organizers relate the experiences of package C participants with their experiences as initial knowledge; 3) The assessment stage, all of which become learning resources aims to motivate learning citizens to analyze both the weaknesses and strengths of implementing the package C program, both in the form of experience, especially the skills they already have in their actual assignments or in their life.
Pengelolaan Sumber Daya Manusia di Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional Majlis Tafsir Al-Qur’an (R-SMA-BI MTA) Surakarta Ihlas; Sukrin; Aris Munandar
Journal of Education and Teaching (JET) Vol 1 No 1 (2020): JET Juni 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhhammadiyah kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jet.v1i1.11

Abstract

This research examines the Human Resource Management in Senior High School of International Standard Majlis Tafsir Al-Qur'an Surakarta. This research is a qualitative-ethnographic research that produces descriptive data. This was done at R-SMABI MTA Surakarta, Central Java. This study is a qualitative study with ethnography focusing on culture, planning, placement and / or development and evaluation of Human Resources (HR). The goal is to explore the management and development model of human resources in R-SMA-BI MTA Surakarta. The findings of this study are: First, the culture is conducive. Second, HR planning that is tailored to the needs analysis with the important needs of a Muslim, and other supportive conditions. Third, some human resource placements do not meet academic qualifications and competencies. Meanwhile, the qualifications of human resources have not met the R-SMA-BI standards. For the health and welfare of human resources it has also been regulated. Third, the evaluation conducted by the government and schools using various models.
Metode Shared Reading dan Kemampuan Membaca Pemahaman (Studi di SDN Garatengah Kecamatan Japara Kabupaten Kuningan) Agus Saeful Anwar
Journal of Education and Teaching (JET) Vol 1 No 1 (2020): JET Juni 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhhammadiyah kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jet.v1i1.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode berbagi membaca terhadap kemampuan membaca. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman membaca materi pokok cerita rakyat dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yakni: di bawah nilai KKM yaitu 75. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Subjek penelitian kelas V SD Garatengah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Garatengah Kecamatan Japara Kabupaten Kuningan yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling, penulis mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel untuk siswa kelas V SDN Garatengah yang berjumlah 24 siswa saja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (wilcoxon-test). Berdasarkan perhitungan statistik diperoleh nilai signifikansi 0,000 <0,05 maka Ha diterima artinya ada pengaruh pemahaman membaca siswa dengan menggunakan metode shared reading pada materi pokok cerita rakyat di kelas V SDN Garatengah.
Evaluasi Pembelajaran: Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMPN 1 dan SMPN 2 Kepenuhan Hera Deswita; Marfi Ario
Journal of Education and Teaching (JET) Vol 1 No 1 (2020): JET Juni 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhhammadiyah kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jet.v1i1.14

Abstract

Kajian mengenai profil kemampuan koneksi matematis penting untuk dilakukan sebagai langkah awal untuk melakukan evaluasi demi memperbaiki kualitas kemampuan siswa. Ketidakpahaman siswa pada suatu konsep akan mempengaruhi pemahaman siswa pada konsep yang lain. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi pembelajaran dalam kaitannya dengan kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Objek penelitian adalah siswa SMPN 1 dan SMPN 2 Kepenuhan tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa masing-masing 17 dan 24 siswa. Pengumpulan data melalui pemberian tes koneksi matematis. Analisis data dengan menghitung persentase nilai siswa pada setiap indikator kemampuan koneksi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa SMPN 1 dan SMPN 2 Kepenuhan sangat rendah dengan rata-rata masing-masing 40,52 dan 7,41. Indikator kemampuan koneksi matematis yang paling sulit bagi siswa SMPN 1 Kepenuhan adalah menghubungkan antara matematika dan kehidupan sehari-hari. Sedangkan indikator kemampuan koneksi matematis yang paling sulit bagi siswa SMPN 2 Kepenuhan adalah menghubungkan berbagai konsep dalam matematika.
Analisis Kualitas Proses Pembelajaran Melalui Penerapan Strategi Tandur Pada Konsep Sistem Ekskresi Manusia Muhammad Arafah
Journal of Education and Teaching (JET) Vol 1 No 2 (2020): JET Desember 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhhammadiyah kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jet.v1i2.15

Abstract

This research was conducted based on the fact that students’ were less enthusiastic in participating in the learning process. This is due to the monotonous learning conditions. Therefore, the researchers assessed that teachers need to be assisted in designing innovative, attractive learning strategies that can activate students. The TANDUR learning strategy is designed together (researchers and teachers), and is applied in the learning process. The research data were processed using the percentage qualitative descriptive method. Learning activities with the TANDUR strategy that have been implemented have generally gone well. The results of data analysis and discussion show that the quality of learning outcomes in concept understanding is considered good (83.75), the quality of learning outcomes for scientific work is considered adequate (68.75, the quality of student activity is considered good (80.6) and the quality of teacher performance is considered very good ( 96.9) Of the four aspects that have been determined, the learning outcomes of the scientific work aspects have not been achieved optimally. The quality of the teaching and learning process that has taken place is considered good with a score of 78.9
Optimalisasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran untuk Mestimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Pahenra Pahenra
Journal of Education and Teaching (JET) Vol 1 No 2 (2020): JET Desember 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhhammadiyah kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jet.v1i2.16

Abstract

The research objective was to determine the ability of teachers to create instructional media in stimulating the sensitivity of early childhood in PAUD Monapa, Palangga District, Konawe Selatan District. The subjects of this study were two teachers and the principal and the object was 15 students in group A. Data collection techniques used observation and interviews and documentation which were processed and analyzed through qualitative descriptive techniques. Description of the teacher's ability to make learning media in PAUD Monapa, Palangga District, Konawe Selatan Regency. The steps taken in making media are determining what media will be made, providing tools and materials, arranging steps for making media and how to convey it to students. The supporting factors are media that are made from scrap or used materials so that they are easy to get, while the inhibiting factor is that the school environment is still far from urban areas so it is difficult to get the tools used, but creative teachers use used materials or waste materials in making media and materials. this is very easy to get. The media created by the teacher aims to stimulate children's cognitive. Keywords: Teacher's Ability to Make Learning Media, Children's Cognitive
Peranan Orangtua dalam Membina Kedisiplinan Anak yaman La Ndibo
Journal of Education and Teaching (JET) Vol 1 No 2 (2020): JET Desember 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhhammadiyah kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jet.v1i2.17

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu peran orang tua dalam membina kedisiplinan anak di Desa Lanobake, Kecamatan Batukara, Kabupaten Muna. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan kunci yaitu orang tua Desa Lanobake sebanyak 10 orang informan yang ditentukan secara Purposive sampling. Metode Penelitian menggunakan Teknik analisis data dengan Pendekatan Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diantaranya peranan orang tua dalam membina kedisisplinan akan terdiri dari pernan sebagai pendidik, peranan orang tua sebagai motivator, peranan orang tua sebagai pengawas. Dari penelitian yang telah dilakukan bahwa dalam menerapkan peranan orang tua sebagai pendidik dilakukan dengan selalu memberi bimbingan kepada anak untuk selalu bersikaf positif baik dalam lingkungan keluarga maupun dilingkungan masyarakat. Sedangkan peranan orang tua sebagai motivator dilakukan dengan cara selalu memberikan semangat kepada anak serta selalu memberikan pujian terhadap prestasi yang diraih. Peranan orang tua sebagai pengawas dilakukan oleh orang tua Desa Lanobake dilakukan dengan cara tidak memberikan kebebasan kepada anak dalam bergaul dilingkungan luar serta tidak memberikan kesempatan kepada anak untuk menentukan arah hidupnya sendiri. Adapun hasil daripada usaha pembinanaan kedisiplinan kepada anak yaitu seperti terbentuknya kesiplinan belajar, disiplin beribadah, disiplin bermain dan disiplin dalam bertindak. Kata Kunci : Peranan orang tua, Membina, Kedisiplinan Anak
Pengaruh Fungsi Kepemimpinan Kepala Kantor Cabang Pembantu dan Iklim Organisasi terhadap Profesionalitas Pegawai pada Kantor Cabang Pembantu Bank BJB Syariah Handri Rahmat Ilahi; Wresni Pujiyati; Dekawati Dekawati
Journal of Education and Teaching (JET) Vol 1 No 2 (2020): JET Desember 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhhammadiyah kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jet.v1i2.18

Abstract

This research focuses on studying factors that affect the professionalism of employees. Based on the leadership function of the head of the sub-branch office and the organizational climate are factors that are thought to have an influence on employee professionalism. Therefore, the study examines three variables, namely the leadership function of the head of a sub-branch office (X1), organizational climate (X2), and employee professionalism (Y). This research uses a quantitative approach, with descriptive and verification methods. The data collection technique used a questionnaire. The respondents are employees of Bank BJB Syariah, Bogor sub-branch office. The data analysis technique used regression analysis. This study found that the leadership function of the head of a sub-branch office is in the very good category. The organizational climate is in the very good category, and the professionalism of the employees of the Bank BJB Syariah sub-branch offices in the Bogor area is in the very good category. Based on the results of regression analysis, the results show that the leadership function of the head of the sub-branch office and the organizational climate either partially or simultaneously has a positive and significant effect on employee professionalism.
Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah pada Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Tradisi Sejarah dalam Masyarakat Indonesia Masa Pra-aksara dan Masa Aksara Siswa Kelas X 6 di SMA Negeri 1 Mlonggo Tahun Pelajaran 2019/2020 Haryanto Haryanto; Titik Rohmawati
Journal of Education and Teaching (JET) Vol 1 No 2 (2020): JET Desember 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhhammadiyah kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/jet.v1i2.48

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan  peningkatan hasil belajar siswa, serta terjadinya perubahan sikap dan tingkah laku siswa terhadap  model pembelajaran tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk memperoleh data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pada kegiatan berikutnya dilakukan pengembangan program pembelajaran berdasarkan pada data-data baik yang diperoleh dari siswa, guru dan setting kegiatan sosial antar siswa maupun siswi dengan guru baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Setiap kegiatan pembelajaran pada penelitian ini direncanakan terlebih dahulu dan dilaksanakan melalui tiga macam siklus. Untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran digunakan pendekatan pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw. Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas maka dapat diperoleh data-data hasil evaluasi kegiatan belajar siswa melalui ulangan ke 1 yaitu 64 (belum menggunakan pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw). Setelah menggunakan jigsaw maka hasil evaluasi kegiatan belajar siswa melalui ulangan meningkat menjadi 71 pada siklus I, 73 pada.siklus II dan 76 pada siklus III. Adapun prosentase tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebelum menggunakan jigsaw adalah 56 %, setelah menggunakan jigsaw secara bertahap mengalami peningkatan dari 72 % pada siklus I, 86 % pada siklus II dan 100 % pada siklus III.